Pengalaman Menggunakan Balance Bike, Sepeda Keseimbangan yang Punya Banyak Manfaat!

oleh | Okt 24, 2021 | Being A Mom, Stories | 57 Komentar

Moms, apakah kalian ada yang membiasakan anaknya bersepeda menggunakan balance bike? Mungkin untuk sebagian, balance bike ini masih asing, ya. Padahal banyak sekali lho manfaat dari penggunaan balance bike ini untuk si kecil. Gimana sih caranya mulai memperkenalkan balance bike pada anak? Apa saja manfaat balance bike? Merk apa yang recommended dan bagaimana cara melatih anak bersepeda? Sini sini, aku mau rangkum semua pengalaman menggunakan balance bike sesuai pengalaman aku, ya!

Balance Bike Itu Apa Sih?

Balance bike atau biasa disebut juga dengan push bike, adalah sepeda untuk anak yang dirancang tanpa pedal.

Hah, sepeda kok tanpa pedal? Nggak salah, tuh?

Nope. Sesuai namanya, balance bike, sepeda ini berfungsi untuk membantu anak belajar keseimbangan. Berbeda dengan sepeda pada umumnya yang harus dikayuh, balance bike digunakan dengan cara mendorong dengan menggunakan tumpuan kaki. Maka nggak heran kalau sepeda ini juga kerap disebut sebagai push bike atau sepeda dorong (didorong pakai kaki, gitu, hehe)

Balance bike bisa digunakan dari usia anak dua tahun, lho! Pengalaman menggunakan balance bike anakku misalnya, dimulai dari usia Baby D 23 bulan (tahun 2020). Pelan-pelan aja ngajarinnya dan aku selalu ajak dia bersepeda setiap hari di sore hari.

Awalnya baby D masih kagok dan nggak berani duduk di sadelnya. Jadi dia berdiri sambil nuntun sepedanya gitu pelan-pelan.. Kocak juga sih kalau diingat-ingat! Sampai akhirnya dia bisa lancar dan mau duduk di sadel itu setelah aku pindah rumah, karena di tempatku ini ada tetangga yang juga pakai balance bike. Setelah itu, dia ngebut terus deh setiap main sepeda!

Oh ya, balance bike beratnya lebih ringan dibandingkan dengan sepeda anak pedal. Jadi memungkinkan banget deh untuk digunakan anak sampai dengan usia 4 tahun.

Baca juga: Manfaat Bermain Sensori Play

Kenapa Memilih Balance Bike?

Aku pribadi memilih kegiatan bersepeda untuk menyalurkan energi anakku yang super duper aktif. Dari usia 1 tahun, aku perhatikan Baby D ini sangat aktif untuk kegiatan fisik dan oralnya seperti berjalan, berlari, berbicara, dan bernyanyi. Maka dari itu riset-riset dulu nih kegiatan apa yang paling cocok untuk menyalurkan energinya itu. Sampai akhirnya jatuhlah pilihanku pada memperkenalkan balance bike. 

Awalnya aku sempat ragu nih untuk membelikan anakku sepeda ini. Tapi setelah riset pengalaman menggunakan balance bike dan tanya sana-sini, akhirnya mantap juga dan langsung memutuskan untuk beli, deh!

Apa Manfaat Balance Bike Untuk Anak?

Berikut aku coba simpulkan beberapa manfaat dan pengalaman menggunakan balance bike yang berpengaruh pada kondisi anak, ya:

  1. Melatih keseimbangan
    Anak membutuhkan kemampuan keseimbangan yang baik untuk menunjang aktivitasnya. Untuk mendukung keseimbangan tubuh, dibutuhkan otot punggung, tungkai dan kaki yang kuat. Nah, otot-otot ini bisa terlatih jika anak bergerak aktif atau berolahraga, salah satunya dengan mengendarai balance bike!
  1. Melatih koordinasi
    Ketika sedang bermain sepeda, si kecil perlu berkonsentrasi pada jalan, arah, dan pijakan. Ia juga harus memutuskan kapan harus maju, berhenti, berbelok, menanjak, dan melalui jalanan yang tidak rata. Balance bike juga di desain untuk bisa digunakan di berbagai medan, termasuk jalan bergelombang dan off road. Jika anak sudah lancar, ia juga biasanya akan menunjukan kegesitannya dengan mengendalikan sepeda dengan cepat atau melakukan manuver. 
  1. Meningkatkan Rasa Percaya Diri
    Dengan dilatih untuk berkendara sendiri, anak memiliki rasa percaya diri dalam hal melakukan sesuatu. Sesuai dengan pengalaman menggunakan balance bike yang aku alami, memberikan anak semangat dan pujian yang sewajarnya ketika ia berhasil melakukan gerakan tertentu atau melalui jalanan yang bergelombang akan membuatnya lebih exited bermain sepeda!
  1. Mengendalikan Rasa Takut
    Jangan panik ketika anak jatuh, ya. Berikan sounding atau pemahaman kepada anak kalau jatuh adalah proses dari belajar. Dengan begitu, anak akan belajar untuk mengendalikan rasa takut dan cemas untuk bersepeda. Gunakan juga alat keselamatan seperti helm dan pelindung lainnya untuk menghindari si kecil dari cedera serius.
  1. Meningkatkan Bonding dengan Orang Tua
    Belajar naik sepeda dengan dibantu orang tua bisa menjadi kegiatan yang mampu membangun kedekatan emosional. Momen pertama anak mengendarai sepeda roda sering kali menjadi momen masa kecil yang tak terlupakan.
pengalaman menggunakan balance bike sepeda anak
Sudah lancar main balance bike, balapan dengan teman komplek

