Perhatikan Hal Ini Sebelum Memutuskan untuk Hybrid Work (Work From Home)

oleh | Mar 8, 2023 | Adv, Stories | 77 Komentar

Maret 2023 ini genap satu tahun saya bekerja di perusahaan yang menerapkan hybrid work. Bisa dibilang, di 12 bulan kebelakang saya hanya pernah 3 kali mengunjungi kantor untuk keperluan acara dan juga sosialisasi dengan teman-teman. Terdengar seru, ya, nggak harus ke kantor tiap hari dan nggak harus macet-macetan juga. Apalagi mengingat jarak rumah saya ke kantor juga jauh sekali (Serang, Banten ke Jaksel). Tapi, saya ada beberapa tips nih untuk teman-teman yang ingin memutuskan untuk bekerja hybrid atau istilah lainnya Work From Home (WFH)

Baca juga: Tips jadi Freelancer Produktif

Apa itu hybrid work (work from home)?

Sebelumnya, kita cari tahu dulu yuk apa itu hybrid work atau WFH. Untuk yang berlum tahu, hybrid work adalah adalah model kerja yang menggabungkan antara bekerja dari kantor dan kerja dari rumah secara bergantian atau sesuai kebutuhan. Dalam model kerja hybrid, pekerja memiliki fleksibilitas untuk memilih lokasi kerja yang sesuai dengan tugas dan kebutuhan mereka.

Dalam kasus saya, saya boleh saja bekerja dari manapun (tidak harus rumah), asalkan pekerjaan selesai. Jadi, misalkan saya mau stay di Bali juga boleh banget asal pekerjaan selesai.

Tren WFH pertama kali familiar ketika pandemi melanda Indonesia di 2020 lalu, dimana sebanyak 46% pekerja Indonesia diwajibkan WFH saat itu. Lalu, tren WFH ini semakin adaptif di masa new normal. Banyak kantor sekarang yang menawarkan fasilitas WFH bagi para karyawannya.

Opsi WFH ini dinilai lebih solutif dan bisa meningkatkan kualitas kerja. Studi yang dilakukan di Standford, misalnya, mencatat bahwa WFH meningkatkan produktivitas sebesar 13%. Tak hanya itu, survei dari ConnectSolutions di tahun 2022 juga menunjukkan 77% pekerja WFH dalam sebulan mengalami peningkatan produktifitas. Hal ini dikarenakan mereka bisa mencapai work-life-balance, keseimbangan hidup dan bekerja, dimana mereka tak perlu lagi memusingkan tentang hal eksternal yang berpengaruh pada pekerjaan mereka, seperti: kemacetan, jam kerja yang padat, dan lain-lain.

Baca juga: Pengalaman Traveling ke Bangkok Sehabis Pandemi

Tips bekerja hybrid atau work from home (WFH)

Tips bekerja hybrid atau work from home (WFH)

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam bekerja secara hybrid atau dari rumah (WFH):

  1. Buat jadwal dan batasi waktu kerja
    Buat jadwal kerja yang jelas dan patuhi batasan waktu kerja. Pastikan Anda memiliki waktu istirahat yang cukup dan hindari bekerja terlalu lama atau terlalu sering bekerja di luar jam kerja yang ditentukan.
  2. Buat ruang kerja yang nyaman
    Bagi saya, ruangan kerja tidak harus bagus atau kekinian, tapi ruang kerja adalah haruslah nyaman dan minim gangguan untuk meningkatkan produktivitas dan konsentrasi. Pastikan tempat kerja nyaman dan menggunakan fasilitas gadget yang memadai. Anda bisa juga melihat web review gadget untuk perbandingan alat yang bisa Anda gunakan selama WFH.
  3. Tetap terorganisir
    Ini hal yang simple namun bisa saja terlewat. Untuk bisa tetap terorganisir, saya biasanya membuat jadwal achievment atau to-do-list harian. Karena, dalam kerja hybrid atau dari rumah, penting untuk tetap terorganisir. Buat daftar tugas yang harus diselesaikan dan selalu prioritaskan tugas yang penting.
  4. Komunikasi yang efektif
    Komunikasi yang efektif sangat penting dalam kerja hybrid atau dari rumah. Pastikan Anda mengatur jadwal pertemuan yang jelas dan efektif, dan gunakan teknologi seperti aplikasi chat atau video konferensi untuk tetap terhubung dengan rekan kerja Anda.
  5. Memiliki koneksi internet yang cepat dan stabil
    Kunci dari bekerja secara hybrid atau WFH adalah koneksi internet yang stabil. 99% persen pekerjaan dilakukan di depan layar, maka harus dipastikan koneksi internet Anda aman dan lancar untuk bisa mengakses aplikasi online yang dibutuhkan!

