​​Hoala Koala, Referensi Lagu Anak Indonesia

Hoala & Koala Lagu anak indonesia Diaz Bela

Written by Diaz Bela

Seorang ibu milenial, ex-News TV Reporter, dan digital enthusiast. Saya menulis tentang hal-hal yang saya sukai: pengalaman, opini, traveling, kuliner, dan lain-lain.

7 September 2021

Di usianya yang ke-3 tahun ini, Baby D suka sekali bernyanyi. Sebenarnya sudah semenjak usia 2 tahun, sih, tapi sekarang kan intonasi dan pelafalan kalimatnya sudah jelas, jadi dia kayak lebih semangat nyanyi gitu. Banyak sekali referensi lagu anak indonesia yang dia suka, seperti cicak-cicak di dinding, balonku, dua mata saya, dan banyak lainnya.

Kegemarannya menyanyi ini selain nurun dari kebiasaan saya yang nggak pernah nolak kalau diajak karaoke mungkin terbangun dari kebiasaannya mendengarkan musik. Biasanya saya menyetelkan Baby D musik ketika di perjalanan menuju daycare sejak dua tahun lalu. Kalau nggak dengerin musik dia bisa cranky soalnya. Maklum aja, dulu kan saya berangkat nyetir sendiri, Baby D harus bisa anteng duduk di carseat dari jam 6 pagi menuju daycare dengan waktu tempuh perjalanan 1 jam lamanya. Huhu.. kalau bayangin lagi kok bisa ya dulu memulai aktivitas sepagi itu haha.

Manfaat Mendengarkan Musik Bagi Anak

Ternyata selain menyenangkan, mendengarkan musik itu memiliki berbagai manfaat lho untuk anak. Diantaranya:

  • Menenangkan
  • Melatih kemampuan bahasa
  • Memperbanyak kosakata anak
  • Memperbaiki mood
  • Membuat anak mudah bersosialisasi

Semua manfaat mendengarkan musik bagi anak itu benar-benar saya rasakan pada tumbuh kembang Baby D. Kemampuan bahasa dan kosa katanya berkembang dengan mengenal istilah dan kata baru yang ada di lagu; pun sebagai sarana mood swing juga kalau dia lagi badmood; dan sekaligus mengenalkan anak kepada pelajaran atau kisah yang terkandung dalam lagu tersebut.

Baby D juga jadi terbantu sosialisasinya karena ketika ia bernyanyi dan ditanggapi oleh temannya, mereka jadi bernyanyi bersama. Secara perlahan ia jadi semakin dekat dengan temannya itu dan menambah kapasitas interaksinya dengan teman. Makanya perlu banyak sekali referensi lagu anak Indonesia.

Sebenarnya, ada banyak referensi lagu anak Indonesiadi berbagai platform sosial media. Kalau cari di youtube lagu dan animasi anak misalnya, pasti langsung keluar banyak banget tuh pilihannya. Nggak usah bingung dan bimbang dengan banyaknya lagu anak tersebut ya, karena aku mau kenalin ke kalian nih salah satu produk lagu anak indonesia dan animasi 3D terbaru: Hoala & Koala.

Baca juga: Belajar Bahasa Asing dengan Hello Bana

Kenalan Dengan Referensi Lagu Anak Indonesia dan Animasi 3D Hoala & Koala, Yuk!

Hoala Koala Lagu Anak Indonesia
Karakter utama: Hoala, Ayah, Ibu, dan Koala

Hoala & Koala merupakan salah satu referensi lagu anak Indonesia yang animasinya digambarkan sebagai sepasang sahabat yang gemar menyanyi. Mereka merupakan karakter musikal animasi 3D yang menyuguhkan lagu anak berbahasa Indonesia. Tema yang diangkat dalam lagunya beragam dan sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Animasinya pun lucu dan menarik, pas banget deh untuk menarik minat anak-anak menonton dan mendengarkan lagu berbahasa Indonesia.

Karakter yang terdapat di Hoala & Koala juga variatif dengan tujuan bisa menghibur penontonnya dan divisualisasikan sebagai anak zaman now yang tumbuh dan berkembang di tengah era digitalisasi. Jadi relatable banget ya dengan keadaan sekarang.

