Pilih Laman

Di Indonesia kopi merupakan minuman yang terkenal sejak zaman dulu. Minuman ini sangat digandrungi mulai dari kalangan menengah ke bawah hingga menengah ke atas. Tempat ngopi saat ini banyak dibidik oleh para pengusaha di Indonesia. Konsepnya bermacam-macam, mulai dari tradisional sampai modern misalnya ala-ala coffee shop. Bisnis coffee shop atau bisa disebut dengan kedai kopi merupakan bisnis yang menjanjikan saat ini. Akan tetapi, sukses tidaknya bisnismu, tergantung pada bagaimana kita mengelolanya. 

Nah agar bisnis coffee shop kalian berjalan lancar, aku rangkumin, ya, beberapa tips yang akan bisa dilakukan.

Modal

Di dalam dunia bisnis hal yang sangat penting adalah modal usaha. Sebelum memulai usaha, sebaiknya memikirkan masak-masak berapa modal yang harus dikeluarkan dan darimana sumber modal tersebut diperoleh.

Untuk modal bisnis coffee shop kisaran modalnya tergantung dengan banyak hal. Mungkin jika kamu sudah punya lokasi untuk berjualan maka modal usaha yang akan dikeluarkan sedikit lebih berkurang. Bisnis coffee shop yang sederhana mungkin tidak akan memerlukan banyak modal. Jika menggunakan alat peracik manual mungkin kamu memerlukan modal 1 jutaan saja untuk mendapatkan alat serta beberapa bahan baku.

Jika modal kamu belum cukup banyak, mungkin bisa dimulai dari membuka coffee shop yang sederhana terlebih dahulu. Jangan khawatir, dengan bisnis coffee shop yang sederhana bukan berarti bisnis kamu tidak bisa maju dan berkembang. Apabila kamu mengelolanya dengan benar dan sungguh-sungguh tentu bisnis kamu berkembang seiring berjalannya waktu.

Baca juga: 5 Pengeluaran yang Wajib Dialokasikan Tiap Bulan

Tentukan Target Konsumen

Kalian pasti pernah mendengar ungkapan ‘’pembeli adalah raja” kan? Ungkapan tersebut bisa dibilang sangatlah tepat, lho. Jika yang memulai bisnis coffee shop kepuasan konsumen adalah hal yang harus diutamakan, karena merekalah yang menentukan keberlangsungan bisnis kamu.

Target konsumen adalah hal yang tak kalah penting jika kamu akan memulai bisnis coffee shop. Jadi kamu harus menentukan terlebih dahulu konsumen seperti apa yang cocok dengan produk yang kamu tawarkan. Kalau target konsumen sudah ditemukan maka langkah selanjutnya adalah menganalisa latar belakang mereka.

Analisa konsumen yang umum adalah mengetahui dari profesi apa yang mereka geluti, penghasilan mereka, dan yang paling penting adalah testimoni apa yang mereka berikan pada produk kamu. Jika kamu dapat memahami konsumen dengan baik maka kamu bisa menentukan lokasi, konsep, harga untuk bisnis coffee shop yang akan kamu jalani.

Baca juga: Begini Cara Mudah Menabung Emas

Lokasi Coffee Shop

Lokasi bisnis yang strategis adalah salah satu penentu keberhasilan semua bidang usaha. Lokasi strategis akan menentukan berkembang tidaknya usaha yang yang sedang dijalani tak terkecuali bisnis coffee shop. Kamu harus bisa menentukan lokasi yang paling strategis agar bisnis coffee shopnya dapat berkembang.

Jika kamu mengusung konsep coffee shop yang sederhana, mungkin lokasi yang strategis adalah lokasi yang cenderung dekat dengan pusat keramaian atau banyak didatangi orang. Sedangkan jika kamu mengusung konsep modern dan terkesan anak muda, lokasi yang strategis adalah lokasi yang berdekatan dengan kampus, sekolah, pusat perkantoran, mal dan lain-lainnya.

Baca juga: Manfaat Balance Bike

Promosi Produk

Promosi produk bertujuan untuk mengenalkan produk kamu ke masyarakat luas. Cara untuk promosi juga sangat beragam, promosi yang paling sederhana adalah dari mulut ke mulut. Promosi ini adalah promosi tanpa harus mengeluarkan modal sepeserpun.

Saat ini promosi cenderung memanfaatkan media sosial. Cara ini sangat populer untuk saat ini, karena sekarang ini hampir seluruh masyarakat menggunakan sosial media. Agar bisnis coffee shop kamu bisa dikenal di masyarakat luas terutama di sosial media, kamu perlu membuat akun media sosial untuk bisnis coffee shopnya.

Apalagi sekarang ini banyak orang cenderung tertarik dengan kata-kata promosi, ini juga merupakan strategi bisnis yang bagus. Tidak hanya promosi produk, tapi kamu juga harus selalu melakukan inovasi agar produk yang dijual tidak terkesan itu-itu aja dan akan menarik konsumen tentunya.

Jadi, sudah siap untuk berbisnis coffee shop?

Tips coffee shop diaz bela

Nah, itu tadi beberapa tips mengenai bisnis coffee shop yang bisa kamu terapkan. Jangan pernah bosan untuk terus berkembang dan berinovasi, karena seorang pengusaha sukses tidak lepas dari kegagalan. Semoga tips ini bermanfaat dan bisa menjadi pendorong untuk kamu untuk memulai usaha, ya!

Baca juga:
Moms, apakah kalian ada yang membiasakan anaknya bersepeda menggunakan balance bike? Mungkin untuk sebagian, balance bike ini masih asing, ya.…
20
0
Comments herex
()
x