Aplikasi Siap Kerja QuBisa di Zaman Digital: Tentang Karir dan Berpikir Kreatif!

oleh | Okt 19, 2021 | Karir, Stories | 140 Komentar

Beberapa bulan belakangan, saya selalu flashback dan berpikir tentang karir, pencapaian, dan rencana kedepan. Mungkin karena beberapa pergantian karir yang saya alami dalam waktu yang lumayan cepat beberapa tahun ini. Menjadi seorang ibu di rumah, ibu pekerja, kembali ke ibu di rumah lagi, lalu menyesuaikan fokus dan goals yang berubah, dan pergolakan lain yang menguras tenaga untuk selalu berpikir kreatif. Beruntungnya di zaman serba digital seperti sekarang, banyak sekali aplikasi siap kerja yang bisa membantu saya memfasilitasi segala kebutuhan dalam satu genggaman. Yuk kita ngobrol tentang hal ini!

Tentang Karir

Salah satu mantra yang selalu saya pegang ketika mulai bekerja adalah, β€œYour future depends on what you do today.” Itu beneran ngaruh banget sih karena memang, karir apa yang kamu pilih, itu selalu berkaitan dengan karir selanjutnya yang akan kamu dapatkan.

Misal nih, ya, saya memulai karir di dunia digital dan jurnalistik, maka portfolio yang akan saya punya dan bangun akan berada disekitar bidang tersebut. 

Lebih bagus lagi kalau misal ada pekerjaan sampingan atau hobi yang bisa dikembangkan, menghasilkan, dan memiliki client. Selain bisa menambah income dari segi keuangan, juga bisa dijadikan sumber meningkatkan kemampuan profesional yang nanti akan berpengaruh dalam daftar pengalaman kerja.

Baca juga: Persimpangan Jalan yang Menyenangkan

diaz bela jurnalis

Bagaimana Cara Membangun Karir?

Sesuai dengan pengalaman saya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membangun karir yaitu dengan cara mempertimbangkan kemampuan dan pasar yang ada, serta membangun personal branding. Atau dalam bahasa ringkasnya upskilling dan reskilling.

Skill vs Market

Kebutuhan industri itu terus berubah dan berkembang, Dulu mana kepikiran kan bisa kerja dari rumah hanya dengan modal laptop dan internet, eh sekarang malah bisa dilakoni. Contoh lainnya, dulu juga mana kebayang bisa akses informasi tanpa baca koran atau nonton tv. Sekarang juga semua bisa dilakukan melalui smartphone.

Karena itulah penting sekali memiliki cara belajar efektif, meningkatkan kemampuan, dan skill mumpuni yang bisa bertahan di tengah perubahan zaman. 

Alan Sheng, dalam artikelnya pernah menulis beberapa poin yang bisa membantu kita meningkatkan skill dan bertahan dalam pasar kerja yang kita geluti, diantaranya:

  • Kompetensi
    Apakah kamu punya pemahaman yang cukup tentang skill yang dimiliki? Are they transferable across different industries? 
  • Sertifikasi
    Perbanyak sertifikasi yang menunjang skill yang dimiliki.
  • Bertumbuh dan berkembang
    Apa siap untuk bersikap adaptif terhadap perubahan?
karir market personal branding diaz bela

Sebagai alumni jurusan Ilmu Komunikasi dan berkarir pada bidang yang sesuai dengan kompetensi jurusan, saya merasa beruntung karena bidang ini terus berkembang, adaptif, dan banyak dibutuhkan baik untuk perusahaan maupun personal. 

Maka sekarang harus refleksi lagi, sih, siap nggak untuk berkompetisi dengan perubahan? Dan harus siap juga untuk β€œberlari” karena bagaimanapun bidang ini banyak sekali peminatnya. Jadi tetap harus upskilling dan reskilling dan ditunjang dengan karya atau portfolio yang bisa dibanggakan. Seenggaknya membanggakan diri sendiri lah, hehe.

Baca juga: Liputan Muslim Travelers

Personal Branding

Zaman sekarang kayaknya penting banget deh punya personal branding, minimal yang bisa menjelaskan tentang siapa kamu dan apa tujuanmu membangun personal branding tersebut.

