Covid 19,  Featured

Tetap Silaturahmi Setiap Hari di Masa Pandemi COVID-19

Semua orang pasti merasa Ramadan kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Gimana nggak, di tengah situasi Pandemi GlobalCovid-19, physical distancing menjadi salah satu sarana untuk memutus mata rantai penyebaran virus. Ini berarti, akan ada batasan untuk tidak bertemu dengan keluarga di Hari Raya Lebaran. Sedih banget, walaupun sebenarnya saya tetap silaturahmi setiap hari dengan keluarga, tapi nggak ada yang bisa menggantikan momen special bertemu tatap muka, apalagi biasanya juga melalui ramai sepi bersama keluarga dalam setiap momen, termasuk Lebaran.

Kalau melihat tahun-tahun sebelumnya, Bulan Ramadan selalu menjadi momen untuk kumpul dengan keluarga dan teman. Entah itu jalan-jalan sore alias ngabuburit, jalan kaki ke masjid untuk solat taraweh berjamaah, buka puasa bareng, dan kegiatan ngumpul lainnya. Kalau sekarang, kan, sama sekali tidak bisa.

Lalu ketika tadi malam saya dan suami sudah benar-benar sepakat untuk tidak mudik, rasanya hati kayak nyeeees gitu karena nggak bisa bertemu dengan keluarga di momen sakral tahunan kali ini. Sedih karena kami kan sama-sama pendatang, tidak ada saudara di sini, dan kami juga punya dua kampung halaman yang berbeda.

Masih kebayang banget gimana seru dan hectic-nya persiapan mudik, suasana perjalanan roadtrip Malang – Garut – Sukabumi – Bogor, keriuh-ramaian kumpul keluarga besar di rumah nenek buyut, bagi-bagi angpau, dan momen-momen Lebaran lain yang sekarang tidak bisa terlaksana.

Melepas Rindu a la Saya

Untuk sekadar melepas rindu, saya dan suami rajin untuk menelpon atau video call keluarga di kampung halaman. Nggak pernah absen juga mengirimkan foto dan video aktivitas anak ke orang tua kami. Pokoknya frekuensi nya udah melebihi minum obat alias diatas 3x sehari! Hehehe

Hal yang sama juga berlaku untuk teman-teman. Saya sih udah legowo ya, nggak bisa bebas ngabuburit atau jalan-jalan, tapi ngobrol dan menjaga silaturahmi dengan teman dekat masih tetap dilakukan, dong! Baik itu melalui chat maupun video call.

Kemarin pas nonton video klipnya Ramai Sepi Bersama, lagu terbaru yang dinyanyikan oleh beberapa musisi seperti Yura Yunita, Baskara Putra (Hindia), Kunto Aji dan Sal Priadi, saya langsung nggumam, ya ampun, ini akoh bangett ☹

Menjalani physical distancing, curhat sama temen, makan sahur/berbuka sampai sungkem yang dilakukan di depan smartphone. Huhu, ini relatable banget karena kita semua lagi kayak gini nggak sih? Tidak melewati batasan namun tetap bisa #SilaturahmiSetiaphari. Ini jadi penyemangat dan pengingat banget kalau silaturahmi tetap nomor satu dan tetap penting di tengah situasi yang tidak mengenakan seperti ini.

Setelah saya cari tahu di video behind the scene -nya, ternyata dalam pembuatan video klipnya @IM3Ooredoo dan keempat musisi tersebut benar-benar dilakukan di rumah musisi dan tim produksinya sendiri lho demi menomorsatukan peraturan tentang physical distancing!

Para penyanyi dan talent dikirimkan sepaket kamera ke rumahnya, dan mereka masing-masing merekam kegiatan sesuai dengan konsep video klip yang telah disepakati. Cool! ☺

Salut sih untuk perjalanan pembuatan video klip ini karenaeffort yang mereka buat sepadan dengan pesan yang disampaikan. Ini juga membuktikan kalau cobaan yang sekarang kita hadapi tidak menghalangi kreativitas dan kolaborasi demi menciptakan karya yang positif.

Tetap Produktif di Bulan Ramadan

Sebagai pengalihan rasa kangen sama keluarga dan aktivitas fisik lainnya yang tidak bisa dilakukan, saya biasanya memilih untuk menyibukan diri dengan beragam aktivitas lain. Padahal saya masih ngantor lho, tetep aja butuh menambahkan aktivitas lain biar nggak terlalu sedih dengan situasi seperti ini.

Seperti mengikuti beragam kelas online, streaming film dan musik, marathon nonton video youtube, nulis dan ngeblog, pokoknya menjernihkan dan menyibukan pikiran. Siapa tahu ilmu yang saya dapat sekarang bisa bermanfaat di kemudian hari.

