Being A Mom,  Clodi,  Daario,  Popok

Pengalaman Belajar Menggunakan Popok Kain (Clodi)

Baby D mulai saya kenalkan dengan popok kain atau cloth diaper atau clodi, di usia 5 bulan. Awalnya saya pengen sedini mungkin memperkenalkan D dengan clodi ini. Di persiapan kelahiran pun saya sudah bekal popok kain (walau nggak jadi dipake, hehehe).

Setelah lahiran makin ada aja excuse nya untuk terus menunda beli clodi. Di awal-awal ketika pulang dari rumah sakit saya mengalami banyak β€œdrama” dengan jahitan operasi sesar yang membuat saya sulit cak-cek-cak-cek melakukan aktivitas.

Jangankan untuk nyuci popok, untuk mandi aja butuh perjuangan :’) Setelah jahitan membaik, saya harus siap-siap pindahan ke Malang dan itu juga menyita waktu dan tenaga.

Baca juga: 9 Bulan yang Tak terlupakan

Titik baliknya adalah ketika saya sudah di Malang dan sudah merasa capek buang-buang popok setiap hari dengan jumlah yang lumayan banyak. Maka mulailah saya riset kesana-kemari bertanya-tanya tentang clodi.

Ada banyak review di blog-blog mengenai clodi, dan ada lebih banyak lagi online shop yang menawarkan berbagai macam merk clodi. Bingung? BANGET. Sampai mabok riset saya kebanyakan baca ini-itu tapi nggak nemu-nemu juga mau beli yang mana πŸ˜‚

Sebenernya ada yang nyantol di hati cuma masalahnya satu: mereka tidak punya website. Emang penting? Penting banget! Dari website itu kan saya bisa lihat gambaran sejauh mana si owner serius dalam membuat clodi, seberapa banyak informasi yang mereka berikan, seberapa jelas instruksi pemakaian-pencucian-perawatan clodi yang hendak dibeli dan hal-hal lainnya.

Walau saya menemukan banyak website para reseller, tapi kebanyakan fokus mereka hanya menjual, bukan memberikan informasi clodinya seperti apa. Buat saya itu nggak cukup karena infonya harus lengkap dan se-detail mungkin 😝

Tips Memilih Clodi

Lalu saya bertanya ke suhu per-clodian, Gita si trytotraveltheworld (hai Git! πŸ™‹β€β™€οΈ) yang ternyata sudah pakai clodi dari baby-nya usia 40 hari!

Setelah tanya ini-itu dan ngerecokin Gita ini-itu, akhirnya saya menetapkan hati memilih clodi merk Ecobum. Disclaimer: tulisan ini murni opini saya ya, tidak di-endorse pihak manapun.

Baca juga: Daftar Barang Bawaan Saat Bersalin

Kepoin website-nya Ecobum deh. LENGKAP semuanya ada disana. Mulai dari jenis outer clodinya, jenis insert, jenis liner, cara mencuci, cara merawat, sampai video tutorial ada semuanya disana. Dan yang penting Ecobum ini merk lokal, jadi masih ramah di kantong. Mamak-mamak hepi mana suaranyaaaa?

Setelah milih-milih (dan tentunya ngerecokin Gita lagi, hehe) saya memutuskan membeli Ecobum Universal Cover + Bamboo Insert + Liner. Belinya lewat reseller resminya di Shopee biar hemat ongkir wkwk (ongkir ke Malang mahal gils).

Oh ya, untuk perawatan clodinya saya juga sekalian beli ecowash. Jadi ecowash ini adalah laundry ball yang di dalamnya ada butiran keramik far-infrared ray yang ketika proses mencuci bisa mengaktifkan molekul air sehingga proses pemisahan kotoran dari kain kotor bisa cepat.

Selain itu mencuci clodi dengan detergen biasa kurang baik karena somehow si kotoran pipis atau pup nya bisa kejebak di dalam insert atau liner. Lebih lanjut baca di websitenya aja ya.

Lil’ bit pricy, tapi karena ecowash ini kurang lebih tahan digunakan hingga 3 tahun, jadi ya itungannya lebih hemat. Ramah lingkungan pula! Hehe.