Baca juga: Surga Tersembunyi di Nusa Lembongan

Bagaimana Cara Memilih Balance Bike?

Sebenernya untuk memilih balance bike yang tepat untuk anak sih tergantung dengan kebutuhan dan budget, ya. Tapi, sesuai pengalaman menggunakan balance bike yang aku jalani, orang tua harus pertimbangkan sendiri, sih, mau merk sepeda yang seperti apa.

Kalau aku dulu itu ada beberapa hal yang diperhatikan seperti:

  • Ukuran
    Apakah sepedanya terlalu berat atau terlalu besar? Bisa di adjust nggak ukurannya?
  • Roda
    Beberapa balance bike menggunakan roda seperti sepeda pada umumnya, berisikan angin dan bisa dipompa. Tapi sebagian sepeda rodanya terbuat dari plastik sehingga ringan dan nggak perlu repot ban kempes atau kurang angin.
  • Testimoni
    Gimana nih pengalaman netizen lain yang anaknya pakai balance bike X, apa bedanya dengan yang pakai balance bike Y? Jadi ya riset terus sampe gempor haha..
  • Harga
    Nah ini juga part yang penting. Sudah sanggup belum tabungannya untuk beli balance bike yang diinginkan? Udah nemu merk dengan harga yang sesuai?

Setelah menimbang-nimbang, akhirnya kami memutuskan untuk memilih balance bike merk London Taxi! Yeaay!

pengalaman menggunakan balance bike push bike sepeda anak

So far sih setelah 1 tahun lebih pemakaian sepedanya masih bagus, ya. Nggak ada keluhan yang berarti. Kalau lecet di body sih nggak masalah, ya, karena kan anak naik sepeda juga ada jatuhnya, jadi wajar kalau body tergores. Untuk ukuran ban plastik juga masih awet kok, belum perlu ganti baru.

Waktu itu kami beli London Taxi balance bike ini di harga 1,5 juta (tahun 2020) tapi kayaknya kalau sekarang harganya sudah turun, deh. Sebenarnya awalnya naksir yang merk Polygon, tapi cari ke beberapa gerai dan reseller kok susah banget dan stoknya selalu habis. Saya udah ngisi nih waiting list PO nya, sampai sekarang juga nggak dihubungin, wkwk. Sungguh sebuah pengalaman menggunakan balance bike yang

Yah begitulah berarti jodohnya memang di si London Taxi ini. Sampai sekarang sepeda ini masih rutin dipakai, sehari bisa 2-3 kali. Semenjak lancar main sepeda, Baby D tuh nggak mau lepas dari kesempatan main di luar. Sekolah Paud aja mau berangkat kalau naik sepeda :’)

Baca juga: Makan Gratis Seharian Ketika Ulang Tahun

Finally…

Untuk moms yang ingin cari balance bike yang tepat untuk anak, sok atuh mangga didiskusikan dulu dengan pasangan sambil tentunya browsing sana-sini ya untuk tambah referensi. Sesuai pengalaman, nggak nyesel deh membekali aktivitas anak dengan kegiatan bersepeda ini. Worth every penny!

Oh ya, untuk yang masih bingung atau ingin bertanya mengenai pengalaman menggunakan balance bike, bisa tulis di kolom komentar, ya!

Subscribe
Notify of
guest

57 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Okti
Okti
1 year ago

Sungguh saya malah baru tahu ini jenis sepeda tanpa kayuh alias balance bike ini. Tapi itu anak emang bisa berjalan dengan sepeda seperti dikayuh begitu kalau kakinya terbiasa ya?

