Pilih Laman

Belajar mengelola keuangan itu sesuatu yang menyenangkan bagi saya. Disclaimer dulu nih, saya bukan financial planner, bukan juga seorang profesional di bidang ekonomi. Tapi, semenjak bekerja, saya merasa butuh untuk melek secara finansial. Maka, saya banyak cari informasi: dari buku, artikel, hingga profesional. Dari situlah saya mulai sedikit paham mengenai pentingnya mengatur keuangan dan punya pos pengeluaran yang wajib dialokasikan tiap bulan.

Kebiasaan jor-joran checkout sana-sini ketika habis gajian pun sekarang bisa sedikit lebih terkontrol, hehe. Karena selain jadi lebih sadar untuk menghabiskan uang, nggak dipungkiri, saya juga banyak terbantu dengan aplikasi keuangan digital.

Nah, makanya saya inging berbagi 5 pos pengeluaran yang wajib dialokasikan setiap bulan versi saya. Semuanya dirangkum berdasarkan pengalaman dan kebutuhan saya, ya.

Baca juga: Cerdas Kelola Keuangan di Masa Pandemi

5 Pos Pengeluaran yang Wajib Dialokasikan Setiap Bulan

Aplikasi blu by BCA Digital alokasi dana tiap bulan

1. Kebutuhan Bulanan

Kebutuhan bulanan termasuk di dalamnya belanja groceries (belanja bulanan), biaya makan, dan tagihan pokok bulanan yang bersifat wajib seperti: beli token listrik, bayar pulsa, bayar internet atau paket data, langganan Netflix, dan lain sebagainya.

Kebutuhan ini penting untuk dipenuhi terlebih dahulu ketika sudah mendapatkan gaji, Karena, ini kebutuhan pokok.

2. Hutang Atau Cicilan

Salah satu prinsip saya adalah selalu bayar hutang atau cicilan tepat waktu.Jika sudah ada dananya, segera lunasi hutang. Namun jika hutangnya dalam bentuk cicilan (misal KPR atau cicil kendaraan), langsung bayar cicilannya begitu mendapatkan gaji. Malah biasanya saya melakukan pembayaran cicilan sebelum belanja kebutuhan pokok. Hehe. Pokoknya bayar hutang dan cicilan harus disegerakan.

Oh ya, saya dan suami juga berkomitmen untuk meminimalisir hutang dan cicilan dengan cara kami hanya mencicil hal yang esensial seperti rumah atau kendaraan. It’s a big no, bagi kami, untuk menyicil kebutuhan “nggak penting” seperti alat elektronik, gadget, apalagi hutang dalam bentuk belanja di marketplace. Kami juga nggak punya credit card. Hehe

3. Pendidikan Anak

Sebenarnya poin ini optional, ya. Berlaku bagi saya yang sudah punya anak dan masih mempersiapkan biaya pendidikannya. Kenapa sih harus dialokasikan secara rutin? Karena biaya pendidikan anak hampir selalu naik tiap tahunnya.

Penting memiliki tabungan atau investasi yang dialokasikan untuk pendidikan anak supaya kita sebagai orang tua nggak kaget dengan berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk memenuhi kebutuhan wajib anak ini kelak.

Walau kini banyak sekolah yang memiliki dana BOS, tapi kan kebutuhan pendidikan nggak hanya itu. Masih ada beli buku, biaya les, dan belum lagi kalau ada rencana untuk menyekolahkan anak di sekolah swasta.

4. Sedekah

Ini poin yang penting banget. Sedekah membuka pintu rezeki. Usahakan selalu sediakan dana tersendiri untuk bersedekah, ya. Berapapun besarnya, berilah kepada orang yang membutuhkan.

Saya juga memasukan anggaran kurban dalam alokasi dana sedekah. Kenapa? Ya nggak papa sih, hitung-hitung nabung selama satu tahun. Jadi ketika Idul Kurban, dana untuk kurbannya sudah ada. Ini justru meringankan dibandingkan harus membayar di muka kelak ketika ingin berkurban. Ya, setidaknya meringankan saya yang belum bisa bayar cash, hehe.

5. Investasi

Kalau prinsip saya, investasi selalu ada di posisi terakhir kecuali investasinya memiliki tujuan tertentu. Misal: untuk dana pendidikan dan dana darurat. Kalau untuk dana pensiun, misalnya, masih saya cari-cari sih instrumennya yang tepat.

Penting untuk memilih instrumen investasi yang tepat. Karena kalau tidak, nanti nilai mata uang tidak bisa terjaga dan malah rugi. Nggak mau, kan?

Baca juga: Begini Cara Mudah Menabung Emas

Itu tadi 5 pos pengeluaran yang wajib dialokasikan setiap bulan versi saya. Apa ada yang sama juga urutannya seperti ini? Atau malah berbeda? Hehe.. nggak papa ya, karena sudut pandang tiap orang terhadap pengelolaan keuangan kan berbeda. 

Nah seperti yang sudah dibahas sebelumnya, untuk mengatur semua pos pengeluaran ini, saya menggunakan beberapa aplikasi keuangan digital, salah satunya adalah blu by BCA Digital. Saya sedikit ceritakan ya bagaimana review aplikasi blu ini.

