Buku,  Kineruku,  Literasi,  Motsach,  Rekomendasi Bandung,  Toko Buku Bandung,  Toko Buku Indie Bandung,  Wisata Bandung

Mencari Kineruku | Motsach #3

Motsach #3: Kineruku

Beberapa waktu yang lalu, saya melakukan short gateway ke Bandung, sendirian banget dalam rangka mencari jati diri kekekeke.

Perjalanan saya lakukan menggunakan kereta dari Stasiun Gambir menuju Stasiun Bandung pulang-pergi. Berangkat pukul 05.05, pulang pukul 19.45. Ini pertamakalinya saya pergi ke Bandung menggunakan kereta dan pertamakalinya juga mencoba kereta baru Argo Parahyangan.

Dengan tarif Rp.80.000 sekali perjalanan untuk kelas ekonomi, komentar saya cuma satu sih: WOW. Saya kira tempat duduknya akan berhadap-hadapan (karena kelas ekonomi) tapi nggak! tempat duduknya satu arah, dengan dua arah berbeda di tengahnya (?) Gitulah gengs pokoknya :)) Di tiap tempat duduk juga ada colokan yang berfungsi selama perjalanan. Ntap!

Sesampainya di Bandung, sekitar jam setengah 10 setelah sarapan bubur blora (yang bersejarah itu) saya langsung memesan gojek menuju salah satu destinasi utama: Kineruku.

Saya sudah tahu lumayan lama tentang tempat ini dari instagram, dan selaaaaaalu penasaran tingkat dewa tentang tempat ini tiap mereka posting foto-foto. Maka Kineruku langsung jadi destinasi pertama saya.

Nggak sulit sebenarnya cari lokasi ini. Kalau kalian bawa kendaraan, tinggal buka gmaps dan masukan “kineruku”. Tapi kalau kalian gojekers seperti saya, tinggal search juga di mapsnya “kineruku” dan langsung keluar deh alamatnya! 7 ribu rupiah sahajaaa~~ *bahagia* Daaan 10 menit kemudian saya pun mendarat cantik di Kineruku.

Baca juga: Sore Hari di Post Santa

Sesampainya di TKP, saya takjub dengan jumlah koleksi bukunya. Banyak banget! Toko buku / perpustakaan / cafe / ini menyediakan beragam jenis buku. Mulai dari novel, sastra, politik, psikologi, desain, you name it.

Pengunjung yang datang bisa baca buku-buku koleksi perpustakaan secara gratis di tempat yang tersedia. Mau di ruang baca atau di cafe, bebas! Tapi hati hati ya kalau baca buku sambil makan, jangan sampai mengotori bukunya (#protektif).

Oh ya, buku-buku yang dijual disini juga terkurasi dengan baik. Selain buku dari penerbit populer, buku-buku penerbit indie seperti Post dan Mojok juga ada. Buat yang pengen memperluas jenis bacaan, saya sarankan banget datang dan baca buku disini.

Baca juga: Books Actually Singapore

Selain buku, Kineruku juga menjual berbagai CD dan kaset yang masih tersegel (baru). Di salah satu sudut ruangan juga tersedia tempat menonton film tapi waktu saya kesana tempatnya ditutup karena masih dalam proses renovasi.

Fasilitas lain seperti toilet dan musholla juga tersedia. Nyaman pisan ya ampun.. Sok atuh Teteh-teteh Aa-aa Bandung dimaksimalin fasilitas seperti ini. Apalagi warga ber-KTP Bandung mah bisa daftar jadi anggota dan merental buku, film, dan CD yang tersedia.

Sayang KTP saya Sukabumi jadi gak bisa daftar jadi anggota (ya kali jauh banget bu). Baiklah kalau saya nggak bisa daftar jadi anggota, saya bikin tempat yang kayak gini aja di Sukabumi #ChallangeAccapted (apa sih -_-)

Suasana yang cozy membuat saya betah berlama-lama disini. Sempat ngobrol sebentar juga sama ownernya, dan ternyata semua koleksi perpustakaan (4000 buku, 1000 cd dan 1000 film) itu milik ownernya sendiri! FYI, Kieneruku juga sudah buka dari tahun 2003. Why oh why saya nggak tahu tempat ini lebih awal 🙁

Baca juga: A Leader’s Persective

Spot favorit saya disini: semuanya! Hehehe, menurut saya sih tempat yang ada rak buku itu selalu seksih gitu, nggak tau kenapa. Tapi area cafe di Kineruku yang menjorok ke taman juga super cozy. Bikin mata seger! Saya pun memesan pancake pisang dan turkish coffee (makan lagi ya Allah) dan menikmati hidup suasana. Sayang foto makanannya crash dan nggak bisa dibuka. Tapi beneran deh enak banget pancake dan kopinya! Bagi saya tempat ini tuh one stop shopping-nya pecinta buku. Bisa baca buku, beli buku, dengar musik, nonton film, dan makan di satu tempat! Cobaaaa di deket kostan saya ada tempat kayak gini :’)

Sekitar jam setengah 12 saya pun beranjak ke destinasi selanjutnya dan berat hati sekali rasanya meninggalkan tempat ini! Saya pasti akan balik ke Kineruku, for sure! Yuk!