Fasilitas internet yang nyaman, cepat, dan terjangkau dari IndiHome

Untuk keperluan kerja dari rumah, saya sudah mengandalkan IndiHome sejak satu tahun yang lalu. Tapi, secara keseluruhan, keluarga besar saya sudah berlangganan IndiHome jauh sebelumnya, lebih tepatnya sejak saya SMA di tahun 2006 lalu.

IndiHome merupakan pilihan provider internet yang tepat, setidaknya untuk saya dan keluarga. Gimana nggak, koneksinya cepat, nggak pernah error (sejauh pemakaian saya di satu tahun ini hanya error beberapa kali di beberapa menit saja, jadi hitungannya nol koma saja alias hampir tidak pernah!), dan dikelola langsung oleh Telkom Indonesia, BUMN yang terpercaya.

Secara kualitas, jaringan internet yang diberikan Indihome dari Telkom Indonesia ini bisa dibilang selalu ada di atas rata-rata. Mereka menyediakan jaringan 4G dan 5G yang, kalau di cek di situs teknologi, bermanfaat untuk menunjang kegiatan work from home. Apalagi demand saya akan koneksi internet yang cepat dan stabil tinggi banget. Mulai dari untuk kegiatan berkomunikasi melalui aplikasi seperti Slack, Google Meet, Zoom, hingga aplikasi penunjang seperti Google Drive, Google Docs, dan lain sebagainya.

Berbicara soal harga, banyak situs perbandingan harga yang membandingkan kualitas provider internet IndiHome dengan yang lain. Tapi, saya pribadi selalu percaya dibalik harga pasti ada kualitas. Dan itu terbukti di IndiHome!

Menurut saya, harga yang ditawarkan oleh IndiHome cukup bervariatif dan relatif aman di kantong pekerja. Apalagi untuk urusan koneksi internet, pendapat saya sih jangan selalu termakan iklan dengan penawaran harga yang β€œnggak masuk di akal”. Karena, bagi pekerja hybrid dan WFH seperti saya, kecepatan dan kestabilan internat adalah hal mutlak yang nggak bisa ditawar.

Selain kecepatan internetnya yang luar biasa stabil dan cepat, jika diperhatikan, IndiHome kini semakin berkembang juga dengan menghadirkan beberapa fitur baru seperti Cloud Storage for IndiHome. Untuk segala keperluan lain seperti melihat status internet, status pembayaran, dan lain-lain juga bisa diakses di aplikasi myIndiHome.

Baca juga: Pengalaman Menggunakan Balance Bike

Kesimpulan

Penyediaan akses internet yang lancar dan cepat adalah hal mutlak yang harus dimiliki jika Anda ingin melakukan hybrid work atau work from home dengan nyaman dan profesional. Tetap perhatikan boundaries dan pertimbangkan dengan matang, ya, jika kamu memang ingin memilih kerja dari rumah. Keperluan lain seperti penyediaan Cloud Storage for IndiHome juga bisa jadi pertimbangan. Best of luck! Kalau kalian punya pertanyaan seputar pengalaman beerja dari rumah, jangan ragu untuk menuliskannya di kolom komentar, ya!

