Tips Seputar Gym: Manfaat Olahraga Zumba Dance Yang Digemari Wanita

Tips Seputar Gym- Manfaat Olahraga Zumba Dance Yang Digemari Wanita

Written by Diaz Bela

Seorang ibu milenial, ex-News TV Reporter, dan digital enthusiast. Saya menulis tentang hal-hal yang saya sukai: pengalaman, opini, traveling, kuliner, dan lain-lain.

28 Juni 2024

Berbicara mengenai tips seputar gym pada dasarnya ada banyak pilihan olahraga yang dapat dilakukan, agar bisa mencapai tujuan yang diharapkan dari olahraga tersebut. Misalnya ketika ingin membentuk otot maka program yang pas dilakukan adalah kekuatan yaitu dengan angkat beban. Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan serta menjaga kesehatan organ kardio, maka bisa memilih zumba dance.

Manfaat Olahraga Zumba

Pastinya banyak yang sudah tidak asing lagi dengan olahraga zumba, ini merupakan jenis senam yang populer beberapa tahun belakangan ini, apalagi dengan gerakan yang begitu energic. Rata-rata wanita saat ini lebih senang melakukan senam zumba jika dibandingkan dengan senam aerobik biasa. Selain menyenangkan untuk dilakukan pada dasarnya olahraga yang satu ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, yaitu:

  • Efektif dalam membakar kalori

Ini adalah program latihan yang paling pas untuk Anda dengan tujuan menurunkan berat badan, karena bagus untuk membakar kalori. Bahkan setiap sesi latihan dengan durasi sekitar 39 menit nantinya dapat membakar hingga 300 kalori, sehingga efektif untuk menurunkan berat badan Anda, apalagi untuk Anda yang sudah masuk kategori gemuk atau kelebihan berat badan.

  • Meningkatkan sistem imun

Manfaat yang lainnya adalah dapat membantu dalam meningkatkan sistem imun sehingga tidak mudah untuk terserang penyakit. Sebuah penelitian juga mengungkapkan bahwa seseorang yang aktif mengikuti zumba selama 12 minggu secara rutin, ternyata hal ini efektif untuk meningkatkan detak jantung serta tekanan darah sistolik yang berdampak pada imunitas atau kekebalan tubuh ikut meningkat.

  • Menjaga kesehatan organ kardiovaskular

Senam zumba ini juga berhubungan erat dengan kesehatan organ jantung dan pembuluh darah, karena aktivitas fisik dengan intensitas tinggi ini sangatlah bagus untuk meningkatkan detak jantung, sehingga nantinya dapat mencegah masalah-masalah kesehatan seperti penyakit jantung, stroke dan gangguan pembuluh darah yang lainnya.

  • Mengurangi rasa nyeri

Ternyata dengan melakukan olahraga zumba yang rutin juga sangat bagus untuk mengurangi rasa nyeri, setidaknya dapat dilakukan selama 12 minggu atau tiga bulan rutin.

  • Membuat perasaan menjadi lebih Bahagia

Karena dengan olahraga yang rutin sangatlah bagus untuk membantu otak dalam memproduksi dopamin sekaligus juga serotonin dan endorfin, inilah yang nantinya akan menciptakan perasaan yang bahagia.

Tips Senam Zumba Yang Benar

Berikut ini ada tips zumba dance yang benar dan dapat Anda lakukan, yaitu:

  1. Pilihlah kelas pemula terlebih dahulu, bagi Anda yang pada dasarnya masih baru, maka usahakan tidak langsung mengikuti kelas expert, melainkan memulai dengan kelas pemula dimana intensitas olahraga tersebut relatif ringan. Anda bisa belajar mulai dari gerakan dasar, langkah-langkah dan intensitasnya.
  2. Gunakan pakaian yang nyaman, jenis pakaian untuk olahraga ini juga harus diperhatikan, pastikan yang memungkinkan Anda untuk lebih mudah atau fleksibel dalam bergerak, serta usahakan bahan kain juga memiliki kemampuan yang baik di dalam menyerap keringat, sehingga nyaman digunakan saat zumba.
  3. Pastikan pemanasan terlebih dahulu, olahraga dengan intensitas yang cukup tinggi seperti zumba tidak bisa dilakukan sembarangan, guna mengurangi resiko terjadinya cedera maka hal yang dapat dilakukan adalah dengan pemanasan, sehingga tubuh siap untuk berolahraga yang lebih berat.
  4. Cukupi kebutuhan cairan, pastikan juga bahwa Anda minum air putih secara cukup sebelum berolahraga, karena hal ini akan membantu mencegah terjadinya dehidrasi, apalagi olahraga senam ini akan banyak membuat tubuh kehilangan cairan dari keringat, sehingga jika tidak diimbangi dengan asupan cairan yang cukup maka bisa menyebabkan lemas dan hilang konsentrasi.
  5. Tidak perlu malu, meskipun masih sama-sama belajar, namun usahakan Anda tidak malu saat berolahraga, sehingga bisa lebih bebas untuk mengekspresikannya, ini juga penting agar bisa membuat perasaan menjadi lebih tenang serta bahagia.

Itulah diantaranya beberapa tips seputar gym, khususnya adalah olahraga senam zumba. Anda bisa mendapatkan tips-tips lainnya dengan mengeklik halaman berikut.

Pilih juga tempat gym yang tepat untuk hasil optimal, Anda dapat bergabung sebagai member dari FIT HUB, layanan sudah berbasis digital sehingga akan mempermudah Anda sebagai member.

Arsip

MEMBER OF:

logo komunitas blog
kumpulan emak blogger
Logo Komunitas BRT Network
Seedbacklink

Baca Juga Artikel Berikut:

Tips Keluarga Bebas Cacingan

Tips Keluarga Bebas Cacingan

Tips Keluarga Bebas Cacingan - Halo moms, di masa pandemi seperti ini sepertinya jadi lebih banyak orang yang aware...

Subscribe
Notify of
guest

21 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Didik
Didik
22 days ago

Gerakan zumba ini emg aktif sekali ya bund. Tentu kalori kita bakal berkurang banya tuh kalo rajin Zumba. Gerakannya udh kyk lari 10 km. Keringat pasti ngucur deras kalo gerakannya bener.

Wiwin Pratiwanggini
Wiwin Pratiwanggini
21 days ago

Si adik nih di TK nya sudah dikenalkan Zumba. Malahan saat acara perpisahan kemarin mereka pentas zumba. Yap, saya suka dengan gerakannya yang energik, makanya anak-anak suka. Saya? Jujurrrr, badan kaku, gak bisa menari. Mungkin perlu ikutan Fit Hub, biar bisa belajar Zumba dari dasar.

Hani
Hani
21 days ago

Kok menarik yah. Hum…suka lihat sih iklannya di IG di Bandung. Tapi kayak malu gitu mau ikut…hihi…
Padahal seru yah, olahraganya jadi tanpa beban karena rame-rama dan sambil nari zumba.
Cari ah yg deket rumah…

bening
bening
21 days ago

jujur, suka geli liat orang zumba. tapi kalau manfaatnya sebanyak ini, sepertinya tertarik juga buat nyobain. pokoknya demi sehat mah, siap aja

Fenni Bungsu
Fenni Bungsu
21 days ago

Manfaat zumba bagus ya buat tubuh jari lebih bugar. Ini kalo diterapkan secara rutin bakal mantul banget

Avizena
Avizena
21 days ago

Aku suka zumba karena gak ngebosenin, kan ada gerakan dance / salsa / latinanya. Tapi latihan di rumah aja sih wwkwkkw, hemat.

