cara-menabung-emas
Featured,  Financial,  Investasi

Begini Cara Mudah Menabung Emas

Salah satu hal yang membuat orang menunda berinvestasi emas adalah kebingungan akan safety atau keamanan penyimpanannya. Disimpan di rumah takut kemalingan, disimpan di deposit box takut kemahalan. Banyak takut-takut lainnya yang malah membuat kita malah nggak jadi beli emas (hayo, siapa yang kayak gini?). Nah, udah pada dengar tentang tabungan emas, belum?

Kehadiran tabungan emas rasanya seperti oase diantara kebingungan netizen karena dengan menabung emas, kita bisa bebas khawatir tentang keamanan dan penyimpanan emas yang kita punya. Yah walaupun kita nggak bisa memegang fisik dari emas tersebut, tapi itu nggak mengurangi nilai tabungan emas kita kok.

Lalu, apa sih tabungan emas itu dan bagaimana cara memulainya?

Sejauh yang saya tahu, beberapa perusahaan yang memiliki sistem tabungan emas adalah Antam dan Pegadaian. Tapi yang akan saya tulis disini murni sesuai dengan pengalaman saya menabung emas di Pegadaian, ya.

Baca juga: 7 Perbedaan Emas Antam dan UBS

tabungan-emas

Apa, Sih Tabungan Emas Itu?

Tabungan emas adalah salah satu sarana instrumen investasi yang memungkinkan kita melakukan kegiatan menabung dengan saldo berupa gramasi emas, bukan nominal rupiah. Dengan menabung emas, kamu bisa menabung dengan nominal yang sangat terjangkau, mulai dari 0,01 gram (atau sekitar Rp.9000an atau tergantung nilai emas di saat kamu membeli).

Secara garis besar, teknis β€œmenabung” yang dimiliki tabungan emas nggak jauh beda dengan menabung uang di bank konvensional. Yang membuatnya berbeda adalah jenis saldonya.

Misalkan, kamu menabung Rp.50.000 di saat harga emas Rp.9.000 per 0,01 gram nya. Maka uang kamu akan langsung dikonversikan dengan harga emas tersebut dan kamu akan mendapatkan saldo sebesar 0,055 gram. Begitu seterusnya.

Nanti, saldo tersebut akan diakumulasi sesuai dengan jumlah tabunganmu. Misal, seminggu kemudian kamu ingin menabung lagi tapi harga emasnya sudah naik menjadi Rp.9.500 per 0,01 gram. Maka dengan uang Rp.50.000 kamu hanya mendapatkan saldo emas senilai 0,052 gram. Jadi total saldo kamu adalah 0,107 gram.

Jadi jangan melihat saldo rupiah yang ada di tabungan ya, lihat lah saldo emasnya karena seperti judul artikel ini, yang akan dibahas adalah nabung emas, bukan nabung uang πŸ˜€

Baca juga: Kelola Keuangan di Masa Pandemi

Fisik Tabungan Emas

As much as i hate to say this, tabungan emas itu berbentuk digital. Jadi, kita tidak akan bisa melihat bentuk fisiknya KECUALI memang akan kita cetak menjadi emas batangan.

Walau begitu, menurut saya inilah salah satu poin unggul tabungan emas karena dengan berbentuk digital, kita tidak usah pusing atau bingung hendak menyimpannya di mana. Kita juga masih bisa memantaunya melalui aplikasi dan buku tabungan kok.

Kita bisa mencetak buku tabungan, dan juga bisa memantau aktivitas transaksi melalui aplikasi.

Memulai Menabung Emas

Untuk membuka rekening tabungan emas, kita bisa langsung datang ke outlet terdekat Syaratnya cukup mudah kok, hanya dengan membawa KTP dan membayar biaya pembukaan tabungan sebesar Rp.56.000 (termasuk saldo awal sebesar Rp.10.000).

Pembukaan tabungan juga bisa dilakukan melalui aplikasi dengan cara mendaftar lalu memilih outlet mana yang kita jadikan tempat mencetak buku rekening. Segala transaksi sudah bisa dilakukan di aplikasi, lho, mulai dari menabung hingga menjual saldo tabungan yang kita miliki. Kalau saya lebih prefer menggunakan aplikasi karena lebih fleksibel. Hehe..

Oh ya, untuk memudahkan kita dalam rutin menabung, kita juga bisa request untuk sistem potong gaji. Jumlah potongan tabungan bisa disesuaikan dengan keinginan. Seru kann?

Menjual Tabungan Emas

Beberapa pertanyaan yang juga sering saya dapatkan adalah, apakah tabungan emas bisa dicairkan? Tentu bisa.

