Cara Nyaman Mengajarkan Anak Menyikat Gigi

Cara Mengajarkan Anak Menyikat Gigi yang Nyaman

Written by Diaz Bela

Seorang ibu milenial, ex-News TV Reporter, dan digital enthusiast. Saya menulis tentang hal-hal yang saya sukai: pengalaman, opini, traveling, kuliner, dan lain-lain.

4 Desember 2021

Salah satu hal yang selalu orang notice ketika melihat Baby D adalah giginya yang rapi dan putih. Sebagai ibu, patutnya berbangga dong karena itu menandakan ciri-ciri gigi anak yang sehat. Jujur, menjaga kebersihan gigi anak memang agak tricky. Kalau salah dan lalai sedikit aja, gigi bisa bolong, keropos, dan menyebabkan masalah lain seperti mulut pahit dan bau mulut. Berikut aku mau share ya beberapa cara yang aku gunakan dalam memberikan cara nyaman mengajarkan anak menyikat gigi.

Disclaimer: I am not a dentist nor a doctor. Semua yang ditulis di sini merupakan pengalaman pribadi yang aku dapat dari hasil riset dan apa yang aku praktekan di rumah selama ini. Aku tidak memaksa kalian untuk mengikuti apa yang aku berikan dalam tulisan ini, dan tulisan ini hanya bersifat sharing atau berbagi informasi! Jangan malas untuk cross check dan baca-baca-baca!

Mengajarkan anak menyikat gigi: mulai dari mana?

Membangun habit menjaga kebersihan diri, diantaranya menyikat gigi, bisa dibiasakan mulai dari anak masih kecil. Untuk kasusku, dimulai ketika Baby D keluar giginya, atau sekitar usianya 6 bulan.

Tentu semuanya bertahap, ya, bund. Ketika dua gigi bawahnya nongol, biasanya aku lap-lap aja pakai handuk bersih setelah makan atau sebelum tidur. Usahakan dilakukan dengan gentle ya supaya anak merasa nyaman dan tidak trauma untuk membuka mulutnya.

Baca juga: Manfaat Sensory Play Untuk Anak

Berikan rasa nyaman setiap menyikat gigi.

Lalu selanjutnya, ketika anak sudah masuk usia satu tahun, aku mulai libatkan dia dengan proses membersihkan gigi. Berikut cara yang aku gunakan:

  1. Gosok gigi bersama
    Sebisa mungkin aku gosok gigi bersama Baby D, atau kalau sedang tidak bisa, biarkan Baby D melihat aku yang sedang menggosok gigi.
  2. Ajak ngobrol tentang kebersihan gigi
    Bisa dalam bentuk dongeng interaktif sebelum tidur, melalui media audio visual, atau melalui buku.
  3. Ajak anak memilih sikat gigi kesukaannya
    Bisanya aku ajak Baby D ke supermarket dan kasih pilihan mau sikat gigi yang mana. Kalau aku tidak salah ingat, Baby D mulai pakai sikat gigi “berbulu” itu sejak usianya 1,5 tahun. Ketika memilih sikat gigi dia pasti excited karena ada hadiah mainannya! Hehehe..
  4. Bawa santai
    Jika anak masih belum bisa menggosok gigi dengan benar, jangan dimarahi. Membangun kebiasaan kan bisa dimulai dari membuat rutinitas. Jadi menurutku sih yang penting lakukan saja dulu, sambil terus diafirmasi dan diberikan penjelasan. Sampai sekarang saat tulisan ini ditulis (Baby D berusia 3,5 tahun), Baby D masih selalu saya gosokkan giginya kok. Belum berani aku lepas sendiri, hehe
  5. Beri pujian
    I don’t know about you, tapi aku termasuk ibu yang nggak pelit ngasih pujian. Jadi ketika si kecil habis gosok gigi ataupun ketika ia mengingatkanku kalau ia sudah sikat gigi, pasti aku kasih pujian. Hitung-hitung memberikan rasa nyaman dan bangga karena sudah menyelesaikan “tugas” menyikat giginya.

