Modern-Moms-Yuk-Kelola-Keuanganmu-dengan-TMRW
Adv,  Financial,  Stories

Modern Moms, Yuk Kelola Keuanganmu Dengan TMRW by UOB.

Modern Moms, Yuk Kelola Keuanganmu Dengan TMRW by UOB — Sebagai Menteri Keuangan Rumah, Ibu-ibu wajib bisa ngatur cash flow bulanan supaya dapur bisa tetap ngebul. Hehe, iya, literasi keuangan untuk Ibu itu penting banget, lho.

Aku merasa mengelola keuangan itu keahlian yang penting tapi nggak diajarkan di sekolah atau pendidikan formal. Belajarnya di kehidupan langsung, melalui pengalaman dan by mistake.

Padahal kebutuhan literasi keuangan khususnya untuk Ibu-ibu sepenting itu ya.

Bayangin aja, dalam pendapatan bulanan, kita sebagai ibu harus memikirkan segala kebutuhan rumah tangga mulai dari: kebutuhan pokok sehari-hari, kebutuhan dapur, belanja bulanan, kebutuhan si kecil, kebutuhan suami, dan belum lagi kebutuhan pribadi macam beli skin care. Hehe..

Salah-salah ngatur keuangan, nanti malah minus atau bahkan, tersendat di tengah jalan karena biaya yang dialokasikan kurang sampai harus jebol tabungan yang bukan untuk alokasinya. Huhu.. nggak mau kan sampai terjadi?

Nah, karena itu aku udah merangkum beberapa tips untuk mengelola keuangan berdasarkan pengalamanku pribadi dan yang benar-benar works di aku. Siapa tahu moms butuh referensi untuk mengatur keuangan, ya.

Baca juga: Kenapa Harga Emas Terus Naik?

Tips Mengelola Keuangan Untuk Modern Moms

Cara-Atur-Keuangan-Keluarga

1. Buat Pos Belanja

Pos belanja biasanya dibuat untuk menganggarkan uang bulanan secara tepat. List dulu kebutuhan dan tagihan apa yang harus dibayar perbulannya, lalu alokasikan dana sesuai dengan kebutuhan tersebut.

Ada satu metode yang diajarkan orang tuaku, namanya metode amplop. Mungkin moms sekalian juga sudah tahu metode ini ya, dimana ketika sudah mendapatkan gajian atau pemasukan bulanan, simpan uang dalam bentuk cash ke amplop yang sudah di pos-pos kan.

Misal, amplop untuk belanja bulanan, amplop untuk belanja di warung, amplop untuk zakat, dan lain sebagainya.

Metode amplop ini sangat mudah digunakan dan membuat kita fokus hanya menggunakan uang sesuai dengan apa yang sudah direncanakan.

Kalau untuk aku, cara ini sangat ampuh di awal-awal berumah tangga. Tetapi kelemahannya kurang praktis karena semakin kesini aku semakin sering melakukan transaksi digital.

2. Bedakan Kebutuhan dan Keinginan Ketika Berbelanja.

As cliché as it sounds, tapi bener deh, kalau mau beli sesuatu itu harus benar-benar dipikirkan manfaatnya.

Dengan serbuan diskon dari marketplace, pasti keinginan untuk berbelanja selalu tinggi. Biasanya sih pakai alasan: mumpung murah, mumpung diskon…

Tapi kembali lagi, apakah barang diskon tersebut akan digunakan? Apakah akan bermanfaat?

Kalau aku selalu memiliki prinsip berapapun murahnya barang diskonan, kalau tidak membutuhkannya ngapain beli?

Misal, ada pisau set di marketplace lagi diskon dari harga 190 ribu jadi 50 ribu saja. Padahal di rumah sudah punya banyak pisau. Aku otomatis tidak akan beli, dan tidak akan tergiur beli.

Karena menurutku menambah barang di rumah itu hanya akan bikin sumpek ruangan dan bikin bad mood melihat barang yang menumpuk. Hehhee..

Lalu kalau nanti suatu saat butuh pisau set gimana?

Apakah perlu beli pisau satu set lengkap? Apa akan dipakai semua? Apa pisau yang di rumah tidak bisa diasah supaya kembali tajam dan berfungsi secara optimal?

Nah, biasanya aku bertanya dulu nih ke diri sendiri sebanyak itu sebelum memutuskan membeli barang diskonan.

Dengan bikin skala prioritas dan mengerti tentang perbedaan kebutuhan dan keinginan, pengeluaran belanja pun bisa ditekan, deh.

