Manfaat Digital Marketing Untuk Meningkatkan Awareness Pada Merek

Manfaat digital marketing untuk meningkatkan brand awareness

Written by Diaz Bela

Seorang ibu milenial, ex-News TV Reporter, dan digital enthusiast. Saya menulis tentang hal-hal yang saya sukai: pengalaman, opini, traveling, kuliner, dan lain-lain.

12 Juni 2024

“Bu, mau Aqua botol satu, ya!”

Ibu warung lalu memberikan sebotol Le Mineralle ke arahku dan berkata dengan pedenya, “lima ribu ya, Mbak.”

Sering mengalami kejadian seoerti ini? Membeli suatu barang dari brand tertentu namun malah diberikan barang yang sama dari brand yang berbeda?

Ini adalah contoh top of brand ownership, dimana suatu brand sudah lekat kaitannya dengan barang tertentu.

Sebuah merek atau brand yang dikenal secara lebih luas tentu akan memiliki persepsi di benak masyarakat dan pada akhirnya menjadi pilihan konsumen.

Hal ini bisa terjadi karena konsumen akan lebih memilih produk yang sudah dikenal karena terdengar lebih familiar. Oleh karena itulah penting untuk brand dapat untuk membuat mereknya menjadi lebih dikenal di pasaran.

Meningkatkan awareness pada merek merupakan salah satu manfaat digital marketing yang bisa didapatkan. Merek akan lebih dikenal apabila dibangun dengan berbagai digital marketing yang dapat untuk meningkatkan brand awareness dengan hasil seperti di bawah ini.

Membangun Ekuitas Pada Brand

Manfaat Digital Marketing Untuk Meningkatkan Brand Awareness Pada Merek

Branding untuk membangun awareness pada merek dapat dilakukan untuk membangun ekuitas pada brand.

Ekuitas adalah nilai merek yang dipunyai oleh konsumen yang bisa dibangun dari pengalaman menggunakan merek tersebut. Apabila mempunyai persepsi yang positif maka akan membuat ekuitas merek yang didapatkan juga berdampak baik pada usaha.

Seperti dengan mempunyai ekuitas brand yang positif dan baik maka akan membuat konsumen lain yang tertarik pada produk atau layanan yang ditawarkan.

Sehingga, dengan ekuitas positif yang terbangun maka akan dapat untuk memberikan dampak sosial yang baik pada nilai merek usaha yang dipunyai.

Menciptakan Persepsi Positif Pada Brand

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa branding perlu dilakukan untuk dapat membuat merek yang tidak hanya dikenal, tetapi juga mempunyai persepsi yang positif di pasaran.

Manfaat digital marketing akan membantu untuk menciptakan persepsi positif pada brand yang ada di mata konsumen dan juga pasar secara umum.

Hal tersebut akan sangat berpengaruh karena menciptakan konsumen yang percaya dengan brand dengan persepsi positif yang tercipta.

Persepsi yang baik tersebut bisa menjadi dorongan untuk mencoba dan membeli produk bahkan juga dapat untuk melakukan pembelian berulang.

Oleh karena itulah penting sekali untuk membangun persepsi yang baik untuk brand yang dipunyai agar mempunyai citra yang baik di mata publik yang bisa berpengaruh pada keputusan konsumen untuk membeli sebuah brand.

Asosiasi Pada Merek Lebih Meningkat

Brand awareness yang mempunyai tujuan utama untuk membangun pengetahuan pada merek dapat membantu untuk membuat asosiasi pada suatu merek menjadi meningkat.

Maka dari itu tidak heran jika di banyak daerah lazim rasanya menyebutkan sebuah barang bukan dari nama benda tetapi dari merek yang paling terkenal dari barang tersebut.

Seperti sepeda motor yang banyak disebut dengan merek sepeda motor paling terkenal dan banyak digunakan di Indonesia, sabun cuci piring juga di asosiasikan dengan merek tertentu, dan juga seperti contoh yang sudah saya sebutkan di awal artikel ini.

Branding yang bagus bisa meningkatkan pengetahuan pada brand yang membuat lebih banyak masyarakat yang mengenalnya dan di asosiasikan ketika akan membeli barang tertentu.

Hal tersebut akan sangat bermanfaat karena dapat untuk membuat brand yang dikenal lebih luas dan menjadi pilihan konsumen ketika mencari produk tertentu dengan asosiasi merek pada suatu barang menjadi lebih meningkat.

Peningkatan Angka Penjualan

Brand awareness yang bisa didapatkan dari penggunaan digital marketing akan dapat untuk meningkatkan angka penjualan yang didapatkan.

Marketing merupakan langkah untuk melakukan promosi yang tepat dengan tujuan utamanya tentunya membuat penjualan dapat meningkat.

Hal tersebut merupakan efek domino yang dirasakan ketika produk yang lebih dikenal, maka akan membuat banyak konsumen yang tertarik dan membeli produk yang ditawarkan.

