Pilih Laman

Beberapa bulan belakangan ini saya lagi rutin mencoba skincare lokal. Seru banget sih karena sekarang mulai bermunculan banyak produk skincare lokal yang kualitasnya bagus banget! Terlebih adanya pilihan skincare organik dan terbuat dari bahan alami dan natural seperti yang saya coba kali ini, masker Mugwort Kefir Etawa by Lovely Kefir Nature X Hana Saraswati.

Yep, masker mugwort + kefir! Kebayang kan kandungan manfaatnya seperti apa?? Nah sebenarnya ini bukan kali pertama saya mencoba masker kefir, tapi baru sekarang saya mencoba kombinasi masker yang mantep banget perpaduan antara kefir dan mugwort, and it turns out very well on my skin! Rasanya kayak masker Mugwort Kefir Etawa ini solusi dari semua masalah kulit karena seenak, senyaman, dan se-smooth itu!

Apa Itu Masker Kefir?

kefir
Image source: ocu.org

Kalau ditelisik lagi, tren masker kefir itu sudah hype di Indonesia sejak empat atau lima tahun ke belakang. Saya sendiri pertama kali mencoba masker kefir itu sekitar empat tahun lalu, ketika lagi booming-boomingnya. And the trend still lasts until this day. Tapi sebenarnya apa sih kefir itu? Apa saja manfaatnya?

Kefir adalah cairan fermentasi yang rasa dan teksturnya sangat mirip dengan yoghurt. Keduanya sama-sama terbuat dari susu dan melalui proses fermentasi. Tapi, kefir biasanya dibuat menggunakan susu kambing yang dalam proses fermentasinya dicampur dengan biji kefir, yaitu biji yang terbuat dari kombinasi ragi, protein susu, dan bakteri.

Karena kandungan itulah kefir memiliki banyak protein, kalsium, vitamin B, dan senyawa aktif yang berfungsi menghambat kerja enzim pada proses pembentukan pigmen kulit (melamin) dan efektif mengatasi kerusakan kulit akibat adanya senyawa radikal bebas.

Baca juga: Kenapa Harga Emas Terus Naik?

Pada umumnya masker kefir cocok digunakan untuk segala jenis kulit. Tapi kalau kamu memiliki kulit wajah yang sensitif banget, mungkin bisa dicoba dulu dioleskan di bagian belakang telinga atau sedikit saja di bagian bawah pipi, dan lihat bagaimana maskernya bekerja selama 10 menit pertama.

Oh ya, untuk yang pernah coba masker kefir, mungkin familiar dengan wanginya yang khas, ya. Sedikit tips dari saya, tidak perlu khawatir dengan aromanya, asalkan tidak berbau menyengat dan dalam proses penyimpanannya selalu dimasukan kulkas, dan kemasan tidak menggelembung, it’ll be fine 🙂

Manfaat Masker Kefir

1. Eksfoliasi Alami

Masker kefir dapat berguna sebagai eksfoliasi alami, yaitu pengelupas sel-sel kulit mati di wajah karena kefir mengandung Alpha Hydroxy Acids, atau Asam Hidroksi Alfa (AHA).

AHA sendiri merupakan kandungan yang sudah familiar bagi para pecinta skincare, terbukti dari banyak digunakannya AHA di berbagai produk. Nah AHA dari kefir ini bersifat alami dan berfungsi sama yaitu menyeimbangkan tingkat pH kulit wajah dan membantu mengurangi keriput dan menstimulasi produksi kolagen (klikdokter.com).

2. Mengurangi Noda Hitam

Masih turunan dari fungsi AHA, masker kefir juga diklaim mampu mengurangi noda hitam dengan pemakaian yang signifikan dan teratur.

3. Menenangkan dan Melembabkan Kulit

Sesuai pengalaman saya, kulit langsung terasa lembab sesaat setelah membilas masker. Ini bisa dirasakan karena adanya kandungan probiotik yang terdapat dalam kefir yang menstimulasi produksi kolagen dan membuat kulit wajah kita lembab dan kenyal.

4. Sebagai Anti Inflamasi (Mencegah Peradangan)

Kefir juga mengandung polisakarida, yang mampu membunuh bakteri penyebab peradangan (inflamasi) seperti jerawat.

Nah, gimana, banyak sekali kan manfaat dari kefir? Karena itulah seiring dengan perkembangannya, terdapat banyak varian produk skincare lain yang dibuat dari kefir. Seperti sabun, sheet mask, lotion, atau seperti yang saya pakai ini, kombinasi antara kefir dan mugwort, tumbuhan heits yang mengandung banyak vitamin C.

Apa itu Mugwort?

