belajar-seo-onpage
Blog,  Blogging,  Featured

Belajar SEO On Page, Yuk, Supaya Tulisan Dilirik Google!

Ketika memutuskan untuk serius berkarir melalui blog, pertanyaan yang pertama kali terlintas adalah: bagaimana supaya artikel yang saya tulis dilirik google? Siapa sangka, dari pertanyaan itu muncul pertanyaan lainnya seperti: harus mulai dari mana, apa saja yang harus dilakukan, sampai diri yang mulai ragu, apakah bisa? Ternyata bisa saudara-saudara, salah satu caranya dengan belajar SEO On Page

Apa itu SEO On Page?

Sebelum menjelaskan tentang SEO On Page, kita harus paham dulu nih dengan pengertian SEO. Search Engine Optimization (SEO) atau optimasi mesin pencari adalah proses atau cara yang dilakukan untuk meningkatkan volume dan trafik kunjungan ke blog melalui mesin pencari. Nah, namanya juga optimasi, berarti harus ada kegiatan yang dilakukan secara berkala, dong, dan ini idealnya dilakukan dalam jangka waktu yang tidak sebentar.

Lalu apa yang dimaksud dengan SEO On Page?

Secara singkat, SEO On Page dapat diartikan sebagai kegiatan SEO yang dilakukan untuk bebenah blog kita dari dalam. Yup, betul, dari dalam. Karena ternyata banyak lho yang harus diperhatikan ketika kita menulis artikel untuk blog!

Baca Juga: Dibalik Layar Liputan Muslim Travelers

Memulai Optimasi Blog

Kalau dari tadi sudah disinggung apa tentang “kewajiban” melakukan proses untuk meningkatkan trafik blog, lalu memang apa saja sih yang harus dilakukan?

1. Tentukan Niche Blog

As clicé as it seems, tapi ternyata niche blog yang baik itu sangat berpengaruh lho. Pembaca baru akan langsung tahun tentang identitas blog kita. Sementara pembaca lama akan terus datang karena blog kita akan dianggap sebagai salah satu referensi terhadap tema yang kita angkat. Kedua hal ini bisa menyumbang jumlah page view (PV) ke blog kita, lho.

2. Gunakan Judul Yang Tepat

Judul yang singkat, padat, dan jelas tentu lebih menarik dari sekedar judul click bait yang hanya memprioritaskan kalimat ajakan tanpa menghiraukan isi artikel. Judul yang tepat juga bisa menggambarkan premis tulisan kita. Dan itu sangat membantu ketika blog kita ada di halaman google karena calon pembaca pasti melihat dulu judul kita sebelum membaca meta deskripsi blog.

3. Tulis Meta Description Blog Semenarik Mungkin!

Contoh meta description

Meta description atau deskripsi meta blog amat sangat berpengaruh karena dia bisa merepresentasikan tulisan secara keseluruhan. Dan yang baru saya tahu, meta description itu bisa kita bikin sendiri, lho. Kalau di wordpress sih tinggal pake plugin aja (ciee yang baru pindah ke wordpress 😛). Jadi, buatlah semenarik mungkin.

Kenapa sepenting itu? Karena meta description langsung ada sebagai “tulisan penjelas” atau “ringkasan” postingan blog kita. Sehingga ketika tulisan kita nangkring di google, orang akan makin penasaran dengan tulisan yang kita buat.

4. Keyword, Keyword, Keyword

Letakan keyword di judul, permalink, paragraf pertama tulisan, meta description, dan dimanapun di dalam tulisan ASAL masih relevan, ya. Penempatan keyword yang relevan akan berpengaruh terhadap penilaian google atas blog kita.

Baca Juga: Serunya Koleksi Kartu Pos

Tapi jangan sampai berlebihan atau asal-asalan menempatkan keyword sehingga tulisan kita malah tidak enak dibaca. Gimana pun tetap quality over quantity, kalau terlalu banyak memasukan keyword tapi artikelnya malah nggak jelas, ya, mungkin masih banyak yang mampir ke blog kita tapi orang bakalan kapok berkunjung karena nggak dapet apa-apa. Bisa jadi bounce rate (BR) kita malah tinggi. Lha, malah zonk dong!

5. Optimasi Gambar

Nah ini yang baru saya tahu dan ternyata untuk bebenahnya butuh kerja keras juga, ya. Usahakan untuk memberikan keterangan gambar dalam postingan blog. Bukan hanya masalah caption ya, tapi dari penamaan file gambar dan penjelasan gambar dalam kolom alt image!

Ini penting karena akan membantu google mengetahui fungsi dari gambar yang kita gunakan. Jadi ketika akan meng-upload gambar, pastikan nama filenya bukan lagi IMG0987 atau WhatsappImage001839, ya!

