Adv,  health

Tips Berbicara Menstruasi dan Pentingnya Menjaga Kebersihan Organ Kewanitaan Pada Anak

Sebagai seorang ibu, salah satu hal yang membuat saya deg-degan adalah membahas masalah pubertas dengan anak. Entah kenapa ya, mungkin karena dulu ketika saya menginjak pubertas, obrolan ini berasa tabu dan jadi “ewww moment” ketika orangtua mengajak ngobrol hal itu.

Tapi, dengan perekembangan zaman dan banyaknya akses informasi terhadap organ reproduksi, sepertinya sekarang berbicara menstruasi kepada anak bisa terasa lebih terfasilitasi. Sebagai ibu, aku juga merasa teredukasi dengan adanya banyak channel yang membahas tentang organ kewanitaan.

Saya belum punya anak perempuan, tapi menurut saya pemahaman tentang siklus menstruasi dan organ kewanitaan itu harus diketahui oleh baik perempuan maupun laki-laki. Bagaimanapun itu semua berkaitan dengan sex eduction, atau pelajaran mengenai organ reproduksi.

Makanya, untuk berkomunikasi dengan anak jadi agak tricky ya, bun. Tapi jangan bingung karena saya sudah merangkum beberapa tips berbicara tentang menstruasi pada anak.

Tips Berbicara Tentang Menstruasi Pada Anak

1. Ibu Harus Mengedukasi Diri

Sebagai garda terdepan terhadap tumbuh kembang anak, Ibu adalah sumber informasi tentang menstruasi yang paling diharapkan oleh anak. Maka penting sekali untuk memilki pemahaman yang tepat tentang menstruasi.

Yuk bisa yuk kita cari informasi dari sumber yang berkualitas, follow akun-akun yang membahas tentang edukasi orgran reproduksi, atau mengikuti webinar atau kelas yang narasumbernya berasal dari seorang profesional.

2. Pahami Fakta dan Mitos Seputar Menstruasi

Kita juga harus paham lho seputar fakta dan mitos menstruasi. Mungkin ada beberapa yang pernah denger ya kalau pembalut itu menyebabkan kanker dan lain sebagainya, nah itu MITOS.

Faktanya, pembalut adalah tools atau alat yang membantu kita saat menstruasi, dan diolah oleh perusahaan dengan standar kesehatan yang tinggi.

Moms juga bisa nih sekalian berikan alternatif pemahaman alat menstruasi lain seperti pembalut kain maupun menstrual cup beserta kelebihan dan kekurangannya.

3. Tidak Menjadikan Menstruasi Sebagai Topik Tabu

Menstruasi adalah bagian dari setiap hidup wanita, maka hilangkan batasan tabu antara ibu dan anak dalam membahas tema ini.

Pembicaraan tentang menstruasi juga penting lho untuk meningkatkan kesehatan reproduksi perempuan generasi penerus bangsa.

4. Lakukan Berulang Kali

UNICEF Indonesia mencatat 1 dari 4 anak perempuan di Indonesia tidak pernah dapat informasi tentang menstruasi sebelum mereka mendapatkan menstruasi pertamanya,

Apalagi topik menstruasi bukanlah hal yang hanya bisa dibicarakan dalam 1 kali duduk saja. Maka dari itu, lebih baik dilaukan berulang kali dan bisa mulai dibicarakan sejak ada tanda-tanda awal pubertas, atau bahkan sebelumnya.

Yang penting, sesuaikan pembicaraan dengan usia anak, ya.

5. Berdiskusi, bukan Menceramahi

Wajar jika anak malu, takut, dan mungkin bahkan meninggalkan percakapan tentang menstruasi begitu saja.

Maka dari itu cara yang disarankan adalah dengan membangun diskusi atau komunikasi dua arah.

Ingat, Ibu belum tentu selalu benar, jadi lebih baik berbagi pengalaman pribadi secara positif daripada mencermahi anak. Jika tidak siap menjawab pertanyaan, komunikasikan kalau kita butuh waktu berpikir dan diskusi bisa dilanjutkan lagi setelah kita mendapatkan jawabannya.

6. Jelaskan Secara Nyata

Ini bisa digunakan mulai dengan menggunakan gambar anatomi tubuh secara sederhana.

Tunjukan juga bentuk pembalut dan bagaimana cara penggunaannya.