3. Hindari Hutang!

Ini adalah salah satu prinsip yang aku dan suami pegang betul. Berhutang, menurut kami adalah hanya menyusahkan diri sendiri, apalagi untuk kebutuhan yang tidak mendesak sama sekali, misalnya: lifestyle. It’s a big no.

Sampai sekarang kami tidak pernah mengaktifkan fitur pay later di beberapa aplikasi digital karena… nggak ada faedahnya :’)

Beli baju atau handphone daripada berhutang lebih baik ditahan. Bisa menabung dulu atau kalau kebutuhannya mendesak bisa pakai dana darurat.

Hutang, menurut kami adalah diperbolehkan jika menyangkut pembelian rumah atau mobil. Udah itu aja. WKWK. (Karena untuk kaum pekerja kelas ngehe seperti kami, dua kebutuhan itu mahal sekaleee).

I know setiap keluarga pasti memiliki prinsip yang berbeda, tapi kalau aku, untuk belanja yang bersifat kebutuhan primer, sebisa mungkin harus dipenuhi dari pendapatan pribadi, bukan pendapatan ghoib yang ujung-ujungnya berakibat ngutang.

4. Punya Dana Darurat

Beberapa praktisi finansial yang aku ikuti di media sosial maupun artikel selalu merekomendasikan setiap orang untuk memiliki dana darurat. Biasanya dana darurat ini dialokasikan minimal 6 kali biaya hidup dalam satu bulan.

Seperti namanya, kegunaan Dana Darurat ini adalah untuk hal yang bersifat urgent. Seperti untuk keperluan perbaikan rumah mendadak, anggota keluarga ada yang sakit, atau bahkan untuk service handphone.

Memiliki tabungan darurat bisa memudahkan kita mengatur keuangan di masa sulit tanpa harus ‘membobol’ tabungan utama.

Nah jujur, aku dan suami masih berusaha untuk memenuhi dana darurat ini sih. Walaupun belum terkumpul 6x biaya hidup, tapi sudah ada pegangan hehe..

Rasanya semangat aja untuk mengumpulkan dana darurat ini. Membuat perencanaan keuangan kami tiap bulannya lebih challenging, hehe.

5. Menyediakan Dana Pendidikan Anak

Kenapa menyediakan dana pendidikan anak penting? Karena biaya sekolah makin tahun makin naik, cuy.

Kan mau sekolah negeri, gratis kan?

Ya silakan saja, tapi aku selalu punya plan B, apalagi berencana punya anak lebih dari 1. Dan, nggak semua jenjang sekolah negeri gratis lho. Karena setahuku di beberapa kota ada jenjang pendidikan tertentu yang masih harus bayar SPP.

Belum lagi untuk persiapan kuliah. Kuliah di Universitas Negeri juga butuh modal :’)

Karena itulah untuk post dana pendidikan ini, aku terlalu semangat sampai-sampai sudah menyiapkan dana pendidikan Baby D bahkan ketika dia masih di dalam kandungan! Hehehe..

Padahal harusnya sesuai teori (yang aku baca di beberapa artikel), lebih baik menyiapkan dana darurat dulu ya sebelum dana pendidikan anak.

Tapi balik lagi sih tiap orang punya skala prioritas yang berbeda-beda. Menurut aku dan suami, pendidikan itu nomer 1, dan, harga sekolah itu naik tiap tahunnya. Jadi ya, harus dicicil pelan-pelan.

Jadi intinya balik lagi ke kebutuhan kamu dan keluarga, ya.

6. Anggarkan Dana Untuk Investasi

Berinvestasilah dengan tujuan, kalau nggak, pelaksanaan investasimu bisa ambyar :’)

Sedikit apapun, walaupun nggak rutin per bulan, aku selalu berusaha untuk menganggarkan dana untuk investasi.

Kebetulan, untuk dana pendidikan dan dana darurat aku memakai beberapa produk investasi. Jadi untuk pengalaman penggunaannya sudah mulai terbiasa.

Kembali lagi, yang jadi fokusku adalah, berinvestasilah dengan tujuan. Kalau tujuannya hanya investasi saja, rasanya nggak begitu greget untuk menganggarkan dana.

Dan, yang penting lagi, berinvestasilah kalau kebutuhan bulanannya sudah terpenuhi. Kalau memaksakan investasi tapi tiap bulannya nggak bisa makan kan sama aja bohong, ya? Hehe..