Gimana sih cara meningkatkan personal branding?

Topik ini sebenernya deket banget dengan pengaplikasian media sosial dalam kehidupan sehari-hari karena media sosial merupakan salah satu cara meningkatkan personal branding.

Misalnya nih, aku ingin membangun branding di media sosial sebagai seorang content writer dan lifestyle blogger, jadi postinganku di media sosial akan terkait dengan hal-hal tersebut. Bangun identitas dari apa yang kamu posting di media sosial ini bisa jadi caranya.

Baca juga: Ke Osaka, Yuk!

Tentang Berpikir Kreatif

Looking back, berpikir kreatif adalah sumber dari segala kemajuan dan pemecahan masalah. 

Biasanya nih, creative thinking ini bisa terbentuk secara natural pada orang berdasarkan dengan pengalaman dan referensi orang tersebut dalam suatu hal. Pengalaman dan referensi didapatkan dari banyak hal seperti tontonan, bacaan, hingga tren yang sedang terjadi. Semakin banyak referensi yang dimiliki, biasanya akan cenderung lebih kreatif dalam melihat suatu masalah.

Tapi, creative thinking ini juga bisa dibangun dengan cara ATM yaitu, Amati, Tiru, Modifikasi. Cara ini sih yang biasanya lebih efektif ketika aku bekerja dengan pacing yang cepat dan dengan banyak orang. Apalagi ranah kerjaku itu berkutat dalam kerjaan yang serba dinamis. Jadi untuk mengasah pola berpikir kreatif, harus banyak sekali referensi dan ATM yang dimiliki.

Baca juga: Mencari Kineruku

Tentang Aplikasi Siap Kerja di Zaman Digital

Aplikasi belajar online kursus online gratis

Dari tadi ngomongin generasi digital terus dan belum sah rasanya kalau nggak ngebahas mengenai aplikasi belajar online yang sekarang sudah buanyak banget ada di internet.

Ya, dengan banyaknya kursus online gratis ini kita bisa dengan mudah mengakses materi, upskilling, dan reskilling dari banyak pilihan topik pembelajaran yang tersedia.

Belajar gak ribet lagi dan sebuah solusi memang untuk kamu yang ingin cara belajar efektif melalui aplikasi belajar online.

Baca juga: Microlearning di QuBisa

Kursus Online Gratis Bersama QuBisa

Salah satu aplikasi pembelajaran yang aku favoritkan adalah QuBisa. Kalau dulu aku mencoba QuBisa melalui website, kini aku coba melalui aplikasi dan wow ternyata lebih nyaman! Aplikasinya sangat user friendly dan mudah untuk digunakan!

Dengan berbagai tema skill pembelajaran mulai dari dunia kerja, finansial, hingga tips pengembangan karir semua ada disini. Materi yang disampaikan juga terbagi dalam beberapa pilihan seperti microlearning, webinar, dan kursus.

Beberapa kelas juga ada yang bisa diakses secara gratis. Yang berbayar juga harganya terjangkau, kok, dan biasanya sudah termasuk dengan sertifikat keikutsertaan.

Dan yang paling aku suka nih, di QuBisa setiap orang dapat menjadi pembelajar. Jadi nggak heran kalau ada pemateri yang berasalkan dari universitas, industri, atau bahkan profesional yang menyajikan materi sesuai dengan kompetensinya.

Tentang Karir, Berpikir Kreatif, dan Aplikasi Siap Kerja di Zaman Digital diazbela

Aku baru saja menyelesaikan kursus Thinking Skill & Creativity oleh Rinandita Wikansari, seorang psikolog di bidang pendidikan. Kelasnya seru banget, bertaburan ilmu dan tentunya: gratis! Hehehe..

Kelas dibagi menjadi 10 materi video pendek, jadi tidak jenuh dan bosan ketika belajar. Semua materi disampaikan secara padat dan jelas, daging semua lah, isinya! Beberapa poin dari materinya juga sudah aku rangkum di atas.

Seneng deh karena ternyata meningkatan kemampuan belajar melalui kursus di QuBisa itu mudah dan bisa dilakukan di mana saja. Belajar gak ribet lagi, deh!