Subscribe
Notify of
guest

77 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Bambang Irwanto
Bambang Irwanto
6 months ago

Saya pribadi kok lebih senang kerja dengan sistem hybrid work atau WFH. Karena bisa mengatur ritme kerja sendiri. Yang penting kerjaan beres. Terus itu, bisa kerja di mana saja. Terus waktunya fleksibel. Misalnya kalau ada keperluan mendadak di hari biasa, bisa tetap diselesaikan.

Siska Dwyta
Siska Dwyta
6 months ago

Iya lebih nyaman ya kalau sistem kerja hybrid gini, apalagi kalau ditunjang dengan internet cepat , urusan pekerjaan pas lagi WFH jadi lancar dan aman terkendali ^^

Yustrini
Yustrini
6 months ago

WFH emang praktis ya. Nggak perlu berpanas-panasan di jalan untuk ke kantor. Kerja lebih cepat dan efisien menurutku

Jihan
Jihan
6 months ago

Makin asyik aja langganan IndiHome makin mudah, bonusnya juga melimpah, dan yg penting jaringannya luass banget

nabilla - bundabiya.com
nabilla - bundabiya.com
6 months ago

aku banget ini.. kerja di rumah dan kadang di cafe. dan memang aku pun berusaha mencari internet yang cepat seperti dari indihome terutama kalau lagi ke cafe2

Aldhi Fajar
Aldhi Fajar
6 months ago

Kerja dari rumah butuh dukungan internet cepat seperti IndiHome sih. lebih banyak keuntungannya.

Yonal Regen
Yonal Regen
6 months ago

Pernah merasakan work from home, mengajar online ketika pandemi covid-19. Jaringan internet yang cepat dan stabil sangat membantu kita dalam proses mengajar

Bambang Irwanto
Bambang Irwanto
6 months ago
Reply to  Yonal Regen

Benar sekai, Mas. Apalagi saya memang freelance yang banyak bekerja di rumah. Saya juga merasakan. Kalau internet cepat dan stabil, kerjaan jadi lancar dan cepat selesai.

Didik
Didik
6 months ago

Aku jg makin senang WFH nih kak. Asal bisa atur waktu, semua urusan kerjaan dan keluarga bisa berjalan dgn aman. Apalagi urusan internet cepat sudah berlangganan paket dari IndiHome. Ngebut deh internetnya.

Lintang
Lintang
6 months ago

Aku termasuk yang WFH dan jelas membutuhkan koneksi internet cepat. Untung di rumah juga pakai IndiHome yang support semua aktvitas tanpa batasku. Selain itu bikin ruang kerja yang nyaman dan bikin betah.

dea merina
dea merina
6 months ago

Kerja hybrid kadang emang tampak menyenangkan, tapi bisa jadi bomerang kalo udh terlalu nyaman di rumah haha ngerasain bgt waktu pandemi wfh yg awalnya seneng trus jenuh eh trus malah nyaman jd mager πŸ˜‚

Fenni Bungsu
Fenni Bungsu
6 months ago

Nah oke banget nih kak, biar makin semangat WFH kudu dengan jaringan asik seperti IndiHome ini ya, sehingga urusan daring jadi lebih cepat dan praktis

Dian
Dian
6 months ago

Sejak resign dari kantor, aku lebih banyak work from home mbak
Jadi freelancer
Semua aman aman aja karena ada dukungan internet cepat dari IndiHome

Gusti yeni
Gusti yeni
6 months ago

Disaat WFH suami anak dirumah sangat sangat bergantung pada kecepatan internet naah paling sebel kalau gangguan…indihome pilihan paling oke

Witri
Witri
6 months ago

Kalau kerja dari rumah atau WFH salah satu hal terpenting ya internet. Terus harus bisa manajemen waktu. Jujur, awal pandemi dan WFH, aku sempat keteteran karena internet enggak stabil dan sebagai seorang ibu, kerja dari rumah enggak bisa fokus.