Baca Juga: Alasan Kenapa Kamu Harus Investasi Emas

Cerdas Keuangan Dalam Satu Pintu Digital.

Di zaman yang serba digital ini, begitu klunting alias masuk notifikasi pendapatan dana bulanan (kali ini kebetulan masih bersumber dari pak suami, hehe) aku langsung sibuk membredelnya satu-satu.

Lunasi tagihan pokok: bayar listrik, bayar internet, bayar langganan aplikasi, bayar tagihan data dan lain-lain.

Setelah itu lanjut beralih memenuhi kebutuhan lain seperti belanja bulanan, beli susu dan popok bayi, hingga skin care atau kebutuhan lainnya yang dirasa perlu.

Nah, ketika invoice dari menulis atau job freelance-ku sudah cair, langsung masukan juga ke dalam tabungan atau di post kan dalam dana investasi.

Kebayang nggak gimana riweuhnya me-manage semuanya dalam satu waktu secara bersamaan?

Beruntung banget karena sekarang di zaman serba digital aku bisa melakukannya dalam satu pintu cukup melalui aplikasi saja. Dan, salah satu aplikasi yang memungkinkan untuk melakukan hal tersebut adalah TMRW by UOB.

Modern Moms, Yuk Merencanakan Keuangan Dengan Mudah Bersama TMRW by UOB

Tips-Merencanakan-Keuangan

Apa Itu TMRW by UOB?

TMRW by UOB adalah layanan digital dari Bank UOB Indonesia yang resmi diluncurkan pada Agustus 2020 lalu.

Seperti layaknya bank digital, TMRW memberikan kemudahan bagi para penggunanya untuk membuka rekening tabungan tanpa harus datang ke bank! 

Semuanya bisa dilakukan secara online dan tanpa antrian maupun saldo rekening di awal pembukaan. Sangat praktis dan mudah deh pokoknya!

Nggak cuma itu saja, TMRW juga memberikan pengalaman banking yang praktis melalui banyak fitur unggulan dan kelebihan lain yang memudahkan penggunanya.

Fitur Unggulan dan Kelebihan TMRW by UOB

Kelebihan TMRW by UOB terletak di kepraktisannya dan banyaknya fitur-fitur unggulan yang terbagi menjadi dua main menu: TMRW Everyday Account dan TMRW Saving Account. Apa saja sih fitur dari TMRW by UOB?

1. Transaksi Harian TMRW Everyday Account

Transaksi harian dan transfer antar rekening bank melalui TMRW Everyday Account bebas biaya, lho. Selain itu ada pula fitur unggulan seperti:

  • Bunga 0.5% per tahun.
  • Bayar tagihan dan transfer dana bebas biaya.
  • Tidak ada saldo mengendap dan saldo minimum di rekening.

Sepengalaman aku memakai aplikasi ini, desain atau tampilannya juga memudahkan sekali untuk melakukan transaksi digital. Jadi nggak akan ribet ya kalau mau melakukan transaksi apapun!

2. Transaksi TMRW by UOB Menggunakan Kartu Debit

Nggak hanya melalui aplikasi, ketika pembukaan rekening tabungan, kita juga akan mendapatkan kartu debit yang langsung dikirimkan ke alamat kita, lho.

Proses pengirimannya juga nggak lama. Biasanya memakan waktu satu minggu setelah pendaftaran kita terverifikasi dan disetujui oleh pihak bank tanpa tambahan biaya lagi.

Kartu debit TMRW by UOB ini bisa digunakan hampir di 100.000 titik di Indonesia. Selain itu ada juga keunggulan lainnya seperti:

  • Bebas biaya tarik tunai di seluruh ATM untuk penarikan di ATM Bersama dan Prima dengan saldo sebelum penarikan minimal Rp.1 Juta.
  • Bisa mengecek semua pengeluaran atau transaksi yang dilakukan kartu debit melalui aplikasi TMRW.
  • Bisa bebas mengatur limit tarik tunai menggunakan kartu debit TMRW.
  • Diskon hingga 20% di beberapa merchant favorit yang telah bekerjasama dengan TMRW by UOB seperti di Farmers Market, Haagen Dazs, Happy Fresh, dan masih banyak lainnya!

3. Atur Keuangan Lebih Cermat dengan Smart Insight TMRW

Smart Insight dari TMRW bisa membantu kita untuk melacak pemasukan, pengeluaran, dan memberikan saran berdasarkan transaksi yang kita lakukan. Hal ini tentunya bisa membantu kita supaya mengatur keuangan lebih baik lagi ya, moms.

