Fungsi Backlink Yang Wajib Diketahui Blogger diaz bela
Adv,  Blog,  Blogging

Fungsi Backlink Yang Wajib Diketahui Blogger

Fungsi Backlink Yang Wajib Diketahui Blogger — Semenjak menulis di blog ini dari tahun 2007, saya merasa mengalami perubahan yang cukup signifikan terutama dalam hal menulis dan tujuan menulis di blog itu sendiri. Kalau dulu saya lebih memposisikan tulisan blog sebagai diary online, kini mulai memiliki niche dan memperhatikan aspek yang perlu dipelajari sebagai seorang blogger, salah satunya memahami fungsi dari backlink

Ternyata memahami fungsi backlink di blog mempengaruhi kualitas blog, lho. Backlink juga jadi salah satu indikator google untuk menempatkan blog kita di halaman pencariannya. Dan tentu yang nggak kalah menarik, backlink bisa membantu kita untuk mengoptimasi tulisan berbasis SEO (Search Engine Optimization). Apa saja ya fungsi backlink yang wajib diketahui blogger? 

Apa Itu Backlink?

Sebelumnya, kita sama-sama cari tahu dulu yuk apa itu backlink. Backlink adalah sebuah tautan (link) yang dipasang di blog atau website seseorang yang mengarah kepada blog atau website kita. 

Backlink biasanya terbagi menjadi dua kategori: internal link dan eksternal link.

  • Internal Link
    Dalam sebuah tulisan blog, biasanya penulis mencantumkan tautan lain yang menuju ke postingan lainnya. Hal tersebut biasa dikenal sebagai internal link, dimana, link dibuat dalam satu website yang sama.

    Contohnya, dalam tiap tulisan saya di blog ini, pasti tercantum link yang mengarahkan pembaca untuk berkunjung ke postingan lainnya yang masih ada dalam satu alamat website.
  • Eksternal Link
    Sementara, eksternal link adalah link yang diberikan penulis kepada web atau alamat diluar dari alamat websitenya.

Baca juga: Begini Cara Menaikan DA Blog Dalam 30 Hari

Backlink Dofollow dan Nofollow

Ketika memasukan link, penulis bisa memilih apakah link tersebut dibuat dofollow atau nofollow. Pilihan ini sangat mempengaruhi kualitas web, karena link nofollow akan mencegah tautan dijangkau oleh mesin pencari.ย Secara simple, perbedaannya seperti ini:

  • Dofollow
    Kita memberikan pengaturan bahwa link tersebut bisa diakses oleh mesin pencari.
  • Nofollow
    Kita memberikan pengaturan bahwa link tersebut tidak bisa diakses oleh mesin pencari.

Jadi, jika web kamu ingin ter-crawling dengan baik oleh google, lebih baik gunakan backlink dofollow. Tapi secukupnya saja ya, jangan berlebihan. Karena kalau terlalu banyak pembaca akan malas dan google pun bisa saja melihat tulisanmu sebagai spam.

Fungsi Backlink Untuk Blogger

Indikator Kepopuleran Blog di Google

Memasukkan backlink ke dalam tulisan blog kita juga bisa menjadi salah satu indikator kepopuleran blog, lho.

Karena, saat men-crawling tulisan kita, google dengan algoritmanya juga turut mencari referensi website yang mencantumkan alamat blog atau website kita.

Jika link blog atau website kita ada di situs yang terpercaya di mata google, maka โ€œperingkatโ€ blog atau website kita akan naik, begitupun sebaliknya.

Baca juga: Belajar SEO On Page Yuk, Supaya Tulisan dilirik Google!

Cara Mudah Mendapatkan Backlink

Melalui Media Sosial

Sebenarnya terdapat cara mudah jika ingin mendapatkan backlink yang berkualitas. Salah satunya adalah menempatkan alamat website kita dalam tiap platform sosial media yang kita miliki.

Media Sosial berpengaruh seperti Instagram, TikTok, dan Facebook, memiliki Domain Authority (DA) yang tinggi pula. Ini artinya, google sebagai mesin pencari raksasa memandang media sosial tersebut sebagai salah satu website yang terpercaya.ย 

So, jangan ragu untuk membagikan tiap postingan baru ke media sosial, ya.

Melalui Backlink Comment

Siapa di sini yang suka blog walking

Dengan meninggalkan link yang mengarah ke blog kita, juga berpengaruh lho dalam melihat nilai blog kita dimata mesin pencari. Walau dilakukan secara personal dan memang harus telaten berkomentar, tapi cara seperti ini masih digunakan sampai sekarang.

Selain mendapatkan traffic dan menambah jumlah komentar, backlink comment juga berpengaruh terhadap peningkatan organic traffic.

Baca Juga: Perhatikan Hal Ini Sebelum Beli Hand Sanitizer

Mendapatkan Penghasilan dari Backlink

Ngomong-ngomong soal cuan, apa bisa mendapatkan penghasilan dari backlink?