Webinar Sehat dan Bersih Saat Menstruasi

Tips bermanfaat ini saya dapatkan ketika mengikuti webinar  “Sehat dan Bersih Saat Menstruasi” yang diselenggarakan oleh Perkumpulan Obstetri & Ginekologi Indonesia (POGI), Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia dan Mundipharma Indonesia bersama Betadine pada tanggal 27 Mei 2021 lalu.

Senang dan merasa beruntung banget karena dalam 2 jam sesi webinar tersebut, saya mendapatkan banyak informasi “daging” tentang bagaimana cara berkomunikasi ke anak tentang menstruasi dan pentingnya menjaga kehigienisan organ reproduksi saat menstruasi.

Apalagi pengisi acaranya benar-benar orang yang berkompeten di bidangnya, seperti:

  1. Prof. Dr. dr. Dwiana Ocviyanti, SP.OG (K), MPH – Anggota Pengurus Besar Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesisa (POGI)
  2. Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si – Ketua Ikatan Psikolog Klinik (IPK) Indonesia Wilayah Jakara
  3. dr. Dwi Oktavia Handayani, TLH, M.Epid – Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta
  4. Adi Prabowo – Head of Marketing, Digital & E-Commerce Mundipharma Indonesia
  5. Novita Angie – Public Figure

Selain itu, acara webinar ini merupakan rangkaian dalam rangka menyambut Hari Kebersihan Menstruasi yang diperingati setiap tanggal 28 Mei. Diikuti oleh 1.000 perempuan Indonesia, acar ini juga bertujuan untuk meningkatkan pemahaman perempuan mengenai pentingnya Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM).

Iya, menjaga kebersihan saat menstruasi itu sangat penting karena kalau tidak bersih, bisa timbul beragam masalah kewanitaan seperti keputihan, iritasi area kewanitaan, gatal, hingga bau tidak sedap.

Kenapa edukasi ini penting?

Karena kesadaran perempuan di Indonesia tentang pentingnya manajemen kebersihan selama menstruasi masih sangat rendah.

Bayangin aja, 1 dari 2 anak perempuan masih belum tahu apa yang harus dilakukan ketika menstruasi. Kalau nggak tahu apa yang harus dilakukan, gimana mereka bisa menjaga kebersihan dan kesehatan organ wanita saat  menstruasi?

Cara Mengatasi Masalah Kebersihan Organ Kewanitaan Saat Menstruasi

  1. Buang pembalut yang sudah dipakai dalam kantong plastik ke tempat sampah
  2. Untuk yang menggunakan pembalut cucii ulang, langsung cuci pembalut langsung setelah dipakai
  3. Pembalut sekali pakai, pembalut cuci ulang, maupun menstrual cup, wajib diganti setiap 4-5 jam sekali.
  4. Selalu cuci tangan sebelum dan sesudah mengganti pembalut
  5. Gunakan air bersih yang mengalir saat membersihkan area vagina
  6. Bila menggunakan cairan pembersih vagina, pilih yang sesuai dengan pH normal vagina, 3.5 – 4.5

Rekomendasi Sabun Pembersih Untuk Menjaga Kesehatan dan Kebersihan Area Kewanitaan –

Sebenarnya, area kewanitaan itu punya perlindungan alami untuk membuat “wilayahnya” tetap bersih. Namun, saat menstruasi, resiko infeksi kuman meningkat dan perlu perlindungan ekstra untuk mengatasi infeksi tersebut.

Jangan pernah membasuh area kewanitaan dengan sabun mandi biasa, ya. harus menggunakan sabun pembersih khusus, dan tentunya kalau terjadi infeksi bisa langsung konsultasi dan berobat ke dokter.

Salah satu Rangkaian lengkap untuk menjaga kesehatan daerah kewanitaan adalah Betadine. Ada berbagai macam jenisnya, mulai dari yang untuk Daily Protection alias digunakan sehari-hari, Red Days yang direkomendasikan digunakan pada saat menstruasi, Infection, hingga berbentuk tisu pembersih On The Go.

Siapa sih yang masih meragukan Betadine? Dengan efektifitasnya membunuh kuman dan bakteri dengan formula khusus yang disesuaikan dengan pH daerah kewanitaan, Betadine bisa jadi alternatif kamu untuk tetap bersih dan nyaman selama menstruasi.