Mugwort
image source: shutterstock

Mugwort atau Artemisia Vulgaris atau lebih dikenal sebagai Korean Tea Tree, merupakan tumbuhan yang biasanya subur di daerah Asia, Amerika, dan Eropa. Dari zaman dahulu kala, Mugwort merupakan tanaman herbal yang digunakan dalam pengobatan tradisional seperti yang dilakukan di Korea.

Dari dahulu kala, mugwort atau ssuk dalam Bahasa Korea sudah lazim digunakan sebagai minuman penghangat (teh) yang memiliki beragam manfaat. Diantaranya, meningkatkan sirkulasi darah, membantu mengatasi nyeri akibat haid, dan meredakan otot yang tegang atau kaku.

Baca juga: Di Balik Layar Liputan

Tidak hanya itu, mugwort juga merupakan salah satu bahan herbal yang digunakan di pemandian korea, jjimjilbangs. Dengan menambahkan mugwort, dipercaya bisa memberikan efek relaksasi terhadap tubuh. Hal ini sudah merupakan tradisi yang dijalankan ratusan tahun, lho, dari generasi ke generasi.

Nah, seiring perkembangan zaman, manfaat mugwort pun turut “diadopsi” menjadi bahan utama dalam penggunaan skincare. Mungkin kalian terutama yang mengikuti tren skincare korea sudah familiar ya dengan mugwort. Beberapa skincare merk ternama pun nggak segan membanderol harga yang fantastis untuk produk yang memiliki kandungan mugwort di dalamnya!

Manfaat Mugwort

1. Memproduksi Kolagen

Mugwort kaya akan antioksidan yang dapat melindungi kulit dari radikal bebas dan membantu produksi proses produksi kolagen untuk menjadikan kulit tampak lebih glowing.

2. Mencerahkan

Mugwort kaya akan vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan dan mencerahkan kulit.

3. Mugwort Mengatasi Penyebab Jerawat

Mengandung antibakteri baik, mugwort berfungsi sama baiknya dengan kandungan minyak pohon teh dalam mereduksi zat yang menyebabkan timbulnya jerawat.

4. Meredakan Peradangan

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa kandungan mugwort cocok untuk yang memiliki kondisi kulit eksim, dermatitis atopic, dan psoriasis (Beauty Journal Sociolla). Ini dikarenakan mugwort mengandung zat anti inflamasi yang bersifat meredakan peradangan. Senyawa antioksidan dalam mugwort juga merangsang pembentukan filaggrin dan loricrin, lapisan pelindung kulit yang diperlukan untuk menghilangkan gatal akibat alergi (hellosehat.com).

Mugwort Kefir Etawa by Lovely Kefir Nature X Hana Saraswati

Mugwort-Kefir-Etawa-by-Lovely-Kefir-Nature-X-Hana-Saraswati-Review

Nah, kalau dari tadi saya sudah membahas beragam manfaat kefir dan mugwort, kali ini saya mau share tentang salah satu skincare yang memiliki perpaduan khasiat dan fungsi dari dua bahan tersebut: Mugwort Kefir Etawa by Lovely Kefir Nature X Hana Saraswati.

Yep, sesuai namanya, masker Mugwort Kefir Etawa ini merupakan kolaborasi antara @lovelykefir.nature dan pesinetron Hana Saraswati. Ini merupakan edisi spesial diantara masker kefir lain yang pernah diproduksi.

Kesan pertama saat menggunakan masker ini adalah: so calming! Kulit wajah rasanya relax gitu! Saya sendiri pada dasarnya doyan banget pakai mud masker atau masker yang dibilas. Dan thumbs up buat @lovelykefir.nature yang berhasil memproduksi masker mugwort kefir yang nyaman dipakai dan hasilnya langsung kelihatan dalam sekali pakai.

Daripada penasaran, yuk langsung kita bedah aja! Hehehe..

Baca juga: Adventure Seru di Taman Safari Prigen

Packaging

Mugwort-Kefir-Etawa-by-Lovely-Kefir-Nature-X-Hana
Masker-Kefir-Mugwort

Saya punya masker Mugwort Kefir Etawa by Lovely Kefir Nature X Hana Saraswati ukuran 100gr, dan beberapa varian masker kefir lainnya ukuran sachet (varian greentea, kunyit, dan kolostrum). Tapi sebenarnya total ada 12 varian lain sih seperti charcoal, spirulina, bengkoang, kopi, coklat, strawberry, kulit manggis, aloe vera, dan buah naga! Banyak banget yak. Hehe

Nah, untuk masker Mugwort Kefir Etawa sendiri dibungkus menggunakan cup/jar kertas laminasi yang lumayan tebal dan dibungkus kotak dengan banyak bubble wrap. Aman banget untuk pengiriman dalam dan luar kota.