Untuk menunjang kegiatan-kegiatan ini saya biasanya suka bingung mau pakai pakai paket internet yang seperti apa. Nah, sebagai pengguna IM3 Ooreedoo dari tahun 2011, saya seneng banget nih karena sekarang IM3 Ooreedoo punya paket Freedom Kuota Harian.

Freedom Kuota Harian merupakan paket terbaru dari IM3 Ooreedoo yang bisa diunakan selama 24 jam (di semua jaringan) dengan kapasitas kuota utama mencapai 1GB per harinya.

Dengan kuota utama 1GB, kamu bisa sepuasnya video call dengan orang tua dan teman, kirim pesan dan video melalui aplikasi, dan ikut beragam kelas online tanpa harus takut kehabisan kuota selama 24 jam penuh hingga 28 hari!

Kok bisa gitu? Ya, Karena jika kita sudah mencapai limit 1GB, kita masih tetap internetan melalui fitur pulsa safe yang dimiliki oleh IM3 Ooreedoo! Keren banget ya! Yang paling seru lagi nih, harganya terjangkau banget lho, mulai dari Rp.19.900 untuk masa aktif internetan 7 hari hingga Rp.74.900 aja. Untuk masa aktif 28 hari.

Nggak cuma itu aja, kita juga turut berdonasi sebesar Rp.2.000 untuk menanggulangi Covid-19setiap pembelian paket Freedom Kuota Hariam! Keren ya, selain mendapatkan paket internet, kita juga bisa sekalian donasi.

This Too Shall Pass

Every cloud has a silver lining, di setiap kejadian buruk atau tidak menyenangkan pasti ada ada hal-hal positif dibaliknya yang tersembunyi. Misal, jadi makin punya quality time sama suami dan anak (karena nggak kemana-mana jadi main terus di rumah bertiga), nambah ilmu dari semua kelas online yang diikuti, dan menghemat budget bulanan karena anggaran jajan dan main berkurang secara signifikan.

Ya, betul, selalu saja ada hal yang harus disyukuri. Apalagi dengan kecanggihan teknologi seperti sekarang, beruntung banget semuanya sudah bisa dilakukan dalam genggaman.

Kalau dirunut lagi semua kejadian sampai sekarang, apa hal yang paling membuat kamu bersyukur di tengah pandemi COVID-19 ini?

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
52 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
3835info
15 days ago

mantap banget dah nih perdana, harga dan jumlah yang kita dapat lumayan banget, bisa silaturahmi tiap hari dengan keluarga yang jauh

Iim Rohimah
15 days ago

sekarang memang total ngandelin kuota buat silaturahmi ya kak.. ya, mau gimana lagi jauh dengan keluarga tak bisa dihindari. Saran pake IM3 oredoo bisa cocok untuk aku saranin ke ortu di kampung yang biasanya susah sinyal.

Relinda Puspita
15 days ago

Masa-masa seperti ini, jarak gak masalah, ya, selama ada kuota internet. Sama yang jauh banget malah bisa ngobrol kita.

metuomah
15 days ago

jadi ingat dengan paket yellow indosat, hehehe. Bulan puasa adalah bulan boros kuota, banyak kuis yang beterbaran di sosial media 🙂

Tukang Jalan Jajan
14 days ago

selama sinyal lancar jaya artinya kita bisa melakukan semua aktifitas online dengan lancar. janagn lupa penuhin kuota biar bisa terus terhubung. Banyak ilmu dan pelajaran yang bisa diambil di internet
Aku juga mengisi WFH dengan jadi freelance sih

YSalma
14 days ago

Internet lancar, sehingga akses ke dunia luar tak ada hambatan, bertukar kabar dengan kerabata dan sahabat bisa kapan saja.
Yang paling disyukuri, anak-anak jadi belajar beberapa kebiasaan baru yang positif selama di rumah aja.

Deny Irwanto
Deny Irwanto
14 days ago

ada kouta murah juga ya di indosat, tapi saya pernah nemuin lho mb paket lebih murah lagi dari IM3 yaitu freedom combo hanya 20GB 50 ribu. he

Reyne Raea
13 days ago

Keren banget ya IM3Ooredoo ini kasih kebebasan banget agar bisa silaturahmi setiap harinya.
Kalau masalah kuota internet terjangkau kan, meski di rumah aja, masalah silaturahmi bisa dilakukan secara online sesering mungkin 🙂

Ernawati lilys
13 days ago

asyik juga ya dirumah tetap stay happy dan produktif ada kuota full yang melengkapi

triyatni
13 days ago

Yang buat paling bersyukur tentu kita masih sehat-sehat saja, juga masih ada rezeki untuk makan setiap hari. Semoga pandemi ini segera berlalu, tidak lagi memakan korban, dan kita bisa kembali berkumpul bersama. Untuk saat ini ALhamdulillah bisa video call pun senang

Dhini Chalista Amelya
13 days ago

Bener banget nih! Butuh kegiatan buat ngalihin rasa sedih. Senggaknya kalo sibuk jadi ga mellow-mellow banget kan yaa. Untungnya ada si freedom ini, jadi makin banyak yang bisa dikerjain plus silaturahmi juga bisa jalan terus.