Rangkaian Betadine ini bisa didapatkan di apotek terdekat, atau bisa langsung cus checkout di official shopnya di Tokopedia dan Shopee.

Yang udah pakai Betadine ini atau yang sudah pernah/siap-siap edukasi anaknya tentang menstruasi, sharing di kolom komentar, yuk!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
41 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Firsty
Firsty
17 days ago

Webinarnya emang seru banget. Btw aku juga pake betadine hygiene loh di rumah.

Okti
Okti
17 days ago

Dengan langkah seperti yang dipaparkan itu kita para ibu tidak lagi lalu dalam menjelaskan terkait menstruasi kepada anak baik laki-laki maupun anak perempuan, ya. Demi generasi yang terbebas dari bahayanya kanker serviks, kebersihan dan kesehatan saat menstruasi memang sangat penting disampaikan sejak dini

Ika Putri Yuliana Sari
Ika Putri Yuliana Sari
17 days ago

Nah, ini nih. Penting banget edukasi ke anak sedari dini mengenai menstruasi. Btw, makasih tipsnya ya, Mbak. Buat bekal pas udah jadi orang tua nanti.

Andina
Andina
17 days ago

Senang deh jadi bagian webinar ini. Semoga makin meningkatkan awareness kita tentang kebersihan saat haid

Asty Intan Pratiwi Widyanti
Asty Intan Pratiwi Widyanti
16 days ago

Aku dulu taunya Betadine cuma obat luka dan obat kumur doang Mbaa. Terus makin ke sini ada body wash-nya juga sama feminine care. Jadi makin lengkap kalau mau pakai produk Betadine semua di rumah 😅

Inda Chakim
Inda Chakim
16 days ago

Alhamdulillah ada Betadine ya mbak yang bisa membantu kita menjaga kesehatan daerah kewanitaan, terutama pada saat menstruasi.

mer
mer
16 days ago

Makasi infonya, menjaga kebersihan saat menstruasi memang sudah keharusan. Dan edukasinya juga harus smpai ke anak-anak dan remaja.

Sitatur rohmah
Sitatur rohmah
16 days ago

Kebanyakan para ibu enggan membahas menstruasi kepada anak remaja mereka, alasannya tabu ataupun canggung.
Padahal hal semacam ini juga penting untuk anak ketahui ya, dengan cara penyampaian yang mudah dipahami anak.

Donasaurus
Donasaurus
16 days ago

Wih acaranya berfaedah sekali, semoga bisa diadakan dimana mana biar semakin banyak ibu yang tahu bagaimana menyiapkan anak menjelang menstruasi

antung apriana
antung apriana
15 days ago

iya nih, mbak. anakku juga perempuan kadang suka nanya kenapa aku pakai popok katanya di saat-saat tertentu. karena umurnya masih 4 tahun kubilang aja mama lagi berdarah. heu

Dian Farida Ismyama
Dian Farida Ismyama
15 days ago

Fakta dan mitos menstruasi ini ya ga semua ibu tahu. Makanya jadi ibu harus belajar terus ya mba. Harus teredukasi dengan baik

Sarieffe
Sarieffe
15 days ago

Dahulu emang kita lebih sering dengar info tentang menstruasi dari teman ketimbang ortu karena alasan tabu ini ya mbak. Setelah paham bagaimana peran ibu terhadap anak rasanya jadi pengen membekali diri lebih banyak biar semakin paham kalau anak bertanya

Eca Arun
Eca Arun
14 days ago

memang lumayan PR ya buat semua ibu untuk menjelaskan alias mengedukasi anak remaja yang baru pertama kali mengalaminya. But, dengan adanya tips-tips di sini bisa bikin ibu semakin tau harus ngapain.

ungayossydotcom
ungayossydotcom
11 days ago

Jadi ibu emang kudu bnyk ilmu ya kak biar nggk salah ngajarin atau jawab klo anak nanya. Apalai mengenai menstruasi inin

Didik
Didik
11 days ago

Orangtua punya peran penting dalam mendidik anak. Dan benar, metodenya jangan kayak diceramahin, tapi diajak diskusi selayaknya teman. Sang anak akan terbuka apalagi masalah kayak gini. Kadang pola pikir ortu yang masih konvensional masih menganggap hal ini tabu. Jadi anak malah cari tahu informasinya sendiri di internet. Syukur kalo ada informasi yang bener. Kalo salah?