Baca juga: A Leader’s Perspetive

Lomba Blog QuBisa

Lomba blog qubisa upskilling dan reskilling diazbela

Oh ya, sampai tanggal 10 Desember nanti, QuBisa juga menyelenggarakan lomba blog, lho! Dengan total hadiah 10 juta rupiah, event ini tentunya cocok buat kamu yang ingin mengasah kemampuan menulis blog. Yuk segera download aplikasi QuBisa di App Store dan Play Store, dan jangan lupa ikutan lombanya, ya!

Kamu juga bisa nih menulis tentang karir, berpikir kreatif, atau tema lain yang berkaitan dengan aplikasi siap kerja di zaman digital, lho. Hehe.. Good luck! πŸ™‚

Baca juga: Mengelola Keuangan di Masa Pandemi

Subscribe
Notify of
guest

140 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Ririe Khayan
Ririe Khayan
1 year ago

kehadiran aplikasi QUBisa ini spt OASE yang menyejukkan hati, menenteramkan karena memudahkan siapa saja yang butuh upgrade skill secara lebih cepat, mudah dan bisa darimana saja. Jadi, ngebantu banget juga bagi yg sdh bekerja dan memang tetap perlu update potensi diri.

Ririe Khayan
Ririe Khayan
1 year ago
Reply to  Diaz Bela

Kemarin sempat ngobrol-ngrobrol sama anak-anak tentang aplikasi QuBisa ini, katanya aplikasi ini cocok banget buat nambahin skill mahsiswa, agar pas lulus kuliah lbh PeDe utk bersaing di dunia kerja

Iim Rohimah
Iim Rohimah
1 year ago
Reply to  Ririe Khayan

Setuju Kak, buat freshgraduate dan mahasiswa yang masih dalam masa belajar ini bermanfaat banget. Kerasa banget waktu kuliah kalau hanya belajar teori dan ambil kegiatan seadanya di kampus, masih kurang untuk bisa siap kerja.

Okti
Okti
1 year ago

Jaman semakin canggih, tidak nyangka sebenarnya kita banyak dimanjakan oleh kecanggihan teknologi. Kebutuhan apapun saat ini bisa dilakukan sambil rebahan.
QuBisa saya tahu nih udah lama juga
Memang bagus dan banyak sekali manfaatnya untuk kita nambah skill ya

Shyntako
Shyntako
1 year ago

Hari gini memang harus perbanyak kecakapan digital deh apalagi prediksinya ke depan nantinya dunia digital semakin berkembang pesat juga loh!

Leila Niwanda
Leila Niwanda
1 year ago

Namanya persiapan kerja memang harus dilakukan dari berbagai bidang, ya. Mulai dari peningkatan keterampilan, bagaimana menampilkan citra diri, sampai cari tahu tips dan trik lolos seleksi kerja. Sekarang makin mudah dengan banyaknya layanan belajar daring untuk peningkatan kompetensi diri, tapi memang harus pilih-pilih yang tepercaya, sih, ya. Jadi pingin kepoin Qubisa ini, deh. Pastinya recommended, ya?

nyi Penengah Dewanti
nyi Penengah Dewanti
1 year ago

Upgrade skill sekarang sangat mudah dan bisa diakses dengan gengaman jari allhamdulillah ya Mba diaz. Aku tapi belom coba mbaa

ungayossydotcom
ungayossydotcom
1 year ago

Makin canggih zaman semakin bisa membantu kita dalam menuju kedepan ya kak. Aplagi dalam memilih karir yang tepat. Mana aplikasinya QuBisa ini lengkap banget

Diah Alsa
Diah Alsa
1 year ago

saya juga suka nih Mbak belajar dari QuBisa, tapi belum pernah nih cobain aplikasinya.
jadi makin asyik ya belajar di QuBisa ini, tiap saat bisa kita intip kelasnya dari genggaman kita.
semangat belajar πŸ™‚

sarahjalan_
sarahjalan_
1 year ago

Semakin banyak applikasi yang menawarkan kemudahan bagi kita untuk meningkatkan skill ya kak, ada yang gratis atau berbayar tergantung kebutuhan kitanya juga. Aku download dulu ah applikasi QUBisa, jadi penasaran ni