Haeriah Syamsuddin
13 days ago

Di saat wabah seperti ini, silaturahim virtual merupakan cara yang paling tepat untuk tetap bisa berhubungan dengan orang-orang terkasih. Untungnya, ada paket murah meriah dari provider ini sehingga kendala kuota maupun signal dapat teratasi.

Larasatinesa
13 days ago

Banyak mbak yang masih bisa disyukuri di bulan Ramadan yang berbeda ini. Jadi bisa lebih dekat dengan keluarga, fokus beribadah, dan yang pasti aku masih dikasih rejeki untuk bekerja dari rumah. Alhamdulillah..

rina
12 days ago

Yang paling aku syukuri dari adanya pandemi ini adalah aku jadi bisa mengenal lebih dalam lagi tentang diri sendiri. Bisa tahu apa yang sebenarnya aku mau dan apa yang ingin aku lakukan.

Akarui Cha
12 days ago

Hal pertama yang jadi perhatian ketika buka artikel ini adalah komik Doraemon.

By the way, aku sukaaaaa banget sama campaign dari IM3 Ooredoo ini. Pas dan jleb langsung ke hati, secara di masa pandemi begini, rasanya cuma silaturrahmi secara daring aja yang bisa diandalkan.

Samleinad
12 days ago

Lebaran tahun ini sedikit kurang berkesan karena gak bisa mudik. Untungnya sekarang teknologinya sdh canggih ya, bisa video call sama keluarga di kampung halaman utk mengobati rasa rindu

Diani Sekaring
12 days ago

Sedih sih ya memang buat yang gak bisa mudik, apalagi yang merantau jauh dari keluarga dan momen ini satu-satunya yang biasanya dihabiskan bersama. Namun, Insya Allah pasti ada manfaatnya dibalik semua ini.

Ruly Rosmalina
12 days ago

Jarak bukan lagi penghalang silaturahmi ya. Semuanya bisa dilewati dengan paket freedom kuota harian yang super kece ini

Nunung
12 days ago

Pasti sedih bangeet ya lebaran besok. Banyak yang pada nggak bisa mudik. Eh tapi untung sekarang bisa video call ya. Jadi silaturahmi tetap terjaga. Apalagi kalau kuota internetnya murah

mutia nurul rahmah
12 days ago

bisa berkumpul dengan keluarga kak, ramadan tahun ini full dijalani bersama keluarga. Ada hikmahnya juga

Iva
Iva
12 days ago

Betul mba, walaupun slalu dalam kewaspadaan covid, byk ibroh yg bisa diambil, jdi bisa smakin byk waktu kumpul dgn keluarga, dan bisa lebih praktis byk hal dilakukan lewat online

firafirdaus
12 days ago

pandemi ini memang bikin sulit, untungnya sekarang udah ada internet. aku masih galau tentang mudik ini, karena para nenek bakal ngambek semua kalau kami tidak pulang ke kampung (jaraknya cuma 2-3 jam sih). apalagi selama ini oom ku selalu pulang pergi kabupaten-kota buat kerja, jadi di mata nenekku ga ada bedanya pulang pergi karena kerja sama mudik.

tapi sepertinya nggak bakal mudik. pake video call saja hehe

Firda
11 days ago

Hal yang paling membuatku bersyukur selama pandemi adalah keluargaku jadi sering kumpul dan aku mendapat kebahagiaanku yg sebenernya karena sebelum ada corona, aku ada pacar dan aku gak sadar kalo selama pacaran aku dipenjara wkwk. Duh, jadi curcol.

Rafika Dwi Rahmah
11 days ago

Kak cantik bangettt masyaallah..

Btw sistem temu kangen kita sama, aku juga vcall gitu dan telp2an aja sama doi aku tapi nih wkwk eh sama keluarga juga soalnya biasa ada ritual bulanan skrg lewat vcall huff..

Yg bikin aku bersyukur di masa pandemi ini, alhamdulillah masih dikasih sehat dan keluarga sehat semua. Bersyukur juga masih bisa kumpul bareng keluarga walaupun ya sudah mau 3 bulan ini dirumah saja hehe

Renayku
11 days ago

Bersyukur karena bisa quality time sama keluarga inti.. kalo dulu susah banget karena punya kesibukan masing2.. owalah kak diaz mudik malah ke jabar ya dari jatim.. dari ujung ke ujung banget.. ga kebayang capeknya di perjalanan tapi kalo udah sampe di lokasi tujuan lgsg bahagia jadinya capenya ilang ya hehe

Tiandarinie
11 days ago

Bener banget, this too shall pass. Aku yakin akan ada hikmah di balik setiap ujian-Nya dan mungkin memang kita butuh jeda agar lebih memaknai ada.

52
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x