Financial

7 Perbedaan Emas Batangan Antam dan UBS

Diantara pilihan instrumen investasi, investasi emas batangan atau logam mulia mulai dilirik keberadaannya oleh para millenial. Namun terkadang masih banyak yang bingung dengan perbedaan antara emas Antam dan UBS. Saya sering banget dapat pertanyaan serupa, seperti, lebih bagus emas Antam atau UBS? Lebih tinggi buyback Antam atau UBS? Beli emas Antam atau UBS, ya?

Nggak usah bingung lagi ya karena di sini saya akan membahas karakteristik yang membedakan antara emas Antam dan UBS.

Semoga saja setelah membaca artikel ini kamu nggak bingung lagi mau beli yang mana dan segera cus investasi emas! 😀

1. Produsen Emas Antam dan UBS

Pertama-tama, mari bahas produsen kedua emas tersebut. Emas Antam diproduksi oleh Antam, perusahaan pertambangan yang wilayah operasinya tersebar di seluruh Indonesia dan merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sejak tahun 1968.

Sementara, emas UBS diproduksi oleh PT Untung Bersama Sejahtera, sebuah perusahaan perhiasan swasta yang sudah beroperasi di Surabaya sejak tahun 1981.

Nah, dari sini sudah terlihat kan perbedaannya: Antam merupakan perusahaan BUMN dan UBS merupakan perusahaan swasta. Kedua-duanya sama-sama memproduksi emas batangan.

2. Ukuran dan Karatase Emas Antam dan UBS

Baik emas Antam dan UBS sama-sama memiliki karatase sebesar 24 karat, 99,9%. Jadi berapa gram pun emas yang kalian beli, emas batangan Antam dan UBS sama-sama memiliki karatase sebesar 24 karat.

Untuk ukuran emasnya pun baik emas Antam maupun UBS memiliki berat mulai dari 0,5 gram sampai 1 kilogram. Silakan dipilih deh mau beli yang berapa gram 😀

3. Sertifikat Emas Antam dan UBS

Emas Antam keluaran terbaru memiliki sertifikat yang menyatu dengan kemasannya (laminating). Bentuknya seukuran KTP, dengan bagian transparan di tengah sebagai tempat penyimpanan emas.

Sementara emas Antam keluaran lama masih berupa emas batangan yang dimasukan kedalam plastik. Sertifikatnya merupakan kertas hologram terpisah yang dimasukan ke dalam plastik tebal khusus bersama dengan logam mulianya.

Emas Antam memiliki sertifikat London Bullion Market Association (LBMA) yang memungkinkan kamu untuk menjual emas Antam yang kamu punya di belahan dunia manapun selain di Indonesia. Ya, siapa tau pas lagi jalan-jalan butuh uang cepet, tinggal dijual aja emas Antamnya :p

Sementara emas UBS hanya memiliki sertifikat nasional yang dikeluarkan oleh PT UBS sendiri. Namun, sama seperti sertifikat emas Antam terbaru, sertifikat emas UBS terbaru juga menjadi satu dengan kemasan logam mulianya (terlaminasi).

Ukurannya pun hampir sama, kira-kira seukuran KTP dengan bagian transparan di sisi sebagai tempat penyimpanan logam mulia.

4. Design Emas Antam dan UBS

Tidak hanya desain klasik khas Antam dan UBS saja, kedua produsen emas ini juga memiliki desain spesial yang berkaitan dengan brand tertentu ataupun yang bertujuan sebagai souvenir maupun hadiah di momen spesial.

Antam memiliki aneka emas batangan berdesain ucapan selamat ulang tahun maupun hari jadi. Selain itu bagi penggemar batik, kamu juga bisa koleksi emas edisi batik yang dikeluarkan oleh Antam.

Emas edisi khusus Antam

Sementara, UBS terlihat lebih kekinian karena bekerjasama dengan beberapa brand seperti Disney (Mickey Mouse) dalam desain emas batangan edisi spesial.

Imut banget kan emas batangan UBS special edition: Mickey Mouse!

Sejauh info yang saya tahu, terdapat perbedaan harga untuk emas batangan edisi khusus, tapi tidak terlalu signifikan. Untuk yang lagi cari hadiah ataupun untuk koleksi, pas banget nih!

5. Harga Emas Antam dan UBS

Sebenarnya harga emas atau logam mulia itu fluktuatif. Dalam satu hari saja misalnya, harganya bisa berganti hingga 2 kali.

