Keajaiban Alam dan Kekayaan Budaya Aceh Menyelami Wisata Terbaik di Aceh

Written by Diaz Bela

Seorang ibu milenial, ex-News TV Reporter, dan digital enthusiast. Saya menulis tentang hal-hal yang saya sukai: pengalaman, opini, traveling, kuliner, dan lain-lain.

24 April 2024

Aceh, sebuah provinsi di ujung barat Pulau Sumatra, memiliki pesona alam yang memukau dan kekayaan budaya yang menakjubkan. Terkenal dengan keindahan pantainya, warisan sejarahnya, dan keramahan penduduknya, Aceh menjadi destinasi wisata yang menarik bagi para pengunjung. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa wisata terbaik di Aceh yang tak boleh dilewatkan.

Pulau Weh: Surga Bawah Laut Aceh

Pulau Weh adalah surga bagi para penyelam dan pecinta alam bawah laut. Terletak di ujung barat Aceh, Pulau Weh menawarkan keindahan terumbu karang yang spektakuler, hutan bakau yang menakjubkan, dan keanekaragaman hayati yang luar biasa. Aktivitas seperti snorkeling, diving, dan trekking dapat dinikmati di pulau ini, sementara pantai-pantainya yang indah memikat para pengunjung untuk bersantai dan menikmati keindahan alamnya.

Banda Aceh: Jejak Sejarah dan Keindahan Alam

Banda Aceh, ibu kota provinsi, memiliki banyak tempat bersejarah yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Masjid Raya Baiturrahman, sebuah masjid yang megah dan menjadi simbol kekuatan dan keteguhan hati masyarakat Aceh. Selain itu, Anda juga dapat mengunjungi Museum Tsunami Aceh yang menggambarkan kisah tragis dan pemulihan Aceh setelah tsunami tahun 2004. Di sisi lain, Banda Aceh juga memiliki pantai-pantai yang indah seperti Pantai Lampuuk dan Pantai Ulee Lheue yang menawarkan pemandangan matahari terbenam yang memukau.

Kebun Raya Saree: Surga Hijau di Aceh

Kebun Raya Saree merupakan tempat yang cocok untuk menikmati keindahan alam Aceh yang hijau dan sejuk. Terletak di Kabupaten Aceh Besar, kebun raya ini memiliki berbagai jenis flora dan fauna endemik yang menarik untuk diamati. Aktivitas seperti trekking, piknik, dan berfoto di antara pepohonan yang rindang dapat dinikmati di kebun raya ini. Selain itu, pengunjung juga dapat mempelajari lebih lanjut tentang keanekaragaman hayati Aceh di pusat informasi yang tersedia di tempat ini.

Ajakan untuk Mengetahui Lebih Jauh tentang Pariwisata, Budaya, dan Kuliner Indonesia

Aceh adalah salah satu dari banyak destinasi wisata menarik di Indonesia yang patut untuk dieksplorasi. Namun, tak hanya Aceh, Indonesia memiliki banyak lagi keindahan alam, kekayaan budaya, dan kuliner khas yang menunggu untuk ditemukan. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang pariwisata, budaya, dan kuliner Indonesia, kunjungilah situs indonesia.travel. Dengan informasi yang lengkap dan terpercaya, situs ini menjadi panduan yang sempurna untuk merencanakan perjalanan Anda dan menjelajahi keindahan Indonesia yang memukau. Jadi, mari kita jadikan setiap perjalanan kita sebagai pengalaman yang tak terlupakan dan jelajahi pesona Indonesia melalui indonesia.travel!

Selain keindahan alamnya yang menakjubkan, Aceh juga kaya akan budaya dan tradisi yang unik. Salah satu ciri khas budaya Aceh adalah seni dan budaya Islam yang kuat, yang tercermin dalam arsitektur masjid-masjid dan kesenian tradisional seperti tari saman. Tari saman, yang merupakan tarian grup yang dilakukan dengan gerakan tangan yang cepat dan ritmis, telah diakui sebagai Warisan Budaya Tak Benda oleh UNESCO pada tahun 2011. Selain itu, seni ukir dan seni anyaman juga merupakan bagian integral dari kebudayaan Aceh, dengan banyak produk kerajinan tangan yang memperlihatkan keahlian dan keindahan motif tradisional Aceh.

Tak kalah menariknya adalah kuliner khas Aceh yang lezat dan unik. Salah satu makanan yang paling terkenal adalah mie Aceh, sebuah hidangan mie pedas yang disajikan dengan irisan daging sapi, seafood, atau ayam serta kuah yang kaya rempah-rempah. Sambal Aceh, dengan cita rasa pedas yang khas dan aroma harum rempah, juga menjadi pendamping yang sempurna untuk hidangan-hidangan khas Aceh. Selain itu, hidangan seperti nasi goreng Aceh, gulai ikan tongkol, dan kari kambing juga merupakan hidangan yang patut dicoba bagi para pecinta kuliner.

