Cara Memilih Asuransi Pendidikan

oleh | Feb 14, 2022 | Uncategorized | 19 Komentar

Salah satu hal yang harus dipahami dalam pengelolaan keuangan terutama untuk yang sudah berkeluarga adalah tentang cara mengelola dana pendidikan untuk anak. Hal ini sangatlah penting karena kita tidak akan pernah tahu bagaimana cash flow bulanan yang kita miliki, apakah akan terus naik, cenderung stagnan, atau malah, (amit amit ya) terhenti tidak punya pendapatan. Maka dari itu, perencanaan biaya pendidikan untuk anak itu sangat penting.

Belum lagi biaya pendidikan anak yang cenderung naik terus tiap tahunnya. Jadi makin deg-degan aja kan menghadapi biaya sekolah untuk anak? Sebenarnya ada beberapa instrumen investasi yang bisa digunakan sebagai pemenuhan biaya pendidikan anak. Salah satu yang mungkin familiar adalah asuransi pendidikan. Nah berikut aku mau bahas nih apa saja nih yang perlu diperhatikan dalam memilih asuransi pendidikan.

Membuat Rencana Pendidikan untuk Anak

Cara memilih asuransi pendidikan yang pertama kali ini adalah rencana pendidikan untuk anak. Sebelum melirik penawaran dari sejumlah perusahaan asuransi, lebih baik untuk  terlebih dahulu membuat rencana pendidikan anak sesuai dengan target yang dimiliki.

Hal ini sangat penting karena akan mempengaruhi pilihan asuransi pendidikan yang tepat. Tanpa ada rencana pendidikan yang jelas, target dana pendidikan pun tidak akan mudah dicapai. Maka lebih baik direncanakan dulu, jenjang sekolah mana dan sekolah mana yang akan dituju. Kalau masih ragu, bisa juga dengan melakukan riset biaya pendidikan dengan tambahan inflasi tahunan.

1. Tentukan Keuangan Sesuai Dengan Rencana Pendidikan

Setelah menentukan rencana pendidikan berikut daftar sekolah yang dikehendaki, anda perlu melakukan riset soal biaya pendidikan saat ini untuk mengetahui perkiraan biaya sekolah di masa mendatang. Anda bisa cari tahu dari para orang tua yang menyekolahkan anaknya disana, kira-kira membutuhkan biaya berapa mulai dari awal masuk hingga lulus sekolah.

Dengan mengetahui hal tersebut, maka anda bisa memperkirakan besaran biaya pendidikan untuk masa mendatang. Selain itu anda juga bisa menentukan jumlah dana yang tepat sesuai dengan target pendidikan yang sudah direncanakan tadi.

2. Kenali Perusahaan Penyadia Asuransi

Cara memilih asuransi pendidikan selanjutnya adalah mengenali perusahan penyedia asuransi tersebut. Karena saat ini sudah banyak sekali perusahaan yang menyediakan layanan asuransi pendidikan, untuk itu para orang tua milenial harus bisa selektif.

Tidak hanya mengenai nama besar perusahaan tersebut, lebih dari itu harus paham soal kekuatan keuangan perusahaan tersebut, meliputi aset liabilitas, serta kualitas tenaga kerja. Yang tak boleh ketinggalan, adalah track record perusahaan tersebut yang nantinya bisa anda jadikan bahan pertimbangan.

3. Pilih Produk yang Fleksibel

Asuransi pendidikan dengan menabung ini dua hal yang berbeda, dimana untuk asuransi ini tidak bisa anda tarik kapan saja sesuai kebutuhan. Asuransi ini merupakan investasi jangka panjang bisa diklaim ketika anak mencapai usia tertentu dan bersiap masuk sekolah pada jenjang lebih tinggi.

Maka dari itu pilihlah polis yang fleksibel serta menguntungkan, bisa diklaim sewaktu-waktu untuk penuhi kebutuhan pendidikan anak.

4. Cari Tahu Manfaat Tambahan Dari Produk Asuransi

Cara memilih asuransi pendidikan untuk anak yang terakhir kali ini adalah cari tahu manfaat yang diberikan pada produk asuransi tersebut. Tak bisa dipungkiri jika ‘bonus’ menjadi suatu hal yang diinginkan banyak orang, terlebih jika itu ada kaitanya dengan asuransi anak.

