5 Investasi Menguntungkan yang Harus Kamu Ketahui

oleh | Okt 29, 2021 | Adv, Financial, Investasi, Tips | 23 Komentar

Kebanyakan orang pasti tidak asing lagi dengan istilah investasi. Investasi secara umum memiliki arti yaitu suatu tindakan atau kegiatan menanam modal ataupun uang dengan harapan mendapatkan keuntungan. Akan tetapi, kebanyakan orang khususnya para investor pemula kebingungan dalam menentukan pilihan jenis apa saja investasi menguntungkan saat ini. Jika kamu berinvestasi dan tidak mengerti manfaat dan juga resiko yang akan terjadi pada investasi tersebut tentu akan sangat membahayakan.

Sekarang ini investasi memang sudah banyak diminati oleh seluruh kalangan masyarakat. Karena investasi dianggap sebagai tabungan yang dapat memberikan keuntungan di masa yang akan datang, Perlu diingat juga investasi tidak serta merta tentang keuntungan, tetapi juga ada resiko yang perlu dipertimbangkan.

Pada dasarnya kamu dapat menentukan jenis investasi apapun, jika hal itu sesuai dengan kebutuhan serta kondisi keuangan kamu. Berikut ini kami akan memberikan beberapa referensi tentang jenis-jenis investasi menguntungkan yang tidak ada salahnya untuk kamu pertimbangkan.

Investasi Emas

Emas-Antam-Menabung-Emas-Pegadaian

Investasi menguntungkan pertama adalah investasi logam mulia atau emas. Investasi ini sudah banyak dilakukan oleh banyak orang. Bahkan emas sudah dikenal dan dijadikan barang berharga sejak ribuan tahun lalu. Emas umumnya berupa emas batangan dan juga berwujud perhiasan.

Emas merupakan logam mulia yang memiliki likuiditas yang tinggi, jadi kamu tidak perlu khawatir karena emas sifatnya sangat mudah untuk diperjual belikan. Dalam hal nilai dagang emas cenderung selalu mengalami kenaikan harga dari masa ke masa. Apabila kamu memilih investasi yang aman dan minim resiko emas adalah investasi menguntungkan yang dapat kamu pilih.

Baca juga: Alasan kenapa kamu harus investasi emas

Reksadana

Untuk pilihan investasi berikutnya yaitu reksadana yang digadang-gadang akan menjadi jenis investasi paling diminati di tahun 2021. Sebenarnya reksadana dapat dikatakan menyerupai deposito. Perbedaannya uang atau dana yang disetorkan oleh konsorsium akan dikelola dan ada manajer investasi yang mengaturnya.

kamu tidak lagi pusing dalam mempertimbangkan berbagai macam kemungkinan, karena fungsi dari manajer investasi adalah untuk mengurusnya. Jadi kamu hanya perlu bersantai dan menunggu hasil dari dana yang kamu setorkan. Perlu diingat kamu juga harus memilih lembaga pengelolaan yang terpercaya.

Crypto

Seiring dengan perkembangan zaman, nggak hanya sebagai alat investasi, cryptocurrency memiliki tambahan fungsi, nggak hanya sebagai alat transaksi di internet saja, tapi juga sebagai sarana investasi atau biasa disebut Crypto Investment.

Karena ternyata lumayan banyak juga lho yang tertarik untuk membeli aset berbentuk digital. Jadi kalau kamu adalah salah satunya, jangan sampai gegabah dalam memulai investasi digital ini ya.

Baca juga: Perhatikan ini sebelum investasi crypto!

Investasi Properti

investasi menguntungkan properti

Sama halnya dengan emas, investasi properti pun sudah dilakukan orang sejak dulu dan sampai saat ini investasi properti masih tergolong investasi menguntungkan. Investasi ini umumnya berupa tanah, ruko, rumah, apartemen serta dan sebagainya. Investasi ini digemari banyak orang karena harganya selalu mengalami kenaikan.

Lokasi yang strategis sangat mempengaruhi nilai jual dari properti yang kamu miliki. Harga dari sebuah properti cenderung selalu mengalami kenaikan tiap tahunnya. Karena properti masuk dalam golongan investasi jangka panjang maka resikonya pun juga sangat minim.

Baca juga: Kelola keuangan dengan TMRW!

Membeli Saham

Investasi menguntungkan yang terakhir adalah investasi saham. Investasi ini juga tergolong investasi jangka panjang dan kamu bisa membelinya pada bursa efek indonesia. Untuk menjualnya pun juga cukup mudah, jika harga saham yang kamu pegang mengalami kenaikan kamu bisa menjualnya saat itu juga atau hanya sekedar take profit.

Sebelum kamu membeli saham pastikan dulu fundamental saham yang akan kamu beli. Misalnya kamu harus tahu profil perusahaannya dan image perusahaan tersebut baik atau tidak di mata masyarakat. Dan yang paling penting prospek jangka panjang saham tersebut.

Baca juga: Begini cara mudah menabung emas

Bagaimana apakah kamu tertarik dengan beberapa jenis investasi menguntungkan di atas ?

Keputusan tetap berada ditangan kamu, pelajari dulu sebelum kamu melakukan investasi supaya kamu dapat meminimalisir segala macam resiko. Semoga bermanfaat ya !

Subscribe
Notify of
guest

23 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
atiqoh
atiqoh
2 years ago

Masya Allah, Alhamdulillah udh mulai nyoban semuanya, tapi kudu terus belajar ngelola lagi biar makin cuan, hihiii

Inka Paramita
Inka Paramita
2 years ago

Wah mbak makasih sharingnya, aku yang sekarang lagi coba dan belajar investasi emas, kayak paling simple dan aman gitu, kayak bisa nabung dikit-dikit juga hehe.

