Manfaat Jalan Cepat, Tips Olahraga Diet Ala Tya
Adv,  Diet,  Olahraga

Manfaat Jalan Cepat, Tips Olahraga Diet Ala Tya Ariestya

Belakangan ini berita tentang diet ala Tya Ariestya santer banget berseliweran di media sosial saya. Nggak hanya itu, circle pertemanan saya pun kerap kali membahas seputar diet ini. Gimana nggak dibahas, turunnya drastis woy 23 kilogram dalam waktu 4 bulan! Siapa coba yang nggak mau?? Dan, yang lebih serunya lagi, olahraga yang dilakukan hanya jalan cepat saja setiap hari selama 45 menit! Hmmm sungguh menggiurkan, bukan?

Jalan cepat memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh, lho. Karena ketika berjalan kaki, semua otot dalam tubuh ikut bergerak.

Karena ini pula, saya mulai rutin membiasakan jalan kaki setiap hari. Nggak perlu jauh-jauh, biasanya sih keliling komplek perumahan dengan jarak 1 sampai 4 kilometer saja. 

Walau belum bisa rutin tiap hari karena adaaa aja rintangannya seperti gerimis, Baby D yang keburu bangun dan nggak bisa ditinggal, hingga simply karena malas. Tapi alasan malas sih yang nggak bisa diterima. Karena itu sejatinya adalah musuh terbesar diri sendiri yang selalu menghambat apa yang kita inginkan. Betul apa betul? 😀

Baca Juga: 4 Jengkal Menuju Sehat

Balik lagi ke manfaat jalan cepat. Jadi ada beberapa manfaat jalan cepat yang saya rasakan selama kurang lebih dua bulan melakukan rutinitas ini.

Manfaat Jalan Cepat

1. Menghilangkan Bad Mood

Say it what you want, tapi kalau mood saya biasanya membaik setelah melakukan aktivitas jalan cepat. Pikiran dan hati juga rasanya makin relax. Jalan cepat juga jadi jalan ninja saya untuk melakukan me-time. Karena selagi melakukan kegiatan tersebut, saya bisa mendengarkan podcast atau lagu favorit sambil nyanyi-nyanyi. Hehe..

Belum lagi kalau dilakukan pagi hari ditemani semilir udara pagi, suasana perumahan yang sepi, dan sinar matahari yang masih ramah di kulit. Duh, seger banget deh pokoknya ke badan!

2. Melancarkan Metabolisme

Aktivitas jalan cepat bisa melancarkan peredaran darah dari dan ke otak. Maka nggak heran sehabis rutin melakukan ini, rasanya badan ini lebih fresh.

Beberapa penelitian juga menyebutkan jalan cepat mampu menjaga kesehatan jantung, mengurangi nilai kolesterol jahat, hingga mengontrol tekanan darah.

3. Menghilangkan Nyeri Punggung Bawah

Ini benar-benar saya alami sendiri. Jadi dari awal tahun 2021, saya sering banget mengalami nyeri punggung bawah. Saya yakin sih nyeri ini diakibatkan dari minimnya aktivitas. Semenjak jadi full time mom lagi, aktivitas saya hanya bergelut di rumah saja: pekerjaan rumah, mengurus baby D, bikin konten, dan lain sebagainya.

Aktivitas tersebut tidak membutuhkan gerak banyak, bahkan malah membuat saya makin sering rebahan (tim rebahan ayo berkumpul!). Maka saya bertekad untuk mengubah kebiasaan tersebut dengan rutin jalan cepat setiap pagi.

Setelah satu bulan berjalan, badan rasanya enak banget! Sakit di punggung bawah pun perlahan menghilang. Ntap!

4. Sebagai Alternatif Olahraga Murah Meriah!

Goodbye gym membership, kelas zumba dan aerobik! Hehehe.. Jalan kaki itu murah meriah. Olahraga gratis yang hanya bisa dijalankan dengan NIAT

Selama melakukan jalan cepat, biasanya saya membakar kalori 190 – 300an sekali jalan, tergantung jarak tempuh, kecepatan langkah, dan device penghitung kalori yang digunakan. Lumayan banget kann?

Walau kalori yang terbakar masih kalah jauh dibandingkan zumba ataupun olahraga lain yang biasa saya lakukan di rumah menggunakan video youtube, tapi saya cukup senang karena dengan rutin melakukan jalan cepat bisa memberikan manfaat positif bagi tubuh.

Baca Juga: Perbedaan Emas Antam dan UBS

Lengkapi Manfaat Jalan Sehat dengan Pola Makan Teratur

Balik lagi bahas soal diet Tya Ariestya, yuk. Jadi selain jalan cepat aja, Tya juga melakukan jam makan dan diet ketat pada makanannya yang meliputi:

  • Mengurangi minyak
  • Mengurangi santan
  • Mengurangi tepung
  • Mengurangi gula

Terdengar simple, ya? Eits tunggu dulu. Banyaaak sekali produk turunan dari pantangan makanan tersebut. Apalagi buat saya yang suka banget makan makanan olahan tepung. Tentu rasanya berat.. Huhu..