Baca juga: Lagu Anak Indonesia: Hoala & Koala!

cara anak sikat gigi nyaman mulut pahit

Hal yang aku lakukan dalam menjaga kebersihan gigi anak

Aku juga melakukan hal berikut untuk menjaga kebersihan gigi anak:

  1. Tidak menggunakan dot
  2. Tidak membiarkan meminum susu sampai tertidur
  3. Batasi pemberian permen dan coklat
  4. Gosok gigi 2x sehari

Lalu, gimana kalau anak tidak mau menyikat gigi?

Hmm.. biasanya sih aku selalu flashback dan review dulu. Apa aku sudah memintanya menyikat gigi dengan cara yang benar? Apa aku sudah memberikan cara nyaman mengajarkan anak menyikat gigi? Apa alat sikat giginya sudah sesuai? Apakah pasta gigi dan sikat yang digunakan cukup nyaman?

Lalu aku telusuri lagi, apa anakku sedang sakit? Apa ada sariawan? Apa ada gusi atau bagian giginya yang terluka sehingga harus dibawa ke rumah sakit?

So far sih rekor Baby D tidak sikat gigi adalah satu minggu karena di mulutnya ada banyak sariawan. Awalnya aku sempat frustasi juga, takut giginya bolong dan rusak. Tapi aku take a deep breath dan lanjut mikir, aku aja, 30 tahun, kalau lagi sariawan dan salah sedikit dalam menyikat gigi akan terasa sakit sekali, apalagi anakku… Jadi aku berusaha “cuek” dan berdamai sambil fokus menyembuhkan sariawannya. Ketika sembuh, dia pun langsung minta sikat gigi dengan sendirinya, kok! 🙂

Baca juga: Manfaat Pasta Gigi Untuk Balita

Menyikat gigi: menjaga kebersihan mulut anak dengan cara nyaman!

Inget ya bund, intinya sebagai Ibu kita harus sabar dalam memberikan ke anak mengenai pentingnya menjaga kebersihan gigi. Nggak ada cara yang mudah, memang, makanya stok kesabaran dan referensinya harus diperbanyak dulu, hehe.

Jangan ragu juga untuk datang ke dokter gigi jika ada masalah terkait kesehatan gigi. Tetap semangat dan semoga cara nyaman mengajarkan anak menyikat gigi ini bisa membantu, ya!

Kalau bunda sekalian punya pengalaman mengajarkan anak cara menyikat gigi yang nyaman, jangan lupa kita sharing di kolom komentar, ya!

Baca juga: Mengajarkan Anak Bahasa Asing dengan Hello Bana!

Arsip

MEMBER OF:

logo komunitas blog
kumpulan emak blogger
Logo Komunitas BRT Network
Seedbacklink

Baca Juga Artikel Berikut:

Subscribe
Notify of
guest

34 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Bambang Irwanto
Bambang Irwanto
17 days ago

Kalau saya cara mudahnya adalah memperlihatkan saat saya menyikat gigi pada krucil. Soalnya katanya ank peniru ulung. terus biar lebih mudah dipahami anak, maka saya sodorkan buku cerita bertema gigi. Dari situ anak-anak akan mulai paham perlunya menyikat gigi.

Yuni Bint Saniro
Yuni Bint Saniro
16 days ago

Keponakanku nih, udah mulai dikenalkan sama kegiatan sikat gigi sejak giginya tumbuh. Iparku tuh beliin sikat dan pasta gigi yang lucu. Kadang ada hadiahnya juga. Jadi, bocahnya seneng sikat gigi.

Yustrini
Yustrini
16 days ago

Saya juga suka khawatir tentang gigi anak. Sudah dibersihkan sejak dia bayi tapi sampai sekarang sikat giginya belum maksimal. Nanti coba kupraktekkan ngajak sikat gigi bareng biar dia belajar lagi.