Sari
Sari
1 year ago

Meskipun nggak muda lagi, tapi harus tetap semangat untuk belajar trus, upgrade skill. Jadi penasaran sama qubisa, ternyata ada kelas gratisnya ya.. mau ngulik kelasnya ada apa aja

Arni
Arni
1 year ago

Jaman digital begini semua serba mudah ya
Kursus online membantu banget dan memudahkan kita mendapatkan ilmu yang dibutuhkan sehingga siap enghadapi dunia kerja

Farida Pane
Farida Pane
1 year ago

QuBisa bantu kita membangun karir, personal branding, dan berpikir kreatif, ya. Keren!

Yuni BS
Yuni BS
1 year ago

Aku baru saja menyelesaikan kursus bagaimana berkomunikasi yang baik di aplikasi siap kerja QuBisa lho, Kak. Mengenal filler word. Beda dengan kakak yang terbiasa dengan publik speaking, aku memang suka agak gagap kalau udah ngomong di publik. Hehehe…

Relinda Puspita
Relinda Puspita
1 year ago

Iya, sih, karir juga mesti mikirin pasar juga. Soale konon, di masa depan ada beberapa pekerjaan yang gak diperlukan lagi.

Nurul Fitri Fatkhani
Nurul Fitri Fatkhani
1 year ago

Meningkatkan kemampuan dan keahlian dalam dunia kerja memang penting sekali, ya. Katanya supaya bisa lebih profesional. Untung sekarang ada QuBisa yang bisa dijadikan media untuk mengembangkan keahlian, ya …

Avi
Avi
1 year ago

Hebat bener, thinking skill ada kursusnya, gratis pula. Jadi pengen intip2 di Qubisa, siapa tahu ada kursus yang cocok.

Tukang Jalan Jajan
Tukang Jalan Jajan
1 year ago

dimasa seperti ini, kursus online merupakan salah satu pilihan untuk menambah ilmu pengetahuan, menambah kemampuan diri. Apalagi pilihannya banyak banget

Rani Retnosari Mantriana
Rani Retnosari Mantriana
1 year ago

Suka banget sama artikel yang bahas kerjaan kayak gini. Ohiya aplikasi QuBisa banyak yang bilang bagus ya, aku jadi kepo pengen tau lebih banyak juga. Seru kan bisa sambil nambah skill juga.

Kang Yusuf
Kang Yusuf
1 year ago

Wah cocok banget buat belajar online dirumah. Selain bisa meningkatkan kualitas diri juga bisa buat mencari kursus yang keren.

Jihan
Jihan
1 year ago

Aku juga kemarin sempet join di kursus gratisnya QuBisa. Padahal kursus public speaking kalo di luar tuh harganya bisa jutaan lhoo. di sini gratissss, jatuh cinta sama QuBisa <3 wkwkwk

nabilla - bundabiya.com
nabilla - bundabiya.com
1 year ago

sekarang memang perlu banget nih mba untuk join ke aplikasi siap kerja seperti qubisa, soalnya memang ada banyak skill yang perlu kita asah, atau skill baru yang juga perlu kita pelajari

Diah Alsa
Diah Alsa
1 year ago

Kita gak boleh cepat puas dengan ilmu yang ada, harus selalu rajin belajar, upskilling dan juga reskilling agar lebih terasah lagi ya ilmu yang ada. QuBisa ini paling mengerti kebutuhan kita.

Renayku
Renayku
1 year ago

Serius nih QuBisa gratis? Semua gratis atau ada yg berbayar? Jadi penasaran nih pengen coba deh

atiqoh
atiqoh
1 year ago

aplikasi begini emang sekarang banyak dicari ya, karena lebih mudah, dan efisien, low budget juga, keren deh, semoga orang-orang bisa makin berkembangg πŸ™‚

Siti Mustiani
Siti Mustiani
1 year ago

Kalau aku paling seneng menjalani hobi baru yang aku pelajari mulai dari sekarang, dan saya yakin kalau dijalani dengan sungguh-sungguh dan konsisten pasti menjadi sebuah pencapaian yang kita inginkan. Oleh karena itu suka belajar, baik itu teori dan praktiknya. QuBisa juga jadi salah satu platform yang bisa diandalin banget nih, banyakk pilihan skill yang pengen dikembangkan dan dipelajari disini.

