Pilih Laman

Sebagai seorang Ibu dan Chef rumah tangga, saya selalu muter otak setiap kali memasak. Karena nggak dipungkiri, rasanya ingin sekali selalu bisa memberikan yang terbaik untuk keluarga, terutama dalam hal makanan. Nggak perlu yang mewah atau yang ribet gimana sih, yang penting tercukupi antara kandungan karbo, protein, dan seratnya. Oh ya, dan minimal juga harus ada buah, jadi setiap belanja juga nggak pernah skip untuk berkunjung ke toko buah.

Bersyukur banget karena keluarga kecil saya (saya, suami, dan baby D) semua suka buah. Entah itu dimakan langsung, di jus, atau bahkan diolah menjadi makanan, pasti habis dan nggak bersisa. Jadi tiap minggu memang rutin stok buah seperti: pisang, apel, anggur, dan lainnya. Sebenarnya kami nggak punya jadwal khusus dalam mengonsumsi buah, sih, tapi paling sering memang di waktu sarapan.

Nah, ada satu resep simple banget yang selalu saya buat nih kalau lagi kehabisan ide untuk membuat menu sarapan. Menu ini nggak pernah failed dan jadi salah satu makanan favorit Baby D. Nama resepnya: Banana Oatmeal Pancake.

Baca juga: 5 Tempat Makan Favorit di Sukabumi

Resep sehat dan mudah Banana Oatmeal Pancake

Sedikit background story dulu, ya. Jadi pertama kali aku buat resep ini adalah ketika Baby D masih masa MPASI. Karena dulu dia GTM (Gerakan Tutup Mulut) parah, akhirnya aku coba kreasikan resep ini and he loves it ever since!

Setiap berkunjung ke toko buah dia pasti selalu ambil pisang dan minta dibuatkan Banana Oatmeal Pancake. Selain itu, resep ini juga hanya memerlukan bahan-bahan sederhana yang mungkin juga sudah tersedia di dapur kalian. Penggunaan bahan utamanya yaitu pisang juga digunakan yang sudah terlampau matang. Iya, yang biasanya ada bintik-bintik hitamnya gitu karena rasanya lebih manis. Jadi bisa hitung-hitung sebagai gerakan anti buang-buang makanan juga, deh. Hehehe.

Resep ini bukan original buatan saya, ya. Saya lupa dulu pernah lihat referensinya di mana, tapi yang akan saya share ini adalah versi saya. So, feel free to adapt or explore more for the recipes, ya! πŸ™‚

Resep Banana Oatmeal Pancake

resep diet banana oatmeal pancake sayurbox murah toko buah

Bahan yang harus disiapkan:

  • 2 buah pisang terlampau matang
  • 10 sendok oatmeal instan, blender kering hingga jadi bubuk
  • Β½ gelas susu UHT plain
  • 1 butir telur
  • 1 sdm gula pasir
  • ΒΌ sdm baking powder

Bahan topping (sesuai selera)

  • Gula halus
  • Sprinkles
  • Sirup rasa apapun favorit kalian!

Cara membuat adonan Banana Oatmeal Pancake

  1. Haluskan pisang, bisa menggunakan garpu atau blender. Saya biasanya di blender karena ingin mendapatkan tekstur yang benar-benar lembut.
  2. Kocok telur sampai mengembang di wadah terpisah.
  3. Campurkan lumatan pisang dan telur, dan tepung oatmeal, lalu masukan susu UHT perlahan sambil terus diaduk menggunakan sendok atau alat pengaduk.
  4. Jika sudah tercampur semua, masukan butter, gula, dan baking powder, lalu aduk sampai rata.
  5. Aduk hingga konsistensi adonan pancake kental namun tetap bisa mengalir jika dituang (seperti gambar).
  6. Setelah tercampur rata, masukan isian seperti chocochip, sprinkles, atau potongan coklat masak.