Dalam Smart Insights, terdapat fitur yang bisa digunakan seperti:

  • Reminders
    Seperti namanya, reminders kita akan mengingatkan jika jadwal tagihan sudah dekat.
  • Alerts
    Fitur alerts akan berfungsi jika ada transaksi yang tidak wajar terjadi di akun kita.
  • Cash Flow Analysis
    Di fitur ini, kita bisa melihat detail akticitas tiap bulan dengan skema grafis yang menarik sehingga bisa membantu untuk menata atau mengatur keuangan lebih baik lagi.

4. City of TMRW dari TMRW Saving Account

Tips-Mengelola-Keuangan-Ibu

So far menurutku ini adalah salah satu fitur terbaik dari TMRW. Di City of TMRW, kita bisa menabung layaknya main game!

Ya, jadi disini kita bisa membangun kota sendiri yang bisa tumbuh sesuai dengan jumlah tabungan yang kita miliki. Tentu ada benefit lain di TMRW Saving Account ini, diantaranya:

  • Bunga hingga 4% per tahun.
  • Bebas biaya bulanan.
  • Nabung hanya dengan sekali tap.
  • Transfer uang lebih mudah dari TMRW Everyday Account ke TMRW Saving Account via City of TMRW.

Baca juga: Begini Cara Mudah Menabung Emas

Cara Mendaftar Akun TMRW by UOB

Kalau dari tadi aku fokus membahas tentang manfaat dan kelebihan TMRW, sekarang aku mau bahas gimana gampilnya buka tabungan di TMRW.

Seperti yang udah aku bilang, semua proses pembukaan tabungan ini dilakukan secara online, hanya melalui aplikasi saja. Yang dibutuhkan hanya foto diri (selfie) dan KTP.

  • Setelah download aplikasi TMRW, pastikan isi data diri dengan lengkap.
  • Setelah mengisi data diri, lakukan verifikasi melalui aplikasi dan kamu akan terhubung langsung dengan CS melalui fitur chat dan video call.
  • Selesai.

See? Se-simple itu. Akun kamu lalu akan diverifikasi dengan masa tunggu 5 menit sampai dengan 3 hari.

Kemarin sih punyaku 5 menit saja sudah selesai, hehe.

Lalu setelah itu kartu debitnya dikirim deh, sesuai dengan alamat pengiriman yang kita kehendaki. Kalau sesuai pengalamanku sih kartu debitnya langsung sampai dalam waktu 3 hari kerja. Cepat kan?

Oh ya, untuk mendaftar TMRW by UOB ini pastikan kamu sudah berusia minimal 21 tahun, warga negara Indonesia, dan sudah memiliki e-KTP ya.

TMRW by UOB Aman dan Diawasi Oleh OJK

Maraknya kasus penipuan finansial digital meresahkan kita sebagai mama millennials, ya. Maka dari itu, kita harus lebih cermat dalam memilih aplikasi digital atau keuangan yang sudah terpercaya.

Dalam pelaksanaannya, PT Bank UOB Indonesia ini merupakan lembaga perbankan yang sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan merupakan peserta penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Sementara, TMRW by UOB ini juga sudah menerima banyak penghargaan lho, diantaranya:

  • Best Digital Bank dari Alpha Southeast Asia
  • Best UX/CX in Finance Initiative dari Banking Technology Awards
  • Best Customer Experience (Gold) dan Best Brand Experience (Silver) dari CX Excellence Asia
  • Best Financial Mobile App dari Finovate
  • Dan masih banyak penghargaan lainnya!

Jadi nggak usah ragu ya untuk menggunakan aplikasi TMRW ini karena sudah pasti dijamin aman dan terpercaya.

Kesimpulan

Mengatur keuangan bagi modern moms memang bisa menjadi tricky jika kita belum mengetahui caranya.

Makanya, di zaman yang serba digital seperti sekarang, sebagai ibu kita juga dituntut untuk selalu belajar apalagi yang menyangkut tentang keuangan.

Dengan banyaknya aplikasi salah satunya TMRW by UOB ini bisa menjadi cara yang tepat dalam membantu redaksi financial modern moms sekalian! Selamat mencoba yaa!