Ketika tulisan ini dibuat (18 Mei 2020), harga untuk 1 gram emas Antam adalah Rp.941.000 dan harga emas UBS adalah Rp.929.000.

Kalau dilihat, perbedaan harga bisa terjadi karena adanya perbedaan sertifikat yang dimiliki kedua emas tersebut. Karena kalau dari kualitas, baik emas Antam maupun UBS memiliki kualitas yang sama.

Nah, jika kamu ingin mengetahui harga emas Antam dan UBS secara real time, dapat langsung mengunjungi website masing-masing produknya, ya.

6. Likuiditas dan Selisih Buyback emas Antam dan UBS

Dari segi likuiditas, kedua emas ini memiliki harga jual yang sama-sama tinggi. Namun, karena harga jual emas Antam dan UBS berbeda, tentu ada perbedaan juga dengan harga buyback (penjualan kembali) kedua emas tersebut.

Misalnya, untuk emas Antam, terdapat selisih harga jual tergantung dari tahun berapa emas tersebut dicetak. Makanya kita sering familiar dengan istilah “emas tua” kan? Padahal sebenarnya kualitas emas Antam dari tahun ke tahun tetap sama (24 karat, 99,99%).

Hanya saja seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, terdapat perbedaan desain antara emas Antam produksi lama dan baru.

Mungkin karena alasan ini dan juga strategi bisnis, Antam lalu membedakan harga jual/beli sesuai dengan tahun pembuatan atau produksi.

Sementara, tidak terdapat perbedaan atau selisih harga jual emas UBS antara produksi satu dengan lainnya karena tidak ada tahun pembuatan emas dalam sertifikat emas UBS.

7. Di Mana Membeli Emas Antam dan UBS

Emas Antam bisa dibeli di seluruh Indonesia melalui rekanan, toko emas, atau institusi BUMN lain yang bekerjasama (Pegadaian). Jika ingin berkunjung langsung ke daerah Pulogadung, Jakarta Utara, kamu juga bisa membeli emas Antam di unit bisnisnya langsung.

Sementara emas UBS selain bisa dibeli melalui website resminya, juga bisa dibeli di toko emas/perhiasan, lembaga (Pegadaian), maupun marketplace.

***

Nah gimana, sudah nggak bingung lagi kan mau beli emas Antam atau UBS? Kalau sudah mengambil keputusan, kuy langsung beli emas sesuai kebutuhan untuk investasi jangka panjangmu! Emas tergolong mudah untuk dicari. Bisa di toko emas atau bisa juga investasi emas di Pegadaian 🙂

5 2 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
60 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Melly Feyadin
3 months ago

Aku nyesel banget saat emas masih murah gak jadi beli emas batangan utk nabung.
Sekarang jadi mahal bgt ya.
Tp jadi punya pilihan, klo misal gak sempat beli di antam, bisa beli USB.
Makasih infonya.

3835info
3 months ago

oo baru tahu aku jika UBS tak isi tanggal buat, sedangkan ATam isi ya. mmhh menarik nih, jiwa beli emas meningkat lagi sebagai sarana invest

Farida Pane
3 months ago

Ternyata cuma masalah beda merek, ya. Selanjutnya, tinggal diserahkan pada selera mau pilih yang mana.

sarahjalan
3 months ago

Wah emas pun ada macam macam ya, jadi tau perbedaannya setelah baca artikelnya, dulu pernah punya emas antam itupun dapat hadiah dari kantor, selebihnya taunya emas2 biasa yang dijual dipasaran 🙂

hani
3 months ago

Aku baru tahu lho, ada emas batangan selain Antam. Selama ini aku belinya yg produk Antam aja. Jual laginya gampang ga USB? Tapi sekarang lagi mahal banget. Mau jual lagi juga sayang…hehe…

Nurul Fitri Fatkhani
3 months ago
Reply to  hani

Sama Bun, saya juga selama ini belinya produk Antam aja. Baru tau ada emas batangan USB.