Cara memasak Banana Oatmeal Pancake

  1. Panaskan wajan anti lengket dengan api kecil, tunggu keseluruhan wajan sampai panas merata.
  2. Masukan satu sendok sayur adonan (atau bisa juga menggunakan botol saus ujung lancip, maupun sendok atau alat takar lain sesuai preferensi ukuran pancake yang diinginkan).
  3. Tunggu sampai adonan pancake berpori dan meletup-letup, itu artinya adonan siap dibalik.
  4. Balik menggunakan spatula kayu atau silikon. Jangan membolak-balik adonan karena akan merusak tekstur.
  5. Masak kurang lebih 1 menit setelah di balik, angkat, lalu dinginkan di piring.
  6. Setelah dinging, bisa tambahkan topping sesuai selera!
tekstur banana oatmeal pancake toko buah sayur box
resep mudah banana oatmeal pancake
resep sarapan murah simple mudah banana oatmeal pancake
banana oatmeal resep simpel praktis

Baca juga: Menyelesaikan Tantangan Baca #1hari1Jam

Penuhi kebutuhan gizi keluarga melalui kreasi olahan makanan

Gimana, cukup simple kan resep Banana Oatmeal Pancake nya? Seperti yang sudah saya bilang sebelumnya, buah merupakan salah satu item wajib yang harus ada di rumah. Jadi sebisa mungkin selalu saya masukan dalam prioritas berbelanja, entah untuk nantinya diolah menjadi makanan olahan seperti Banana Oatmeal Pancake ini, ataupun untuk dimakan langsung.

Jadi, biasanya saya selalu nyetok ke toko buah tiap belanja bulanan. Nggak cuma itu, saya juga biasanya beli buah conditional setiap 1-2 minggu sekali, sih. Karena di rumah cepat sekali habis dan biar lebih fresh gitu buat dikonsumsi langsung kalau jeda belanjanya nggak terlalu lama. Nah, kalau mau nyetok buah secara fleksibel gini, paling enak emang lewat aplikasi seperti Sayurbox, yang selalu sedia apapun kebutuhan dapur kita.

Mungkin kalian sudah banyak tahu ya kalau Sayurbox merupakan platform website untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari dengan harga yang terjangkau. Di aplikasi ini ada banyak pilihan kebutuhan dapur mulai dari beras, sayur, dan tentu buah segar yang datang langsung dari petani lokal. 

Nggak cuma itu aja, lauk-laukan juga ada kok mulai dari ikan, daging, telur, tahu tempe, seafood dan ayam dari peternak yang lagi-lagi berasal dari peternak setempat. Jadi dijamin selalu segar dan bersih.

Baca juga: Refreshing di Neko Kepo, Cat Cafe di Malang!

Mengenal Sayurbox, aplikasi groceries yang sudah ada di Jakarta, Surabaya, dan Bali!

sayurbox toko buah tebus murah promo seribu

Nggak hanya itu saja, Sayurbox juga punya beberapa fitur andalan yang berlaku di kota-kota kamu, lho. Berikut beberapa keunggulan yang dimiliki Sayurbox:

  1. Sayurkilat
    Pengiriman belanjaan secara cepat (1 Jam untuk area Jabodetabek, dan 2 jam untuk area Bali)
  2. Sayurtunai
    Melalui fitur ini, kamu bisa untuk mengecek kualitas barang belanjaan sebelum bayar di tempat!
  3. Sayurfluencer
    Nah ini buat kamu yang lagi pengen cari uang hanya bermodalkan online dari bagi-bagi link aja dan bisa dilakukan sambil rebahan, mungkin Sayurfluencer ini bisa jadi pilihan!Β 
  4. SayurpoinΒ 
    Kamu bisa mengumpulkan poin dari tiap belanja dan tukar poinnya dengan kupon supaya belanja kamu lebih hemat!
  5. Beragam metode pembayaran digital
    Transaksi kamu lebih aman dengan ragam pilihan pembayaran digital yang sesuai dengan preferensi!

Diskon dan kode promo buah di Sayurbox, belanja buah cuma seribu perak!

tebus murah strawberry

Seru dan lengkap banget kan si Sayurbox ini? Yuk segera coba pesan melalui toko buah yang ada di Sayurbox karena lagi ada diskon besar-besaran mulai Senin, 22 Agustus 2022 sampai Rabu, 31 Agustus 2022 dimana buah Strawberry Sweetheart 125 gram yang bisa kamu tebus murah hanya sebesar Rp1.000 aja dari harga normal Rp23.800! Baca info lebih lanjut di sini ya mengenai program tebus murah ini πŸ™‚

Nah gimana, udah siap untuk terus melengkapi porsi makan yang seimbang bersama Sayurbox? Oh ya, apa kamu punya resep atau makanan favorit olehan yang pakai bahan dasar buah juga? Atau malah udah pernah nyobain bikin Banan Oatmeal Pancake ini? Share pengalalamannya di kolom komentar, yuk!

Baca juga:
Pertengahan Juni 2022 lalu saya berkesempatan untuk kembali melakukan β€œtraveling” setelah pandemi ke luar negeri. Rasanya seperti hal yang baru…
39
0
Comments herex
()
x