Hoala Koala Lagu Anak Indonesia di Era Digital

Baca juga: Belajar Menggunakan Popok Kain (Clodi)

Sejak “lahir” tahun 2020 lalu, Hoala & Koala ini sudah punya 5 album dengan lebih dari 45 lagu berbahasa Indonesia, lho! Cocok banget kan sebagai referensi lagu anak Indonesia? Nggak cuma iramanya yang catchy, Hoala & Koala ini juga sering banget duet bareng musisi tanah air seperti The Overtunes dan Hivi. Tentu dengan penyesuaian lirik, ya. Ini bisa jadi alternatif nih untuk anak-anak yang terbiasa menyanyikan lagu orang dewasa, hehe.

Totalitas Hoala & Koala Aransemen Musik Standar Internasional

Lirik Lagu Hoala Koala Lagu Anak Indonesia

Nggak main-main, untuk memproduksi 1 lagu aja, Hoala & Koala ini punya cara produksi yang istimewa dimana banyak musisi internasional yang terlibat di dalam pembuatan aransemannya. Mulai dari kualitas vokal hingga alat musik yang “nggak lazim” digunakan dalam referensi lagu anak Indonesia kebanyakan pun ada disini. Misalnya: saxophone, terompet, double bass, trombon, klarinet, cello, harpa, hingga instrumen khas Indonesia seperti gamelan dan angklung.

Baca juga: Ini Dia Jenis-Jenis Vaksin Covid-19

Ini sebagai bukti sih kalau Hoala & Koala ini serius dan ingin mendobrak anggapan kalau musik anak itu adalah musik yang sederhana. Genre lagu anak indonesia yang disuguhkan Hoala & Koala juga nggak hanya pop, lho. Ada juga jazz, big band, swing, JPop, hingga etnik khas Indonesia. Sungguh beragam sekali, ya!

Semoga aja kehadiran Hoala & Koala yang turut meramaikan khazanah musik & lagu anak Indonesia bisa membangkitkan kembali geliat dunia musik anak, dan sukses menjadi alternatif referensi lagu anak Indonesiaya. Makanya, yuk dukung kreasi anak Indonesia Hoala & Koala dengan turut mendengarkan musiknya di berbagai layanan streaming dan sosial media seperti youtube, spotify, iTunes, hingga TikTok! Maju terus lagu anak Indonesia!

Arsip

MEMBER OF:

logo komunitas blog
kumpulan emak blogger
Logo Komunitas BRT Network
Seedbacklink

Baca Juga Artikel Berikut:

Subscribe
Notify of
guest

60 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
duniamasak
duniamasak
2 years ago

gemes banget koalanya ikutan makan pizza 😀

Annisa Iqba
Annisa Iqba
2 years ago

gemesnyaaaa

Santi Suhermina
Santi Suhermina
2 years ago

Seneng ya sekarang ada alternatif lagu anak2 yg mendidik seperti ini. Anakku udah mulai bosen ama lagu balonku, cicak2 di dinding dll yg biasa didengerin. Untung ada hoala koala bisa jadi alternatif nih biar anakku gak bosen

Farida Pane
Farida Pane
2 years ago

umurnya baru setahun tapi sudah begitu menggemaskan, ya. moga sukses mencerdaskan anak bangsa, deh.

Fenni Bungsu
Fenni Bungsu
2 years ago

Setuju banget kak, Hoala Koala bisa jadi penyejuk buat anak-anak terutama ponakan daku yang nyari lagu² anak jadi gak sulit lagi

Bambang Irwanto
Bambang Irwanto
2 years ago

Musik dan lagu bagi anak memang penting dan banyak manfaatnya ya, Mbak. Bahkan sejak dalam kandungan, banyak orang tua sudah memperdengakan musik pada jabang bayinya. Lewat musik juga, bisa mengajarkan anak berbagai pesan moral dan pengetahuan sesuai usianya.
Keren nih, dan sangat membantu di tengah minimnya lagu anak-anak sekarang.

Akarui Cha
Akarui Cha
2 years ago

Bahkan aransemen musiknya standar internasional ya Hoala Koala ini. Baru tahu deh. Anakku suka sik beberapa lagunya. Penuh imajinasi soalnya.

