menaikan-da-blog
Blog,  Blogging,  Featured

Begini Cara Menaikan DA Blog Dalam 30 Hari

Jadi sudah hampir 1 bulan ini saya ikut kelas menaikan Domain Authority (DA) yang digagas founder komunitas Blogger Ruang Tunggu, Mas Pewe dan Mas Irwin. Dua coach yang nggak pelit ilmu dan selalu sabar menangani pertanyaan emak-emak mengenai langkah-langkah menaikan DA blog dalam 30 hari. Hehe, *salim coach* 😜

Sebenarnya motivasi saya ikut kelasnya simple sih, karena makin kesini kok DA blog makin turun. Dulu waktu masih belum terlalu diurus blognya nilai DA lumayan tinggi, tapi kok setelah memutuskan migrasi ke wordpress, perlahan nilai DA saya selalu turun, huhu.

Kenapa sih DA itu penting?

Secara singkat, DA merupakan salah satu faktor yang menentukan peringkat website kita di mata google. Mau kan tulisan kita dilirik google sehingga makin banyak yang baca?

Nah, untuk para blogger yang ingin mendapatkan penghasilan lebih, DA juga memiliki peran penting karena dalam setiap kesempatan kerjasama, brand selalu meminta atau mensyaratkan nilai DA tertentu untuk mengikuti sebuah campaign.

Bagaimana cara menaikan DA?

Terdapat banyak sekali cara untuk menaikan DA. Tapi, semuanya nggak bisa instan didapat, harus dilakukan rutin dan secara berkala. 

Dulu saya sempat berpikir bahwa mustahil menaikan DA kalau nggak punya modal aplikasi atau plugin berbayar. Ya, nggak sepenuhnya salah sih, karena ada banyak aplikasi dan plugin yang memang membantu mendapatkan data apa-apa saja yang harus kita perbaiki di blog, tapi ternyata ada juga lho cara gratisnya!

  1. Benahi Tulisan

    Dari dulu saya selalu beranggapan kalau content is the king. Dan itu memang benar lho, algoritma google akan lebih melirik blog atau website yang memiliki struktur rapi dan tidak click bait

    Untuk membenahi atau membuat tulisan yang ramah google diperlukan sebuah upaya yang dinamakan SEO On Page. Bisa baca tulisan saya sebelumnya tentang SEO On Page ya untuk mendapatkan penjelasan dan informasi lainnya.

    Baca Juga: Belajar SEO On Page Supaya Tulisan Dilirik Google
  1. Cek Broken Link

    Periksa tautan (link) blog dan website kamu, apakah link tersebut masih terhubung ke alamat yang kamu masukan, atau error. Kalau error segera perbaiki.

    Cara melihat broken link bisa melalui situs penyedia jasa yang gratis bertebaran di google. Silakan cari dan perbaiki satu-satu, ya. Semangat!
  1. Melakukan Blog Walking Dengan Tanggungjawab.

    Secara pribadi saya suka banget ikut blog walking. Buat yang belum tahu, blog walking adalah saling berkunjung ke alamat blogger lain baik itu sekadar membaca atau meninggalkan komentar. Biasanya blog walking diinisasi oleh komunitas, tapi ada juga kok yang berdasarkan keinginan pribadi.

    Dengan melakukan blog walking, tentu traffic atau page view blog kita bertambah. Tapi yang mesti diperhatikan adalah, jadilah pelaku blog walking yang bertanggungjawab. Kunjungan blog yang singkat seperti hanya dibuka sebentar lalu komen seadanya, akan meningkatkan nilai bounce rate blog yang bersangkutan.

    Nah yuk dibiasakan untuk membaca tulisan secara utuh, berkomentar yang relevan dengan isi postingan, dan benar-benar berkunjung ke blog tersebut. Bukan hanya buka lalu tinggalkan. Dengan menjadi pelaku blog walking yang bertanggungjawab, kita jadi punya nilai lebih di mata pemilik blog. Siapa tahu pemilik blog juga melakukan hal yang sama dan traffic inilah yang nantinya akan menguntungkan blog kita.