Tentu bisa dong ๐Ÿ™‚

Biasanya istilah ini dikenal dengan nama backlink placement. Seorang blogger biasanya mendapatkan tawaran untuk menaruh link yang menuju ke suatu situs brand tertentu.

Situsnya apa? Ya tergantung dari pemesan backlink ๐Ÿ™‚

Terlihat mudah, ya? Tapi tunggu dulu, tidak semua blog bisa mendapatkan backlink placement ini. Biasanya brand atau pihak ketiga dari jasa pencari backlink placement ini mempertimbangkan beberapa syarat bagi para blogger, seperti:

  • Nilai Domain Authority (DA) blogger yang bersangkutan
  • Seberapa besar blogger memiliki pengaruh di tulisan dan sosial medianya
  • Kualitas dari artikel yang ditulis: apakah menggunakan bahasa yang mudah dicerna, apakah tulisannya SEO friendly, dll
  • Dan kriteria lain yang biasanya disesuaikan dengan kebutuhan brand tersebut.

Media Backlink

Di zaman yang serba digital seperti sekarang ini, blogger tidak harus pasif untuk menunggu di approach oleh brand atau agensi untuk mendapatkan backlink placement. Karena, sekarang sudah ada banyak sekali website yang memungkinkan blogger untuk mendapatkan content placement. Salah satunya MediaBacklink!

MediaBacklink Layanan Cuan Untuk Blogger

Media Backlink adalah layanan backlink berkualitas dimana kita sebagai blogger bisa mendaftarakan blog dan mendapatkan penghasilan tambahan dari brand yang ingin menempatkan alamat link nya dalam blog kita.

Dengan penawaran harga backlink placement yang menurutku cukup kompetitif, kita sebagai blogger cukup menulis review minimal 500 kata mengenai tema yang akan diangkat sesuai pesanan.

Ini salah satu alternatif cuan yang menurutku asik banget. Karena pertama, mendukung sekali untuk freelance blogger yang memang mencari side hustle atau bahkan pendapatan utamanya dari menulis blog. Dan kedua, sangat membuat blogger (khususnya aku sih, hehe) untuk semangat menulis dan berproses kreatif lagi dan lagi.

Media Backlink Untuk Brand atau Agensi

Nah jika kamu adalah brand atau agensi yang sedang mencari banyak blog, mungkin MediaBacklink ini adalah tempat yang tepat. Karena, kamu bisa membeli backlink dari ribuan blog yang terdaftar disini. 

Untuk memilih blog yang tepat dan sesuai dengan yang perusahaan kamu butuhkan, tinggal sortir saja dari menu yang telah disediakan. Bisa disortir melalui kategori blog, nilai DA, maupun Alexa Rank. Harganya nanti juga menyesuaikan ya.

Promo MediaBacklink

Setelah mengerti mengenai pentingnya backlink, gimana, makin tertarik kan untuk mendapatkan cuan dan mendaftar di MediaBacklink? 

Cus langsung daftar ya dan jangan lupa untuk member baru bisa mendapatkan promo khusus dengan mendaftar melalui tautan ini.

Yang sudah daftar, yuk bagi pengalamannya di kolom komentar ๐Ÿ™‚

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
28 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Aldila Kun Condroweni
Aldila Kun Condroweni
1 month ago

Wah berguna banget ini infonya. Apalagi buat aku yang pageviewsnya masih naik turun. Tapi jujur karena emang belum rutin nulis juga sih hehehe. Tapi at least minimal sebulan 1 blog post Insya Allah ada. Thanks sharingnya mbak.

Fenni Bungsu
Fenni Bungsu
1 month ago

Buat website atau blog, hadirnya backlink memang faktor utama yang mendukung agar mudah dirayapi google, apalagi bisa menghasilkan cuan juga dengan backlink, cakep kan

Ivayana
Ivayana
29 days ago

Menarik skali ya tentang backlink, masib byk belajar dan blum tau jga nih mba knpa settingan tautan lunk dj blig ku cma muncul nofollow ya? Nyettingnya gmna ya mba biar kuncul dofollow

Inka Paramita
Inka Paramita
29 days ago

Waah “daging” banget mba tulisannya, jadi makin bikin aku semangat nulis konten berkualitas dan ingetin lagi aku tentang manfaat backlink ini. Jadi mau ikutan daftar media backlink ah! Hehe..

andiyani achmad
andiyani achmad
29 days ago

berbekal backlink dengan link yang tepat, selama setahun kemarin digeluti dan mengikuti barter link yang tepat, DA aku merambat naik, sekarang pe ernya mau ningkatin nilai DR hehehhe

enny
enny
29 days ago

wah udah lama banget denger soal media backlik ini.tapi belum nyoba2, cuzz ah mau nyoba jugaa..siapa tau DA meningkat.semogaa

Elly Nurul
Elly Nurul
29 days ago

Wellnoted kakak, jadi harus lebih memahami lagi ya fungsi dari backlink itu sendiri, sebagai blogger ngga boleh anti terhadap backlink dan juga ngga boleh asal pasang backlink demi kesehatan blog kita

Suciarti Wahyuningtyas
Suciarti Wahyuningtyas
29 days ago

Beberapa teman sekarang lagi senang sekali bertukar backlink untuk meningkatkan PV tapi aku belum mencoba. Aku jadi ingin mencoba ini sambil mempelajari media backlink yang ada dulu.