Tidak ada salahnya anda menanyakan hal ini, karena itu menjadi hak anda sebelum akhirnya memutuskan untuk memilih produk asuransi tersebut, Bonus yang dimaksud ini bisa berupa proteksi jiwa atau kesehatan, serta hal lain untuk kebaikan anak. Jika dirasa cocok dan harganya sesuai, maka anda bisa menggunakannya.

Kelebihan dan kelemahan Asuransi Pendidikan

Asuransi pendidikan terbaik

Meskipun begitu menggiurkan, namun yang pasti asuransi pendidikan tetap ada kelebihan dan kekurangannya yang harus anda pahami. Apa saja itu? 

kelebihan asurasni pendidikan yang pertama, anda akan menjadi orang yang disiplin dalam menyisihkan dana setiap bulan untuk masa depan anak. Hal ini dikarenakan, setiap kali anda telah dalam memberikan setoran selama beberapa bulan, maka asuransi tersebut dinilai batal, dan anda akan mendapatkan denda administratif apabila ingin melanjutkan asuransi pendidikan tersebut.

Selanjutnya, imbal hasil investasi ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan bunga tabungan, umumnya bisa mencapai 15%. Yang ketiga, didalam asurasni ini memiliki nilai pertanggungan yang besarnya tergantung pada premi bulanan yang telah dibayarkan.

Apabila nasabah yang diasuransikan ini meninggal dunia, maka ahli warisnya bakal mendapatkan nilai pertanggungan dari perusahaan serta hasil investasi dari asuransi pendidikan yang telah diajukan.

Lalu untuk kelemahan asuransi pendidikan yang perlu anda ketahui adalah, biaya administrasi yang dibayarkan biasanya cukup banyak sehingga bisa mengurangi imbal hasil nantinya. Terkadang imbal hasil kurang, sehingga tujuan dana pendidikan tidak tercapai karena perhitungan ternyata tidak sesuai.

Dan kelemahan yang ketiga adalah, tidak ada jaminan dari pemerintah mengenai asuransi pendidikan tersebut. Cukup sekian dulu ulasan kali ini mengenai cara memilih asuransi pendidikan anak beserta kelebihan dan kelemahannya, semoga ulasan ini bermanfaat dan bisa jadi bahan pertimbangan anda nantinya.

Subscribe
Notify of
guest

19 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
palupi
palupi
1 year ago

Mbak jadi kl asuransi pendidikan itu yg diasuransikan anaknya yg mau sekolah atau orang tuanya ya? Sejujurnya aku belum begitu paham nih.

3835info
3835info
1 year ago

Memilih memang butuh ketelitian, jangan sampai salah sebab ini merupakan perlindungan di masa yang akan datang, apalagi untuk pendidikan, mantap kak, salam dari Bali

Arai Amelya
Arai Amelya
1 year ago

Kalau udah berkeluarga, asuransi pendidikan emang jadi salah satu investasi yang terbaik ya. Jadi nanti anak makin dewasa, orangtua nggak ribet lagi. Cuma emang perlu teliti milih penyedia asuransi pendidikan

Taumy
Taumy
1 year ago

Saya suka bingung tuh ya waktu yang tepat untuk buat asuransi pendidikan anak. Ditambah lagi, apakah nilai asuransi yang diklaim nantinya sesuai dengan harapan dengan mempertimbangkan inflasi biaya sekolah di masa depan.

Didik
Didik
1 year ago

Krn ketiadaan jaminan, aku lebih senang memisahkan asuransi utk proteksi diri dan investasi. Asuransi pendidikan ini emang banyak kelebihannya. Tp imbal hasilnya menurutku masih belum optimal dibandingkan ditaruh di produk asuransi.

