Tips Memulai Bisnis Coffee Shop Untuk Pengusaha Muda

Tips Memulai Bisnis Coffee Shop Untuk Pengusaha Muda

Written by Diaz Bela

Seorang ibu milenial, ex-News TV Reporter, dan digital enthusiast. Saya menulis tentang hal-hal yang saya sukai: pengalaman, opini, traveling, kuliner, dan lain-lain.

28 Oktober 2021

Di Indonesia kopi merupakan minuman yang terkenal sejak zaman dulu. Minuman ini sangat digandrungi mulai dari kalangan menengah ke bawah hingga menengah ke atas. Tempat ngopi saat ini banyak dibidik oleh para pengusaha di Indonesia. Konsepnya bermacam-macam, mulai dari tradisional sampai modern misalnya ala-ala coffee shop. Bisnis coffee shop atau bisa disebut dengan kedai kopi merupakan bisnis yang menjanjikan saat ini. Akan tetapi, sukses tidaknya bisnismu, tergantung pada bagaimana kita mengelolanya. 

Nah agar bisnis coffee shop kalian berjalan lancar, aku rangkumin, ya, beberapa tips yang akan bisa dilakukan.

Modal

Di dalam dunia bisnis hal yang sangat penting adalah modal usaha. Sebelum memulai usaha, sebaiknya memikirkan masak-masak berapa modal yang harus dikeluarkan dan darimana sumber modal tersebut diperoleh.

Untuk modal bisnis coffee shop kisaran modalnya tergantung dengan banyak hal. Mungkin jika kamu sudah punya lokasi untuk berjualan maka modal usaha yang akan dikeluarkan sedikit lebih berkurang. Bisnis coffee shop yang sederhana mungkin tidak akan memerlukan banyak modal. Jika menggunakan alat peracik manual mungkin kamu memerlukan modal 1 jutaan saja untuk mendapatkan alat serta beberapa bahan baku.

Jika modal kamu belum cukup banyak, mungkin bisa dimulai dari membuka coffee shop yang sederhana terlebih dahulu. Jangan khawatir, dengan bisnis coffee shop yang sederhana bukan berarti bisnis kamu tidak bisa maju dan berkembang. Apabila kamu mengelolanya dengan benar dan sungguh-sungguh tentu bisnis kamu berkembang seiring berjalannya waktu.

Baca juga: 5 Pengeluaran yang Wajib Dialokasikan Tiap Bulan

Tentukan Target Konsumen

Kalian pasti pernah mendengar ungkapan ‘’pembeli adalah raja” kan? Ungkapan tersebut bisa dibilang sangatlah tepat, lho. Jika yang memulai bisnis coffee shop kepuasan konsumen adalah hal yang harus diutamakan, karena merekalah yang menentukan keberlangsungan bisnis kamu.

Target konsumen adalah hal yang tak kalah penting jika kamu akan memulai bisnis coffee shop. Jadi kamu harus menentukan terlebih dahulu konsumen seperti apa yang cocok dengan produk yang kamu tawarkan. Kalau target konsumen sudah ditemukan maka langkah selanjutnya adalah menganalisa latar belakang mereka.

Analisa konsumen yang umum adalah mengetahui dari profesi apa yang mereka geluti, penghasilan mereka, dan yang paling penting adalah testimoni apa yang mereka berikan pada produk kamu. Jika kamu dapat memahami konsumen dengan baik maka kamu bisa menentukan lokasi, konsep, harga untuk bisnis coffee shop yang akan kamu jalani.

Baca juga: Begini Cara Mudah Menabung Emas

Lokasi Coffee Shop

Lokasi bisnis yang strategis adalah salah satu penentu keberhasilan semua bidang usaha. Lokasi strategis akan menentukan berkembang tidaknya usaha yang yang sedang dijalani tak terkecuali bisnis coffee shop. Kamu harus bisa menentukan lokasi yang paling strategis agar bisnis coffee shopnya dapat berkembang.

Jika kamu mengusung konsep coffee shop yang sederhana, mungkin lokasi yang strategis adalah lokasi yang cenderung dekat dengan pusat keramaian atau banyak didatangi orang. Sedangkan jika kamu mengusung konsep modern dan terkesan anak muda, lokasi yang strategis adalah lokasi yang berdekatan dengan kampus, sekolah, pusat perkantoran, mal dan lain-lainnya.

Baca juga: Manfaat Balance Bike

Promosi Produk

Promosi produk bertujuan untuk mengenalkan produk kamu ke masyarakat luas. Cara untuk promosi juga sangat beragam, promosi yang paling sederhana adalah dari mulut ke mulut. Promosi ini adalah promosi tanpa harus mengeluarkan modal sepeserpun.

Saat ini promosi cenderung memanfaatkan media sosial. Cara ini sangat populer untuk saat ini, karena sekarang ini hampir seluruh masyarakat menggunakan sosial media. Agar bisnis coffee shop kamu bisa dikenal di masyarakat luas terutama di sosial media, kamu perlu membuat akun media sosial untuk bisnis coffee shopnya.

Apalagi sekarang ini banyak orang cenderung tertarik dengan kata-kata promosi, ini juga merupakan strategi bisnis yang bagus. Tidak hanya promosi produk, tapi kamu juga harus selalu melakukan inovasi agar produk yang dijual tidak terkesan itu-itu aja dan akan menarik konsumen tentunya.

Jadi, sudah siap untuk berbisnis coffee shop?