Bersaing Dengan Kompetitor Lainnya

cara meningkatkan brand awareness

Manfaat brand awareness yang diberikan tentunya dapat untuk membuat usaha yang dipunyai tidak kalah saing dengan kompetitor.

Apapun usaha yang dipunyai akan mempunyai kompetitor atau pesaing bisnis baik dari produk yang ditawarkan, dari range harga yang ditawarkan, industri, dan juga lainnya.

Dengan brand yang lebih dikenal akan membantu untuk membuat perusahaan tidak kalah saing bahkan juga bisa lebih unggul dari pesaing yang dipunyai dengan penggunaan digital marketing yang tepat.

Manfaat digital marketing untuk meningkatkan brand awareness dapat dilakukan dengan pemanfaatan banyak metode yang memberikan hasil maksimal seperti di atas.

Jika Anda ingin mempelajari berbagai metode yang tepat untuk penggunaan digital marketing dalam upaya untuk meningkatkan brand awareness dan manfaat lainnya, mungkin Anda bisa mempertimbangkan mengikuti pelatihan di Prasmul-ELI.

Prasmul-ELI menyediakan kelas sertifikasi untuk marketing yang mencakup digital marketng dan juga brand awareness. Daftar sekarang juga secara online di website Prasmul-ELI atau hubungi kontak di nomor +62 811 1991 1168, ya!

Arsip

MEMBER OF:

logo komunitas blog
kumpulan emak blogger
Logo Komunitas BRT Network
Seedbacklink

Baca Juga Artikel Berikut:

Subscribe
Notify of
guest

27 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Yustrini
Yustrini
1 month ago

Sering banget mbak gitu. Bilang beli Aqua dikasih merk lain dan anehnya nurut aja sih. Karena apapun merknya, air mineral kemasan disebutnya aqua hihi.

Avizena
Avizena
1 month ago

Prasmul itu Prasetia Mulia? Sejak dulu terkenal sebagai kampus bisnis. Ternyata sekarang ada sertifikasi marketingnya. Mantap nih.

Iyaa kalau di sini motor disebut Honda padahal merk-nya lain.

Hani
Hani
1 month ago

Iya samma. Aqua duluan ada sebagai air kemasan, jadi deh = benda yg sama. Kayak Rinso.
Nah, memang penting nih digital marketing untuk meningkatkan penjualan brand-brand baru. Tak kenal maka tak sayang, kan…

Bambang Irwanto
Bambang Irwanto
1 month ago

Betul sekali, Mbak. biasanya yang begitu, karena yang pertama . Misal popok bayi, orang kalau beli bilang pempers. Di kampung bapak saya, beli motor apa saja bilangnya beli motor Honda. Beli sebun pencuci piring, bilangnya sanlight hehehe. Tapi memang merek-merek ini berbandng lurus dengan mutu dan kualitas.

Nurul Mutiara R.A
Nurul Mutiara R.A
1 month ago

Bener banget sih, zaman sekarang penguatan brand itu harus dilakukan, salah satunya melalui digital marketing. Berita baiknya, ada banyak tempat yang menyediakan pembelajaran mengenai digital marketing untuk jenama-jenama lokal.

Ada Resensi
Ada Resensi
1 month ago

Wah, di Prasmul-ELI ada kelas sertifikasi marketing juga ya. Berarti di sana banyak banget pilihan kelasnya ya.

Dian
Dian
1 month ago

Di era digital seperti ini, pemasaran digital sangat penting y
Terutama untuk membangun brand awareness

Indra
Indra
1 month ago

merk air mineral yg familiar di masyarakat ya Aqua, meski yg akhirnya didapatkan merk lain.. wkwk
memang betul branding akan mudah diingat jika strategi marketingnya kuat dan tepat sasaran. apalagi sekarang zamannya teknologi, strategi digital marketing jadi lebih membantu meningkatkan branding..

bening
bening
1 month ago

kalau udah punya nama, kadang orang malah lupa nama produknya. ingetnya ya merk-nya. tapi orang orang telanjur paham sih. menarik banget

Fenni Bungsu
Fenni Bungsu
1 month ago

Bener, kalau udah nge-branding gitu amat mudah diingat. Apalagi semisal kitanya belanja sesuatu terus yang kesebut malah brandnya, padahal hendak beli produknya hehe

Wiwin Pratiwanggini
Wiwin Pratiwanggini
1 month ago

Iya bener banget, kalau di daerahku dulu air mineral ya Aqua, motor ya Honda, sabun cuci ya Rinso, trus apa lagi saya sampai lupa.. Btw membangun merk yang bisa nancap di otak semua orang itu butuh ilmu. Menimba ilmunya bisa di Prasmul-ELI.