Pemakaiannya juga gampang banget. Tinggal cemplungin ecowash ke dalam mesin cuci bareng dengan clodi, insert, dan liner yang sudah dibilas, set ke bilas mode (di mesin cuci saya kurang lebih 18 menit), tinggal, beres deh! 😎

So far saya selalu pakai ecowash ketika mencuci clodi. Tapi sebelumnya si clodinya di bilas dulu ya pakai air yang mengalir. Kalau bekas pup gitu kadang suka masih ada warnanya, bisa pakai ecostick (tapi saya belum pakai).

Awalnya saya sempet bingung kenapa sih nih udah pakai ecowash tapi noda pupnya nggak hilang 100%? Sempat baca dimana ya lupa, kalau menjemur pakaian di bawah sinar matahari adalah salah satu cara menghilangkan noda di pakaian secara alami.

Batin saya waktu itu, β€œya Lord, omong kosong apalagi ini???”. TAPI PEMIRSA, ternyata itu memang benar adanya. Pengalaman saya sendiri nih pas lagi kesel karena noda pup masih ada, trus di jemur di bawah sinar matahari, pas jemurannya di angkat NODANYA HILANG PEMIRSA. Waw, amazing bukan?

By the way, saya hanya pakai ecobum untuk nyuci clodi saja ya, kalau nyuci baju biasa ya pakai detergen biasa, masih ada stok detergen sekardus kado lahiran dari budhe saya. Gils kan budhe emang ngerti banget, stok detergen setahun aman terkendali~ 😎

It’s All About Commitment.

Anyhoo, sekarang sudah 2 bulan semenjak D pakai clodi. Alhamdulillah nggak ada drama yang gimana-gimana sih. Nggak pernah bocor, kulitnya nggak pernah bentol atau ruam, pokoknya it’s all good!

Saya pun jadi lebih disiplin buat gantiin clodi dia setiap 2-3 jam sekali. I’m not an expert for this, makanya sesuai judul tulisan, sampai sekarang saya masih belajar menggunakan clodi. Kalau mau tidur malam, D masih pakai popok sekali pakai (pospak) karena saya masih belum sanggup bangun malam setiap 2-3 jam untuk mengganti popoknya. Hehehe.

Kalau lagi jalan-jalan ke luar pun D masih pakai pospak. Saya nggak mau ambil resiko nyimpen clodi kotor lama-lama di perjalanan takut kotorannya menempel terlalu lama. Belum lagi kalau pup, kan harus langsung dicuci πŸ˜€

Jumlah clodi yang saya punya pun nggak banyak, hanya cukup untuk pemakaian dua hari. Lagipula ngapain juga beli banyak-banyak, kan bisa dicuci. Semuanya cukup, semuanya senang. Wkwk. Oh ya dari segi keekonomisan, semenjak belajar pakai clodi saya hanya beli pospak 1 pak besar (biasanya saya beli sweety gold ukuran L bonus sweety silver ukuran sedang) satu kali untuk pemakaian 2 bulan. Ini JAUH lebih hemat karena biasanya dalam 2 bulan saya beli 2-3 pak pospak ukuran besar.

TAPI untuk membeli clodi juga butuh modal yang nggak sedikit (menurut saya lho) hehe. But trust me it’s all worth it and worth to try. Kebetulannya, saya kan IRT alias seharian ngintilin anak kemana-mana, jadi saya sendiri yang meng-handle dunia perpopok-clodian nya D.

Capek-capeknya bilas, nyuci, buang pup nya D ya saya sendiri yang ngerjain. Jadi nggak tahu ya kalau misal di daycare atau titip di orang tua atau mertua atau di tempat penitipan anak memperbolehkan baby-nya menggunakan clodi. Better check it out sebelum memutuskan belanja clodi, just to make sure πŸ˜‰

Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Clodi

To wrap all this stuff, saran saya nih buat moms semua yang mau beli clodi atau mau belajar pakai clodi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Riset.
    Baca, baca, baca. Kepoin blog-blog yang membahas tentang clodi dan website merk clodi incaran mom semua. Jangan males buat baca atau bahkan kontak distributor atau penjualnya untuk tanya-tanya. Jangan berhenti sampai mom merasa puas untuk mendapatkan clodi yang sesuai dengan keinginan.
  • Tanya ke yang Berpengalaman
    Malu bertanya sesat di jalan, moms. Lebih baik tanya ke teman-teman yang sudah lama dan berpengalaman pakai clodi. Karena pengalaman adalah guru yang paling berharga #takdumcas.
  • Persiapkan Mental
    Memilih untuk menggunakan clodi artinya udah siap mencuci kotoran baby: membilas pipis & pup. No jijik jijik club! Kalau mentalnya kendor ketika melihat pup baby berseliweran di clodi, ingat lagi apa tujuan kalian menggunakan clodi (dan inget juga berapa rupiah yang udah dihabiskan untuk beli clodi, ini yang paling ngaruh sih biasanya. wkwk).
  • Biaya
    Menurut saya, menurut saya lho ya, clodi itu nggak murah. Masih terjangkau tapi nggak murah. Jadi persiapkan dulu anggarannya. Setelah riset dan tahu mau beli yang mana, kalkulasikan harus beli berapa banyak dan siapkan uangnya. Minta persetujuan pak suami kalau perlu. Kalau kata pak suami nggak boleh, jelaskan apa keuntungan pakai clodi, kalau nggak boleh juga, beli pakai uang sendiri, kalau tetep nggak boleh, ya nabung dulu sampai bisa beli. Hehehehe.
  • Disiplin
    Pakai clodi berarti kalian harus apik dan disiplin dengan jadwal. Masa beli mahal-mahal, pengaplikasian ribet-ribet, tapi nggak dirawat? Harus DISIPLIN.

Well, gimana? Sudah mantap untuk ikutan belajar juga menggunakan clodi? Atau masih ada pertanyaan yang mengendap?

Bisa sama-sama belajar yuk dengan sharing di kolom komentar.

Adios! πŸ™†β€β™€οΈ

Subscribe
Notify of
guest
36 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Annisa P Putri
Annisa P Putri
5 months ago

Ih bener dah pake pospak kalo si baby udah lumayan besar berasa bener di kantong. Btw, clodi paling gak punya berapa pcs kak? Mumpung masuk musim panas mau coba pakai clodi.Kemarin pas musim hujan pake clodi males nyucinya akutuu T_T.

Rinrin Rindawati
Rinrin Rindawati
5 months ago

Lagi in banget ya, tapi aku belom punya anak hehe
Bisa jadi referensi ntr kalo udah ounya anak. Thank u mbak udah dibahas hehe

Iva
Iva
5 months ago

Anakku ga prnag pake diapers drumah, nyoba pake ini tuh anak ga nyaman bgt jdi kembali lgi ke celana kain, pdahal ngebantu bgt ya jdi irit cucian

Renayku
Renayku
5 months ago

Wah iya bener bgt. Sampah terbanyak tuh katanya dari popok hiks. Jadi kepikiran nih buat pake clodi aja tapi emang butuh kesiapan mental jg ya ternyata haha

Putri Lasim
Putri Lasim
5 months ago

Mba itu clodinya model celana bukan? harus nambah insert gak mba? hehehhe maaf ya mba jadi banyak tanya. aku selama ini pake clodi punya LC Waikiki, mungkin ini bisa jadi tambahan koleksi clodi

Fenni Bungsu
Fenni Bungsu
5 months ago

Wah daku infoin ke kakak daku nih, soalnya Ponakan daku 2 tahun masih pakai popok, siapa tahu clodi bisa jadi solusinya

Firda
Firda
5 months ago

Aku sering denger nih tentang Clodi. Tapi belom bisa coba gegara belom ada baby hehehe. Nyucinya agak bikin males nih kak, tapi asik banget bisa mengurangi sampah popok

Farida Pane
Farida Pane
1 month ago

Aku pernah kontinu pake clodi sejak anak ke-2 sampai 5. Memang hemat kok. Cuma sedikit repot aja.