Faradila Putri
Faradila Putri
1 year ago

Aku juga pakai ini mbak. Lumayan bisa nambah ilmu sembari mengerjakan pekerjaan domestik di rumah hehehe. Kelasnya dan webinarnya bagus-bagus!

Niken
Niken
1 year ago

Berpikir kreatif dan mengembangkan diri itu penting banget ya mbak. Sejak nggak kerja di ranah publik, aku akhirnya harus bisa tetap mengembangkan diri supaya nggak ketinggalan. Di Qubisa banyak yang bisa kita pilih sesuai passion juga.

Nathalia DP
Nathalia DP
1 year ago

Seru ya ikut kursus di qubisa… Jadi pengen coba deh nambah ilmu di qubisa, terus sekalian ikut lombanya juga ah…

Iim Rohimah
Iim Rohimah
1 year ago

Ketika bicara karir, memang hal paling relevan adalah soal personal branding itu. Jujur saya sendiri adalah orang yang suka ganti profesi. Ibu rumah tangga tapi ganti pekerjaan sampingan gitu.
Saya pun ikut salah satu kursus di QuBisa ini, Mbak. Dan…. memang harus istiqomah kalau soal karir. Goals ke depan harus jelas dan skill kudu terus ditingkatkan.

Bambang Irwanto
Bambang Irwanto
1 year ago

Alhamdulillah zaman now meningkatkan skil semakin dipermudah ya, Mbak. Salah satunya lewat QuBisa. Saya juga sering mampir. Apalagi mudah diakses lewat smartphone atau laptop. Belajar bisa kapan saja dan di mana saja.

YSalma
YSalma
1 year ago

Aplikasi siap kerja QuBisa dapat memperkuat karir bagi yang sudah bekerja, ataupun yang masih mencari kerja ya mba. Banyak video pembelajaran yang dapat diakses secara gratis. Aplikasi yang harus ada di ponsel ini.

Hendra Suhendra
Hendra Suhendra
1 year ago

Zaman sekarang mau upgrade skill dan nambah wawasan mudah banget ya. Apalagi ada platform QuBisa, jadi nggak perlu bingung lagi mau ningkatin skill. Terima kasih infonya Mba Diaz

Fenni Bungsu
Fenni Bungsu
1 year ago

QuBisa itu menjadikan siapapun jadi bisa karena punya modal skill yang oke. Makanya asik kursus di sini bisa kapan aja

Nurul Fitri Fatkhani
Nurul Fitri Fatkhani
1 year ago

Lumayan belajar di QuBisa ya. Aplikasinya mudah diakses, banyak pilihan kursus dan webinar yang bisa meningkatkan kemampuan kita.

ghina
ghina
1 year ago

beneran sih, punya creative thinking dan selalumengasah kemampuan itu jadi branding sendri buat seseorang ya. Makanya pas ada kelas gratis aku selalu sempatkan jga, jadi ibu penuh waktu bukan berarti kita tidak terus mengasah skill kan ya. UNtung nih ada QuBisa ya memudahkan belajar dari mana saja dan kapan saja

Happy Hawra
Happy Hawra
1 year ago

aplikasi QuBisa ini ngebantu kita upgrade skill tanpa kenal waktu, bebas kapan aja, bahkan sambil rebahan ?

Hendra Suhendra
Hendra Suhendra
1 year ago
Reply to  Happy Hawra

Nah ini, yang paling enak itu bisa kursus online sambil rebahan. Nggak perlu repot keluar rumah, cukup di rumah aja juga bisa. Mantap deh QuBisa.

Lina W. Sasmita
Lina W. Sasmita
1 year ago

Saya juga sedang menjalani upskilling dan reskilling dengan mengikuti beberapa kelas di Qubisa. Nyesel baru tau sekarang. Padahal ada banyak kelas yang bisa diikuti secara gratis.