Yonal Regen
Yonal Regen
6 months ago
Reply to  Witri

Setuju Kak Witri, Internet penting banget kalau kita mau WFH. Dengan jaringan internet yang cepat dan stabil, work from home jadi lancar

Fenni Bungsu
Fenni Bungsu
6 months ago
Reply to  Witri

Manajemen waktu jadi hal krusial sekaligus tantangan ya kak ketika bekerja, sehingga perlu untuk menatanya dengan apik dan rapi

Wahyu Eko
Wahyu Eko
6 months ago

buat karyawan yg bisa WFH wajib banget punya layanan internet yang cepat dan stabil seperti IndiHome

lendyagassi
lendyagassi
6 months ago

Wah iya banget sih..
Kebantu banget kalau WFH ada jaringan internet cepat.
Bisa semakin happy karena gak perlu keluar rumah, semua kebutuhan bisa dipenuhi karena kini zaman digital, semuanya mengandalkan kecepatan internet seperti IndiHome.

Lintang
Lintang
6 months ago
Reply to  lendyagassi

Bener banget internet cepat mendukung semua aktivitas WFh, dan kita ngga perlu repot keluar rumah lagi deh. Hehe. JAdi makin produktif yah. Aku juga pake IndiHome sih.

Happy Hawra
Happy Hawra
6 months ago

bener sih, waktu aku kerja dari rumah selama satu tahun pun yang pasti aku utamain sebagai persiapan adalah jaringan internet. makanya memilih yang kualitas terbaik kayak indihome

Palupi
Palupi
6 months ago

Kalau WFH koneksi internet yang cepat dan stabil memang jadi syarat utama. Apalagi kalau kerjaannya berhubungan dengan banyak orang. Jangan sampai lemot deh internetnya.

Retno
Retno
6 months ago

Bekerja di rumah pun lancar yaaa asalkan layanan internetnya juga lancar, untung udah ada IndiHome

Siska Dian Wahyunita
Siska Dian Wahyunita
6 months ago

Keberadaan internet cepat dari IndiHome benar-benar sangat memudahkan urusan apapun ya termasuk buat bekerja dari rumah. Emang jadi provider andalan saya juga nih di rumah

Eka Fitriani larasati
Eka Fitriani larasati
6 months ago

sepupu saya 100% hybrid work dari perusahaannya sekarang, udah hampir 5 tahun. ngurus – ngurus pajak gitu, dan alhamdulillah gaji nya bisa sampai kebeli rumah dan mobil! auto mupeng ya, hehehe. sayangnya saya gak ahli pajak, jadi bloger aja, itu juga lumayan, hehehe.

nabilla - bundabiya.com
nabilla - bundabiya.com
6 months ago

betul ya.. namanya paket internet kudu dipastikan dulu, soalnya hybrid work itu sangat berkaitan dengan ketersediaan wifi di rumah atau di coworking space juga kan

Yustrini
Yustrini
6 months ago

Intinya bisa kerja dari mana saja ya. Ga harus di rumah. Asal ada jaringan internet cepat semua pekerjaan bisa terselesaikan.

Happy Hawra
Happy Hawra
6 months ago
Reply to  Yustrini

betul banget. jangankan buat kerja, bayik yang masih piyik aja ngerti kalau internet lemot bikin emosi haha

Diah Alsa
Diah Alsa
6 months ago

kerja hybrid itu selain perangkat kerja seperti laptop, smartphone, suasana yang nyaman, internet cepat jadi modal utama ya dalam bekerja agar pekerjaan bisa lancar dan komunikasi dengan tim juga tanpa kendala.
saya juga pakai IndiHome di rumah dan so far juga gak pernah mengalami gangguan yang berarti, lag dikit it’s ok lah, apalagi kalau cuaca lagi gak bersahabat, paling itu aja sih, selebihnya internet cepat dan stabil buat pekerjaan jadi lancar jaya πŸ™‚

Jihan
Jihan
6 months ago

IndiHome emang teh best sih dalam hal layanan internet. udahlah cepet, terjangkau dann dia bisa sampe ke daerah2 yang biasanya ngga ada sinyal, top lah!