Baca Juga: 4 Jengkal Menuju Sehat

Tapi pelan-pelan harus bisa dikurangi, ya. Sejauh ini sih saya masih sulit, tapi akan saya coba demi mendapatkan kembali berat badan yang sesuai.

Karena sejatinya kan mengatur pola makan itu bukan untuk menurunkan berat badan saja, tapi sebagai “diet” atau langkah hidup yang dilakukan secara berkala. 

Semoga saya bisa update progressnya di sini lagi, ya.

Kalau kalian gimana? Apakah ada juga yang sedang mencoba olahraga dan mengatur pola makan seperti saya? Apakah ada yang sudah mendapatkan manfaat jalan cepat? Cerita di kolom komentar, yuk!

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
25 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Andiyani Achmad
26 days ago

jalan kaki memang jadi hiburan tersendiri, selain bisa bikin tenang karena bisa sambil dengerin podcast atau kajian, manfaatnya juga banyak ya

Okti
25 days ago

Jalan cepat atau lari dikit dikit jalan itu emang banyak yg bilang khasiatnya bisa meredakan nyeri badan. Saya gak biasa lari, kalau jalan kaki, setiap hari tuh, maklum di kampung, blm ada angkot

triyatni
triyatni
25 days ago

Aku sebenarnya suka jalan. Tapi kalau saat sekarang bawa anak kayaknya susah hihi. Mesti gantian gendong sama suami. Jatuhnya nanti malah sakit punggung. Saat ini masih suka zumba atau workout via aplikasi. Tapi menjaga makanan nih masih susah haha

April
25 days ago

Olahraga murah dan gampang ya jalan kaki ya mbak?
Sayangnya area rumahku kurang ramah pejlan kaki. Biasanya melipir taman atau perumahan lain hehe.
Mumpung besok libur jd pengen ngajakin anak2 jalan sekalian menghirup udara seger deh hehe

Wian
25 days ago

Aku pernah tuh nonton pas tya ariestya lagi sharing tentang program dietnya. Termyata kuncinya emang jalan dan pola makan ya. Nah masalahnya aku males banget disuruh jalan klo buka ngemall atau pas lagi travelling. Hihi

Risalah Husna
25 days ago

Olahraga yang cocok buat aku. Kata temen2ku, aku tuh klo jalan cepet banget, padahal aku merasa jalan ya biasa aja. Jadi olahraga jalan cepat ini emang sesuai sama kebisaaa

Risalah Husna
25 days ago

Olahraga yang cocok buat aku. Kata temen2ku, aku tuh klo jalan cepet banget, padahal aku merasa jalan ya biasa aja. Jadi olahraga jalan cepat ini emang sesuai sama kebiasaanku. Etapi emang sering juga sih aku jalan buat kejar target 10ribu langkah/hari. Efeknya emang enak banget ke badan.

Annafi
Annafi
24 days ago

Sekarang lagi jarang jalan kaki walaupun di sekitar rumah, soalnya musim hujan jadi mager 😅 jadi sekarang olahraga yoga aja di rumah

Irhayati
24 days ago

Alhamdulillah udah nerapin jalan cepat, cuma masih belum bisa ngurangi makanan bersantan dan yang manis manis euy

Shyntako
Shyntako
24 days ago

wah boleh juga nih yaa olahraga jalan sehat murmer dan mudah buat dilakukan buat bakar lemak selama dirumah aja hihi

Putri Lasim
Putri Lasim
24 days ago

Ternyata kuncinya diet adalah jalan dan pola makan ya mba, pandemi gini malah bikin males jalan, soalnya ke mall gak bisa, olah raga jalannya pas cuman ngemall dan travelling aja sih

Karyati Niken
24 days ago

Haha iya nih, menghilangkan badmood itu benar. Aau kalau udah badmood, cuma butuh jalan aja. Entah jalan kemana sambil memandangi yang hijau-hijau alias daun wkwk. Beda lagi sama olahraga ini sih ya

Siska
Siska
24 days ago

Itu gak simpel kakak.. itu semua makanan yang selalu aku konsumsi tiap hari. Haha. Iya setuju, olahraga itu yang paling penting adalah Niat yang tulus dan pantang menyerah.

Suciarti Wahyuningtyas

Jadi ingat kalau bulan Februari ini aku belum olahraga, jadi malu. hehehehee… tapi ya awal lihat Tya Aristya itu aku penasaran dan kepoin banget, baru ngikutin pola makannya aja sih selama ini.

Aldila Kun Condroweni
22 days ago

Yg paling utama emg niat sih.. Kalo gak ada niat, mau segampang apapun olahraganya pasti jg bakal males2an, heheheh

astinastanti
22 days ago

Pernah baca juga hasil dietnya Tya A itu sukses dan keknya mudah banget. Jalan kaki cepat gitu, keliling komplek aja ya, tapi sendirian aja, jangan bawa anak

Akupun mulai pelan-pelan mengurangi minyak, gula dan santan. Tapi kalau di rumah kadang masih goreng goreng jugaaaa, hehehee

Renayku
21 days ago

Tos dulu kak. Aku juga mulai nerapin jalan cepat nih soalnya gampang untuk dilakukan. Walau gak tiap hari, setidaknya seminggu bisa 3-4 kali itu udah alhamdulillah bgt. Menyehatkan!

25
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x