Tips coffee shop diaz bela

Nah, itu tadi beberapa tips mengenai bisnis coffee shop yang bisa kamu terapkan. Jangan pernah bosan untuk terus berkembang dan berinovasi, karena seorang pengusaha sukses tidak lepas dari kegagalan. Semoga tips ini bermanfaat dan bisa menjadi pendorong untuk kamu untuk memulai usaha, ya!

Arsip

MEMBER OF:

logo komunitas blog
kumpulan emak blogger
Logo Komunitas BRT Network
Seedbacklink

Baca Juga Artikel Berikut:

Subscribe
Notify of
guest

20 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Okti
Okti
2 years ago

Modal itu sesuatu yang memberatkan kalau menurut saya. Soalnya setiap ada peluang usaha, saya mentok nya selalu di modal. Hehehe…
Tapi kalau dalam dunia bisnis modern apapun usaha dicarikan solusi ya

hallowulandari
hallowulandari
2 years ago

mesti paham juga sama produknya ya mba, itu juga jadi modal penting buat bangun bisnis. Soal lokasi juga promosi tuh emang beneran menopang banget deh soal operasionalisasi bisnisnya biar makin lancar.

Wahyu Widya
Wahyu Widya
2 years ago

Masih hangat ya kak bisnis ini. Di desaku mulai merebak dengan tema sederhana. Kadang plus angkringan yang asik buat nongkrong. Pandemi sebagian tutup, ini mulai buka lagi…

Hendra Suhendra
Hendra Suhendra
2 years ago

Teman saya buka coffee shop. Cafenya sederhana banget, tapi ternyata modalnya gede banget. Apalagi franchise gitu. Betul banget, zaman sekarang harus rajin promosi, mau lewat mulut ke mulut atau media sosial.

dian
dian
2 years ago

iya sekarang ini bisnis coffee shop emang lagi marak ya mbak
banyak banget , cuma memang harus cari cara agar bisa tetap bertahan

Munasyaroh
Munasyaroh
2 years ago

Jaman sekarang promosi itu penting banget, walaupun lokasinya pelosok tapi kalau promosinya tepat pasti banyak yang datang. Selanjutnya tinggal pintar pintarnya memanjakan konsumen

dolandigital
dolandigital
2 years ago

kemasan juga penting ya kayaknya mbak diaz, biasanya yang coldbrew gitu klo dikasih dalam botol gitu bisa jadi sarana promosi juga karena botolnya kepake lagi n lagi

Mutiara Sy
Mutiara Sy
2 years ago

Coffee shop memang lagi hits nih sekarang ini. Di sekitar rumahku udah 3 coffee shop yang baru buka. Setiap coffee shop memiliki keunikan yang bikin menarik peminat. Setuju sama kakak, soal lokasi dan promosi ngaruh banget untuk kesuksesan sebuah coffee shop.

Yuni BS
Yuni BS
2 years ago

Modal bisnis coffee shop bukan hanya dana doang sih ya. Tapi pengetahuan tentang kopi dan citarasanya juga penting kan ya….

Lita
Lita
2 years ago

sekarang emang banyak ya bisnis kopi bahkan di tempat saya cuma modal tenda, alat peracik gelas, dan toples kaca udah bisa buka usaha kopi

Happy Dyah
Happy Dyah
2 years ago

Kayaknya seru punya cafe kopi ya. Sawang sinawang apa aja diliat asyik hihi. Padahal menjalani suatu usaha harus kuat mental

Niken
Niken
2 years ago

Di Malang ini buanyak banget usaha Coffee Shop. Bahkan di dalam gang pun ternyata ada lho kedai kopi yang eksentrik dan cozy. Modal yang utama memang di promosi produk sih ya. Dan kekuatan word of mouth.

Jihan
Jihan
2 years ago

Duluu banget punya cita2 untuk bikin coffee shop di teras halaman rumah haha tapi sampai sekarang ngga terealisasi. Mudah2an besok2 bisa terealisasi yahh. aamiin

Damar Aisyah
Damar Aisyah
2 years ago

Modal udah pasti penting banget ya. Tapi target konsumen, lokasi dan promosi ini ibarat ujung tombak bisnis. Kalau ketiganya kurang maksimal memang juga ngaruh ke omzetnya. Nice sharing nih. Kali aja oneday bisa bikin coffe shop juga.

Sri Wulandari
Sri Wulandari
2 years ago

Cocok banget buka usaha warkop. Apalagi di kota besar. Tapi perlu modal besar untuk memulainya

Mei Daema
Mei Daema
2 years ago

dari dulu pengen banget punya usaha, kadang bingung mau apa dan pengen akhirnya punya coffee shop gini, wah ini bisa jadi referensi deh

lendyagassi
lendyagassi
2 years ago

Menjamurnya bisnis di Indonesia membuat kita pantang menyerah dan berani mencoba.
Bisnis kopi ini tampak menjanjikan karena lifestyle orang Indonesia yang rata-rata sudah mulai memilih lokasi rapat di luat bersama klien ketimbang ke kantor.

Nyi Penengah Dewanti
Nyi Penengah Dewanti
2 years ago

Aku suka kopi dingin mba, hehehe seger dan enak untuk dinikmati kapanpun
kalau bersahabat gitu harganya jadi buruanku

diane
diane
2 years ago

Jadi pengen ngopi hehe.. Sekarang pengen ngopi selain di rumah gak susah ya..banyak banget coffee shop yang unik dan kopinya enaakk

Heizyi
Heizyi
2 years ago

Emang ya, modal tuh penting setiap mau mulai bisnis. Apalagi bagi pemula.

Sebelum memulai usaha, sebaiknya memikirkan masak-masak berapa modal yang harus dikeluarkan dan darimana sumber modal tersebut diperoleh.