Lita
Lita
1 month ago

anak saya yg pertama juga sering pakai clodi ecobum. tahan lama banget sih bisa dipakai sampai ke adiknya. tapi adiknya juga jarang aku pakein karena ngga kuat ngurus semuanya sendiri ditambah dua balita.

anotheorion.com
anotheorion.com
1 month ago

dulu pas anak-anak kecil juga sesekali pake clodi, biar gak terlalu bergantung aja sama pempers n tentunya lebih hemat, emang sih jadi lebih sibuk buat nyuci tp ya gapapa udah tugasnya gitu jadi orang tua hihihi

Sari
Sari
1 month ago

Aku makin penasaran sama eco wash, eco stick sama eco bum, itu penggunaannya beda-beda ya? Kalau pakai mesin cuci atau cuci pakai tangan, sama-sama bisa pakai eco wash? Kalau pakai clodi, kulit baby nggak ruam?

Okti
Okti
1 month ago

Waktu putra saya masih pakai popok, sempat pakai clodi juga. Sampai sekarang itu clodi masih ada dan awet asalkan kita cuci bersih, simpan dengan perawatan insyaallah bisa dipakai lagi kelak. Salah satu keuntungan pakai clodi sih itu menurut saya…

Siti Mustiani
Siti Mustiani
1 month ago

Wah, menarik kak. Bisa dibilang popok kain clodi ini juga ramah lingkungan yaa. Boleh nih dicatet, kalau punya anak nanti bisa direkomendasiin menggunakan produk ini.

Lintang
Lintang
1 month ago

Sama nih anak-anak dulu juga bape clodi Ecobum. DAn ngga gampang tembus, nyaman dan ngga ruam yah> Meskipun tetep kalo keluar pake pospak. Tapi sambil belajar TT gitu.

Sri Wulandari
Sri Wulandari
1 month ago

Alhamdulillah akhirnya aku nemuin rekomendasi clodi yang pas sdi hati. Udah lama pengen pakein bayiku clodi tapi selalu bingung mau beli yang mana. Karena secara beli clodi btuh modal kan, jadi aku takut salah pilih dan rugi hehe
Makasih infonya kak

Alfa Kurnia
Alfa Kurnia
1 month ago

Saya salut banget sama ibu-ibu yang memakai clodi untuk bayinya. Selain lebih hemat, ramah untuk kulit bayi juga ramah lingkungan, ya. Sehat-sehat terus baby D dan mama.

Putu Sukartini
Putu Sukartini
1 month ago

Dulu waktu punya bayi belum jamannya popok kain clodi
Jadi ya pengeluaran agak boros karena pakai popok pabrikan sekali pakai itu
Lumayan nguras kantong juga sih. Sama agak merasa bersalah ikut nyumbang sampah ke lingkungan huhuhu

Enak nih sekarang ada popok kain gini
Lebih hemat dan nyaman juga buat bayi ya

dian
dian
1 month ago

wah iya, dulu anakku juga aku pakai in clodi biar lebih hemat dan ramah lingkungan

Erin
Erin
1 month ago

Kalau anakku malah kebalikannya mba. Waktu kecil pakai popok kain, tapi bukan clody. Ya, akhirnya cuci kain tiap hari. Tetapi, pas usia 1 tahun pakai popok. Karena sampah popok sekali pakai tidak baik untuk lingkungan, usia 2 tahun lepas popok, pakai clodi dan tak lama belajar bangun malam-malam kalau mau pipis. Hehe… Ternyata untuk cuci popok Clodi gitu bagusnya pakai detergen khusus ya, Mba.

Diah Alsa
Diah Alsa
1 month ago

anak-anakku juga dulu pake clodi Mbak, nyicil belinya sejak Si Kakak umur 4 bulanan klo ndak salah. Risetnya emang dari hamil sih, baca review sana sini dan mantabkan diri tuk beli beberapa dulu awalnya. Stocknya kurleb 10pcs dan itu diwariskan ke kedua adiknya, hihih. Meski mereka gak full clodi sih, tergantung sikon termasuk cuaca juga kalau matahari gak bersinar a.k.a lagi sering hujan ya balik pospak lagi hihih.
Si Kakak juga pake sempat Ecobum juga waktu itu πŸ˜€