Ada Resensi
Ada Resensi
16 days ago

Makanya ya sikat gigi dan pasta gigi anak tuh lucu-lucu, ada aroma buah-buahan, dan berhadiah pula. Secara nggak langsung mengajak anak untuk antusias menggosok gigi.

bening
bening
15 days ago

wah iya, nih. peerku habis ini ngajarin anakku yang satu tahun belajar sikat gigi. giginya baru mulai muncul juga, hehe

Wiwin Pratiwanggini
Wiwin Pratiwanggini
15 days ago

Anak saya gigi susunya sangat rapi. Ia juga rajin gosok gigi minimal sehari 2x. Sampai umur 6 tahun maunya pakai sikat gigi berbentuk U. Setelah itu baru deh dia mau pakai sikat gigi biasa. 😁

Nurul Mutiara R.A
Nurul Mutiara R.A
15 days ago

Beneran, ngajarin anak untuk sikat gigi itu memang gak mudah. Aku sendiri zaman kecil sering banget ngeyel kalau diminta untuk sikat gigi. Padahal ya itu kebaikan kita sendiri. Perlu kesabaran memang para bu ibu heheh

Fenni Bungsu
Fenni Bungsu
15 days ago

Keren kak tekniknya, bisa ditiru untuk dipraktekkan siapapun. Apalagi bagian yang telusuri dulu kenapa si kecil gak mau sikat gigi, apa alasannya ya

Okti
Okti
15 days ago

Awalnya memang agak sudah ya membiasakan anak untuk konsisten menggosok gigi. Tapi orang tua bis menjadi teladan. Dengan sendirinya anak mencontoh juga
Orang tua jangan malas aja untuk terus membiasakan setiap kebiasaan baik kepada anak

Aldhi
Aldhi
14 days ago
Reply to  Okti

Betul mbak, anakku yang momor satu paling susah kalo dibiasain gosok gigi setiap mau tiddur. Kadang kelupaan, tapi selalu tak iingetin jadinya kebiasaan

Müzeyyen
Müzeyyen
15 days ago

Sama aku juga jarang kasih pujian yang muluk, paling kaya sekedar good job gitu sich,, Dia klo sikat Gigi ya udah berangkaat sendiri

Anggita R. K. Wardani
Anggita R. K. Wardani
15 days ago

Wah sama mba salah satu cara mengenalkan sikat gigi ke anak yang membiarkan dia pilih sendiri sikat gigi favoritnya. Kalau awal2 yang susah itu ngajarin buat kumur

Dian
Dian
15 days ago

Menggosok gigi adalah hal penting untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut
Harus diajarkan semenjak dini

Monica Anggen
Monica Anggen
15 days ago

Penting banget emang menjaga kebersihan mulut dan gigi sedini mungkin, karena ini juga memberi pengaruh besar bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Klo dulu anakku ya udah dibiasakan gosok gigi sejak tumbuh gigi. Klo udah terbiasa, lebih mudah sih melatihnya

Rumah Ibuk
Rumah Ibuk
15 days ago

Saya masih harus usaha ekstra untuk nyikatin gigi si bocil. Harus banyak – banyak sabar, karena susah banget diem pas gosokin giginya.

Kyndaerim
Kyndaerim
15 days ago

Penting sih ngajarin anak menyikat gigi yg bener. Kalo anakku awal di lepas sendiri, mash suka asal²an, haha.. jaxi kudu didampingi atau nggak diingatkan terus soal pentingnya kebersihan gigu dan mulut.

Tukang Jalan Jajan
Tukang Jalan Jajan
15 days ago

Mengajarkan anak menyikat gigi dengan nyaman memang bisa menjadi sebuah tantangan bagi para orang tua. Terkadang, anak-anak justru rewel dan tidak mau diajak menyikat gigi. kunci utama dalam mengajarkan anak adalah dengan kesabaran, konsistensi, dan kasih sayang.

Titi
Titi
15 days ago

Sama mbak, aku juga tidak kasih dot ke anak-anak. Karena dengar-dengar, bisa bikin gigi maju ke depam

April Hatni
April Hatni
15 days ago

Memang anak-anak lebih semangat gosok gigi kalau sikat giginya ia memilih sendiri waktu beli. Seperti anakku yang kedua, sudah nggak perlu lagi ‘dipush’, untuk gosok gigi, karena dia selalu semangat saat gosok gigi.

Didik
Didik
15 days ago

Aku sih selalu cari referensi video di sosmed. Anak juga aku ajak nonton biar tahu bahayanya kalo ga gosok gigi. Termasuk caranya menyikat gigi anak. Emg bener sih hrs ekstra sabar utk membiasakan kebiasaan baik itu.