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
59 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Alvi Suryani
Alvi Suryani
1 month ago

Aku kak tahun lalu sudah mulai bikin commitment budgeting tp apa daya dana darurat kepakai untuk kesehatan yg gak pakai bpjs, masih berusaha memenuhi tabungan dan dana darurat

Tiap bulan pun belajar nabung buat biaya pendidikan anak, mau gak mau harus nabung karna sumber pemasukan cuma dari suami tp semoga aku bisa bercuan juga tanpa jauh dari anak aamiin

Kalau dirinci begini emang jadi tau post2 keluat masuknya uang, emak2 kadang pikun oe

Annafi
Annafi
1 month ago

Sekarang asyik ya mba bikin tabungan online nggak ribet. Aku baru tahu tentang TMRW dari postingan ini, fitur smart insight nya menarik banget!

Annisakih
Annisakih
1 month ago
Reply to  Annafi

Samaa.. saya jadi tertarik . Tapi kalau dikota kita ga ada cabang bank UOB apakah nanti suatu hari bila ada keperluan pengurusan harus ke kantor cabang terdekat?

Dina Andriany
Dina Andriany
1 month ago

Bener bangettt “hindari hutang”

Muhammad Anas
Muhammad Anas
1 month ago

Hmm penyedia layanan digital banking yang bisa mengelola keuangan rumah tangga yah. Yang paling menarik dan beda dari yang lain menurutku sih fitur city of TMRW yang konsepnya game membangun kota itu. Ini bener² out of the box dan bisa menarik pengguna untuk terus menabubg

Pida Alandrian
Pida Alandrian
1 month ago

Suka dengan julukan “Menteri Keuangan Rumah” hehhehe
Sekarang ini apa2 serba mudah yaa mba, asal ada kemauan dan totalitas dalam memilih yang mana lebih prioritas paskan keuangan akan terkelola dengan baik yaa, apalagi kalau ada aplikasi gini jadi semakin mudah bangett deh

Dian Rizki
Dian Rizki
1 month ago

Aplikasinya bisa kan ya di pakai selain buat ibu berumah tangga? Karena menurut aku anak muda juga harus mulai planning soal keuangan juga.

Nurrahmah Widyawati
Nurrahmah Widyawati
1 month ago

Pandemi gini memang memunculkan banyak layanan praktis yg memudahkan orang ya. Aku jujur baru tau TWRM ini. Dilihat dari fiturnya juga inovativ dan jangka panjang ya. Dan artikel ini reminder buatku untuk ttp hidp tanpa hutang dan yg penting skg adalah dana pendidikan :’)

Eca Arun
Eca Arun
1 month ago

Makin banyak aplikasi yang bisa ngebantu kita mengelola keuangan ya Bund. Aku nggak jago ngelola sih. Lebih ke suami malah. Akunya suka pusing kalau dikasih jatah gitu, belum bisa bikin pos pos. Huhu.. semoga bisa better.

dunaimasak
dunaimasak
1 month ago

wah praktis dan mudah ya 😀 jadi pengen ajarin mama di rumah

Andiyani Achmad
Andiyani Achmad
1 month ago

membedakan antara keinginan dan kebutuhan memang harus dipahami dengan sangat baik ya, biar gak impulsif beli-beli barang

Andiyani Achmad
Andiyani Achmad
1 month ago

membedakan antara keinginan dan kebutuhan memang harus dipahami dengan sangat baik ya, biar gak impulsif beli-beli barang

triyatni
triyatni
1 month ago

Sekarang untuk mengelola keuangan bisa lebih mudah ya kalau digital.
Aku yang masih PR banget ini yaitu buat pos belanja hehe. Suka asal aja huhu

Hamzah
Hamzah
1 month ago

Wow pas banget memang lagi cari info tentang TMRW by UOB ini. Dari kemarin mau daftar tapi masih ragu. Tapi kalau semudah itu kayaknya jadi daftar deh.. Makasih artikelnya ya Mbak Diaz, sangat membantu ^^

Fenni Bungsu
Fenni Bungsu
1 month ago

Sebisa mungkin menghindari hutang dan memiliki dana darurat itu memang diperlukan. Meski sih jadi agak berat kesannya ya, tapi kalau dilakukan setiap hari dan konsisten, jadi terbiasa pastinya