Kyndaerim
Kyndaerim
1 month ago

Wkwk.. Lucu ya, mau beli apa dikasih apa. Makanya kudu manfaatin digital marketing sih ini, brand awarness jaxi lebih maksimal.

Okti
Okti
1 month ago

Betul itu di warung² di kampung saya beli Aqua yg disodorkan beda merek. Cuek saja. Giliran kita kan yang melongo, kan…
hehe…
Itulah pentingnya sosialisasi brand awarness ya … Jangan sampai anak kita malu-maluin seperti itu…

Didik
Didik
1 month ago

Digital marketing penting bgt ya kak buat UMKM biar usahanya makin dikenal banyak orang. Dan tentu saja demi meningkatkan penjualan. Tinggal sesuai kebutuhan aja digital marketing tsb diperlukan. Apakah utk awareness atau hingga penjualan.

Müzeyyen
Müzeyyen
1 month ago

Mungkin pemberian produk yang berbeda dengan apa yang kita maksud bisa saja adalah salah satu teknik marketing luh, misalnya bisa jadi produk yang diberikan itu mengalami kelebihan stok jadi dari pada exp maka penjual memberikan produk itu.

Sabrina
Sabrina
1 month ago

dulu sering ikut beberapa training juga di Prasmul, tapi kalau yang ini saya belum pernah ikutan, kayaknya bagus saya pengen ambil trainingnya jadinya

akarui cha
akarui cha
1 month ago

Wah, ada kelas tersertifikasi di Prasetya Mulia buat mempelajari digital marketing lebih mendalam nih. Asik banget kalau bisa belajar di Prasmul-ELI.

Untuk mencapai tahap si brand itu sampe ngelotok banget diingatan masyarakat tuh, panjang sh ya. Dan cara yang digunakan pun butuh berbagai macam.

April Hatni
April Hatni
1 month ago

Membangun brand awareness itu sangat penting. Seperti halnya Aqua, Pampers, Softex, dan sebagainya. Dengan brand yang lebih dikenal tentunya akan membantu perusahaan tidak kalah saing bahkan juga bisa lebih unggul dari pesaing yang dipunyai dengan penggunaan digital marketing yang tepat.

KakaKiky
KakaKiky
1 month ago

Pernah banget ngalamin hal kayak gini, beli Aqua tapi dikasih Le Mineralle. Ini bukti kuatnya top of mind brand. Menarik banget gimana digital marketing bisa bantu ningkatin brand awareness sampai bikin produk kita jadi pilihan utama konsumen. Penting banget sih buat brand biar lebih dikenal dan punya persepsi positif di mata masyarakat. Jadi, gak cuma soal dikenal, tapi juga soal citra dan ekuitas yang baik. Kayaknya ikutan pelatihan di Prasmul-ELI bisa jadi langkah tepat nih buat belajar strategi digital marketing yang efektif!

yusriah
yusriah
1 month ago

seriiing banget begitu…bilangnnya a*ua tapi yang ditunjuk bukan merk itu hehehe..kuat banget ya brandnya melekat di ingatan

Happy Hawra
Happy Hawra
1 month ago

brand awareness tuh kalau udah dikenal bisa lebih mudah banget untuk ningkatin penjualan. tapi proses membangunnya itu juga pasti ga mudah

Sugianto
Sugianto
1 month ago

Digital marketing di era transformasi dogital yang dilakukan berbagai perusahaan menjadi ujung tombak bisnis saat ini. Dengan digital amrketing awareness bisa lebih masif dan cepat menjangkau pasar yang dituju

Irra Octaviany
Irra Octaviany
1 month ago

Digital marketing tuh sekarang udah jadi hal yang sangat lumrah dalam membangun brand awareness. Bisa jadi ladang pekerjaan yang menjanjikan saat ini.

lendyagassi
lendyagassi
1 month ago

Saat ini kalau memanfaatkan teknologi untuk memperluas jaringan dan meningkatkan brand awareness ini bisa memanfaatkan digital marketing yaa.. Tugas tim digital marketer nih bikin brand yang mudah dikenali di masyarakat.

Yonal Regen
Yonal Regen
1 month ago

Pernah juga mengalami beli detergen, dengan PD-nya si ibu warung ngasih Rinso, padahal kita belum bilang merk apapun. Memang sekuat itu ya kalau branding kita udah bagus

Luluk Sobari
Luluk Sobari
1 month ago

Banyak banget ya manfaat digital marketing. Gak cuma untuk promosi penjualan juga, tapi bisa juga jadi media untuk membangun brand awareness. Dan kalau tergarap dengan baik, dampaknya powerfull banget ke brand.

Dyah Kusuma
Dyah Kusuma
1 month ago

kalau beli mie yang diingat indomie, pdahal yang dibeli mie sedap, kalau beli deterjen yang diingat soklin padahal yang dikasih ya merek lain juga, wkwkwk unik tapi nyata