Cara Mencegah Masalah Mesin dengan Penggunaan Oli yang Tepat

Cara Mencegah Masalah Mesin dengan Penggunaan Oli yang Tepat

Written by Diaz Bela

Seorang ibu milenial, ex-News TV Reporter, dan digital enthusiast. Saya menulis tentang hal-hal yang saya sukai: pengalaman, opini, traveling, kuliner, dan lain-lain.

25 Maret 2024

Hai teman-teman, mungkin sebagian dari kalian ada yang sudah paham ya dengan pentingnya mengganti oli mesin pada kendaraan. Ya, penggunaan oli yang tepat dan perawatan yang baik adalah kunci untuk mencegah masalah mesin di kemudian hari. Perawatan penggantian oli berkala juga bisa memperpanjang umur kendaraan kamu. Namun, kalian juga harus paham nih ternyata nggak boleh lho asal memilih jenis oli. Misalkan saja, oli honda tentu berbeda dengan oli merek kendaraan lainnya.

Jujur aku juga baru tahu sih tentang hal ini. Jadi, berikut aku rangkum ya bahasan beberapa langkah penting untuk memastikan kamu menggunakan oli dengan benar dan mencegah masalah mesin yang tidak diinginkan.

1. Pilih Oli yang Tepat

Pertama-tama, pastikan kamu memilih jenis dan kekentalan oli yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan untuk kendaraan kamu. Setiap model kendaraan memiliki persyaratan oli yang berbeda, misalhnya mobil atau motor honda harus menggunakan oli honda, dan menggunakan oli yang salah dapat menyebabkan masalah pada mesin. 

Maka, penting untuk memeriksakan secara manual dengan mekanik terpercaya untuk mengetahui jenis oli yang tepat untuk kendaraan kamu.

2. Rutin Memeriksa Level dan Kondisi Oli

Lakukan pemeriksaan level oli secara teratur, minimal setiap beberapa minggu sekali. Pastikan level oli berada di antara tanda minimum dan maksimum pada tongkat pengukur oli honda kamu.

Selain itu, perhatikan kondisi oli. Jika warnanya gelap atau terdapat partikel kotoran, ini bisa menjadi tkamu bahwa oli perlu diganti atau ada masalah pada mesin yang perlu diperiksa lebih lanjut.

3. Mengganti Oli secara Berkala

Penggantian oli secara teratur adalah salah satu langkah paling penting dalam perawatan mesin. Oli honda yang digunakan dalam mesin kendaraan mengalami degradasi seiring waktu dan penggunaan, sehingga menggantinya secara berkala membantu menjaga kinerja mesin. 

Pastikan untuk mengikuti jadwal penggantian oli yang direkomendasikan oleh pabrikan untuk kendaraan kamu.

4. Hindari Overfilling atau Underfilling Oli

Overfilling atau underfilling oli dapat menyebabkan masalah pada mesin. Jika kamu menuangkan terlalu banyak oli, tekanan dalam sistem bisa meningkat dan menyebabkan kebocoran atau kerusakan komponen mesin lainnya. 

Sebaliknya, jika kamu tidak menuangkan cukup oli, mesin bisa mengalami keausan lebih cepat karena gesekan yang berlebihan antar bagian.

5. Gunakan Oli Berkualitas Tinggi

Kualitas oli sangat penting untuk menjaga kesehatan mesin. Meskipun oli berkualitas lebih tinggi mungkin memiliki harga yang sedikit lebih mahal, investasi ini akan membayar dirinya sendiri dalam jangka panjang dengan mencegah kerusakan mesin yang mahal. 

Pilih oli dengan spesifikasi yang sesuai dengan kendaraan kamu dan pastikan untuk membeli dari merek yang terpercaya.

6. Perhatikan Tanda-Tanda Masalah Mesin

Jangan abaikan tanda-tanda masalah pada mesin seperti suara yang tidak biasa, bau yang tidak sedap, atau lampu peringatan yang menyala di dasbor. 

Segera periksakan kendaraan kamu ke bengkel jika kamu mencurigai ada masalah dengan mesin atau sistem oli. Menangani masalah pada tahap awal dapat mencegah kerusakan yang lebih parah dan biaya perbaikan yang lebih tinggi di kemudian hari.

7. Hindari Operasi Berat dalam Jangka Lama

Jika memungkinkan, hindari operasi kendaraan kamu dalam kondisi berat atau ekstrim dalam jangka waktu yang lama. 

Operasi dalam kondisi seperti ini dapat meningkatkan suhu mesin dan menyebabkan oli teroksidasi lebih cepat, mengurangi kemampuan pelumasan dan melanggar performa mesin.

Nah, saya harap dengan mengikuti langkah-langkah di atas dan memastikan kamu menggunakan oli dengan benar, kamu dapat mencegah masalah mesin yang tidak diinginkan pada kendaraan kamu. 

Tips penting yang selalu saya ingat ketika merawat kendaraan adalah bahwa setiap perawatan yang tepat adalah investasi untuk memperpanjang umur kendaraan dan menghindari biaya perbaikan yang mahal di masa depan. Jadi, yuk cek kesehatan kendaraan kamu sekarang!