Diah Alsa
Diah Alsa
1 month ago

baru tahu nihh tentang TMRW ini, boleh juga nih tuk dijajaki.. sebagai manajer keuangan rumah tangga, kita memang harus jeli soal keuangan.
jadi penasaran tuh dengan fitur City of TMRW itu, menabung jadi kayak seperti main game ajaa gitu ya, gak usah diinget, gak usah dipikirin, ternyata tabungan udah menggunung doong 🙂

ainun
ainun
1 month ago

kemarin daftar ini mbak, tapi diaplikasi disebut kalau data tidak sesuai sama KTP
jadi belum aku ulang lagi.
kebetulan sekarang pake aplikasi yang tetangga itu mbak, jadi pengen cobain yang tmrw ini juga
emang membantu sekali aplikasi kayak gini, jadi tau kemana larinya duit

ainun
ainun
27 days ago
Reply to  Diaz Bela

siap mbakk diaz

April Hamsa | Parenting Blogger Indonesia
April Hamsa | Parenting Blogger Indonesia
1 month ago

Berarti kita harus punya tabungan di UOB duilu kah mbak?
Emang masalah keuangan nih kudu diatur sedemikian rupa ya, dengan adanya aplikasi2 kyk gini tu mempermudah sekali mencatat keuangan.
Aku setuju sebaiknya tidak berhutang apalagi kalau utk beli barang yg kurang butuh2 amat TFS

Ivayana
Ivayana
1 month ago

Memudahkan bgt ya Mba, aku masih belum bsa ngelola keuangan dgn baik soalnya

Ivayana
Ivayana
1 month ago
Reply to  Diaz Bela

Siiip,, detail bgt jdi paham harus gmna, makasih ya mba

Helena
Helena
1 month ago

aku inget banget iklannya TMRW ini menabung seperti main game yang bangun kota. Menarik nih jadi makin semangat menabung, dong. Baru ngeh juga ternyata ada 2 macam rekening ya untuk transaksi dan saving. Dengan memisahkan rekening seperti ini lebih aman, enggak tergoda habiskan yang di saving.

Raja
Raja
1 month ago

Saya juga pake TMRW. Kebutuhan utama sih untuk transfer ke rekening bank lain agar gratis. Dan awalnya pembuatan rekeningnya tertarik karena banyak promo.

Luluk Sobari
Luluk Sobari
1 month ago

Terima kasih tipsnya Kak. Meski tipsnya ditujukan untuk Modern Moms, tapi relate juga sama yang single seperti saya. Biar nanti kalau sudah menikah sudah terbiasa menerpakan tips pengelolaan keuangannya.

Mpo Ratne
Mpo Ratne
1 month ago

Mpo lebih baik gak usah beli barang dengan cara pay latter walaupun tawaran menarik seperti bunga 0persen. Pokoknya kita sendiri harus pinter mengelola keuangan

Mengaturduit
Mengaturduit
1 month ago

hhm, jadi mau coba buka TMRW nih. Udah sering liat boothnya di mall bahkan dpt sms jg utk join free 50G tapi belum aku gubris. Penasaran sama games city of tommorownya.

mer
mer
1 month ago

memang perlu pengaturan, biasaya kalau bablas pertengahan bulan udah habis hehe. yang paling sulit adalah menahan keinginan ketimbang yang benar-benar dibutuhkan.

Renayku
Renayku
1 month ago

Aku udah punya rekening tmrw uob ini. Bener bgt pendaftarannya super mudah, cuma via smartphone, ga perlu dtng ke cabang. Cuma blm maksimal penggunaannya haha

Suciarti Wahyuningtyas
Suciarti Wahyuningtyas
1 month ago

Ibu itu adalah menteri keuangan dalam rumah tangga, jadi ya kalau untuk aku pribadi memiliki perencanaan keuangan itu penting sekali. Perencanaan itu gak semata hanya merencanakan dari kita sendiri tapi kita butuh juga edukasi pengelolaannya.

nyi Penengah Dewanti
nyi Penengah Dewanti
1 month ago

Allhamdulillah dapet banyak banget tips mengelola keuangan nih
terima kasih mba Diaz, buat tipsnya yang kadang saya masih boncos

Eca Arun
Eca Arun
30 days ago

Keren banget ya fitur begini. Ada alert dan ada cash flow analysisnya juga. Semua orang kayaknya perlu pakai ini ya. Demi keuangan yang sehat.

Rizqiana N.
Rizqiana N.
22 days ago

Masha Allah, terima kasih banyak ya kak informasinya!
Jujur selalu kagum sama siapapun yang bisa atur keuangannya. Aku sudah jalan 22 tahun, tapi seringnya masih belum bisa atur keuangan. Harus banyak baca informasi sejenis ini. Sekali lagi terima kasih ya kak ♥

59
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x