Jihan
Jihan
21 days ago

Udah lama banget pengen nyobain Zumba tapi nyari yang tempatnya tertutup gituu heheh. tapi belum nemuu di sini wkwkw, padahal kalo lihat videonyaa tuh kayaknya seru dan pengen banget ikutan praktekin

Yuni Bint Saniro
Yuni Bint Saniro
21 days ago

Beberapa kali ikut kelas zumba. Emang menyenangkan sih. Membuat perasaan jadi lebih bahagia emang nggak berlebihan sih. Karena memang setelah zumba, aku jadi makin happy aja gitu bawaannya.

T. Retno
T. Retno
21 days ago

Aku lebih nyaman olahraga sendiri berteman Youtube. Hehe… Lebih ke nggak suka kalau ada orang yang enteng aja merekam aktivitas olahraga itu dengan hp lalu mengunggahnya ke medsos.

Nurul Mutiara R.A
Nurul Mutiara R.A
21 days ago

Ternyata banyak juga ya mbak manfaat olahraga zumba. Sering banget lihat ibu-ibu semangat kalau diadakan olahraga zumba. Musiknya juga asyik sih, enak diikuti hehe

Putu Felisia
Putu Felisia
21 days ago

Saya dulu pernah ikut kelas Zumba dan memang benar badan jadi lebih fit + perasaan lebih bahagia

Kyndaerim
Kyndaerim
21 days ago

Aku pernah kerja di tempat gym, Zumba ni memang jadi olahraga senam paling favorit member ciwi² sih, karena gerakannya yg enerjik.

Aldhi
Aldhi
21 days ago

Ibu ibu komplek tempatku setiao minggu pagi ada jadwal zumba. Ternyata banyak manfaatnya, tapi memang gerakannya ini sedikit mirip aerobik yaa

Anggita R. K. Wardani
Anggita R. K. Wardani
21 days ago

Aku dulu juga suka Zumba. Bisa ngilangin stress sama asyik aja gerakannya. Cuma abis gitu auto pegel

lendyagassi
lendyagassi
21 days ago

Akutu orangnya gak gampang keringetan kan yaa..
Tapi kalau ikutan zumba, bisa sampe tes tes tessss gituu..
Udahannya emang happy baaangeeettt.. soalnya aku bisa meluapkan kinestetikku melalui zumba. Mana warna baju zuma tuh kan gemeess lucu lucu gituu loo.. moodbooster banget.

Dian
Dian
21 days ago

Banyak sekali manfaat yang kita dapatkan saat melakukan olahraga zumba ya
Zumba itu juga fun banget
Hepi saat melakukannya

Indra
Indra
21 days ago

Senam zumba itu mewajibkan tubuh bergerak aktif ya mba. Kalo orang gemuk sepertinya sangat cocok ini buat membakar lemak dengan efektif

KakaKiky
KakaKiky
21 days ago

Senam Zumba memang menawarkan banyak manfaat yang menggiurkan! Selain membakar kalori dengan efektif, zumba juga meningkatkan sistem imun dan menjaga kesehatan jantung. Yang lebih menarik lagi, aktivitas ini bisa mengurangi rasa nyeri dan meningkatkan mood dengan memproduksi hormon bahagia.

Müzeyyen
Müzeyyen
21 days ago

İya sich aku perhatikan memang banyak yang mengemari zumba tapi ngak tau aku ngga suka sich, lebih seneng sama renang aku. Capeknya nggak kerasa, tapi seger.

Eka Fitriani Larasati
Eka Fitriani Larasati
21 days ago

ngezumba tuh asyik banget, buat sebagian IRT zumba tuh healing sih. selain olahraga dan badan jadi fit juga happy. apalagi ketemu circle baru kan. cuman sayangnya tubuh saya gak terima kalo saya zumba, mengingat pernah operasi besar di perut, jadi gak bisa tuh ngezumba, hiks. paling aman yaaa senam SKJ, hehe

duniamasak
duniamasak
14 days ago

aku pengen ikut kelas Zumba belum kesampean nih