Tapi, pencairan tabungan emas dilakukan melalui penjualan saldo emas yang kita punya sesuai dengan harga emas di saat itu. Istilahnya menjual tabungan emas.

Jadi, misal ketika kita menabung emas di tahun 2015 dengan harga Rp.710.000/gram, dan ingin menjual tabungan emas kita di tahun 2020, harga tabungan emas yang kita punya dihargai dengan harga emas tahun 2020 (Rp.930.000/gram, per Juni 2020).

Lumayan ya selisihnya? Hehe.

Baca juga: Safari Adventure di Taman Safari Prigen

Mencetak Tabungan Emas

Nggak hanya bisa dijual kembali, tabungan emas yang kita punya bisa juga dicetak dalam bentuk emas batangan, lho. Kita bisa pilih mau mencetak emas dengan berbagai merk (Antam, UBS, dll) mulai dari pecahan 1 gram.

Untuk mencetaknya juga mudah banget, bisa melalui aplikasi atau bisa langsung datang ke outlet terdekat. Tapi, ada biaya cetaknya ya. Biayanya bervariasi mulai dari Rp.80.000 per gram.

Nah, jadi pilihannya ada di kamu, mau dijual kembali atau dicetak menjadi emas batangan?

Menggadai Tabungan Emas

Risih banget nggak sih denger kata gadai? Hehe..

Bagi beberapa orang gadai itu identik dengan transaksi keuangan jadul dan so last year banget deh pokoknya! Padahal ternyata gadai itu bisa menjadi salah satu solusi keuangan, lho.

Misalnya, di tengah investasi pendidikan anak yang sedang kamu jalankan, mendadak ada keperluan yang membutuhkan banyak biaya. Mau jual saldo tabungan emas, tapi kok sayang banget.

Nah gimana coba solusinya? Ya, gadai.

Tapiii yang harus digarisbawahi kalau kamu memilih opsi ini adalah: harus bisa komitmen bayar-tebus gadai sesuai jangka waktu. Inget, tujuan utama kamu kan investasi, bukan nambah hutang!


Gimana udah mulai mantap kan untuk menabung emas? Atau ada hal yang masih mengganjal? Diskusi di kolom komentar, yuk!

4 4 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
33 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Fanny_dcatqueen
3 months ago

Aku udh lama punya tabungan emas di Pegadaian ini mba. Dan udh lumayan keuntungan dr selisih harga yg dulu, Ama yg skr. Tapi memang emas ini aku jadiin semacam emergency cash ku, yg utk jangka panjang. Jd kalo ga perlu banget, aku ga bakal tarik. Moga2 bisa jd tabungan di hari tua Ama suami supaya ga nyusahin anak2 πŸ™‚

hastira
hastira
3 months ago

makasih sharingnya, jd tertarik

Diani Sekaring
3 months ago

Waww ibu juragan emas.. makasih ya sharingnya. Jadi mulai mikir-mikir buat nabung emas nih soalnya belum punya tabungan lain.

Fenni Bungsu
3 months ago

Tabungan emas bisa jadi investasi buat kitanya. Yang penting tahu ya prosedurnya dan tempat yang aman buat menabungnya, apalagi dengan cara simple dari kak Bela ini nih.

Suciarti Wahyuningtyas
3 months ago

aku baru tau loh tentang tabungan emas ini, lumayan juga ya ini. Apalagi juga mudah banget ini ya untuk membuka tabungan emas.

Renayku
3 months ago

Wah bole nih dicoba nabung emas. Kalo nabung uang kan udah biasa hehe.. apalagi buat biaya sekolah anak bisa jadi pilihan yang pas banget.

nyi Penengah Dewanti
3 months ago

Maakasih banget mba buat ngepost ini, kemarin-kemarin ada temenku yang beberapa juga nabung emas. Tapi aku belum sempet nanya-nanya dari sini jadi lumayan ngerti. Pengen juga punya

rina
3 months ago

Semoga aku bisa nabung emas juga hehe
Penting banget punya tabungan jangka panjang kaya emas gini.

rinrin
rinrin
3 months ago

wah ini beneran menarik banget, aku juga mulai invest diemas semoga bisa istiqomah karena godaannya juga luar biasa investasi tuh hehe

Firda
3 months ago

Eh kok menarik banget ya mbak. Aku udah lama pengen nabung emas tapi belum paham sistemnya karena selama ini yg tau dan tanya-tanya cuma mamaku. Habis baca ini, aku jadi mayan tertarik apalagi emas harganya stabil dan bisa jadi tabungan yg lumayan

atiqoh
3 months ago

amankah mbak? aku kok lbh suka beli langsung wujud emasnya gitu ya, lbh milih nabung uangnya sendiri hehe

Visya Al Biruni
Visya Al Biruni
3 months ago

Masih maju mundur mau bikin tabungan emas. Krn aku tips masih was was haha. Padahal memang emas untuk jangkauan panjang jadi ya wajar harganya berubah2

Kartika indah
3 months ago

Ini menabung emasnya di pegadaiaan ya?
Lumayan juga ya nabung emas, setiap saat bisa berubah2 dan pastinya naik terus kalau emas..

