Pilih Laman

Begini Cara Mudah Menabung Emas — Salah satu hal yang membuat orang menunda berinvestasi emas adalah kebingungan akan safety atau keamanan penyimpanannya.

Disimpan di rumah takut kemalingan, disimpan di deposit box takut kemahalan. Banyak takut-takut lainnya yang malah membuat kita malah nggak jadi beli emas (hayo, siapa yang kayak gini?). Nah, udah pada dengar tentang tabungan emas, belum?

Menabung Emas Digital

Kehadiran tabungan emas rasanya seperti oase diantara kebingungan netizen. Gimana nggak, dengan sistem menabung, kalian bisa dengan mudah memenuhi target gramasi emas yang diinginkan dengan harga lebih terjangkau, dan tentunya bisa lebih tenang dalam urusan penyimpanan emas karena tabungan emas berbentuk digital.

Iya, digital. Tapi walaupun kita nggak bisa memegang fisik dari emas tersebut nggak mengurangi nilai tabungan emas kita kok. Dan yang terpenting ketika nominal gramasi tabungan emas sudah mencapai gram tertentu, kita bisa mencetaknya menjadi emas batangan!

Cara Menabung Emas

Lalu, apa sih tabungan emas itu dan bagaimana cara memulainya?

Sejauh yang saya tahu, beberapa perusahaan yang memiliki sistem tabungan emas adalah Antam dan Pegadaian. Tapi yang akan saya tulis disini murni sesuai dengan pengalaman saya menabung emas di Pegadaian, ya.

Baca juga: 7 Perbedaan Emas Antam dan UBS

Menabung Emas di Pegadaian

tabungan-emas

Apa, Sih Tabungan Emas Pegadaian?

Tabungan emas adalah salah satu sarana instrumen investasi yang memungkinkan kita melakukan kegiatan menabung dengan saldo berupa gramasi emas, bukan nominal rupiah, dalam bentuk digital.

Dengan menabung emas, kamu bisa menabung dengan nominal yang sangat terjangkau, mulai dari 0,01 gram (atau sekitar Rp.9000an atau tergantung nilai emas di saat kamu membeli).

Secara garis besar, teknis β€œmenabung” yang dimiliki tabungan emas nggak jauh beda dengan menabung uang di bank konvensional. Yang membuatnya berbeda adalah jenis saldonya. Di tabungan emas tentu jenis saldonya adalah gram, bukan rupiah. Segala transaksi keuangan yang masuk di tabungan emas nantinya akan dikonversikan dalam satuan gramasi emas.

Cara Membuat Rekening Tabungan Emas Pegadaian

Untuk membuka rekening tabungan emas, kita bisa langsung datang ke outlet Pegadaian terdekat. Syaratnya cukup mudah kok, hanya dengan membawa KTP dan membayar biaya pembukaan tabungan sebesar Rp.56.000 (termasuk saldo awal sebesar Rp.10.000, senilai 0,01 gram emas).

Pembukaan tabungan juga bisa dilakukan melalui aplikasi Pegadaian Digital dengan cara mendaftar lalu memilih outlet mana yang kita jadikan tempat mencetak buku rekening.

Segala transaksi sudah bisa dilakukan di aplikasi, lho, mulai dari menabung hingga menjual saldo tabungan yang kita miliki. Kalau saya lebih prefer menggunakan aplikasi karena lebih fleksibel. Hehe..

Oh ya, untuk memudahkan kita dalam rutin menabung, kita juga bisa request untuk sistem potong gaji. Jumlah potongan tabungan bisa disesuaikan dengan keinginan. Seru kann?

Simulasi Menabung Emas di Pegadaian

Masih bingung dengan cara menabung emas di Pegadaian? Saya buatkan simulasinya ya..