Apa Itu blu by BCA Digital?

Aplikasi blu by BCA Digital review alikasi blu

Sebelum memberikan review jujur Aplikasi blu, kenalan dulu yuk dengan blu. Aplikasi blu by BCA Digital ini adalah milik Bank BCA. Siapa sih yang nggak tahu BCA? Jika BCA adalah lembaga perbankan; BCA Digital adalah bank digital yang beroperasi tanpa cabang (branchless); sementara blu adalah mobile banking dari BCA Digital yang memudahkan pelanggan dalam melakukan transaksi finansial dan non finansial melalui smartphone.

Walaupun masih terbilang baru, tapi blu sangat memudahkan saya dalam melakukan pemisahan transaksi sesuai dengan pos yang dibutuhkan. Aplikasinya sangat handy, mudah digunakan dan memiliki customer service (CS) yang cekatan dan informatif. Serius deh, ini sebuah review jujur aplikasi blu dari saya, hehe.

Baca juga: Perhatikan Ini Sebelum Investasi Crypto!

Cara Mendaftar blu by BCA Digital

  1. Download Aplikasi blu by BCA Digital di Play Store atau App Store
  2. Lakukan pendaftaran. Bisa pilih bagi pendaftar yang sudah pernah memiliki bank BCA maupun belum.
  3. Isi data diri, lengkapi dengan foto KTP dan nomor NPWP.
  4. Setelah data terisi lengkap, kita akan dialihkan ke panggilan video call oleh customer service untuk verifikasi data.
  5. Selesai! Tunggu 1 x 24 jam untuk proses pengaktifan akun.

Untuk mendapatkan lebih banyak keuntungan, jangan lupa untuk menambahkan kode referal saat proses pendaftaran, ya. Kalian bisa pakai kode DIAZBU0PL dan mendapatkan tambahan saldo sebesar Rp.25.000 setelah top up Rp.250.000 dalam satu kali transaksi dalam waktu 7 hari setelah pembukaan rekening!

Copy Clipboard

Copy kode referal blu by BCA Digital

Mendaftar Tanpa Harus Ke Luar Rumah!

Yup betul sekali, salah satu review jujur aplikasi blu yang saya alami adalah kemudahan dalam mendaftar atau membuka rekening. Sebagai contoh nih, saya daftar via aplikasi blu sekitar jam 8 pagi, nggak sampai 10 menit, langsung selesai!

Setelah install aplikasinya, isi data diri sesuai dengan yang diminta. Setelah itu, kita akan langsung disambungkan dengan customer service via video call. Nanti CS nya akan me-review ulang data yang sudah kita masukkan dan sekaligus membantu kita membantu selfie dengan KTP.

Setelah selesai, nanti akan dapat email konfirmasi dan akun akan aktif setelah 1 x 24 jam! Sungguh mudah, kan?

blu by BCA Digital Tawarkan Beragam Fitur Sesuai Kebutuhan Financial

review jujur aplikasi blu pengalaman diazbela

me-review aplikasi blu belum lengkap tanpa mention beragam fitur yang dimiliki blu! Ada beberapa fitur yang membedakan blu dengan aplikasi BCA lainnya, diantaranya:

  • bluAccount
  • bluSaving
  • bluGether
  • bluDeposit
  • Transfer uang
  • Tarik tunai tanpa kartu di ATM BCA
  • Beli pulsa & bayar tagihan pascabayar
  • Pembayaran internet/TV kabel
  • Top up OVO & GoPay
  • Pembayaran menggunakan QRIS
  • Cek saldo
  • Cek riwayat transaksi

Diantara semua fitur tersebut, ada 3 fitur yang benar-benar yang membantu saya dalam mengalokasikan pos pengeluaran setiap bulan. Diantaranya adalah bluSaving, bluGether, dan bluDeposit. Berikut benefit dari review aplikasi blu dan fiturnya:

1. bluSaving

fitur blusaving Review Aplikasi blu Review Jujur Aplikasi blu Aplikasi blu by BCA Digital

bluSaving adalah tempat kita untuk membuat alokasi pos tabungan sesuai dengan tujuan kita sendiri. Jadi, cashflow yang disimpan dalam rekening blu bisa dipisahkan dalam bluSaving. Tujuannya pun bisa dipilih sampai 10 tujuan, tergantung kebutuhanmu sendiri. 

Ini tentu cocok banget untuk mengalokasikan dana tabungan dan cicilan dengan jangka waktu pendek, misal: untuk biaya kurban, atau untuk bayar biaya kontrakan setiap 1-2 tahun.

Selain itu, jika menabung di bluSaving, kita akan mendapatkan suku bunga tahunan yang kompetitif. Gokil banget karena sampai 3% dong!

2. bluGether

fitur blugether diazbela Review Aplikasi blu Review Jujur Aplikasi blu Aplikasi blu by BCA Digital

bluGather cocok banget untuk kamu yang suka patungan, atau sedang memiliki tujuan keuangan yang akan dicapai bersama. Misal: patungan dengan kakak/adik untuk beli kado untuk ulang tahun ibu, nabung biaya liburan bareng temen, atau bahkan arisan!