Mei Daema
Mei Daema
1 year ago

saya juga menggunakan aplikasi QuBisa buat upskillin dan reskilling kemampuan, banyak gratisnya lagi seru banget ya webinarnya, pengajarnya berkompeten

dian
dian
1 year ago

sungguh juara ya aplikasi Qubisa ini
sangat membantu untuk meningkatkan skill yang bisa jadi modal berkarir

Jihan
Jihan
1 year ago

MasyaAllah emang bener mbaa kemarin aku ketemu QuBisa tuh seneeeng banget karena bisa banyak upgrade skilll akunyaa.

lendyagassi
lendyagassi
1 year ago

Iya juga yaa…
Apa yang kita lakukan sekarang akan membentuk dirimu kemudian. Ya personal branding, ya karir dan segalanya.
Semoga apa yang kita lakukan dengan banyak menimba ilmu di Qubisa, bisa menapaki masa depan dengan cemerlang.

Lita
Lita
1 year ago

saya nggak coba yang lewat website. Bisa juga ya. saya kira cm di app saja..

Muna Hidayat
Muna Hidayat
1 year ago

Latar belakang pendidikan saya di bidang pendidikan, lalu bekerja sebagai guru.
Eh pas resign kok malah jadi personal blogger dan content writer ini gimana ceritanya, hehe.
Ya itulah. Meski tanpa pendidikan formal pun kita masih bisa belajar skill lain dengan bantuan aplikasi siap kerja seperti QuBisa ini misalnya. Bersertifikat pula.

hallowulandari
hallowulandari
1 year ago

di jaman digital gini, kita emang perlu banget sih cari informasi terkini tentang kebutuhan pasar sekarang, dan skill apa yang kita perluin biar tetep bisa bersaing dan berkarya. Aku pun lagi cobain QuBisa nih mba, lagi coba ngoprek2 materi digital marketing, enaknya di QuBisa ada program serifikasinya juga yaaa

Talif
Talif
1 year ago

Jadi keingat dulu pas awal-awal baru lulus kuliah betapa sulitnya untuk mencari kerja dan meningkatkan skill. Untung banget ya orang yang hidup di zaman sekarang banyak bisa memanfaatkan aplikasi seperti QuBisa ini.

Arai Amelya
Arai Amelya
1 year ago

Qubisa ini kayaknya problem solved banget buat yang pengen berburu banyak ilmu di era digital gini ya kak. Jangan sampai selama pandemi ini kita tidak meningkatkan kualitas SDM diri

Jihan
Jihan
1 year ago

Aku juga happy banget kemarin bisa ikutan QuBisa, biasanya mah bayar ikutan kelas kayak gitu. Nah di QuBisa ini gratiss. Alhamdulillah banget bisa kenal QuBisa dehh

Lita
Lita
1 year ago

bener banget mbak. dulu saya sempat batin kenapa sih ngga manfaatin internet aja utk kursus yg jauh2.. eh sekarang malah udah bisa ya.. ada QuBisa jadi enak buat ngembangin skill

nabilla - bundabiya.com
nabilla - bundabiya.com
1 year ago

aku pernah ambil course di qubisa mba.. aku termasuk yang merekomendasikan nih karena lumayan lengkap terutama untuk subject digital marketing ya

YSalma
YSalma
1 year ago

Aplikasi siap kerja QuBisa dapat membuat pekerja lebih profesional degan skill yang terus ter-update ya. Kuncinya belajar di manapun dan kapanpun.

Yudichu
Yudichu
1 year ago

Bagus ya aplikasinya buat nambah-nambah skill , gratis pula. Cocok nih buat saya yang lagi cari pekerja baru hehe.

HI THERE!

DIaz Bela Blog

Diaz Bela Yustisia

Generasi 91, seorang ibu, dan ex-News TV Reporter yang sekarang sedang meniti “karir” di dunia digital.
Saya menulis tentang hal-hal yang saya sukai: pengalaman, opini, traveling, kuliner, dan lain-lain!
Talk to me about anything! πŸ™‚

Arsip

MEMBER OF:

logo komunitas blog
logo komunitas blog
Logo Komunitas BRT Network