Melalui situs indonesia.travel, masyarakat dapat mengeksplorasi lebih dalam tentang keindahan alam, kekayaan budaya, dan ragam kuliner di Aceh serta destinasi wisata lainnya di Indonesia. Dengan informasi yang lengkap dan terpercaya yang disediakan oleh situs tersebut, setiap perjalanan dapat direncanakan dengan baik dan pengalaman wisata yang tak terlupakan dapat dijamin. Jadi, mari kita jadikan setiap kesempatan untuk mengetahui lebih dalam tentang pesona Indonesia melalui indonesia.travel, dan ikuti jejak para pelancong dalam menjelajahi keajaiban alam dan budaya yang dimiliki oleh negeri ini.

Arsip

MEMBER OF:

logo komunitas blog
kumpulan emak blogger
Logo Komunitas BRT Network
Seedbacklink

Baca Juga Artikel Berikut:

Subscribe
Notify of
guest

29 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Didik
Didik
26 days ago

Kangen banget bs liburan ke sini lagi. Terakhir ke sini sekitar thn 2009 an. Pokoknya jejak2 tsunami tuh masih ada deh. Bahkan wisata ke kapal yg nyangkut di atap rumah dan kapal tongkang yg terhempas hingga daratan.

Dan ga lupa sih kulinernya yg serba lezat. Dan katanya ada yg pake daun ganja utk merebus ayamnya. Emg mkn enak sih.

Putu Felisia
Putu Felisia
26 days ago

Banyak wisata menarik di Aceh, ya, Kak. Apakah ada aturan berpakaian tertentu bagi wisatawan misalnya harus mengenakan hijab bagi perempuan?

Fenni Bungsu
Fenni Bungsu
26 days ago

Kayaknya makan mie Aceh langsung di Aceh vibesnya bakalan menyenangkan nih, ah udah membayangkan aja. Semoga pankapan daku bisa ke sana

Rumah Ibuk
Rumah Ibuk
26 days ago

Wisata bahari pulau We ini sering banget saya baca atau lihat. Sayangnya saya belum ada kesempatan untuk bisa lihat sendiri secara langsung.

Ada Resensi
Ada Resensi
25 days ago

Aceh memang memikat, apalagi kulinernya. Hehe…. Sebagai orang yang menghabiskan masa kecil di Banda Aceh, sampai sekarang aku masih selalu bahagiaaaa kalau nemu warung makan Aceh dengan rasa otentik di kotaku.

Bambang Irwanto
Bambang Irwanto
25 days ago

Saya sangat suka non non youtube orang traveling Mbak. Dan banyak yang ke Aceh. Memang pesonanya Aceh sangat memikat. Kental dengan nuansa Islami sesuai julukannya serambi Mekkah. Sayang saya belum ke sana. Semoga segera bisa ke Aceh. Termasuk mau ke titik 0 Sabang Aamin.

Müzeyyen
Müzeyyen
25 days ago

Wow pulau Weh ini keren banget, pengen kesana, mudah-mudahan next time bisa holiday ke Aceh dan main ke pulau Weh, ngak sabar juga pengen mencicipi makan tradisional khas Aceh

Luluk Sobari
Luluk Sobari
25 days ago

Salah satu impian saya, bisa pergi ke Aceh. Semoga segera terwujud. Gak sabar pengen tahu budayanya dan alamnya yang ada di ujung Sumatera. Pasti keren sih.

Wiwin Pratiwanggini
Wiwin Pratiwanggini
25 days ago

Saya belum pernah berkunjung ke provinsi di ujung barat Indonesia ini. Di sini sih banyak kuliner Aceh, mungkin belajar untuk bisa menikmatinya dulu, siapa tahu suatu hari nanti bisa terbang ke Aceh 🙂

Kang Sugianto
Kang Sugianto
25 days ago

Ternyata Aceh bukan sekedar sebagai serambi mekah dengan kekhasannya, namun juga menyimpan keindahan alam yang tak kalah dari daerah lain di Indonesia.

Kang Sugianto
Kang Sugianto
25 days ago

Ternyata Aceh bukan sekedar sebagai serambi mekah dengan kekhasannya, namun juga menyimpan keindahan alam yang tak kalah dari daerah lain di Indonesia. Apalagi kalua ngomongin kuliner, pastinya bikin pengen nyobain. Secara saa belum pernah ke ACeh.