Diah Alsa
3 months ago

Alhamdulillah saya juga udah buka ini beberapa waktu lalu, tapi ini nih yg masih PR, masih jarang diisi padahal mah lebih gampang karena bisa secara online tanpa harus ke counter segala, bisa kita pantau juga berapa jumlah tabungan kita melalui aplikasi.

Rozi
3 months ago

 

Sari
3 months ago

Aku juga ada nih nabung emas di pegadaian, tapi kalau ada duit lebih bisa juga beli emas lewat lelang emas. Biasanya ada notif sms dari pegadaian untuk jadwal lelang

3835info
3 months ago

emas adalah salah stau instrumen investasi yang paling terkenal aman, tetapi kita juga harus pikir tentang penyimpanannya, jangan sampai emas kita di gondol maling

inez
3 months ago

kalau saya nabung emas di pegadaian yg dekat rumah.
udah pernah nyicil, gadai, sama cetak emas.

Lidya
3 months ago

kalau butuh biaya, emasnya bisa digadaikan tapi kalau nanti mencicilnya berat bener banget jadi nambah hutang ya. Nah enaknya kalau tabungan emas butuh lgs dijual ya

Bimo Rafandha
3 months ago

Dari dulu selalu pengin nabung emas. Tapi nggak tahu how to-nya. Baca ini semangat menabung menggelegar lagi!

Bambang Irwanto
3 months ago

Saya baru tau soal tabungan emas ini, Mbak. Tau begitu, mending saya nabung emas saja daripada beli emas ya, Mbak. karena harga otomatis mengikuti harga sekarang. Kalau jual emas kan dengan jeda tidak terlalu jauh, kadang selisih jauh juga. Entah alasan susut lah apalah…
 
Insya Allah kalau ada rezeki lebih mau saya coba tabungan emas ini.

Aldhi Fajar
3 months ago

Istriku harus tau nih. aku soalnya baru tau info nabung emas di pegadaian, hehehe
bisa buat investasi jangka panjang, tabungan juga buat sewaktu waktu ada kebutuhan, thanks sharingnya mbak

Rani Yulianty
3 months ago

Saya pun mulai nih nabung emas di oegqdsian, itung-itung jajan bakso, bisa nabung nominal kecil, lumayanlah

Eka romawati
2 months ago

Jadi pengen menabung emas, untuk jaminan masa tuaa,ternyata Pembukaan tabungan juga bisa dilakukan melalui aplikasi dengan cara mendaftar lalu memilih outlet mana yang kita jadikan tempat mencetak buku rekening. Jadi lebih aman dong, makasih ya kak informasinya.

Iim Rohimah
2 months ago

salah satu investasi recomended adalah investasi emas. bisa dikatakan ini investasi purbakala yang tidak diragukan lagi.. bedanya sekarang digitalisasi sehingga emas kita relatif aman ngga takut diambil orang.

Kang Syahri
2 months ago

Waah lumayan juga ya itung-itungan tabungan emas meski gak jauh beda dengan menabung di bank konvensional. Jadi pengen juga nih ikut nabung emas

Dian
2 months ago

Ternyata bisa ya nabung emas, amu kemarin baru coba beli emas fisiknya, LM gitu..
Baru tahu klo bs ditabung

Jasmi
Jasmi
2 months ago

AKu baru-baru ini juga nabung emas di pegadaian. Ah, telat banget sadarnya. Ternyata mudah banget. Aku kira dulu ribet karna harus ke pegadaian untuk verifikasi. Rupanya skrg verifikasinya bisa online.

duniamasak
duniamasak
2 months ago

wahh boleh dicoba nih, lumayan untuk menabung di masa depan πŸ˜€

marfa
2 months ago

aku juga mulai menabung emas ini sejak mahasiswa kak, ramah soalnya terus jadi nggak kalap buat ambil2in krn buat investasi. pas buat dana darurat juga bisa πŸ˜€ seneng deh

kyndaerim
1 month ago

Aku butuh sekali tips ini. Buat investasi masa depan anak, haha..
Makasih infonya kak ^^

Nihayatun Niamah
1 month ago

Wah jadi tertarik.. Kalau ditinjau dari keuntungan dari segi nominal lebih untung mana mbak dg yg konvensional?

vita
1 month ago

Aku udaah mulai nih mba, nabung emas. Semoga bisa jadi investasi di masa tua. Aamiin.

33
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x