Anis Khoir
Anis Khoir
14 days ago

Bagi aku sendiri, mengajar sikat gigi yang benar kepada anak masih PR banget. Padahal gigi yang sehat itu harus mendapat perawatan sedari kecil

atiqoh
atiqoh
14 days ago

emang jadi PR banget nih ngajarin si kecil sikat gigi hihi.. harus diajak terus bareng kita biar makin semangat

Siti Mustiani
Siti Mustiani
14 days ago

Hihi meski belum punya anak, baca artikel ini aku sambil bayangin gimana jadinya aku kalau lagi ngajarin anak menyikat gigi, bakalan kayak ibuku ga yahh hehehe.

yusriah
yusriah
14 days ago

harus banget rajin sikat gigi anak, saya merasakan sendiri anak umur 4 tahun merasakan sakit gigi, kasihan banget lihatnya

Novita Nurul Islami
Novita Nurul Islami
14 days ago

Anak-anakku dari kecil selalu rajin sikat gigi setiap kali mandi. Kalau mamak bapaknya lupa kasih sikat gigi waktu mandiin mereka, pasti mereka yang ingatkan. Tapi kenapa ya gigi anakqu terlihat kurang bersih.. mungkinkah karena cara sikat giginya kurang benar ya?

gemaulani
gemaulani
14 days ago

Bener sih untuk mengajarkan kebiasaan baik itu memang harus dicontohkan dengan sikat gigi barang-barang, lalu mengajarkan anak tentang Pentingnya menjaga kebersihan gigi. Cuma kadang yang lupa Itu ngajak anak buat pilih model sikat giginya sendiri

Vita
Vita
14 days ago

Anak aku yang sulung rajin gosok gigi tapi giginya bolong. Sedangkan anak kedua alhamdulillah giginya lebih bagus. Tapi kontrol ke dokter gigi anak tetap wajib sih…

Wahyuindah
Wahyuindah
14 days ago

Aku ngajarin anakku sikat gigi dengan gerakan atas bawah dan melingkar. Sekarang anaknya suka dan rajin sikat gigi dong

Happy Hawra
Happy Hawra
14 days ago

wah ilmu banget nih buat nanti kalau udah punya anak. sejauh ini paling liatin ponakan aja belajar nyikat gigi gimana. tapi ada yang seneng banget sikat gigi, ada juga yang males. itu gimana ya kalau anaknya males haha

Luluk Sobari
Luluk Sobari
14 days ago

Nah iya, kayaknya mengajari anak untuk menyikat gigi itu rada-rada susah kalau cuma main nyuruh aja. Perlu nih anak dilibatkan dalam prosesnya. Seperti ditemani, dikasih pengertian, juga memilih sikat giginya sendiri.

lendyagassi
lendyagassi
14 days ago

Ternyata belajar sikat gigi dan membiasakannya ini gak mudah yaa..
Aku dulu sejak anak-anak belum punya gigi. Tapi ya on-off gitu.. Yang paling nyaman memang ketika anak-anak sudah bisa diajak berkomunikasi, sehingga bisa belajar sikat gigi bersama dan memberitahu cara sikat gigi yang tepat.

Sugianto
Sugianto
14 days ago

MEngajak sikat gigi bareng efektif ini, jadi setelah ada aktivitas ini, anak-anak di rumah jadi minta dibelikan pasta dan sikat gigi sendiri. Jadi makin senang karena pastanya ada berbagai varian rasa

Retno Kusuma Wardani
Retno Kusuma Wardani
14 days ago

Kalau anak sudah terbiasa sikat gigi, maka sebelum di suruh pun biasanya minta sendiri. Tapi melatihnya itu yang butuh kesabaran dan ketelatenan

KakaKiky
KakaKiky
14 days ago

Cara Mbak menjaga Baby D buat sikat gigi tuh keren banget ya! Nyaman, nggak kerasa terpaksa, dan tetap penuh kasih sayang. Jadi inget pentingnya sabar dan ngasih contoh yang baik buat si kecil. Terus semoga sariawan Baby D cepet sembuh dan tetap semangat Mbak! 💪🦷