  • Misalkan, kamu menabung Rp.50.000 di saat harga emas Rp.9.000 per 0,01 gram nya. Maka uang kamu akan langsung dikonversikan dengan harga emas tersebut dan kamu akan mendapatkan saldo sebesar 0,055 gram. Begitu seterusnya.
  • Nanti, saldo tersebut akan diakumulasi sesuai dengan jumlah tabunganmu. Misal, seminggu kemudian kamu ingin menabung lagi tapi harga emasnya sudah naik menjadi Rp.9.500 per 0,01 gram. Maka dengan uang Rp.50.000 kamu hanya mendapatkan saldo emas senilai 0,052 gram. Jadi total saldo kamu adalah 0,107 gram.
  • Jadi jangan melihat saldo rupiah yang ada di tabungan ya, lihat lah saldo emasnya karena seperti judul artikel ini, yang akan dibahas adalah nabung emas, bukan nabung uang πŸ˜€

Baca juga: Safari Adventure di Taman Safari Prigen

Cara Menjual atau Mencairkan Tabungan Emas Pegadaian

Beberapa pertanyaan yang juga sering saya dapatkan adalah, apakah tabungan emas bisa dicairkan? Tentu bisa.

Tapi, pencairan tabungan emas dilakukan melalui penjualan saldo emas yang kita punya sesuai dengan harga emas di saat itu. Istilahnya menjual tabungan emas. Jadi akad yang digunakan adalah jual-beli, seperti jual beli emas pada umumnya dengan mengikuti harga emas dipasaran pada saat itu.

Jadi, misal ketika kita menabung emas di tahun 2015 dengan harga Rp.710.000/gram, dan ingin menjual tabungan emas kita di tahun 2020.

Harga tabungan emas yang kita punya dihargai dengan harga emas tahun 2020 (Rp.930.000/gram, per Juni 2020).

Lumayan ya selisihnya? Hehe.

emas antam diaz bela

Mencetak Tabungan Emas Pegadian Menjadi Emas Batangan

Nggak hanya bisa dijual, tabungan emas yang kita punya bisa juga dicetak dalam bentuk emas batangan, lho. Kita bisa pilih mau mencetak emas dengan berbagai merk (Antam, UBS, dll) mulai dari pecahan 1 gram.

Untuk mencetaknya juga mudah banget, bisa melalui aplikasi atau bisa langsung datang ke outlet Pegadaian terdekat. Tapi, ada biaya cetaknya ya. Biayanya bervariasi mulai dari Rp.80.000 per gram.

Nah, jadi pilihannya ada di kamu, mau dijual kembali atau dicetak menjadi emas batangan?

Menggadai Tabungan Emas Pegadaian

Risih banget nggak sih denger kata gadai? Hehe..

Bagi beberapa orang gadai itu identik dengan transaksi keuangan jadul dan so last year banget deh pokoknya! Padahal ternyata gadai itu bisa menjadi salah satu solusi keuangan, lho.

Misalnya, di tengah investasi pendidikan anak yang sedang kamu jalankan, mendadak ada keperluan yang membutuhkan banyak biaya. Mau jual saldo tabungan emas, tapi kok sayang banget.

Nah gimana coba solusinya? Ya, gadai.

Tapiii yang harus digarisbawahi kalau kamu memilih opsi ini adalah: harus bisa komitmen bayar-tebus gadai sesuai jangka waktu. Inget, tujuan utama kamu kan investasi, bukan nambah hutang!

Baca juga: Kelola Keuangan di Masa Pandemi

Keunggulan Tabungan Emas

As much as i hate to say this, tabungan emas itu berbentuk digital. Jadi, kita tidak akan bisa melihat bentuk fisiknya KECUALI memang akan kita cetak menjadi emas batangan.

Walau begitu, menurut saya inilah salah satu poin unggul tabungan emas karena dengan berbentuk digital, kita tidak usah pusing atau bingung hendak menyimpannya di mana. Kita juga masih bisa memantaunya melalui aplikasi dan buku tabungan kok.

Kita bisa mencetak buku tabungan, dan juga bisa memantau aktivitas transaksi melalui aplikasi.


Gimana udah mulai mantap kan untuk menabung emas? Atau ada hal yang masih mengganjal? Diskusi di kolom komentar, yuk!

Baca juga:
Diantara pilihan instrumen investasi, investasi emas batangan atau logam mulia mulai dilirik keberadaannya oleh para millenial. Namun terkadang masih banyak…
44
0
Comments herex
()
x