Lita
Lita
6 months ago

Kerja di rumah, internet oke, ruang kerja nyaman, Ac-an, ya Allah idaman bangettt

Wahyuindah
Wahyuindah
6 months ago

Sekarang banyak yang kerja hybrid ya. Dampak pandemi yang berlanjut sampai sekarang. Faktanya memang lebih enak hybrid karena lebih rileks dan bisa fokus sama kerjaan

Lintang
Lintang
6 months ago

Aku juga kerja dari rumah dan emang fleksibel banget ya. Harus didukung dengan internet cepat sii. Ada cloud storage juga nih, baru tahu. Jadi lebih mudah nyimpen data lewat online.

Aldhi Fajar
Aldhi Fajar
6 months ago

Kerjaan yang remote bakal jd lebih terorganisir dan lebih fleksibel. Bisa pantau kerjaan kapan aja. Ahh panutanque tenan IndiHome

Eka Fitriani larasati
Eka Fitriani larasati
6 months ago

aku udah nge-freelancer WFH sejak tahun 2020, tapi masih struggle dengan jadwal dan waktu kerja. karena berubah-ubah aktivitas hariannya jadi aku lebih milih flexible tapi ada task weekly yang haris tercapai. Nah yang noted banget indiHome nih, aku belum pake, hehehe. insyallah mau ganti bulan depan

Arai Amelya
Arai Amelya
6 months ago

Kayaknya sekarang itu semua hal emang serba internet ya. Penting buat memanfaatkan internet secara tepat kayak gini jadi bisa melakukan hal lebih berkualitas. Didukung jaringan internet terbaik, makin mantap lah

Bambang Irwanto
Bambang Irwanto
6 months ago

Bekerja hybrid ini memang sudah banyak dilakukan orang. Karena lebih fleksibel, hemat tenaga juga karena tidak harus selalu ke kantor. Tapi memang harus didukung internet cepat dan stabil, agar kerjaan lancar dan cepat selesai.

Indra
Indra
6 months ago

bener pak, internet cepat memang sangat dibutuhkan untuk mendukung produktivitas para pekerja WFH biar lebih sat set hehe

Sugianto
Sugianto
6 months ago

Kalau sudah ebrbicara remote job/ work from home, kunci pentingnya ada pada internet ya, kak. Kalau ga ada internet pastinya ga bisa ikutan WFH, kalaupun ada, tapi internetnya lelet bakal bikin ga optimal. Makanya mending pake IndiHome yang internetnya cepat dan stabil ya

Yonal Regen
Yonal Regen
6 months ago

Internet adalah senjata utama dalam melakukan WFH. Agar work from home-nya makin lancar, tentu saja jaringan internetnya harus cepat dan stabil, ya

dea merina
dea merina
6 months ago

Aku tim yg langsung bikin kamar senyaman mungkin sejak pandemi haha tp ya tetep bosen sih kadang pindah ke ruang tamu atau ruang makan 😁

lendyagassi
lendyagassi
6 months ago

Kini, uda gak perlu rempong perjalanan kemana-mana buat bekerja yang membutuhkan jaringan internet cepat. Cukup berlangganan IndiHome dan semua kebutuhan akan jaringan internet cepat bisa terpenuhi.
Bekerja yang menyenangkan yah..

dea merina
dea merina
6 months ago
Reply to  lendyagassi

Bener mbaak. Dgn internet kencang kita bs ngapain aja di rumah hihi eh, bs juga healing tipis2 sambil kerja di Bali 😁

avi
avi
6 months ago

Setuju Kak kalau WFH itu nyaman banget dan sebuah solusi bagiku yg ingin asuh anak sendiri tapi juga pengen dapat penghasilan dari rumah.
Sekarang wifi jadi kebutuhan primer ya? Dan Indihome adalah penyedia wifi yg paling luas jaringannya serta terpercaya.

kania
kania
6 months ago

pengalaman suami kerja di rumah itu menyenangkan karena bisa dekat keluarga, idan betul banget kak nternet yg cepat bisa bikin kerja lebih efektif

Fenni Bungsu
Fenni Bungsu
6 months ago

Kerja dari rumah dengan akses internet yang stabil dan mumpuni, sangat mendukung pastinya biar cepat pula kerjaan kita selesai

Happy Hawra
Happy Hawra
6 months ago

betul kak. aku ngerasain satu tahun kerja di rumah. selain punya ruang kerja yang nyaman, jaringan super cepat dan stabil juga jadi kebutuhan vital.