Jihan
Jihan
2 years ago

Whaaa aku juga suka nontonin ini akhirnya sama anakku. Suka sama aransemen musiknya bedaa gitu sama musik2 lainnya. Eh ternyata dia paduan alat musiknya banyak bangett ngga ngasal bikinnyaa

Niken
Niken
2 years ago

Nah ini dia salah satu gudangnya lagu anak Indonesia, Hoala dan Koala. Animasinya juga ok sih buat anak-anak ya. Anakku beberapa kali mendengarkan lagunya dan nonton di youtube.

Laily Octavia
Laily Octavia
2 years ago

Dengan adanya hoala koala, referensi lagu anak-anak indonesia semakin beragam. Jadi kita orangtua nggak bingung untuk memcarikan hiburan yanh edukatif buat anak

hastinpratiwi.com
hastinpratiwi.com
2 years ago

Ya ampunn, lucunyaaa…
Bangga banget Indonesia punya animasi anak yang gak asal bikin seperti ini. Jadi ingat zaman kecil dulu adanya film boneka Si Unyil. Itu pun udah seneng banget, setiap Minggu pagi selalu standby depan TV.
*duhh ketauan deh umurku berapa wkwkwk

Dailyrella
Dailyrella
2 years ago

Lucuuuu banget Hoala Koala, gemes… lagu-lagunya juga seru ya, bisa jadi referensi saat ngajar anak-anak. Nggak bingung lagi sama gempuran lagu dewasa yg dinyanyikan anak-anak.

atiq
atiq
2 years ago

sukaaa banget dan bersyukur ada hiburan ini buat anak, semoga semakin banyak lagi lagu-launya yaaa

Diani Sekaring Sejati
Diani Sekaring Sejati
2 years ago

Gemes banget yaa animasi Hoala Koala ini.. anak-anak pasti suka banget nih melihat animasinya yang bagus sambil bernyanyi lagu-lagu anak Indonesia.

Ajeng Pujianti Lestari
Ajeng Pujianti Lestari
2 years ago

Wuaaa, gemes banget ya sama tokoh-tokoh Hoala dan Koala ini. Berharap lagu anak indonesia bisa jaya lagi. Aku sampe gak pernah nonton tv indo karena takut anak2 denger lagu orang dewasa. Hehe

ria
ria
2 years ago

catchy bgt judulnya deh, anak- anak auto tertarik iniii apalagi lagu lagunya juga semua genre ada.auto ngenalin ke anakku

Shyntako
Shyntako
2 years ago

Sering banget saya denger ponakan nyanyi lagu korea, lagu barat, tapi lagunya lagu orang dewasa. Kasian bgt anak jaman now gak ada lagu anak, makanya pas tau ada Hoala Koala ini langsung saya infoin ke adek saya tuh biar anak-anaknya mulai kembali nyanyi lagu anak deh

Larasatinesa
Larasatinesa
2 years ago

Nah kalau gini kan anak-anak jadi punya referensi lagu-lagu anak yang bener. Apalagi Hoala Koala banyak banget koleksi lagu-lagu nya. Miris soalnya mbak anak jaman sekarang tuh nyanyinya lagu cinta-cintaan gitu 🙁

Fenni Bungsu
Fenni Bungsu
2 years ago

Ini angin segar jadinya, karena cari lagu anak-anak gak susah lagi. Soalnya udah lumayan lama juga ya gak kedengeran referensi lagu anak

Ririe Khayan
Ririe Khayan
2 years ago

Channel Hoala Koala semoga menajdi oase bagi anak-anak Indonesia akan lagu-lagu anak-anak yang riang, ceria dan mendidik. Beberapa tahun terakhir sempat miris lihat banyak anak-anak yang kenalnya lagu yang tidak sesuai usia mereka ( lagu-lagu dewasa)

Niken
Niken
2 years ago

Akhirnya ada tontonan lagu-lagu untuk anak Indonesia yang berkarakter ya kak. Happy banget anak-anakku saat nonton youtubenya Hoala dan Koala ini.