    Baca Juga: Geopark Ciletuh Sukabumi

Blog Walking Menambah Teman Baru

Selama mengikuti kelas 30 Hari Menaikan DA, saya mendapatkan banyak sekali teman baru yang tersebar di seluruh Indonesia dengan beragam profesi dan ceritanya masing-masing. Senang rasanya jadi tambah kenalan yang memiliki kecintaan yang sama untuk ngeblog, diantaranya Mbak Putri dan Mbak Sera.

Belajar Dari Kisah Inspiratif Mbak Putri

putri-haneen

Blogging sejak Juni 2019, Putri Serry Banon atau yang akrab disapa Putri, benar-benar menginspirasi saya melalui tulisannya tentang Haneen, anaknya yang baru berusia 3 tahun. Haneen mengidap penyakit langka (rare disorder) Lissencephaly, West Syndrome, dan Lennox-Gastaut Syndrom yaitu kelainan sindrom otak dan syaraf yang mengakibatkan epilepsi langka yang dimulai di masa balita.

Membaca kisah Mbak Putri membuat saya meneteskan air mata, mengingat bagaimana kesabaran, perjuangan, dan pengorbanan seorang ibu yang terus tanpa henti memberikan kasih sayang dan upaya terbaik untuk putrinya. Dengan support system dari pasangan dan keluarga yang tiada henti selalu ada disisinya, Mbak Putri dengan keberanian diri mulai menulis kisahnya supaya jika ada yang memiliki kisah sepertinya kelak, ia tidak akan merasa sendiri.

Ditengah kesibukannya sebagai bidan di klinik Praktik Bidan Mandiri (PMB) di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Mbak Putri menuangkan hobi menulisnya dengan serius terjun di dunia blogging dan mengikuti Kelas DA bersama saya.

β€œAlasan aku mengikuti kelas ini, untuk memperbaiki kualitas diriku dan agar tulisanku dibaca banyak orang. Temanku bilang, percuma kami nulis hal yang bermanfaat kalau blog kamu authority-nya rendah, dan tidak dioptimasi dengan benar. Toh nggak ada yang baca. Sayang kan, padahal diluar sana banyak yang memerlukan apa yang kamu tulis.”

Baca Juga: Serunya Keliling Museum Doraemon di Jepang

Masak Bareng Teh Sera

teh-sera

Membaca tulisan Mbak Sera selalu membuat saya ingin cepat-cepat tutup laptop dan pergi ke dapur! Hehe, kenapa? Karena banyak sekali tulisannya tentang resep dan informasi mengenai tata boga. Jujur, saya baru tahu perbedaan margarin dan butter juga dari informasi yang ditulis Mbak Sera! Thanks ya Mbak πŸ˜†

Tidak hanya sekedar membahas tentang dapur, blog Mbak Sera juga membahas berbagai tema lifestyle lainnya. Mulai dari beauty, K Drama, Hingga kuliner dan traveling. Besar di Pasuruan dan sekarang Tinggal di Bali bersama keluarga kecilnya, maka nggak heran ada beberapa tulisan traveling dan kulinernya lebih banyak membahas tempat di Bali. Kuy yang mau ke Bali bisa langsung meluncur ke blognya Mbak Sera!

Oh ya, awal kenal dengan Mbak Sera saya kira dia berasal dari sunda, atau seenggaknya pernah tinggal di tanah sunda karena alamat blognya yang bernuansa β€œteteh”. ternyata saya salah pemirsaa! Hihi.. Siapa sangka penamaan blognya juga tidak sengaja, dan tehsera merupakan pelafalan yang mudah disebutkan daripada pilihan lainnya. Kocak ya, hehe.. Sukses terus Mbak Sera dan blognya 😊

Keseruan Kelas SEO On Page

Semua ilmu, teman, dan keseruan ini saya dapatkan setelah bergabung di kelas SEO On Page. Diawali dari kesadaran harus bebenah blog tapi nggak tahu caranya, makanya saya memutuskan untuk ikutan kelas ini. Selama kelas juga akan mendapatkan materi yang benar-benar “daging” dari SEO, blog, maupun website master, salah satunya Mas Ilham Sadli 😊

Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, SEO On Page itu berpengaruh terhadap nilai DA blog kita. Terbukti banget nih, selama hampir 1 bulan ini DA saya naik kembali hampir ke angka “normal” sebelum pindahan. Alhamdulillah banget karena akhirnya sesuai dengan yang diharapkan.

