Pilih Laman

Kalau lagi kumpul keluarga atau sama teman biasanya aku selalu bawa kartu remi untuk mengisi kegiatan bersama. Walau nggak jago-jago banget dan hanya bisa permainan dasar seperti 41 dan “cangkulan”, tapi rasanya seru aja gitu kumpul ngariung bareng dan seru-seruan main kartu. Tahu nggak sih kalau ternyata dibalik keseruan main kartu, ada fakta menarik lho tentang sejarah permainan kartu ini. Berikut aku rangkum beberapa informasinya, ya..

Sejarah Permainan Kartu

Kapan pertama kali kartu remi ditemukan itu mungkin masih jadi perdebatan dalam sejarah permainan kartu. Tapi, merangkum beberapa sumber, kartu remi mulai populer dimainkan oleh bangsa Eropa ratusan tahun lalu. Namun, ada catatan perjalanan yang menuliskan bahwa permainan ini dikenalkan ketika bangsa Eropa sedang melakukan ekspedisi ke berbagai benua.

Padahal, kartu remi pada masa itu hanya bisa dicetak di negara yang sudah mempunyai teknologinya yaitu Tiongkok dan Korea. Maka, disinyalir bahwa sejarah permainan kartu dimulai di Tiongkok dan kemudian tersebar ke berbagai penjuru negara lain seperti Persia, India, dan Eropa. (wopc.co.uk)

Baca juga: Main Game Gratis di Web Browser

Lambang Kartu Remi

Tentu kita semua sudah familiar dengan lambang-lambang dalam kartu remi seperti Love, Sekop, Tempe, dan Keriting, kan? Tapi ternyata menurut sejarah permainan kartu, lambang-lambang tersebut merupakan perubahan simbol dari maknanya, lho.

  • Hati: penggambaran simbol cinta.
  • Sekop: perluasan makna dari simbol pedang dimana pada masa awal sejarah permainan kartu pedang merupakan alat perang populer.
  • Wajik: simbol perdagangan dan perekonomian karena awalnya simbol ini berbentuk koin.
  • Keriting: merupakan simbol pertanian. Sebelum menjadi keriting, dulunya simbol ini berbentuk tongkat.

Baca juga: Tips Memulai Bisnis Coffee Shop

Sejarah Permainan Kartu dari Tahun ke Tahun

Main game gratis gampang mudah solitaire kartu

Seiring perkembangan zaman, permainan kartu juga ikut mengalami perubahan. Nggak hanya bisa dimainkan bersama, kini permainan kartu juga bisa dimainkan sendiri melalui beberapa devices seperti komputer, laptop, bahkan smartphone.

Ragam permainan kartu juga berkembang, dong. Kalau sebelumnya aku hanya menyebutkan permainan 41 dan “cangkulan”, kalian pasti familiar dong dengan permainan kartu di platform digital seperti solitaire, mahjong, hearts, dan black jack? Nah, permainan-permainan kartu ini bisa juga lho kamu mainkan secara gratis melalui website solitaire.org!

Permainan kartu favoritku di website ini tentu saja solitaire! Fun fact, ini adalah game yang paling aku sering mainin semenjak pertama kali bisa akses komputer dulu. Inget banget kan dulu pas pertama kali punya komputer belum ada koneksi internet, jadi ya game solitaire inilah hiburanku! Jadi notalgia deh main game ini!

Sejarah permainan kartu solitaire classic gratis solitaire.org
Solitaire Classic

Nggak cuma classic solitaire aja, ada juga jenis permainan kartu solitaire lainnya seperti klondike, spider, freecell, pyramid, tripeaks dan golf.

Di website ini, selain solitaire classic, aku pribadi paling solitaire golf. Karena konsep urutan kartunya beda dan bener-bener nguras logika karena tiap langkah harus diperhitungkan. Penasaran kan gimana bedanya dan cara mainnya? Cus lah langsung coba juga hehe :))

Baca juga: Naik Shinkansen Keliling Osaka

Website Game solitaire.org yang Nggak Cuma Tentang Kartu!

Ternyata nggak cuma bisa main kartu aja lho, ada juga beberapa game lain seperti hidden objects, logic puzzle, dan permainan kata. Berikut beberapa game favoritku:

Hidden Objects: Hotel

Sejarah permainan kartu solitaire.org hidden objects

Di sini kamu harus mencari benda sesuai dengan apa yang telah ditentukan. Walau terkesan simple, tapi banyak sekali gambar yang mengecoh dan membuat kamu berpikir keras, kok nggak kelihatan, ya..

Kamu juga harus berpacu dengan waktu dan teliti. Karena kalau salah klik atau salah tebak, durasi waktumu akan dikurangi. Gimana makin gak deg-degan??? Walau kadang bikin emosi, tapi seru banget sih main game ini! Hehe

Letter Scramble

sejarah permainan kartu solitaire.org

Siapa yang capek baca referensi sejarah permainan kartu dalam Bahasa Inggris? Mau memperbanyak kosakata Bahasa Inggris? Nah mungkin game ini cocok nih buat kamu karena di sini kamu harus merangkai sebanyak mungkin kata dari huruf acak yang diberikan. Permainan ini juga based on time ya, jadi kamu harus buat sebanyak-banyaknya kata dalam waktu 3 menit saja.

Salah satu hal juga yang aku suka dari permainan ini, kita bise menyusun katanya langsung menggunakan keyboard. Jadi nggak perlu narik hurufnya satu-satu ke kotak yang tersedia, tinggal ketik aja dan voila!

Baca juga: Definisi Bahagia

Tunggu Apa Lagi, Yuk Langsung Main Semua Gamenya!

Setelah mengetahui tentang sejarah permainan kartu hingga mengenal ragam permainan kartu dan lainnya di website solitaire.org, sekarang saatnya kamu untuk coba secara langsung nih permainan-permainannya. Dijamin bakal ketagihan dan tanpa repot karena nggak perlu instal apapun dan langsung main aja! Cus, yuk. Nanti kasih tahu permainan favorit kamu melalui komentar di bawah ini, ya.. Selamat bermain!

Baca juga:
Siapa nih tim yang suka cari pelampiasan ketika lagi overwhelmed dengan segala pekerjaan dan tugas yang nggak ada habisnya? *ngacung…
18
0
Comments herex
()
x