Nunung
Nunung
1 year ago
Reply to  Okti

Waah aku dah tau beberapa kali lihat video balapan anak anak pakai balance bike ini, di beberapa kota . Tapi baru ngeh dan ngerti fungsinya dan dipakai sampai umur berapa pas baca artikel ini .

Okti
Okti
1 year ago
Reply to  Okti

Berarti mendingan Teh Nunung dong ya… Saya soalnya baru tahu pisan bentuk dan kegunaannya.
Beruntungnya ini artikel Mbak Diaz Bella lengkap banget…

April Hatni
April Hatni
1 year ago

Wah, balance bike di sana sudah populer ya? Ikut seneng nih ngelihat foto-foto Baby D pake balance bike, hehe.

Okti
Okti
1 year ago

Si adik sekarang udah pede ya pake bisa jalan bareng sama mereka yg udah mahir gowes, hehehe… Terbayang lucu deh sepertinya si adik mengayuh kakinya di sepeda unik itu …

Bambang Irwanto
Bambang Irwanto
1 year ago

Sesuai namanya, ini memang sepeda keseimbangan ya, Mbak. Jadi nanti pas sudah lancar naik balance bike ini, akan mudah naik sepeda biasa.
Dan saya ingat, adik saya dulu juga belajar naik sepeda sendiri dengan mendorong-dorong sepeda, tanpa dikayuh. Pokoknya belajar keseimbangan dulu.

hallowulandari
hallowulandari
1 year ago

awalnya aku kira balance bike tuh sepeda yang ada jagaannya kanan kiri di belakang jadi punya 4 roda hahhaa, ternyata malah ga ada pedal ya, cocok buat melatih motorik anak yg lagi mulai jalan nih ya mba? Kira-kira bisa dipakai sampai usia berapa ya?

Hendra Suhendra
Hendra Suhendra
1 year ago

Saya baru tau kalo ada sepeda model balance bike ini. Jadi anak-anak nggak perlu terlalu takut jatuh ya Mba. Kayaknya makin populer nih balance bike belakangan ini.

Yanti Ani
Yanti Ani
1 year ago

Saya punya keponakan yang baru berumur setahun dan mulai belajar jalan, sepertinya mendukungnya dengan membeli sepeda ini bakal sangat bagus 😀

Arai Amelya
Arai Amelya
1 year ago

Wah buat anak-anak ya? Widih pasti seru nih mempelajari balance bike. Aku jadi inget beberapa tahun lalu ada juga sepeda tanpa rem ya yang ditawarkan ke publik Indonesia

Jihan
Jihan
1 year ago

Kapan hari aku juga sempet kepikiran mau beliikan anakku ini kakk. Huhu tapi blm jadi2. Terimakasih bangett reviewnya. Pas banget

Siska Dwyta
Siska Dwyta
1 year ago

Pas banget nih Mbak emang saya lagi cari nih balance bike buat melatih keseimbangan anak saya juga biar dia juga bisa pintar naik sepeda tanpa bantuan roda lagi. Nah, ternyata ada tips2nya ya kalau mau pilih balance bike ini

Rahmah
Rahmah
1 year ago

Anakku juga mau dibelikan ini
Tapi aku bilang dia cewek
Jadi aku belikan sepeda biasa aja
Ternyata gapapa ya balance bike untuk latihan keseimbangan

lendyagassi
lendyagassi
1 year ago

Lucu yaa…
Aku baru tau ada balance bike setelah anakku bisa naik sepeda.
Karena kalau sudah anak kedua tuh..bisa lebih cepet belajarnya, ngikut kaka aja pokoknya.

Beberapa kali liat video anaknya temen-temen memang anaknya merasa cepet bisa roda dua. Jadi lebih percaya diri dan rasanya energinya bisa tersalurkan dengan baik.

Monica Anggen
Monica Anggen
1 year ago

Setuju nih kalau balance bike bagus buat bantu anak belajar jalan, melatih keseimbangan, dan juga latihan koordinasi anggota tubuh lainnya. Kebetulan dua ponakanku tahun lalu baru belajar jalan, nah para mamanya beliin balance bike ini. Emang jadi lebih cepat dia bisa jalan, dan sekarang udah bisa ngayuh sepeda kecil juga.

Mei Daema
Mei Daema
1 year ago

jadi ingat dulu pas waktu belajar sepeda pertama kalinya, degdegannya luar biasa pada udah besar, apalagi anak kecil ya pasti takut gimana gitu, tapi dengan balance bike gitu sangat membantu mereka pastinya secara perlahan ya

Ilham Sadli
Ilham Sadli
1 year ago

waah yang model dewasa ada gak yak? kalau ada, mau belikan buat emak kalau mau ke sawah hehehe soalnya beliau kan belum bisa make sepeda

Lina Sophy
Lina Sophy
1 year ago

Duku sempet kepikiran pengen beliin anak sepeda balance juga tapi karena tinggal di kota kecil jadi susah carinya, akhirnya beli yang roda 3 deh, kemudian beli sepeda biasa yang ada roda bantunya kanan kiri ?