Tami
Tami
25 days ago

Kalau ke Aceh bisa pilih banyak destinasi wisata ya kak, mulai dari pantai atau mau mengenal budaya Aceh. Apalagi kulinernya juga enak2, kayak mie Aceh tuh

aldhi
aldhi
25 days ago

Aku pengen banget ke pulau weh. Secara itu terngiang ngiang dari SD bahwa pulau paling ujung di Indonesia. Ternyata keindahan alam bawah lautnya ga ada tandaingan, doakan aku bisa kesana. Amiin

Yuni Bint Saniro
Yuni Bint Saniro
25 days ago

Di pulau Weh banyak nemonya ya. Pingin rasanya mengunjungi museum Tsunami. Meski masih terasa ngerinya. Tapi pasti akan ada yang bisa kita pelajari di sana

Alfida Husna
Alfida Husna
25 days ago

Aceh menyimpan keindahan alam yang luar biasa ya. Dasar lautnya menakjubkan sekali. Selain itu juga punya agama yang kuat. Kalau ingat Aceh, ingat bencana Tsunami dulu, tapi Aceh segera bangkit lagi dan menata kotanya kembali indah.

Jihan
Jihan
25 days ago

MasyaAllah kereeen banget ujung Indonesia iniii, selalu pengeen banget bisa menjelajah Aceh, terus lanjut ke Malaysia atau Singapore. Semoga Allah kasih jalan bisa petualangan kesana hihi

Okti
Okti
25 days ago

Aceh ini destinasi Indonesia yang ingin saya kunjungi
Sayang waktu ada acara rtik di Aceh, saya ga bisa ikutan
Seru sepertinya bisa melancong ke Aceh, melihat lebih dekat museum tsunami salah satunya

Hani
Hani
25 days ago

Aku belum pernah ke Aceh. Info bagus nih tentang ragam pilihan wisata di sana. Aku lebih suka wisata sejarah apalagi ada objek arsitekturnya. Jadi mempelajari latarbelakang budayanya kan…
Wisata alamnya juga bagus ya…Bisa nih jadi bucket list destinasi wisata.

Sarieffe
Sarieffe
25 days ago

Banyak juga ya tempat wisata menarik di Aceh. Pengen suatu saat berkunjung ke Aceh, apalagi melihat keindahan terumbu karang di Pulau Weh..aaah

atiqoh
atiqoh
25 days ago

ya Allah cantiknya 🙂 semoga ada kesempatan kesana ya.. paling suka nih kalau wisata alam gini, pantainya cantik banget ya.. budaya juga masih melekat kuat sama mereka disana

Retno Kusuma Wardani
Retno Kusuma Wardani
25 days ago

Saat mengunjungi suatu daerah selalu tertarik pada arsitektur bangunannya. Dari situ akan tergambar jelas bagaimana sejarahnya, perjalanan wisata pun terasa semakin menarik. Saya belum pernah ke Aceh, semoga suatu saat bisa berkunjung…

Filza Halwa
Filza Halwa
24 days ago

Semua yang ada di Aceh tuh menarik perhatian banget. Mulai dari budaya, wisata, alam, kulinernya. Dan sebagai pecinta kuliner, aku penasaran banget sama Mie Aceh. Pengen coba disana langsung wkwk.

Yonal Regen
Yonal Regen
24 days ago

Salah satu destinasi impian untuk dikunjungi. Mudah-mudahan bisa kesampaian sautu saat nanti berkunjung ke serambi mekah untuk mengeksplorasi setiap keajaiban alam dan kekayaan budayanya

Happy Hawra
Happy Hawra
24 days ago

gak pernah kebayang pergi ke Aceh, tapi kalau dipikir-pikir kayaknya seru ya. aku jadi penasaran sama aceh

Novita Nurul Islami
Novita Nurul Islami
24 days ago

Seumur-umur belum pernah main ke Aceh.. Semoga suatu saat bisa main-main kesana.. Ternyata di Aceh kaya wisata alam dan budaya yang sayang banget kalau gak diampirin ya..

Gemaulani
Gemaulani
24 days ago

Ya aku udah dari lama banget penasaran sama pulau Weh ini kak. Berasa dapat hadiah nemu artikel ini. Seru banget Pulau Weh tak hanya menawarkan keindahan terumbu karang yang spektakuler. Tapi ada juga hutan bakau dan keanekaragaman hayati yang luar. Bisa melakukan aktivitas seperti snorkeling, diving, dan trekking pula.

lendyagassi
lendyagassi
24 days ago

Impian banget bisa main ke Aceh.
Menikmati seluruh wisata serta kulinerannya secara langsung. Karena kami pernah tinggal di Medan, jadi terbayang bagaimana nikmatnya masakan asli orang Aceh dengan kekayaan bumbunya.

duniamasak
duniamasak
24 days ago

dari dulu pengen banget cobain Mie Aceh langsung di Aceh :’) semoga terwujud

Wahyuindah
Wahyuindah
24 days ago

Kapan ya bisa ke Aceh. Deket ya sama pulau Weh. Aduh bayangin dulu deh pasti bagus banget pulaunya