Rani Retnosari Mantriana
Rani Retnosari Mantriana
2 years ago

Pas banget aku lagi kepikiran buat mulai investasi, sebagai pemula aku masih milih yang aman dan minim resiko aja dulu sih, hehe..

Leyla Imtichanah
Leyla Imtichanah
2 years ago

Aku dan suamiku memilih investasi properti nih, karena harganya naik terus dan setiap orang butuh rumah. Cuma emang menjualnya ga bisa cepat.

Shyntako
Shyntako
2 years ago

so far sih aku nyaman invest dia RD sam LM nih mba, sekarang lagi mulai melirik kripto sama trading saham sih tapi via aplikasi aja lah, sambil belajar-belajar juga nih

Hendra Suhendra
Hendra Suhendra
2 years ago

Sejauh ini baru investasi emas perhiasan. Daripada nggak sama sekali, hehehe. Kalo saham sendiri baru lagi mempelajarinya. Kebetulan sudah bikin akun di salah satu aplikasi Investasi saham, jadi tinggal nyari modalnya saja. Very nice post Mba Diaz.

Jihan
Jihan
2 years ago

Untuk saat ini aku lebih ke emas sama properti sih. soalnya kalo saham ini bahaya ngga sih kalo ngga tahu ilmunya? Hahaha.. jadi kalo mau terjun invest emang harus bener2 paham dlu yah untuk meminimalisir risiko

YSalma
YSalma
2 years ago

Aku juga sedang kepikiran untuk investasi, pilihan masih condong ke emas dan properti. Realisasikan itu dulu, baru rambah investasi berikutnya.

ghina
ghina
2 years ago

aku masih main di saham dan reksadana aja, nggak berani main crypto euy. eh belum denk.. kerasa sih, jadi mindset keuangannya juga beda setelah mengenal investasi nih

Lintang
Lintang
2 years ago

investasi emas masih banyak diminati sih ya apalagi sekarang ada minigold yang bisa beli emas mulai dari 0,1 gram kalau ngga salah. Cocok banget buat hadiah kerabat juga.

Witri
Witri
2 years ago

Dari ke 5 investasi ini, aku baru emas, saham dan rejsadana. Pengen sih investasi properti, tapi modalnya kan enggak sedikit. Kalau crypto, jujur aku belum paham.

Erin
Erin
2 years ago

Aku tertarik sama Reksadana. Sudah coba si, tapi masih dikit-dikit. Kalau emas biasanya emas fisik dan sudah merasakan hasilnya. Properti juga menarik tapi dananya yang gak ada hehe.

Niken
Niken
2 years ago

YAng sudah kulakukan investasi emas LM. Untuk investasi rumah masih oin going. Setahu aku untuk Crrypto sekarang lagi booming banget ya mbak. Tapi aku masih belum clear banget konsepnya.

T. Retno
T. Retno
2 years ago

Sebenernya paling tertarik tuh investasi properti. Cuma sayangnya, butuh modal besar ya karena tanah buat investasi kan nggak bisa dibeli sekarung-sekarung 😀 Jadi aku investasi yang lain aja dulu, yang bisa dari nominal kecil 🙂

Fenni Bungsu
Fenni Bungsu
2 years ago

Investasi emas dan properti memang masih jadi idaman, karena simple dan terpercaya lintas generasi ya

dian
dian
2 years ago

wah iya, banyak ya pilihan berinvestasi
klo aq baru nyobain emas dan deposito saja nih

Rania Fardyani
Rania Fardyani
2 years ago

Semua investasi udah pernah saya coba kecuali crypto dan properti
Crypto karena fatwa haram MUI
Properti karena uangnya masih nabung, hihihi

So far yang paling cocok di saya itu reksadana sih
Tinggal beli produknya yang dikelola manajer investasi yang OK, bisa beli nominal kecil pula

Jangan lupa, pilih investasi yang syariah ya 😀

Santi Suhermina
Santi Suhermina
2 years ago

Yes, udah nyobain sih beberapa tapi aku masih awam banget nih. Masih pingin belajar lagi terutama seluk beluk saham lebih detail

Mutia Nurul Rahmah
Mutia Nurul Rahmah
2 years ago

Kalau aku baru belajar beli emas, rencananya mau lanjut belajar saham sih

Bundamami
Bundamami
2 years ago

Wah menarik nih Mbak. Selama ini saya baru investasi emas/LM aja. Dan baru tau juga kalo crypto bisa jadi cara berinvestasi.
Makasih infonya Mbak.

Marita Ningtyas
Marita Ningtyas
2 years ago

So far aku lebih memilih investasi emas sih. Yang lain nggak begitu paham konsepnya.

Nunung
Nunung
2 years ago

Pernah main saham atau trading ya kali istilahnya 18 tahun lalu sebelum menikah dan duit ilang semua dalam seminggu. Sekarang cari cari yang lebih pasti dan aman kayak emas dan properti.

Susindra
Susindra
2 years ago

Investasi emas, itu yang jadi fokus saya sekarang ini. Alasannya karena bisa beli sedikit demi sedikit bahkan ada yang biisa dicicil. Tapi pengen nyoba deposito sih, sebelum berganti tahun.

HI THERE!

DIaz Bela Blog

Diaz Bela Yustisia

Generasi 91, seorang ibu, dan ex-News TV Reporter yang sekarang sedang meniti “karir” di dunia digital.
Saya menulis tentang hal-hal yang saya sukai: pengalaman, opini, traveling, kuliner, dan lain-lain!
Talk to me about anything! 🙂

Arsip

MEMBER OF:

logo komunitas blog
logo komunitas blog
Logo Komunitas BRT Network