Renayku
Renayku
2 years ago

Orang dewasa aja suka lagu2nya Hoala & Koala, aplg anak2 ya, pasti suka bgt. Alhamdulillah dunia anak2 tertolong dgn lagu2 keren ini.

bening
bening
24 days ago

wah terima kasih informasinya nih. bisa jadi referensi lagu buat anakku nanti, soalnya dia mulai suka gerak-gerak ngikutin suara gitu

Rumah Ibuk
Rumah Ibuk
24 days ago

Mau coba ikut dengerin ke anakku ahh, siapa tau nanti dia senang juga

Hani
Hani
24 days ago

Lah…Hoala Koala, udah lama engga denger link Youtube ini. Anakku dulu suka banget dengerin lagunya. Liriknya sederhana dan musiknya gampang diingat.
Anaknya udah rada gede sih sekarang…
Coba ah kasih denger lagi, siapa tahu masih suka…

Yuni Bint Saniro
Yuni Bint Saniro
24 days ago

Hoala Koala ini kayak oase banget buat anak-anak. Sekarang kan jarang banget ada lagu anak. Kayaknya malah anak-anak lebih familiar sama lagu untuk orang gedhe.

Yustrini
Yustrini
24 days ago

Wah bisa jadi referensi buat anakku. Sekarang memang susah cari lagu anak-anak nggak kayak dulu waktu saya masih kecil. Semoga bisa makin banyak lagu anak-anak lagi kayak dulu.

Müzeyyen
Müzeyyen
24 days ago

Mbak ini apa reinkarnasine Lilo n stitch kok mirip banget sama karakternya, tapi bagus juga ini konsepnya,, semoga Hoala koala bisa menghibur anak anak semua

Wiwin Pratiwanggini
Wiwin Pratiwanggini
23 days ago

Saat Hoala Koala rilis, anak saya pas umur 3 tahun, sayangnya saat itu saya belum tahu. Sekarang saya referensikan ke teman-teman saya yang punya balita.

Fenni Bungsu
Fenni Bungsu
23 days ago

Udah gak galau lagi cari musik khas anak-anak, bisa di sini. Dengan begitu kan anak² bisa mendengarkan musik yang sesuai dengan umurnya

Tami
Tami
23 days ago

Seru nih ada tempat yang bisa kita jadikan jujugan untuk mencari lagu anak-anak. Kebanyakan anak cepat bosan kalau dinyanyikan lagu yang sama berulang, di sisi lain agak susah menemukan lagu anak-anak yang sesuai usianya.

Anggita R. K. Wardani
Anggita R. K. Wardani
23 days ago

Baru tahu aku Hoala Koala ini. Bisa nih dicoba juga buat menyanyi di rumah. Belum nemu segmen acara menyanyi yang pas untuk anakku

Nurul Fitri Fatkhani
Nurul Fitri Fatkhani
23 days ago

Setuju, mudah-mudahan kehadiran Hoala & Koala ikut meramaikan khazanah musik & lagu anak Indonesia bisa membangkitkan kembali geliat dunia musik anak, dan sukses menjadi alternatif referensi lagu anak Indonesiaya

Aldhi
Aldhi
23 days ago

Nah ini dia, jadinya lagu anak bisa trending lagi. Kayaknya cuma d angkatanku deh sebangsa joshua dan trio woek2

Eri Udiyawati
Eri Udiyawati
22 days ago

Lagu anak-anak Hoala & Koala bisa jadi tambahan list lagu anakku nih. Karena sampai sekarang lagu yg didengar ya itu itu saja. Kadang suka bosan dan mencari lagu lainnya.

Bambang Irwanto
Bambang Irwanto
22 days ago

Lagu anak-anak ini memang sangat bagus bagi tumbuh kembang anak, Mbak. Selain mengajarkan agar agak suka menyanyi juga mengajarkan jadi banyak kosa kata, juga dalam lagu ada pesan moralnya juga. Dan bagus sekalo ada referensi lagu anak-anak keren dari Hoala dan Koala ya.

Okti
Okti
22 days ago

Saya ingat emang hitts ini pada masanya
Kalau gak alah dua tahun lalu deh secara saat itu ingat anak saya juga suka banget dengan lagu lagunya
Waktu itu anak saya masih kelas 3 SD kayanya

Didik
Didik
22 days ago

Wah aku baru tahu ada lagu anak2 yg eye catching. Bahkan mereka udh kolaborasi dgn musisi nasional, kyk The Overtunes dan HiVi. Keren sih dua musisi ini. Mereka selalu di jalur berbeda tapi musiknya selalu diterima di semua kalangan, bahkan anak kecil.

Jd kangen ada musisi nasional yg mau mempopulerkan lagi lagu anak2. Biar anak2 ngga pake lagu org dewasa mulu tuh.