Makanya bener nih kata kakak, harus lihat perusahaan asuransi, nilai premi sekaligus syarat dan ketentuannya harus dilihat secara teliti. Jangan sampai berantakan di tengah jalan ya kak.

hallowulandari
hallowulandari
1 year ago

ahhhhh, ini nih, aku yg anak desa tinggal di kota, ngerasa banget beda jauhnya biaya pendidikan desa sama kota. Dan kalau emang mau terus merantau di kota sampai punya keluarga dan anak mesti pikirin banget nih budget atau pun asuransi buat pendidikan anak ya

Tukang Jalan Jajan
Tukang Jalan Jajan
1 year ago

Kudu dipilih beneran mana yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan. Jangan lupa diperhitungkan ula masalah pembiayaan hingga tuntas supaya asuransi pendidikan benar benar berguna bagi masa depan anak

Shyntako
Shyntako
1 year ago

wah jelas banget nih tips untuk para parent memilih asuransi pendidikan ya, tapi wajib diingat bahwa ini instrumen asuransi jadi main rolenya adalah untuk perlindungan, kalo untuk mencapai dana pendidikan sih tetap harus diimbangi dengan investasi menurutku

lendyagassi
lendyagassi
1 year ago

Sangat membantu sekali ulasan mengenai memilih asuransi pendidikan.
Karena kami juga merasakan nikmatnya merencanakan keuangan. Manalah biaya pendidikan ananda selalu meningkat setiap tahun.

atiq
atiq
1 year ago

kalau asuransi pendidikan ini nanti otomatis cair pas kapannya bisa kita tentukan jugag ya mbak? kayanya penting juga nih pakai asuransi pendidikan jaman sekarang sekolah anak makin uwowww hehe

JIhan
JIhan
1 year ago

Aku juga dah mulai cari2 nih mb asuransi pendidikan mana yang tepat untuk anakku. Bismillah yaa. semoga lancarrr hehe btw thanks artikelnyaa bisa buat cari referensi

Eko PRasetyo
Eko PRasetyo
1 year ago

Sbelum ikut gabung asuransi, hal pertama kudu tahu dulu perusahaannya.
Terus manfaat dan kelebihannya apa saja, klu sudah pelajari semua.
Baru deh coba, saya juga kalau sudah punya keluarga insyallah di Asuransikan pendidikanny.

ainun
ainun
1 year ago

susah susah gampang untuk nyari asuransi yang tepat sesuai kebutuhan yang kita mau
apalagi kalau soal dana pendidikan, udah jauh-jauh hari dipersiapkan orang tua untuk bekal masa depan si anak nantinya.
takutnya kalau milih perusahaan asuransi yang nggak tepat, uang nggak bakalan bisa balik lagi

Niken
Niken
1 year ago

Ini sih yang musti diingat ya kak. Kalau asuransi pendidikan dengan menabung ini dua hal yang berbeda. Kadang kita belum bisa bedakan secara detail. So, kalau asuransi kan tidak bisa kita tarik kapan saja sesuai kebutuhan.

Happy Hawra
Happy Hawra
1 year ago

baca ini bikin aku yang belum nikah jadi kepikiran juga. tiba-tiba deg-degan.

Nyk
Nyk
1 year ago

Wah penting nih asuransi pendidikan buat anak-anak kita. Makasih mba infonya bermanfaat terutama saat kita mencari asuransi pendidikan yg cocok dgn kebutuhan kita.

Monica Anggen
Monica Anggen
1 year ago

Setuju, memilih perusahaan asuransi yang kredibel penting banget ya dan pelajari track record-nya dulu. Lalu sebelum mutusin beli, gali informasi sebanyak mungkin juga, jangan hanya dari agen asuransinya, tapi cari informasi pendukung dari sumber lainnya yang terpercaya. Supaya manfaat dari asuransi pendidikannya bisa benar2 didapatkan secara optimal

pewe
pewe
1 year ago

keren juga yah jaman now, instrumen asuransi udah banyak macamnya bahkan udah bisa diwariskan. Makasih kak infonya

Laily
Laily
1 year ago

Penting banget emang mempersiapkan dana pendidikan anaknsejak dini. Biar nanti kedepannya nggak kelabakan lagi.

HI THERE!

DIaz Bela Blog

Diaz Bela Yustisia

Generasi 91, seorang ibu, dan ex-News TV Reporter yang sekarang sedang meniti “karir” di dunia digital.
Saya menulis tentang hal-hal yang saya sukai: pengalaman, opini, traveling, kuliner, dan lain-lain!
Talk to me about anything! 🙂

Arsip

MEMBER OF:

logo komunitas blog
logo komunitas blog
Logo Komunitas BRT Network