Nggak perlu repot lagi nagihin satu-satu via pesan pribadi karena di bluGether ini para member bisa langsung menambah dana, melihat transaksi yang sedang atau telah berlangsung, hingga mendapatkan notifikasi jika ada penarikan dana dalam satu akun bluGether.

Menarik, ya! Ini membantu banyak orang untuk bisa menabung dan mencapai tujuan keuangan bersama.

3. bluDeposit

fitur bludeposit diazbela Review Aplikasi blu Review Jujur Aplikasi blu Aplikasi blu by BCA Digital

Dengan suku bunga yang lebih tinggi diantara fitur blu lainnya, bluDeposit merupakan deposito berjangka dengan minimal saldo Rp.10 juta. Tenornya juga cukup singkat kok, bisa dimulai dari 1-12 bulan aja.

Deposit ini juga non-ARO yang berarti tidak otomatis diperpanjang. Pada saat jatuh tempo, saldo final akan masuk ke akun bluAccount kamu, jadi bisa re-apply lagi sesuai dengan kebutuhanmu deh.

Misal di tengah jalan kamu ada keperluan mendadak dan harus mencairkan dana deposit, bluDeposit ini juga bisa dicairkan kok. Hanya saja, kita tidak akan mendapatkan keuntungan dari bunganya.

Menurutku, bluDeposit ini cocok banget untuk mengisi pos kebutuhan menabung atau anggaran dana masa depan. Seperti yang kita ketahui, deposito adalah salah satu sarana mengumpulkan anggaran masa depan yang minim resiko. Jadi kalau kamu berminat, misal, untuk menabung dana pendidikan anak-anakmu disini ya tidak masalah. Selama cocok dan jangka waktu depositonya diperhitungkan, ya.

Baca juga: Dibalik Layar Liputan Muslim Travelers

Overall Review Aplikasi blu

Secara keseluruhan, saya nyaman banget menggunakan aplikasi ini. Berjalan dengan baik tanpa hang dan loading yang lama di iPhone saya. 

Walau fiturnya masih belum sebanyak aplikasi sejenis, tapi saya sih percaya dengan inovasi blu kedepannya. Kenapa? Karen blu adalah produk dari BCA Digital, Perusahaan BCA Group yang selalu berinovasi memberikan layanan terbaik bagi pengguna.

Grand Launching blu by BCA Digital

Kamis 22 Juli 2021 ini, blu mengadakan Grand Launching melalui Zoom yang menandakan resminya aplikasi pintar satu ini siap meramaikan pasar digital banking.

Tapi ternyata tidak hanya itu, blu juga siap untuk melakukan kolaborasi dengan berbagai merchant yang nantinya akan menghasilkan beragam kemudahan transaksi digital antara kedua belah pihak.

Acara yang berlangsung selama kurang lebih 2 jam ini dibuka oleh Direktur Utama BCA, Digital Lanny Budiati, yang menjelaskan beragam manfaat blu dan alasan kenapa blu dianggap bisa memenuhi kebutuhan gilat ekonomi digital di Indonesia.

Dalam sambutannya, beliau berujar bahwa BCA Digital berkomitmen mengembangkan platform yang dapat memenuhi kebutuhan finansial dan non-finansial nasabah, lewat ekosistem digital yang saling terkoneksi. Dan akhirnya terciptalah blu!

Gandeng Blibli, blu Siap Berkolaborasi

Review Jujur Aplikasi blu kolaborasi blibli

Ini yang membuatku sedikit kaget sih. Ditengah-tengah mengikuti webinar, ternyata blu mengumumkan bahwa telah berkolaborasi dengan Blibli, salah satu digital marketplace terdepan di Indonesia mengenai kemudahan transaksi.

Kusumo Martanto, CEO dan Co-Founder Blibli juga sempat menjelaskan bahwa Blibli merupakan e-commerce pertama di Indonesia yang terintegrasi dan terkoneksi dengan layanan aplikasi platform bank digital.

Sebagai netizen yang suka belanja online, aku merasa kolaborasi ini adalah one small step to the bigger one, yang nantinya akan berpengaruh dalam melakukan transaksi keuangan digital.

Sinergi yang mumpuni ini juga bisa menyasar banyak target user baru, yakni para digital savvy, yang memang dalam keberlangsungan hidupnya tak bisa lepas dari keberadaan teknologi.

Duh jadi gak sabar deh, inovasi apa lagi ya yang akan dikeluarkan oleh blu? 

Makanya, untuk kamu yang butuh bantuan dalam mengelola keuangan, khususnya dalam membagi pos pengeluaran yang wajib dialokasikan setiap bulan, atau bahkan jika kamu seorang digital savvy dan ingin merasakan trabsaksi digital secara nyaman dan aman, kuy langsung download aplikasi blu by BCA Digital!

Baca juga:
Tips Keluarga Bebas Cacingan - Halo moms, di masa pandemi seperti ini sepertinya jadi lebih banyak orang yang aware dengan…
76
0
Comments herex
()
x