Arsip

MEMBER OF:

logo komunitas blog
kumpulan emak blogger
Logo Komunitas BRT Network
Seedbacklink

Baca Juga Artikel Berikut:

Tak Ditemukan Hasil

Laman yang Anda rikues tak dapat ditemukan. Cobalah mengganti pencarian Anda, atau gunakan navigasi di atas untuk mencari postingan.

Subscribe
Notify of
guest

17 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Bambang Irwanto
Bambang Irwanto
3 months ago

Banyak teman yang bilang, walau tidak rutin servis, yang penting rutin ganti oli. karena oli memang bagian penting dari mesin kendaraan. Tidak hanya sebagai pelumas saja. Tapi kalau saya, sekalian saja. servis sekalian ganti oli.

Irrya
Irrya
3 months ago

Ini informasinya berguna banget. Walaupun saya gak pakai kendaraan bermotor, tpi informasi begini buat saya penting juga buat kita perempuan untuk tau

Avizena
Avizena
3 months ago

Ganti oli emang kudu teratur ya biar sepeda motornya gak cepat rusak. Tapi emang kudu pake oli yg kualitas bagus dan di bengkel yg terpercaya.

Fenni Bungsu
Fenni Bungsu
3 months ago

Oli ini jadi kayak nyawanya mesin kendaraan ya kak.
jadi sebisa mungkin harus paham juga sebelum akan digunakan, biar mesin tetap awet

Hani
Hani
3 months ago

Wah iya nih…Jadi keinget mobil di rumah, kayak udah lama engga ganti oli. Coba tanya suami deh. Mungkin lupa…Jangan sampai udah item baru diganti deh…
Trims artikelnya

Lintang
Lintang
3 months ago

Setujuuuu, penggunaan oli yang tepat dan perawatan yang baik emang bisa bantu mencegah kerusakan mesin.
Harus aware juga sih, biar kita ngga cuma bisa pakai tapi lupa periksa kondisi oli.

T. Retno
T. Retno
3 months ago

Oh, ternyata beda merek motor bisa beda jenis olinya ya. Kukira sama aja, asalkan oli. Pemotor bener-bener mesti melek soal ini ya biar motornya awet.

T. Retno
T. Retno
3 months ago

Oh, ternyata beda merek motor bisa beda jenis olinya ya. Kukira sama aja, asalkan oli. Pemotor bener-bener mesti melek soal ini ya biar motornya tahan lama dan tetap bisa diandalkan.

dea merina
dea merina
3 months ago

beneer bangeeettt. merawat kendaraan emang investasi. dulu sebelum pandemi aku selalu rutin service motor. tp, sejak beberapa tahun lalu karena bukan aku yg pake motornya jd nggak rutin di service. sedih banget karena mulai terasa ada kendala gtu kadang

Yuni Bint Saniro
Yuni Bint Saniro
3 months ago

Sebenarnya, aku sudah memahami bahwa perawatan kendaraan tuh rutin. Salah satunya soal pergantian oli. Biar mesinnya awet dan nggak gampang bermasalah di kemudian hari.

Anggita R. K. Wardani
Anggita R. K. Wardani
3 months ago

Motorku masuk motor matic dan oli itu yang kudu wajib ganti sebulan sekali. Terutama juga pilih oli yang berkualitas dan terpercaya

Eka Fitriani Larasati
Eka Fitriani Larasati
3 months ago

untungnya saya udah terbiasa pakai oli yang emang sesuai dengan motor, oli khusus buat motor honda. pernah pakai yang beda ya selain boros juga kurang nge gasss gitu

Sugianto
Sugianto
3 months ago

Kunci dari mesin awet adlah penggunaan jenis bahan bakar yang tepat, termasuk oli juga yang tepat agar mesin jadi enak. Pastinya juga harus rutin ganti oli

Monica Anggen
Monica Anggen
3 months ago

Kalau berdasarkan pengalaman dan emang nasihat dari ortu yang pemilik bengkel, kunci mesin yang awet dan nggak rewel ya ada pada konsisten melakukan perawatan rutin, seperti service dan ganti oli. Dan iyes, setuju banget, harus pilih dan gunakan oli yang tepat juga

lendyagassi
lendyagassi
3 months ago

Panduan banget untuk perawatan kendaraan agar tetap aman dan nyaman saat dikendarai.
Aku awalnya gatau masalah per-olian. Tapi dikasih tau masku, yang basic basic aja.. Jadi, meskipun perempuan, punya kendaraan kudu bisa merawat secara apik.

Witri
Witri
3 months ago

Aku pernah loh telat ganti oli, sepedaku akhirnya rusak. Emang ya, ganti oli itu enggak boleh telat demi ‘kesehatan’ motor kita.

Rahman Kamal
Rahman Kamal
3 months ago

Salah satu perawatan rutin untuk Honda Varioku adalah pergantian oli secara berkala. Planet ban ini adalah pilihan utama karena banyak pilihan dan layanan prima yang ditawarkan.