 

Kineruku

Jl. Hegarmanah 52, Bandung, 40141, Indonesia
Telepon: +62 22 2039615 /  +62 878 2428 1152
Email: kineruku@gmail.com
www.kineruku.com

Open Hours:
10 AM – 8 PM (Mon, Wed, Thu, Fri, Sat)
11 AM – 6 PM (Sun)
CLOSED on Tuesday

Subscribe
Notify of
guest
20 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Yustrini
Yustrini
1 month ago

Koleksi bukunya bikin taljub. Banyak banget. Baca buku di cafe asyik juga. Sambil menikmati secangkir teh atau kopi. Betah deh :))

Rudi G. Aswan
Rudi G. Aswan
1 month ago

jadi ngiler banget nih Kak pengin ke Kineruku juga. Aku terakhir ke Bandung awal 2019 dan mampir ke Books, toko buku import di Balubur Town Square. sayang waktunya bentar jadi ga bisa ngubek2, padahal koleksinya banyak dan harganya asyik. Ta ga ada kafenya kayak Kineruku gini. Beneran bagus desainnya, indah dan homey cocok buat ngadem bareng keluarga. Nanti kalau bs ke Bandung mau mampir ah. Ambience-nya asyik buat kongko dan nulis ya. Makasih dan dishare.

Hendra Suhendra
Hendra Suhendra
1 month ago

Wah asyiknya warga Bandung bisa rental film, buku dan CD. Hal yang langka nih di era modern. Jadi ingat dulu sering rental film di Video Ezy, wkwkwkwk.

Ngomong-ngomong soal foto yang crash, apakah nggak kesimpen otomatis di Google Photos?? Sayang banget kan kalo sampe file fotonya rusak.

Tempatnya cozy dan rapih sekali, cocok buat hangout juga sih. Wah seru banget bisa nongkrong sambil baca buku favorit. What a nice place!!

Relinda Puspita
Relinda Puspita
1 month ago

Wah, aku langsung fokus ke bubur blora. Pernah lama di Bandung, kok aku gak I get, ya, sama bubur ini? Kurang jauh nih, aku mainnya. Hehehe

Jihan
Jihan
1 month ago

Suatu saat pengen bangett punya tempat seperti inii. Sekarang koleksi bukuku masih belum sebanyak ituu. Jadi makin semangatt bacaaaa, apalagi kalo dibuka buat umum gini, berasa ada temennya hhee

Farida Pane
Farida Pane
1 month ago

Aku malah baru tahu kineruku. Seru banget ya kalau nemu tempat buku yang koleksinya macam2 begini

ghina
ghina
1 month ago

lho kok gambar semarnya ngomong jowo, kan di bandung , teh.. hihi

ampun itu enak abnget tempatnya. di jogja ada nggak ya. Pengen nyari tempat baca buku, sekaligus toko buku dan bisa nongkrong gitu. Penat banget di rumah emang nih

Artha Nugraha Jonar
Artha Nugraha Jonar
1 month ago

hmmm, bener-bener cozy banget ini tempatnya. super duber bikin betah pengunjungnya.

Eni Rahayu
Eni Rahayu
1 month ago

Keren banget ya mbak idenya yg bikin kafe plus perpustakaan ini. Cita-cita saya banget bikin kayak gitu. Tapi koleksi saya masih 1 rak doang 😁
Jadi penasaran dan pengen mampir juga, sayangnya masih pandemi.
Apakah sehari-hari juga sepi gini atau rame?

Siti Mustiani
Siti Mustiani
1 month ago

Woaahh kalau sudah penasaran memang bisa masuk bucket list mah, untung gak jauh (sampe menyebrangi pulau), kalau di tempat ku ada kereta api pengen juga berkelana sendiri pake kereta api. Kineruku menarik juga, simpan ah siapa tau suatu saat bisa mampir kesini juga.

Sri Wulandari
Sri Wulandari
1 month ago

Asik banget sih kalo ngopi ditemani bnyak buku gitu. Bikin tambah betah di cafe, ngopi cantik sambil nambah wawasan.

Sri Wulandari
Sri Wulandari
1 month ago

Asik banget sih ngopi ditemani buku banyak begini. Bisa stay lama di cafe buat nambah wawasan. Mantap bangett

Fenni Bungsu
Fenni Bungsu
1 month ago

Kalau deket sama lokasi daku, wah udah merencanakan nih buat datang dari jam buka, haha. Biar puas bisa baca banyak koleksi bukunya. Asik tempatnya.

Susie Ncuss
Susie Ncuss
1 month ago

aku malah belum nyoba main ke sini.
Semuanya gara-gara pandemi sih… Eksploring kota Bandung jadi terkubur dalam-dalam 🙁

Retno Kusuma Wardani
Retno Kusuma Wardani
1 month ago

Tempatnya cozy banget, koleksi bukunya juga banyaaak… duh bikin betah deh kalo gini. Di Malang, ada apa enggak ya tempat kaya gini?

Karyati Niken
Karyati Niken
1 month ago

Kolekai bukunya yahud nih. Aku paling suka baca buki di cafe begini. Tapi kalau bawa anak, prefer ke perpus Nas di Jakarta wkkwkw

Nyk
Nyk
1 month ago

Wuihhh suasana Kineeruku adem dan nyaman banget ya. Ada kursi rapi dan juga buku-buku yang tertata rapi. Hmmm jadi kangen perpustakaan dan toko buku nih…

Fachrur Rozi
Fachrur Rozi
1 month ago

Kesuaakan ku adalah banyaknya buku” yg bisa di baca terus menerus apalagi seperti suasananya sangat mendukung banget untuk mood baca

nyi Penengah Dewanti
nyi Penengah Dewanti
1 month ago

Mba Diaz aku mupeng banget
Ngilerlah sebagai pecinta baca buku
Semoga ada kesempatan ke sini aamiin. Ke Bandung cuma baru sekali doang saya

Lasmicika
Lasmicika
1 month ago

Surga banget nih, cocok buat meet up atau ngerjain tugas sambil baca buku-buku bagus.

20
0
Comments herex
()
x