Jihan
Jihan
1 month ago

Anakku juga pake cloudi nih mba kalo siangg. Kalo malem masih blm bisa pakein cloudi huhu

Mei Daema
Mei Daema
1 month ago

baca ini jadi banyak pengetahuan sebelum membeli clodi, pastinya memang harus duper hati-hati ya mba sebelum membelinya

Marfa
Marfa
1 month ago

Asyiiik buat referensi akuuh nih simpen duluu kelak untuk masa depan kalau suda menikah πŸ˜€ soalnya ku punya keresahan sama, berasa guilty kalau pakai popok sekali pakai karena nyampahnya itu. Nah clodi ini pengin jadi pilihan tentunya, namun perlu disiplin jadi catatannya ya. BTW yang warna biru d gambar lucuuuk juga

Yanti Ani
Yanti Ani
1 month ago

Ternyata banyak istilah baru ya baru saya tahu tentang popok kain, serius aku buta banget soal ini, tapi dulu sewaktu anak-anak saya masih baby, saya pakein popok kain hanya malam aja pake diapers

Susie Ncuss
Susie Ncuss
1 month ago

Kalau aku make pembalut kain.
semangatnya sama dengan emak2 yang make clodi, yaitu utk hemat pengeluaran dan juga lebih ramah lingkungan.

Nisazet
Nisazet
1 month ago

Salah satu tips mengurangi cucian dengan popok yg bisa di cuci, apalagi saat musim hujan bisa sangat membantu nih. Selain itu jua, ramah lingkunga lagi. Bdw pas banget ini temen ada lahiran, mau kasih kado kan jadi cakep hhih

Nyk
Nyk
1 month ago

Pakai popok kain adek jadi lebih nyaman ya mom? Selain itu lebih irit ya meski harus bolak balik cuci tp lbh sehat. Hehe

Akarui Cha
Akarui Cha
1 month ago

Ouw ternyata gitu ya penanganan si clodi biar tetap awet. Aku tadinya mau berpindah dari diaper ke clodi. Cuma pas lihat punya saudara, kok keknya jadi nggak terawat gitubsi clodi, jadilah balik ke diaper lagi.

Baru tau juga nih ternyata menjemur pakaian di bawah sinar matahari bisa membantu menghilangkan noda.

Retno Kusuma Wardani
Retno Kusuma Wardani
1 month ago

emang kalo punya baby itu salah satu pengeluaran terbanyak adalah diapers ya… Sekarang udah ada clodi, kalau zaman anakku bayi dulu mungkin sudah ada tapi belum hits kayak sekarang…

Adriana Dian
Adriana Dian
1 month ago

Jaman aku punya anak dulu, masih jaraaaang banget clodi-clodian giniiii. Walaupun agak repot tapi pake clodi tuh ramah lingkungan banget yaaa

Tukang Jalan Jajan
Tukang Jalan Jajan
1 month ago

dengan popok kain pasti lebih hemar dan menjaga lingkungan banget dari sampah. aman dan bebas bahan kimia juga kan ya

Apura
Apura
1 month ago

Mamak kudu rajin dan niat nih kalau mau pakein bayi clodi. Selain harganya lumayan, kalau gak dipakai kan sayang.

Kiky
Kiky
1 month ago

Emang penuh perjuangan ya. Tidak mudah mengurus anak itu. Waduhh aku baca ini rasanya simpati sama ibu2 hihi. Mesti no jijik jijik yaaa.

Fachrur Rozi
Fachrur Rozi
1 month ago

wah boleh ni jadi rekomendasi nantinya utk popok kain clodi

Jasmi
Jasmi
1 month ago

Jadi, kalau mau pakai clodi harus langsung dicuci saat itu juga ya kak? PR sih ini.. Lha mau gimana, ramah lingkungan sih.. Jadi menarik aja ini.. Mending anggaran beli pospak buat beli daster emaknya kan ya.. 🀭🀭

Heizyi
Heizyi
1 month ago

Pertama kali tahu popok ini tuh dari temen yang kebetulan jualan clodi. Pas tanya-tanya dan coba beli, ternyata harganya lumayan ya kak. Tapi worth it lah sama fungsinya

36
0
Comments herex
()
x