Siska
Siska
28 days ago

Thank you kak infonya. Aku memang lagi usaha nih buat naikin DA. Tapi tetap aja susah konsisten nulis. Wkwk. Gimana bisa naik coba kalau malas gitu.

Anak Kereta
Anak Kereta
28 days ago

Aku udah coba mediabacklink ini dan memang cukup membantu apalagi untuk part time blogger yang mau cari penghasilan sampingan.

Donasaurus
Donasaurus
28 days ago

Thanks kakak infonya bermanfaat,jadi tau deh guna back link buat blog kita

Yeni Sovia
Yeni Sovia
28 days ago

Setuju kak backlink itu penting. Cuma masih susah buat saya dapetin backlink yang berkualitas. Kalau ngandelin BW aduh kadang suka nggak sempet. Jadi aku ikutan BW kalau ada job aja hihihi.

Asty Intan Pratiwi Widyanti
Asty Intan Pratiwi Widyanti
28 days ago

Aku lho belum pernah dapat backlink kak wkwkwk, apa harus ajak teman juga untuk tukeran backlink ya? DA aku masih kecil bgt ๐Ÿฅฒ

Nurrahmah Widyawati
Nurrahmah Widyawati
28 days ago

Penjelasannya clear banget loh. Aku yg sebetulnya dah lama ngeblog tapi baru bgt diserusin jd paham tentang backlink, dofollow, nofollow dan lainnya ๐Ÿ˜‰ tapi meski begitu kadang BW itu seru jg sih, bisa baca artikel orang2 dan nambah ilmu juga hehe. Jadi tau tentang MediaBacklink juga.

Andina
Andina
28 days ago

Alhamdulillah ada media backlink ya, jadi ada pihak perantara antara klien dengan blogger

Ika Putri Yuliana Sari
Ika Putri Yuliana Sari
28 days ago

Wah! Keren banget, nih. Biasanya susah banget dapat backlink dari blog yang sudah berkualitas. Eh, ternyata ada jasanya. Penasaran, nih.

Kartika Nugmalia
Kartika Nugmalia
27 days ago

Langsung aku bookmark kak. Bermanfaat banget postingan ini. Buat aku yang DA nya susah banget naik nanti aku praktekin tips tipsnya

AnniSakih
AnniSakih
27 days ago

Blog walking nih ternyata selain meningkatkan traffic dan mejalin silaturahmi antara sesama blogger bisa memberi kita backlink juga ya.. harus diupayakan nih

Hamimeha
Hamimeha
27 days ago

Wah suka sekali informatif kak buat aku sih khsusnya sebab sebagai blogger pemula masih banyak sekali yang perlu dipelajari seperti blacklink ini..

Gita Sarrah
Gita Sarrah
27 days ago

Saya juga baru join di media backlink beberapa waktu yang lalu nih hehe. sebagai seorang blogger saya bersyukur karena sekarang semakin banyak wadah yang bisa memfasilitasi blogger buat nambah penghasilan kayak media backlink ini.

Dian Rizki
Dian Rizki
27 days ago

Wah makasih kak informasinya lengkap banget dan jelas, info baru niu buat aku

ainun
ainun
27 days ago

diingetin lagi deh mbak diaz, padahal dari kemarin mau daftar tapi lupa mulu

mer
mer
27 days ago

kalau kita buka public figure atau mediamainsream, memang wajib memahami optimasi seo diantaranya dengan memahami backlink. dulu saya abai, menulis saja tanpa memahami detail-detailnya. tks mba ulasannya, saya jadi paham.

dian
dian
26 days ago

backlink berkualitas memang sangat penting bagi optimasi blog kita ya mbak
mediabacklink ini memang tempat nya backlink berkualitas

julia
julia
25 days ago

baik akan saya praktekan Kak, beberapa sudah pasang internal backlink. nah yg eksternal ini harus yg ratingnya tinggi ya. okelah

pungkas nurrohman
pungkas nurrohman
16 days ago

Biasanya yg pakai backlink gini agensi, buat promote website mereka

Fitri Apriyani
Fitri Apriyani
16 days ago

Waaah, aku bener2 baru tahu ttg MediaBacklink ini. Saya jd tertarik mencoba bwt nambah cuan. Thanks infonya mbak ๐Ÿ™‚

Diani Sekaring Sejati
Diani Sekaring Sejati
10 days ago

Pas banget nih aku baca tulisanmu waktu lagi galau akibat DA terjun bebas berpoin-poin. Salahku juga sih beberapa bulan ini blog terbengkalai karena kesibukan lain, hehehe. Ya ampun aku mau rajin ngeblog lagi kayak kamu biar DA-nya bisa naik lagi, mohon bimbingannya yaa ๐Ÿ˜€

28
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x