Diah Alsa
Diah Alsa
10 days ago

setuju banget Mak, sebagai Ibu kita harus punya bekal yang banyak juga tuk memberikan edukasi ke anak, dan tahu sendiri doong anak jaman now orangnya lebih kritis dan banyak tanya agar jadi banyak tahu juga 🙂
info tentang menstruasi harus disampaikan sedari dini agar anak tahu dan mengerti do n don’t seputar menstruasi.

Fionaz Isza
Fionaz Isza
10 days ago

Selama ini kalo ngomongin soal menstruasi masih seperti hal yang tabu ya kak, apalagi buat yang tinggal di kampung jadi berasa malu kalo bicara tentang mens

Arai Amelya
Arai Amelya
10 days ago

Ngomongin mitos menstruasi, kayaknya semua orang udah harus paham mana yang bener mana yang salah sih ya. Soalnya urusan haid ini emang nggak bisa diremehin karena ngebentuk kebiasaan sampai tua. Beruntung sih kak, Ibu aku dulu ngajarin soal haid ini bener banget terutama perihal kebersihannya.

Hendra Suhendra
Hendra Suhendra
9 days ago

Kasian juga yak kalo orang tuanya nggak ngasih edukasi soal menstruasi ke anak ceweknya, karena nggak sedikit orang tua yang menganggapnya sebagai hal tabu. Dampaknya ya si anak ceweknya akan kebingungan apa yang harus dilakukan saat pertama kalinya menstruasi. Jadi penting banget soal edukasi menstruasi ini ya Mba. Very nice inpoh 

Jiah Al Jafara
Jiah Al Jafara
9 days ago

Webinar Sehat dan Bersih Saat Menstruasi kemarin itu materinya oke banget. Ada tips juga kan buat ngomongin hal ini ke anak-anak. Yang pasti, pertama tuh Ibu kudu punya ilmunya. Jadi bisa ngasih informasi yang benar, bukan hanya mitos saja

Marita Ningtyas
Marita Ningtyas
9 days ago

Alhamdulillah aku termasuk team anak yang cerita apapun ke ibu, termasuk tanya-tanya soal menstruasi. Itu pun pas hari H nya datang ya kaget juga kok. Makanya pas anak perempuan lahir, aku malah excited banget, kubayangkan akan ada banyak obrolan2 asyik bersama dirinya. Dan anakku typical yang ingin tahunya tinggi juga. Jadi umur 4 tahunan sudah kepo kenapa bundanya nggak sholat, tentu saja nggak kututupi alasannya, dan kujelaskan dengan bahasa sederhana. Sekarang di usianya yang ke-9, dia sudah ngerti apa itu menstruasi dan tahu bahwa nanti dia juga akan mengalaminya. Saatnya melatih soal MKMnya nih, biar nggak jijik dan mau bertanggungjawab… Read more »

Sri Wulandari
Sri Wulandari
9 days ago

Tempo hari saya juga salah satu peserta yang mengikuti webinar kesehatan ini kak, seru ya banyak ilmu baru yg saya dpat. Terlebih soal menstruasi. Ternyata masih banyak pemahaman sy yg salah terkait pola menjaga kebersihan saat mens.

ghina
ghina
9 days ago

wah iya nih, perlu banget menjelaskan secara nyata, detail, dan harusnya jangan ada unsur menakut-nakutin yaa. menstruasi bukan hal yang tabu dan bukan juga sebuah hal yang buruk..

Fachrur Rozi
Fachrur Rozi
9 days ago

nah, begini penting banget edukasi ke anaka sedari dini mengenai menstruasi. Keren banget tipsnya untuk bekal jadi orang tua nanti

dian
dian
9 days ago

Ibu memang punya peran penting dalam edukasi tentang menstruasi ini ya mbak
dengan memiliki informasi yang lengkap tentang menstruasi ini, anak tidak akan bingung saat menghadapi menarkenya

Jihan
Jihan
9 days ago

Alhamdulillah yaa kemarin webinarnya juga saya ikutan. Banyak banget info tentang manajemen kebersihan menstruasi yangg ngga saya tahu ternyataa

Fenni Bungsu
Fenni Bungsu
9 days ago

Membicarakan menstruasi bukanlah suatu hal yang tabu ya, karena itu bagian dari pengetahuan. Maka sosialisasinya sebisa mungkin dilakukan berulang ya

Karyati Niken
Karyati Niken
9 days ago

Anak-anakku perempuan nih. Dan yang usia 8 tahun pernah nanya kenapa bunda liburan solatnya. Hehe. Saat itu belum siap dengan jawaban yang “proper” tapi ternyata kudu siap ya Dan anak-anak harus diedukasi dengan cara yang baik dan benar tentang menstruasi ini.