Luluk Sobari
Luluk Sobari
22 days ago

Ya Allah. Lama gak lihat Youtube Hoala Koala. Dulu padahal sering karena cari bahan buat ngajar. Nanti saya mau rekomendasi ini deh ke sepupu yang anaknya suka nonton Youtube.

Dyah Kusuma
Dyah Kusuma
22 days ago

Wah senangnya, semoga dengan hadirnya Hola Koala menambah khasanah lagu anak Indonesia yang saat ini semakin jarang

Ada Resensi
Ada Resensi
22 days ago

Betul banget, musik memang punya kontribusi penting dalam tumbuh kembang anak. Mungkin itu sebabnya ya banyak ibu yang jadi penyanyi dadakan buat anaknya (termasuk aku, waktu anak-anak dan ponakan masih balita).

Kyndaerim
Kyndaerim
22 days ago

Koleksi lagu Hoala Koala nih keren-keren, lho. Bisa bikin anak sekalian belajar juga.

KakaKiky
KakaKiky
22 days ago

Wah, Baby D emang beruntung banget bisa nikmatin manfaat seru dari mendengarkan musik, ya! Dari bahasa sampe mood-nya, semuanya jadi kece dan berkembang dengan baik. Plus, sosialisasinya juga jadi makin asyik berkat lagu-lagu seru yang dia dengerin. Sekarang ada lagi nih referensi baru, Hoala & Koala, animasi 3D yang keren banget buat anak-anak! Pasti bikin seru banget waktu belajar dan main bareng Baby D! 🎶🐨

Eka Fitriani Larasati
Eka Fitriani Larasati
22 days ago

butuh banget nih anak-anak Indonesia dengan lagu anak – anak yang berkualitas seperti Hoala & Koala. sayangnya saya baru dengar dan tahu loh, ada kemungkinan yang lain juga sama. mungkin bisa ditingkatkan sharing atau promosinya kali ya agar semua anak – anak Indonesia mengenal Hoala & Koala dan bukannya platform yang bukan untuk usianya

anis khoir
anis khoir
22 days ago

hadirnya chanel hola koala ini bisa jadi solusi ya bagi tontonan anak- anak yang edukatif dan menghibur.
lagunya juga mudah dihapal anak- anak

Vita
Vita
22 days ago

Keren nih, bisa jadi alternatif musik dan lagu buat anakku.. Hoala Koala sepenuh hati banget lagi bikin karyanya

yusriah
yusriah
21 days ago
Reply to  Vita

bener ya mbaa..ini alternatif musik dan lagu yang Indonesia banget, secara tidak langsung bisa mengajarkan kecintaan terhadap bangsa,,keren Hoala Koala

akarui cha
akarui cha
22 days ago

Daripada anak-anak ikut menyanyikan lagu-lagu dewasa yang banyak ditemukan di berbagai media, akan lebih bijak rasanya kalau diperkenalkan sama lagu-lagu seru dari Hoala & Koala deh. Senang dengan kemunculan berbagai lagu anak belakangan ini. Salah satunya ya dari Hoala dan Koala.

Monica Anggen
Monica Anggen
22 days ago

Suka sedih sekarang ni lihat anak-anak nyanyinya udah cinta-cintaan, or lagu orang dewasa yang kalau diartikan gak cocok banget untuk anak-anak. Ah, semoga Hoala Koala bisa jadi referensi untuk lagu anak-anak yang ceria dan menyenangkan ya

Uniek Kaswarganti
Uniek Kaswarganti
22 days ago

Udah lama nih ndak punya anak kecil, jadi kangen masa2 nyanyi bareng dengan anak2 waktu mereka masih kecil dulu. Kehadiran Hoala dan Koala ini bagus loh, anak2 jadi bisa bersuka ria dan bernyanyi dengan lagu2 yang sesuai dengan usianya. Sedih kan kalau melihat anak2 kok nyanyinya lagu orang dewasa, hiks…

Sarieffe
Sarieffe
22 days ago

Akutu paling suka lagu hoala koala yang syairnya nyam..nyam..nyam..nyam..aku mau makan..tapi lupa judulnya, hehe.
Hoala koala ini semacam obat kangen sama lagu anak-anak jaman aku kecil