Pilih Laman

Diantara pilihan instrumen investasi, investasi emas batangan atau logam mulia mulai dilirik keberadaannya oleh para millenial. Namun terkadang masih banyak yang bingung dengan perbedaan antara emas Antam dan UBS. Saya sering banget dapat pertanyaan serupa, seperti, lebih bagus emas Antam atau UBS? Lebih tinggi buyback Antam atau UBS? Beli emas Antam atau UBS, ya?

Nggak usah bingung lagi ya karena di sini saya akan membahas karakteristik yang membedakan antara emas Antam dan UBS.

Semoga saja setelah membaca artikel ini kamu nggak bingung lagi mau beli yang mana dan segera cus investasi emas! 😀

1. Produsen Emas Antam dan UBS

Pertama-tama, mari bahas produsen kedua emas tersebut. Emas Antam diproduksi oleh Antam, perusahaan pertambangan yang wilayah operasinya tersebar di seluruh Indonesia dan merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sejak tahun 1968.

Sementara, emas UBS diproduksi oleh PT Untung Bersama Sejahtera, sebuah perusahaan perhiasan swasta yang sudah beroperasi di Surabaya sejak tahun 1981.

Nah, dari sini sudah terlihat kan perbedaannya: Antam merupakan perusahaan BUMN dan UBS merupakan perusahaan swasta. Kedua-duanya sama-sama memproduksi emas batangan.

2. Ukuran dan Karatase Emas Antam dan UBS

Baik emas Antam dan UBS sama-sama memiliki karatase sebesar 24 karat, 99,9%. Jadi berapa gram pun emas yang kalian beli, emas batangan Antam dan UBS sama-sama memiliki karatase sebesar 24 karat.

Untuk ukuran emasnya pun baik emas Antam maupun UBS memiliki berat mulai dari 0,5 gram sampai 1 kilogram. Silakan dipilih deh mau beli yang berapa gram 😀

3. Sertifikat Emas Antam dan UBS

Emas Antam keluaran terbaru memiliki sertifikat yang menyatu dengan kemasannya (laminating). Bentuknya seukuran KTP, dengan bagian transparan di tengah sebagai tempat penyimpanan emas.

Sementara emas Antam keluaran lama masih berupa emas batangan yang dimasukan kedalam plastik. Sertifikatnya merupakan kertas hologram terpisah yang dimasukan ke dalam plastik tebal khusus bersama dengan logam mulianya.

Emas Antam memiliki sertifikat London Bullion Market Association (LBMA) yang memungkinkan kamu untuk menjual emas Antam yang kamu punya di belahan dunia manapun selain di Indonesia. Ya, siapa tau pas lagi jalan-jalan butuh uang cepet, tinggal dijual aja emas Antamnya :p

Sementara emas UBS hanya memiliki sertifikat nasional yang dikeluarkan oleh PT UBS sendiri. Namun, sama seperti sertifikat emas Antam terbaru, sertifikat emas UBS terbaru juga menjadi satu dengan kemasan logam mulianya (terlaminasi).

Ukurannya pun hampir sama, kira-kira seukuran KTP dengan bagian transparan di sisi sebagai tempat penyimpanan logam mulia.

4. Design Emas Antam dan UBS

Tidak hanya desain klasik khas Antam dan UBS saja, kedua produsen emas ini juga memiliki desain spesial yang berkaitan dengan brand tertentu ataupun yang bertujuan sebagai souvenir maupun hadiah di momen spesial.

Antam memiliki aneka emas batangan berdesain ucapan selamat ulang tahun maupun hari jadi. Selain itu bagi penggemar batik, kamu juga bisa koleksi emas edisi batik yang dikeluarkan oleh Antam.

Emas edisi khusus Antam

Sementara, UBS terlihat lebih kekinian karena bekerjasama dengan beberapa brand seperti Disney (Mickey Mouse) dalam desain emas batangan edisi spesial.

Imut banget kan emas batangan UBS special edition: Mickey Mouse!

Sejauh info yang saya tahu, terdapat perbedaan harga untuk emas batangan edisi khusus, tapi tidak terlalu signifikan. Untuk yang lagi cari hadiah ataupun untuk koleksi, pas banget nih!

5. Harga Emas Antam dan UBS

Sebenarnya harga emas atau logam mulia itu fluktuatif. Dalam satu hari saja misalnya, harganya bisa berganti hingga 2 kali.

Ketika tulisan ini dibuat (18 Mei 2020), harga untuk 1 gram emas Antam adalah Rp.941.000 dan harga emas UBS adalah Rp.929.000.

Kalau dilihat, perbedaan harga bisa terjadi karena adanya perbedaan sertifikat yang dimiliki kedua emas tersebut. Karena kalau dari kualitas, baik emas Antam maupun UBS memiliki kualitas yang sama.

Nah, jika kamu ingin mengetahui harga emas Antam dan UBS secara real time, dapat langsung mengunjungi website masing-masing produknya, ya.

6. Likuiditas dan Selisih Buyback emas Antam dan UBS

Dari segi likuiditas, kedua emas ini memiliki harga jual yang sama-sama tinggi. Namun, karena harga jual emas Antam dan UBS berbeda, tentu ada perbedaan juga dengan harga buyback (penjualan kembali) kedua emas tersebut.

Misalnya, untuk emas Antam, terdapat selisih harga jual tergantung dari tahun berapa emas tersebut dicetak. Makanya kita sering familiar dengan istilah “emas tua” kan? Padahal sebenarnya kualitas emas Antam dari tahun ke tahun tetap sama (24 karat, 99,99%).

Hanya saja seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, terdapat perbedaan desain antara emas Antam produksi lama dan baru.

Mungkin karena alasan ini dan juga strategi bisnis, Antam lalu membedakan harga jual/beli sesuai dengan tahun pembuatan atau produksi.

Sementara, tidak terdapat perbedaan atau selisih harga jual emas UBS antara produksi satu dengan lainnya karena tidak ada tahun pembuatan emas dalam sertifikat emas UBS.

7. Di Mana Membeli Emas Antam dan UBS

Emas Antam bisa dibeli di seluruh Indonesia melalui rekanan, toko emas, atau institusi BUMN lain yang bekerjasama (Pegadaian). Jika ingin berkunjung langsung ke daerah Pulogadung, Jakarta Utara, kamu juga bisa membeli emas Antam di unit bisnisnya langsung.

Sementara emas UBS selain bisa dibeli melalui website resminya, juga bisa dibeli di toko emas/perhiasan, lembaga (Pegadaian), maupun marketplace.

***

Nah gimana, sudah nggak bingung lagi kan mau beli emas Antam atau UBS? Kalau sudah mengambil keputusan, kuy langsung beli emas sesuai kebutuhan untuk investasi jangka panjangmu! Emas tergolong mudah untuk dicari. Bisa di toko emas atau bisa juga investasi emas di Pegadaian 🙂

Baca juga:
Semua orang pasti merasa Ramadan kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Gimana nggak, di tengah situasi Pandemi GlobalCovid-19, physical distancing…
64
0
Comments herex
()
x