Fatimah
Fatimah
9 days ago

Wah mantep nih tipsnya bisa diterapkan nanti jika punya anak untuk mengedukasi tentang menstruasi. Pasti rada kagok juga ya kalau dulu kita sebagai generasi yang sangat tabu membahas mengenai menstruasi ini.

Susie Ncuss
Susie Ncuss
9 days ago

Aku juga ikut seminar ini, mbak.
Memang bener2 keren dan berisi acaranya.
Salut sama betadine!

Erin
Erin
9 days ago

Pendidikan mengenai mensturasi ini memang baiknya sejak anak belum mengalami mensturasi agar tidak terlalu kaget ya, mba. Dari pengalaman itu aku tahunya dari teman dan terkadang agak malu juga. Apalagi kalau udah tembus suka diledekin anak cowok.

bundabiya.com
bundabiya.com
9 days ago

aku baru tahu nih mba ada produk betadine selengkap ituu buat perempuan. makasi buat artikel edukasi juga pengenalan produknya yaah

Akarui Cha
Akarui Cha
9 days ago

Bicara soal menstruasi dan berbagai pengetahuan soal manajemen kebersihannya memang nggak bisa dilakukan hanya sekali saja. Perlu berkali-kali. Maka bicara soal hal begini terkadang rasa tabu di dalam diri perlu ditepikan dulu. Demi edukasi tersampaikan pada generasi.

Mutia Nurul Rahmah
Mutia Nurul Rahmah
9 days ago

menstruasi sudah harus diedukasi secara dini baik kepada anak perempuan maupun laki-laki, sehingga nanti ketika beranjak remaja dan dewasa jadi paham ya

Rahmah
Rahmah
9 days ago

Memang harus diajak diskusi anak itu
Bukan sekadar menceramahi apalagi ada marahnya
Anak jadi takut dan menghindar jadinya
Apalagi soal menstruasi, hal paling dasar yang harus diketahui sebagai perempuan yang sudah akil baligh

nyi Penengah Dewanti
nyi Penengah Dewanti
9 days ago

Penting banget asli ini managemen kebersihan ketika menstruasi. Kalau bukan kita siapa yang menjaga bukan? Zoominr keren banget dan kalo ada aku pengen loh ikutan lagi

Retno Kusuma Wardani
Retno Kusuma Wardani
9 days ago

samaaa… akupun dulu merasa tabu dan malu kalau ngomongin mens. RlTapi perasaan itu sekarang aku buang jauh jauh, soalnya anak anakku udah mulai gedee

Adriana Dian
Adriana Dian
9 days ago

Aku tuh deg degan banget pas pertama kali bicarain ttg menstruais ke anak perempuan aku.. tapi aku ciba untuk tetap santai dan stay cool. Hihihi. Maaci ya tipsnyaaa, bermanfaat banget niiih

Monica Anggen
Monica Anggen
9 days ago

Aku tak punya anak perempuan, tapi punya banyak ponakan perempuan yang sekarang menginjak usia remaja. Adanya tips berbicara menstruasi pada anak perempuan ini bakal bantu banget nih. Jadi punya panduan, apa saja yang harus diedukasi ke anak-anak perempuan tersebut mengenai menstruasi

Rhoshandhayani
Rhoshandhayani
8 days ago

iya, paling enak tuh kalau diskusi
soalnya si anak pasti adaaa aja pertanyaannya
dengan bertanya, maka jawaban akan cepet masuk dan lebih mudah dipahami

Gemaulani
Gemaulani
5 days ago

Bener sih masih banyak yang menganggap berbicara soal menstruasi ini adalah masalah yang tabu, padahal emang perlu banget mengedukasi anak sejak dini supaya pas menstruasi gak kaget. Keren acara peringatan hari kesehatan menstruasinya kak. Eh btw aku baru tahu betadine punya pembersih kewanitaan yang tissue gitu.

41
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x