Penyimpanan

Masker kefir HARUS langsung disimpan didalam kulkas ketika diterima, ya. Karena semua kandungannya berasal dari bahan-bahan alami, maka ada aturan penyimpanan khusus, seperti jika masker ini disimpan di freezer akan bertahan selama 6 bulan. Sementara untuk penyimpanan di chiller (kulkas bawah), masker tahan hingga 1 bulan.

Tekstur

Mugwort-Kefir-Etawa-by-Lovely-Kefir-Nature-X-Hana-Saraswati-Tekstur
Mugwort-Kefir-Etawa-by-Lovely-Kefir-Nature-X-Hana-Saraswati-Dapat-Spatula

Memiliki tekstur yang ringan dan agak berongga, masker ini sangat “light” ketika diaplikasikan. Ketika basah atau baru diaplikasikan, masker berwarna hijau terang. Dan ketika sudah digunakan, lama kelamaan masker akan mengering dan berubah warna menjadi hijau tua.

Nah, ini yang baru saya ngeh. Kalau kebanyakan masker kefir berwarna putih susu, Mugwort Kefir Etawa ini berwarna hijau lumut karena campurannya dengan daun mugwort.

Masker ini juga memiliki bau yang khas seperti masker kefir pada umumnya. Namun sama sekali tidak menyengat. Jadi ini bukan menjadi masalah, ya.

Pengaplikasian

Pakai-Masker-Kefir-Mugwort

Cara pengaplikasian masker ini sangat mudah. Setelah mencuci muka dengan facial wash, ratakan masker di kulit muka yang lembab dengan spatula yang sudah disediakan sampai merata. Tidak perlu terlalu tebal, dan diamkan selama maksimal 30 menit, lalu bilas dengan air dingin.

Masker ini bisa digunakan secara rutin. Biasanya di awal pemakaian boleh digunakan 2x sehari (pagi dan malam) untuk kulit normal tanpa jerawat. Tapi jika kulit kamu bermasalah dengan jerawat, beruntusan, dan ketergantungan dengan krim tertentu, masker ini bisa coba dipakai 2x sehari selama 10 hari pertama masing-masing untuk “perkenalan”.

Nah setelah itu baru deh, masker Mugwort Kefir Etawa ini bisa digunakan 2-3x dalam seminggu sebagai perawatan wajah.

Hasil

Karena dibuat dengan susu kambing berkualitas tinggi (grade A++), saya langsung merasakan manfaat masker ini dari pertama kali mencobanya. Yang paling terasa adalah peningkatan kelembaban, kekenyalan kulit, dan efek relaxing. Kayak lebih gemes aja gitu kalau colek-colek kulit wajah sendiri! Hehehe..

Masker ini cocok untuk semua jenis kulit, kebetulan kulit saya cenderung ke tipe normal-berminyak dengan permasalahan noda jerawat (dark spot) yang lama sekali hilangnya. Nah, untuk efek menghilangkan dark spot, saya yakin baru akan terlihat di pemakaian rutin, ya. Bisa dengan pemakaian 1-3x seminggu. Mungkin nanti akan saya update juga disini.

Harga

Mugwort-Kefir-Etawa-by-Lovely-Kefir-Nature-X-Hana-Saraswati-Varian

Nah, kayaknya ini yang ditunggu2 ya. Hehe.. masker Mugwort Kefir Etawa by Lovely Kefir Nature X Hana Saraswati dibanderol dengan harga promo 40% dari harga normal Rp.136.000 jadi Rp.81.600 aja per jar nya (isi 100gr).

Sementara, varian paket masker kefir susu kambing etawa dijual bervariasi mulai dari Rp.85.000 hingga Rp.180.000.

Cus deh langsung check out di shopee atau instagramnya @lovelykefir.nature sebelum kehabisan! Hehe..

Masker-Kefir-Etawa-by-Lovely-Kefir-Nature

Kesimpulan

Overall, saya sangat puas menggunakan Mugwort Kefir Etawa by Lovely Kefir Nature X Hana Saraswati ini. Rating 4 / 5 lah!

Apakah akan repurchase: YES.

Berikut adalah pertimbangan saya:

  • Produk organik yang terbuat dari bahan alami dengan banyak manfaat
  • Harga terjangkau dan mudah dibeli
  • Works well on me, sebagai detoksifikasi wajah dan pelepas stress setelah pakai make up (calming)
  • Aman digunakan secara rutin

Kuy, maskeran bareng! 🙂

Baca juga:
Entah kenapa saya selalu bermusuhan dengan bulan November. Bukan kepada apa yang terjadi didalamnya, tapi pada gejolak batin yang terjadi…
23
0
Comments herex
()
x