Siska Dwyta
Siska Dwyta
6 months ago

Benar nih, jaringan internet dari IndiHome memang stabil banget bikin urusan yang berkaitan dengan aktivita digital jadi lancaar termasuk buat bekerja ya

hallowulandari
hallowulandari
6 months ago

ahahha iya ya, kadang work from home jadi g ada batasan waktunya, walaupun jadi fleksibel. Tapi tetep yaa, akses internet jadi kebutuhan wajib siii

atiqoh
atiqoh
6 months ago

memang ya sekarang ini internet jadi ‘barang’ wajib yang kudu ada nih sehari-hari, hehe.. apalagi buat keperluan bisnis kerjaan ya bisa memudahkan banget

Wahyu Eko
Wahyu Eko
6 months ago

buat pekerja yg bisa wfh itu bonus banget sih, bisa menciptakan ruang kerja senyaman mungkin, dan setuju soal kebutuhan internet cepat dan stabil buat WFH,

Dian
Dian
6 months ago

Bagi pekerja hybrid, layanan internet cepat dan stabil adalah kebutuhan ya mbak
Agar pekerjaan bisa selesai dengan mudah dan cepat

Rahmah
Rahmah
6 months ago

Yeay
Sejak dulu saya sudah nyaman bekerja dari rumah
Pasalnya ada IndiHome
Jadinya ngajar sebagai guru freelance dan dosen tamu lebih mudah

Tukang Jalan Jajan
Tukang Jalan Jajan
6 months ago

sampe sekarang masih hybrid sih karena menjalankan beberapa pekerjaan sekaligus, dan ini ngebantu juga buatku dengan adanya indihome, internet cepat yang bikin kerjaan lancar

Fatimah
Fatimah
6 months ago

Setuju sih bagian untuk membuat jadwal dan membatasi waktu kerja. Karena, terkadang kalau keasikan WFH malah gak inget waktu istirahat ya kak. Apalagi kalau atasan yang ternyata ngasih tugas dadakan. Duh, jadinya malah nggak enjoy kerjanya. Apalagi tugasnya dikasih pas weekend. Waktu family time malah harus bekerja.

Irra Octaviany
Irra Octaviany
6 months ago

Suamiku udah 2 tahun ini WFH, kerjaannya lancar banget karena di rumah pakai internet dari IndiHome, beneran cepat dan stabil..

Indra
Indra
6 months ago

sekarang sudah sangat memungkinkan sekali untuk WFH, terutama bagi yang kerja freelancer kebutuhan internet cepat adalah hal wajib. dan untungnya indihome dengan internet cepat sudah cukup mengakomodasi kebutuhan hal tersebut

Retno
Retno
6 months ago

Wajib banget punya internet cepat kalo pingin kerja dari rumah. Kebayang kan kalau internet tiba tiba lelet, pasti kita kesel. Untung ada IndiHome ya, internetan lancar terus..

hallowulandari
hallowulandari
6 months ago
Reply to  Retno

udh jadi barang/layanan wajib yaa, percuma mau kerja dari rumah klo ga ada akses internetnya

HI THERE!

DIaz Bela Blog

Diaz Bela Yustisia

Generasi 91, seorang ibu, dan ex-News TV Reporter yang sekarang sedang meniti “karir” di dunia digital.
Saya menulis tentang hal-hal yang saya sukai: pengalaman, opini, traveling, kuliner, dan lain-lain!
Talk to me about anything! πŸ™‚

Arsip

MEMBER OF:

logo komunitas blog
logo komunitas blog
Logo Komunitas BRT Network