Pilih Laman

Fungsi Backlink Yang Wajib Diketahui Blogger — Semenjak menulis di blog ini dari tahun 2007, saya merasa mengalami perubahan yang cukup signifikan terutama dalam hal menulis dan tujuan menulis di blog itu sendiri. Kalau dulu saya lebih memposisikan tulisan blog sebagai diary online, kini mulai memiliki niche dan memperhatikan aspek yang perlu dipelajari sebagai seorang blogger, salah satunya memahami fungsi dari backlink

Ternyata memahami fungsi backlink di blog mempengaruhi kualitas blog, lho. Backlink juga jadi salah satu indikator google untuk menempatkan blog kita di halaman pencariannya. Dan tentu yang nggak kalah menarik, backlink bisa membantu kita untuk mengoptimasi tulisan berbasis SEO (Search Engine Optimization). Apa saja ya fungsi backlink yang wajib diketahui blogger? 

Apa Itu Backlink?

Sebelumnya, kita sama-sama cari tahu dulu yuk apa itu backlink. Backlink adalah sebuah tautan (link) yang dipasang di blog atau website seseorang yang mengarah kepada blog atau website kita. 

Backlink biasanya terbagi menjadi dua kategori: internal link dan eksternal link.

  • Internal Link
    Dalam sebuah tulisan blog, biasanya penulis mencantumkan tautan lain yang menuju ke postingan lainnya. Hal tersebut biasa dikenal sebagai internal link, dimana, link dibuat dalam satu website yang sama.

    Contohnya, dalam tiap tulisan saya di blog ini, pasti tercantum link yang mengarahkan pembaca untuk berkunjung ke postingan lainnya yang masih ada dalam satu alamat website.
  • Eksternal Link
    Sementara, eksternal link adalah link yang diberikan penulis kepada web atau alamat diluar dari alamat websitenya.

Baca juga: Begini Cara Menaikan DA Blog Dalam 30 Hari

Backlink Dofollow dan Nofollow

Ketika memasukan link, penulis bisa memilih apakah link tersebut dibuat dofollow atau nofollow. Pilihan ini sangat mempengaruhi kualitas web, karena link nofollow akan mencegah tautan dijangkau oleh mesin pencari.ย Secara simple, perbedaannya seperti ini:

  • Dofollow
    Kita memberikan pengaturan bahwa link tersebut bisa diakses oleh mesin pencari.
  • Nofollow
    Kita memberikan pengaturan bahwa link tersebut tidak bisa diakses oleh mesin pencari.

Jadi, jika web kamu ingin ter-crawling dengan baik oleh google, lebih baik gunakan backlink dofollow. Tapi secukupnya saja ya, jangan berlebihan. Karena kalau terlalu banyak pembaca akan malas dan google pun bisa saja melihat tulisanmu sebagai spam.

Fungsi Backlink Untuk Blogger

Indikator Kepopuleran Blog di Google

Memasukkan backlink ke dalam tulisan blog kita juga bisa menjadi salah satu indikator kepopuleran blog, lho.

Karena, saat men-crawling tulisan kita, google dengan algoritmanya juga turut mencari referensi website yang mencantumkan alamat blog atau website kita.

Jika link blog atau website kita ada di situs yang terpercaya di mata google, maka โ€œperingkatโ€ blog atau website kita akan naik, begitupun sebaliknya.

Baca juga: Belajar SEO On Page Yuk, Supaya Tulisan dilirik Google!

Cara Mudah Mendapatkan Backlink

Melalui Media Sosial

Sebenarnya terdapat cara mudah jika ingin mendapatkan backlink yang berkualitas. Salah satunya adalah menempatkan alamat website kita dalam tiap platform sosial media yang kita miliki.

Media Sosial berpengaruh seperti Instagram, TikTok, dan Facebook, memiliki Domain Authority (DA) yang tinggi pula. Ini artinya, google sebagai mesin pencari raksasa memandang media sosial tersebut sebagai salah satu website yang terpercaya.ย 

So, jangan ragu untuk membagikan tiap postingan baru ke media sosial, ya.