Bai Ruindra
3 months ago

Ini perencanaan keuangan terbaik namanya karena emas makin hari makin naik harganya, dan sekali naik tak akan turun lagi jadi harga murah seperti semula

Iim Rohimah
3 months ago

emas emang paling oke buat investasi. Selain mudah, juga relatif terjangkau harganya. Tinggal seberapa kuat hati untuk nggak jual lagi.. hihi

Shyntako
3 months ago

wah soal likuiditasnya nih yang jadi concern aku, padahal soal standar aku oke banget sama emas antam, cuma kok yaa jadinya emas lm kita kalo desain lama jadi lebih jatuh yaa, untuk soal buyback dan likuiditas berarti lebih rekomen emas UBS dong ya mba?

mutia nurul rahmah
3 months ago

aku tu mau beli di ubs juga karna unyu bangeet. bisa buat hadiaaah

Meilia Wuryantati
Meilia Wuryantati
3 months ago

Emas emang paling dicari deh buat investasi. apalagi emas batangan yah. Sayangnya aku ga punya heheh..pernah punya yg Antam. Jadi baru tahu nih UBS.

Didik
3 months ago

Aku belum beli emas dari kedua merek ini. Meski keduanya terpercaya, aku lebih suka emas digital. Jadi ngga ribet buat nyimpen atau takut kehilangan. Btw, informasinya menarik banget nih. Cocok buat hadiah. Ternyata modelnya lucu2 banget ya.

Suciarti Wahyuningtyas
3 months ago

Selama ini aku beli logam mulia keluaran Antam, kalau UBS pernah beli waktu pas ada pameran tapi lebih ke perhiasan karena mereka pernah punya seri khusus gitu.

Triani Retno
3 months ago

Asik banget itu kalo dapat hadiah berupa emas batangan gini. Dijamin penerima pasti suka ya. 🙂

Anggun
3 months ago

Menjanjikan banget investasi emas ini ya. Makin hati makin mahal, turun paling dikit dan cuma sebentar.
Emas ubs lebih unyu tapi ya kalau untuk koleksi atau hadiah 😀

rina
3 months ago

Wah makasih mba informatif sekali. Jadi paham sekarang. Aku baru tau loh emas antam itu punya edisi khusus keren-keren.

Akarui Cha
3 months ago

Pas banget artikel ini aku baca di saat sedang ingin mulai investasi emas dan nemu antara Antam atau UBS. Terima kasih banyak.

Haeriah Syamsuddin
3 months ago

Saya punya emas Antam tapi belum punya yang keluaran UBS. Nanti deh, kapan-kapan mau beli yang keluaran UBS juga biar bisa melihat perbedaannya.

bundabiya.com
3 months ago

mbak thanks banget infonya, sangat ngebantu dalam memahami emas antam dan UBS, kebetulan suami juga berencana beli beberapa. btw itu desainnya wadahnya lucu juga ya..

Rani Yulianty
3 months ago

Makasih informasinya bermanfaat sekali, oh iya, kalau misalnya saya punya emas antam bisakah dijual di toko yang ada tulisannya ubs?

Kyndaerim
3 months ago

Wah, disaat sekarang ini memang paling bermanfaat investasi ketiga barang ini nih.

Makasih infonya mbak Diaz 😊

Ririe
3 months ago

Desain emas batangan UBS lucu-lucu ya. Belum punya antam dan belum pernah beli yang UBS. Dengan desain yang menarik, harga emas UBS lebih menarik daripda antam ya. Punya teman kuliah yang kerja di UBS, katanya di UBS harus bikin desain – desain yang menarik

Tukang Jalan Jajan
3 months ago

dari pengalaman sih emang aku lebih suka beli emas ANTAM dan biasanya beli di Pegadaian atau di kantor Pos. harga jualnya juga bagus dan diterima dibeberapa tempat dengan mudah. aman ssssih

Samleinad
3 months ago

Wah informasi yg bagus nih. Dengan kualitas yg sama, ternyata harganya bisa berbeda ya. Tapi selisihnya tidak terlalu banyak sih.

Rudi G. Aswan
3 months ago

Baru tahu ada produsen emas lain kayak UBS. Kirain Antam aja yang rilis produk emas batangan. Enak sih yang keluaran Antam ya karena bisa dipakai di mana saja termasuk mancanegara. Harga belinya pun ga beda jauh, tapi beda banget kalau lagi ga punya uang. Emang belakangan santer investasi emas batangan atau logam mulia jadi pilihan favorit emak-emak. Ya tergantung orangnya juga sih, ada juga yang suka reksadana. Emas gurih nih lagi tinggi harganya. Makasih infonya ya Kak. Nabung deh buat beli LM.