Diani Sekaring Sejati
Diani Sekaring Sejati
1 year ago

Anakku juga suka banget main balance bike ini.. Tapi kadang kalau main di daerah yang agak-agak pinggir (nggak di kota gitu) masih suka dilihatin orang dengan tatapan aneh, katanya sepeda kok nggak ada pedalnya 😀 Padahal banyak yaa manfaat dari balance bike.

Leila
Leila
1 year ago

Waktu pemakaian balance bike ini mulai ramai, anakku udah lumayan gede jadi akhirnya nggak ikutan beli juga. Tapi konon memang bisa bikin lebih cepat belajar menyeimbangkan diri buat bekal nanti memakai sepeda roda dua, ya.

Annisa P Putri
Annisa P Putri
1 year ago

Banyak manfaatnyaa rupanya. Baeklah ibuk ngumpulin duit dulu biar aps ultah kedua kebeli ??.

rindawatirinrin
rindawatirinrin
1 year ago

Jujur sih sebelumnya aku juga bingung dan ga paham sama balance bike, tapi ada beberapa influencer yang pake dan banyak sharing jg akhirnya tau bahwa benda unik ini sangat bermanfaat buat anak

Selvijua
Selvijua
1 year ago

Beneran aku baru tau fungsi dan namanya, maklum anak udah gede semua, dulu ga ada sepedah ginian, ternyata bermanfaat juga ya, sempet aneh emang ga ada pedal gitu.

Shyntako
Shyntako
1 year ago

wah balanced bike si London Taxi ini kece amat yaaa, harganya juga okelah sebanding sama kualitasnya, jaman dulu anakku belajar sepeda belum ada nih yang namanya balanced bike jadi masih pake sepeda roda empat yang dilonggarin dikit-dikit roda belakangnya

Niken
Niken
1 year ago

Anak pertamaku dulu juga pakai balance bike dan emang lebih mudah sih untuk latihan keseimbangan. Dia juga happy, bahkan udah sebesar ini pas ke mall dan lihat ada yang jual, dia mint adong main lagi. wkwkwkw

ria
ria
1 year ago

yeaaay 100% fans nya Balance bike. anakku juga seneng bgt pake ini dulu dan sering ikut lombanya juga. manfaatnya banyak bgt. sayang semenjak pandemi jadii jarang latihan

Ririe
Ririe
1 year ago

Saya juga termasuk kelompok emak-emak yang baru tahu tentang balanca bike. Saya tadi awalnya juga ngira Balance bike ini sepeda dengan 4 roda ( 3 di belakang). Lha malah ternyata sepeda tanpa pedal. Baca2 dua kali, masih belum ada gambaran gimana cara menggunakannya. (jadi merasa kudet akut neh saya)

Diah Alsa
Diah Alsa
1 year ago

jadi ingat nih ada kenalan waktu itu mau pindahan dan nawarin balance bike anaknya, katanya baru dibeli tapi biar gak berat-berat saat pindahan mau dipindah tangankan aja, waktu itu harganya kurleb segitu juga deh kayaknya.
sayangnya waktu itu belum tahu banget tentang balance bike ini dan juga gak siap belinya hihihih

atiqoh
atiqoh
1 year ago

hihii samaan, anakku juga aku coba belikan ini, hehe.. memang belum keliatan pasti sih manfaatnya, tapi sudah hampir 2 tahun pakai kayanya makin seimbang dan makin lincah aja hehe

Renayku
Renayku
1 year ago

Aku baru tau nih balance bike ini. Bagus bgt ya buat anak2 kecil yang belum bisa naik sepeda roda dua.

andiyani achmad
andiyani achmad
1 year ago

balance bike ya namanya, hahaha aku tuh suka gemes kalo liat balita dan batita main sepeda ini di komplek deket rumah

HI THERE!

DIaz Bela Blog

Diaz Bela Yustisia

Generasi 91, seorang ibu, dan ex-News TV Reporter yang sekarang sedang meniti “karir” di dunia digital.
Saya menulis tentang hal-hal yang saya sukai: pengalaman, opini, traveling, kuliner, dan lain-lain!
Talk to me about anything! 🙂

Arsip

MEMBER OF:

logo komunitas blog
logo komunitas blog