Melalui Backlink Comment

Siapa di sini yang suka blog walking

Dengan meninggalkan link yang mengarah ke blog kita, juga berpengaruh lho dalam melihat nilai blog kita dimata mesin pencari. Walau dilakukan secara personal dan memang harus telaten berkomentar, tapi cara seperti ini masih digunakan sampai sekarang.

Selain mendapatkan traffic dan menambah jumlah komentar, backlink comment juga berpengaruh terhadap peningkatan organic traffic.

Baca Juga: Perhatikan Hal Ini Sebelum Beli Hand Sanitizer

Mendapatkan Penghasilan dari Backlink

Ngomong-ngomong soal cuan, apa bisa mendapatkan penghasilan dari backlink?

Tentu bisa dong ๐Ÿ™‚

Biasanya istilah ini dikenal dengan nama backlink placement. Seorang blogger biasanya mendapatkan tawaran untuk menaruh link yang menuju ke suatu situs brand tertentu.

Situsnya apa? Ya tergantung dari pemesan backlink ๐Ÿ™‚

Terlihat mudah, ya? Tapi tunggu dulu, tidak semua blog bisa mendapatkan backlink placement ini. Biasanya brand atau pihak ketiga dari jasa pencari backlink placement ini mempertimbangkan beberapa syarat bagi para blogger, seperti:

  • Nilai Domain Authority (DA) blogger yang bersangkutan
  • Seberapa besar blogger memiliki pengaruh di tulisan dan sosial medianya
  • Kualitas dari artikel yang ditulis: apakah menggunakan bahasa yang mudah dicerna, apakah tulisannya SEO friendly, dll
  • Dan kriteria lain yang biasanya disesuaikan dengan kebutuhan brand tersebut.

Media Backlink

Di zaman yang serba digital seperti sekarang ini, blogger tidak harus pasif untuk menunggu di approach oleh brand atau agensi untuk mendapatkan backlink placement. Karena, sekarang sudah ada banyak sekali website yang memungkinkan blogger untuk mendapatkan content placement. Salah satunya MediaBacklink!

MediaBacklink Layanan Cuan Untuk Blogger

Media Backlink adalah layanan backlink berkualitas dimana kita sebagai blogger bisa mendaftarakan blog dan mendapatkan penghasilan tambahan dari brand yang ingin menempatkan alamat link nya dalam blog kita.

Dengan penawaran harga backlink placement yang menurutku cukup kompetitif, kita sebagai blogger cukup menulis review minimal 500 kata mengenai tema yang akan diangkat sesuai pesanan.

Ini salah satu alternatif cuan yang menurutku asik banget. Karena pertama, mendukung sekali untuk freelance blogger yang memang mencari side hustle atau bahkan pendapatan utamanya dari menulis blog. Dan kedua, sangat membuat blogger (khususnya aku sih, hehe) untuk semangat menulis dan berproses kreatif lagi dan lagi.

Media Backlink Untuk Brand atau Agensi

Nah jika kamu adalah brand atau agensi yang sedang mencari banyak blog, mungkin MediaBacklink ini adalah tempat yang tepat. Karena, kamu bisa membeli backlink dari ribuan blog yang terdaftar disini. 

Untuk memilih blog yang tepat dan sesuai dengan yang perusahaan kamu butuhkan, tinggal sortir saja dari menu yang telah disediakan. Bisa disortir melalui kategori blog, nilai DA, maupun Alexa Rank. Harganya nanti juga menyesuaikan ya.

Promo MediaBacklink

Setelah mengerti mengenai pentingnya backlink, gimana, makin tertarik kan untuk mendapatkan cuan dan mendaftar di MediaBacklink? 

Cus langsung daftar ya dan jangan lupa untuk member baru bisa mendapatkan promo khusus dengan mendaftar melalui tautan ini.

Yang sudah daftar, yuk bagi pengalamannya di kolom komentar ๐Ÿ™‚

Baca juga:
Berburu Oleh-Oleh Khas Sukabumi di Siliwangi Bolu Kukus -- Besar dan (sekarang) tinggal di Sukabumi itu kadang membuat saya serasa…
28
0
Comments herex
()
x