Visya Al Biruni
Visya Al Biruni
3 months ago

Aku serius banget bacanya Mbam hehe karena emang lagi mendalami soal LM ini. Aku masih bngung penyimpanan nya sih hehe. Kalo eoagold pernah dengar ngga Mbak? Boleh sekali sekali dibahas hehe siap baca.

Nia Haryanto
3 months ago

Wah, aku baru tahu dengan emas UBS. Lucu ya bisa ada gambar-gambarnya. Di aku masih banyaknya beli emas antam. Bikin kepengen deh beli emas UBS ini.

Karyati niken
3 months ago

Aku juga suka nabung LM. Sedikit-sedikit dikumpulin. Btw itu modelnya kok lucu siiihhh. Makin semangat nabung LM deh ini ya. Wkwkwk

deny irwanto
3 months ago

sekarang sudah waktunya investasi emas-emas batangan seperti ini, karena selain lebih aman juga nilai investasinya akan selalu ada kenaikan tiap tahunya. Oh ya, pernah denger kalo emas antam maupun ubs bisa dibeli secara online, benar gak mb?

Ririe
3 months ago

Saya awalnya malah mengira kalau Emas Antam dan emas UBS itu dikeluarkan oleh satu perusahaan. Ternyata Antam dan emas UBS adalah dua perusahaan completley berbeda.

Selvijua
3 months ago

Kalau ngomongin tentang emas batangan, dari dulu kepengen bisa punya tabungan emas batangan, tapi ternyata ada perbedaan macamnya, dari artikel ini jadi lebih tahu perbedaannya.

Khairina Fidah
3 months ago

Wah emas bagus banget buat investasi tapi sekarang harga emas mahal ya, harus mulai nabung buat invest emas

Iva
Iva
3 months ago

Duh baru tau sedetail ini, mana ada yg mickey mouse, jadi gemesh, tpi harga emas lgi mengerikan ini ya mba

Ruly Rosmalina
3 months ago

Hoo akhirnya terjawab sudah pertanyaan ku tentang perbedaan kedua provider emas ini. Kalau aku, mending beli emas yg original. Ga ada design atau motif khusus. Soalnya ‘beda’ buyback nya lumayan hehehe

Firda
3 months ago

Oh beda toh ternyata, aku kira sama aja karena aku juga gak begitu tertarik. Tapi makin kesini kok makin suka gitu lihat emas batangan wkwk. Bisa jadi investasi menjanjikan juga karena harganya stabil.

Vita
3 months ago

Terima kasih atas infonya.. harganya gimana? Ada perubahan gak?

Putu Sukartini
3 months ago

Aku baru tahu ada jenis emas UBS
Selama ini aku investasinya emas Antam terus
Dan ternyata harganya lebih murah UBS ya
Sepertinya mulai ngelirik nih aku

Helena
3 months ago

pabrik emasnya Antam dekat tempatku, nih, di Pulo gadung, Jakarta Timur.
Kalau UBS apa bisa dijual di mana saja misal ke toko emas? yang edisi Mickey lucuuu!

Diah Alsa
3 months ago

lihat edisi khususnya itu jadi pengen punya satu juga deh, kan bisa request gitu kan ya.

punyaku masih yg edisi lama nih yg plastik tebal gitu, hehehh.

Fanny_dcatqueen
3 months ago

Mba, kalo utk LM aku sbnrnya baru punya 1, Krn slama ini LBH suka tabungan emas yg dr pegadaian. Aku msh agak bingung Ama hrg buyback nya Antam yg dibedain dr tahun produksi. Itu selisihnya jauh ga?

Aku punya LM 25 gr keluaran Antam 2014. Kalo buyback lumayan jauh dibanding yg kluaran baru, nyesek juga yaaaa.

Sbnrnya nih mba, berarti LBH untung mana sih kalo pgn punya tabungan emas ini. Apa bgs lwt pegadaian aja yaaa. Ga pusing Ama THN produksi dll nya.

Marfa
3 months ago

Semenjak ada corona harga jual emas jadi naik, padahal sebelumnya aku baru cairin dalam bentuk uang krn waktu itu butuh. Menabung emas bisa sih buat investasi, dan kalau aku biasanya antam

Ria
Ria
3 months ago

Wah baru ini nemu artikel tentang emas yang gampang banget dicerna. Selama ini aku tuh bingung bedain emas antam dan UBS

Rozi
3 months ago

kalo begitu aku ingin menabung keduanya agar bisa mendapatkan profit yg bagus di kemudian hari dan bisa di gunakan untuk tabungan pensiuanan

60
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x