Nah jadi masih ragu untuk ikutan kelas ini? Bisa langsung klik banner di bawah ya untuk informasi lebih lanjut!

kelas-seo-on-page
5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
29 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Annafi
4 months ago

Aku pingin ikutan ini mba, sayangnya laptop lagi eror dan di sini ga ada servis laptop yang kompeten hiks.. semoga kelas ini terus ada ya, jadi nanti pas sudah servis laptop saya bisa ikutan

Diani Sekaring
Diani Sekaring
4 months ago

Hiks ini yang tadi pagi kita curhatin yaa.. Hehehe. Aku pengen banget naikin DA blog, semoga nanti berkesempatan untuk ikutan kelasnya. Penting banget buat blogger.

Fenni Bungsu
Fenni Bungsu
4 months ago

DA memang perlu banget diketahui cara naiknya, soalnya kadang kan job juga melihat dari berapa DA blognya

rina
4 months ago

Pengen deh bisa ikutan kelas seo gini. Semoga di mudahkan segala-galanya.
Pengen banget naikin DA yang masih standar banget. Haha πŸ˜„

putri kurniawati
4 months ago

oh jadi mungkin itu ya gara2nya, pengunjung blog aku cuma sebentar stay lalu pergi gitu aja, makanya bounce rate aku tinggi.

aku juga baru ikutan kelas seo beberapa hari yang lalu, dan tutornya bilang kalau jangan terlalu pusing mikirin da, karna da bukan dari pihak Google, melainkan Moz, sehingga tidak begitu pengaruh untuk website kita. kecuali untuk pencari job blog baru itu biasa digunakan sebagai syarat, untuk filter pelamar. CMIIW. maaf kalo salah, masih newbie juga πŸ™‚

renov
4 months ago

Hallo Kak Diaz..
salam kenal ya. Thanks buat sharing highlight dari cara meningkatkan DA nya.
Ini temu kelasnya jadi tiap hari selama sebulan?
Kriteria yang masuk di dalam DA kalau boleh tau apa saja kak?
Thanks ya:)

Okti Li
4 months ago

Semoga da nya segera melambung ya. Biar bisa satu group kalau ada job dari Pasutri Monica dan Punto, hehehe
Udah baca ini, semoga yg pada bw beneran baca artikel, no hit and run

Kak Niken
Kak Niken
4 months ago

Coachnya kece. Ilmunya kece. Ajaibbbbb wkwkw. Aku juga nih mba belajar dengan duo Coach Idan P. Dari 0 banget soal Blog dan SEO. Sekarang dikit-dikit sudah melek lah yaaa. Wkwkwkw

Leila Rizki Niwanda
4 months ago

Terima kasih banyak sudah berkenan share di blog, Mbak, jadi ikut belajar deh akunya. Trus aku galfok sama pindahan ke WordPress, ada pertimbangan apakah kira-kira kalau boleh tahu, Mbak? Lebih nyaman, atau terkait optimasi blog juga?

Shyntako
4 months ago

Wah bagus juga ya ikutan kelas SEO gitu, jadi lebih paham how to manage our blog dong ya. Next aku pengen sih ikutan juga tuh, pengen benahin blog ku juga nih

Visya Al Biruni
Visya Al Biruni
4 months ago

Wah alumni kelas kelas Pewe juga Kak? Akubdfatar tapi Belum kepilih. Alhamdulillah baca posting an ini jad Dapat insight juga, hehe.

Siti Setianingsih
4 months ago

Terima kasih sharingnya mba Diaz, sangat bermanfaat untuk blogger pemula seperti saya πŸ˜€

Oiya, salam kenal mba sebelumnya ~

atiqoh
4 months ago

yee seru nih, belajar begini nih memang harus praktek lansun gyah diterapin gt biar hasilnya jg nyata hehe

Renayku
4 months ago

Ooh blog mba diaz pindah ke wordpress toh.. aku juga mau pindah tapi takut ribet hehe lagian aku telanjur sayang sama blogger.com jadi masih susah pindah ke lain hati wkwk.. aku juga masih belajar banget cara naikin DA supaya berhasil..

Nihayatun Niamah
3 months ago

Kak bagaimana strategi untuk blog yang baru berumur hampir 3 bulan? DAnya masih kecil. Padahal udah effort bgt nulisnya biar berkualitas.

29
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x