6. H1, H2, H3, H4, Dan Seterusnya

Gunakan heading atau sub-bab dalam tulisan supaya tulisan lebih enak dibaca dan terstruktur. Balik lagi sih, it’s all about design. Tulisan yang bagus juga punya design yang menarik, lho! Bukan hanya sekadar layout blog, tapi pengaturan paragraf pun harus eye catching supaya pembaca nggak jenuh ketika membaca blog kita.

Ini mungkin bisa dibilang sejalan dengan hasil penelitian yang bilang kalau di zaman serba digital, orang makin malas baca tulisan yang punya banyak paragraf panjang. Nah, salah satu cara untuk membuat orang betah membaca tulisan yang panjang adalah dengan membuat sub-bab yang terstruktur, menarik, dan tentunya eye catching!

7. Google Search Console

Daftar Google Search Console (GSC) dan index lah blog kamu supaya tulisanmu “terdaftar” di mesin pencari google. Beberapa blogger rajin “mendaftarkan” tulisannya terbarunya ke GSC, tapi kalau saya biasanya ikut ngindex yang otomatis saja hehehe.

Branding Seorang Blogger

Kenapa sih mendadak harus belajar SEO On Page? Kenapa itu menjadi penting?

Well, seperti yang saya ceritakan di awal tulisan ini, ketika serius berkomitmen untuk berkarir melalui blog, saya berkomitmen juga untuk bebenah blog. Semakin saya menelisik, semakin saya belajar, ternyata saya makin banyak nggak tahunya.. huhu..😭

Ngeblog dari tahun 2007, posting yang uncategorized dan hal random, sampai pada akhirnya di tahun 2014 saya mendapatkan job pertama. Inget banget dulu itu out of the blue, saya mendapatkan email penawaran kerjasama dari salah satu brand. Kaget dan seneng banget lah, apalagi fee nya lumayan banget untuk saya di kala itu.

Dari situ, saya langsung googling, kenapa sih blog saya bisa mendapatkan job? Memang kriteria blog seperti apa yang bisa mendapatkan iklan/klien? Dari situ saya jadi tahu parameter tertentu yang menentukan ranking dan kepopuleran blog seperti nilai Domain Authority (DA), Page Authority (PA), dan Spam Score (SS).

Baca Juga: Pengalaman Open Trip Ke Bromo

Saya lalu mulai berani untuk bebenah blog dengan modal nekat (baca: googling sendiri) mulai dari beli tema premium, utak-atik kode HTML, pasang google ads, gabung ke komunitas a, b, c, dan lain sebagainya.

Sampai di satu titik kok ternyata DA saya terus menerus turun. Dari 16, turun ke 15, turun ke 11, dan turun lagi ke 9. Ada apa ini??

Padahal waktu itu saya ngerasa nggak ada yang aneh: tetap upload tulisan, tetap sharing tulisan ke sosial media dan komunitas, tetap rajin blog walking, lalu kenapa nilai DA saya selalu turun?? WHY GOD??

Lalu di awal tahun 2020 ini saya ikut kelas SEO On Page yang digagas oleh panutan blogque Mas Irwin, Mas Pewe, dan Mas Bahrul Ilmi.

Memang dengan menerapakan SEO On Page bisa meningkatkan DA? Bisa banget! Karena blog dengan isi yang sehat bisa menjadi salah satu generator kenaikan nilai DA.

Kelas SEO On Page

To be honest, kelas ini adalah kelas online berbayar and I’ll tell you in the beginning, it’s all worth it! 😍

Materi SEO On Page dikemas apik oleh Kapiten Baim, eh, Oppa Baim, deng (kekoreaan, ceunah 😛). Semua yang disampaikan, walaupun berbentuk teks melalui grup WhatsApp, amat sangat mudah dicerna bahkan oleh orang yang sulit fokus seperti saya sekalipun, hehe.

Oppa Baim juga amat sangat sabar meladeni pertanyaan dari peserta, menjawabnya, dan bahkan membantu step-by-step kasus tertentu melalui penjelasan gambar atau visual.

Nggak heran sih karena sepak terjangnya Oppa Baim di dunia per SEO-an nggak diragukan lagi. Beliau bertindak sebagai content editor dan SEO specialist di salah satu perusahaan di Pontianak, tempatnya lahir hingga domisilinya saat ini.

Yang bikin saya tambah salut sama Oppa Baim, beliau ini adalah penyandang disabilitas yang menyabet beragam prestasi. Di tahun 2017, Oppa Baim memenangkan berbagai kategori lomba dari Jambore Teknologi Informasi dan Komunikasi wilayah Kalimantan yang diadakan oleh Kominfo seperti: Juara 1 kategori Adobe Photoshop dan Public Speaking dan juara 1 kompetisi kelompok Jambore TIK di bidang Internet.

Nggak heran sih karena memang Oppa Baim sudah berkecimpung di dunia SEO sejak tahun 2013. Bisa juga kepoin blognya: bahrulilmi.com, nulisin.com, dan penulismu.net.

Nah, hayu deh tunggu apa lagi, lagsung cus join kelasnya. Dijamin nggak bakal nyesel. Dapat ilmu, pengalaman, teman baru, dan yang penting, bisa optimasi blog to the next level!

5 4 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
46 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Erny
Erny
4 months ago

Makasih infonya mba…bermanfaat sekali👍🏻

lukyfitriani
4 months ago

Cool! Poin2 panduannya jelas dan lengkap buat yg masih bgung pake Yoast SEO. Cocok buat yg baru belajar content management~

Dyah ummu AuRa
4 months ago

Beneran dapet input yang banyak di kelas ini ya mbak. Fix mesti diterapkan terutama yang SEO ini, biar bisa page one.

Happy Dyah
4 months ago

Mantap deh mba Diaz. Makin juara menuju pejwan deh semua artikelnya. Sukses ya mba

Susana Devi Anggasari
Susana Devi Anggasari
4 months ago

Alhmdulillah kita bisa ketemu di kelas ini yak. Beneran daging ilmunya. Insya Allah segera naik kelas. Hehehe

ditta
ditta
4 months ago

Pengen rutin nulis, gak sengaja ketemu blog ini. Terima kasih tipsnya

Dolores
Dolores
4 months ago

Baru tahu banget kalau SEO bisa diterapin dari postingan yang kita tulis. Aku kira dari judul clikbait aja hehe

Vinna Dwi
Vinna Dwi
4 months ago

Wah seru ya ada kelasnya. Harganya juga menurutku terjangkau sih. Mungkin lain kali mau coba ikutan. Izin follow coach-coachnya dulu 😊

Agnes
Agnes
4 months ago

Sungguh informatif jadi tau soal SEO dan dunia menulis, terima kasih sister sudah berbagi ilmu jadi ingin ikut kelasnya 😁

Nurul Hidayati
Nurul Hidayati
4 months ago

Kelas online seperti ini sih yang diharapkan ada di masa pandemi. Seru ya bisa belajar dan sinergi bersama. Jadi pengen juga..

Annisa Iqba
Annisa Iqba
4 months ago

terima kasih ya kak sudah sharing. Jadi tahu sekarang ada kelas semacam ini. Follow dulu ah suhunya..

Suciarti Wahyuningtyas
4 months ago

Judul dan meta data ini penting banget sih menurutku, pokoknya emang harus paham dulu ya SEO on page.

Lya
Lya
4 months ago

Ahhh dibikin penasaran nih sama si opa :p karena yg bikin penasaran itu adalah ketika nilai DA tetap, PA naik, dan terasa jomlang..salah saya jd dimana ini? Hiikksss

rina
4 months ago

Untuk yang ingin fokus di blog penting banget fokus ya. Dan seo salah satu yang wajib kita tahu. Jadi pengen ikutan kelas seo deh.

Bebeth
4 months ago

Gokil Yaz. Nambah ilmuku baca tulisanmu ❤️

Diani Sekaring Sejati
4 months ago

Yang masih PR di aku nih benerin meta description.. selama ini baru nulis di excerpt doang, hehehe. Banyak banget nih yang harus dibenerin di blogku, makasih udah menginspirasi yaa.

enny
4 months ago

Alhamdulillah, sudah menerapkan on-page ini khususnya sejak ikut kelas DA juga ,tapi yang gelombang 1 hehehe..alhamdulillah ilmunya manfaat bangettt…

Visya Al Biruni
Visya Al Biruni
4 months ago

Aku sejak beebrapa bulan lalu bsru menerapkan meta description, pemakaian foto, teks alt dll Padahal udah 7 tahun ngeblog wkwk btw bar tahu meta description ngga perlu kaku

Ernawati Lilys
4 months ago

Aku harus baca berulang kali, ini harus dipraktekkan dan penting sekali thank for sharing

Dhini Chalista Amelys
4 months ago

Belakangan ini tu aku emang lagi penasaran banget sama seluk-beluk SEO dan kawan-kawannya. Thanks for sharing mbaaa. Bermanfaat bgt 😊

atiqoh
4 months ago

mbaak keren ih blognyaa 🙂 makasih ya ilmunya, akupun sedang merangkak-rangkak belajar SEO sendiri bareng komunitas nulis, mungkin hrs coba jg buat ikutan kelas yaa 🙂

Siti Juwariyah
4 months ago

Sharing yg menarik bgt mbak.. makasii yaaa

Grandys
4 months ago

semuanya noted banget nih mba buat tulisan naik ke pejwan google hehe, tentunya aku tuh jadi banyak banget belajar buat bikin tulisan dan ga asal buat upload foto (jadi sebelumnya aku tuh ngasal up foto haha)

46
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x