Merawat Rambut Berhijab
Adv,  Stories

Tips Merawat Rambut Berhijab

Nggak kerasa saya sudah 15 tahun menggunakan hijab. Dan selama itu pula saya memiliki satu permasalahan rambut yang nggak kunjung selesai: rontok. Huhu.. sedih banget kalau lihat rambut yang selalu berguguran tiap hari. Tapi sudah satu bulan ini saya melakukan kegiatan rutin yang Alhamdulillah, mengurangi frekuensi rambut rontok. Maka dari itu, sekarang saya mau share untuk tips merawat rambut berhijab.

Tapi sebelumnya, kita harus tahu dulu nih kenapa sih rambut berhijab butuh perawatan khusus?

Well, it’s obvious karena rambut kita (para hijabers) lebih sering tertutup kain daripada dibiarkan terbuka. Belum lagi tekanan yang diterima rambut kalau kita sedang pakai inner atau ciput. Ditambah aktivitas yang kita lakukan tiap hari selama berhijab yang membuat keringat menempel di kulit kepala.

Nah, permasalahan rambut tiap orang berhijab itu berbeda-beda, lho. Karena saya kenal beberapa teman yang berhijab tapi rambutnya nggak rontok parah. Tapi karena saya punya masalah rambut rontok, jadi kita fokus merawat rambut berhijab di rambut rontok berdasarkan pengalaman pribadiku yaa.

Baca Juga: Glowing Pakai Masker Kefir Etawa

Merawat-Rambut-Berhijab-Alat

Penyebab Rambut Rontok

1. Intensitas Bernafas Rambut Kurang

Seperti yang sudah saya tulis sebelumnya, rambut tertutup cenderung akan lebih lepek dan berminyak karena adanya faktor keringat, inner kerudung yang terlalu ketat, dan pemilihan kain hijab yang salah.

Maka dari itu, jika sedang melepas hijab atau sudah selesai beraktivitas, manfaatkan waktu sebaik-baiknya dengan membiarkan rambut bernafas. Bisa dengan tidak mengikatnya terlalu kencang, atau diangin-anginkan dulu supaya keringat yang ada di kulit kepala menghilang.

2. Lembab dan Basah

Kebiasaan langsung menyisir rambut dan menggunakan hijab saat rambut masih basah juga berpengaruh lho terhadap kekuatan akar rambut. 

Apalagi jika selesai keramas langsung berhijab, rasanya kepala pusing dan berat. Karena itu sebisa mungkin keringkan dulu rambut sebelum berhijab. I know, hair dryer juga punya efek buruk pada rambut. Tapi, I prefer to use it than apply some hair lotion after daripada pakai kerudung dalam keadaan rambut basah! 

3. Menyisir Rambut Saat Basah

Adakah yang nggak suka sisiran kayak saya? Hehehe. Ternyata kebiasaan aneh saya ini bermanfaat untuk mengurangi penyebab rambut rontok, lho. Ketika rambut dalam keadaan basah dan kita paksa untuk disisir, pertahanan akar rambut akan goyah dan menyebabkan rambut rontok.

Jadi, bersabar tunggu rambut kering dulu baru sisiran ya.

4. Mengikat Rambut Terlalu Kencang

Say no to cempol! Tau kan, ikatan rambut atau scrunchie besar yang kayak sanggul itu. Selain tidak nyaman dipakai, penggunaannya juga hanya memperbesar beban akar rambut kita. Apalagi kalau harus naik motor, otomatis nggak bisa pake helm wkwk :))

Maka dari itu, pakailah ikat rambut dengan ukuran normal, jangan ikat terlalu kencang, dan sebisa mungkin tidak usah mengikat rambut ketika sedang di rumah atau sedang tidak menggunakan hijab.

Baca Juga: Kenapa Berhenti Pumping

Tips Mengurangi Rambut Rontok

Nah jujur sebenarnya saya masih struggling banget untuk mengurangi rambut rontok. Hanya saja, sebulan belakangan ini saya rutin melakukan serangkaian perawatan yang membuahkan hasil.

Hasilnya masih nggak begitu signifikan sih, TAPI ada. Dan ada walaupun sedikit lebih baik daripada tidak ada sama sekali, bukan πŸ™‚

Berikut adalah perawatan yang saya lakukan sendiri di rumah.

1. Gunakan Shampo Khusus Rambut Rontok

Saya rutin keramas 2x sehari. Keramasnya juga yang nggak heboh-heboh digaruk gitu, tapi lebih kepada membersihkan kulit kepala dan helai rambut. Pelan-pelan saja sampai semua rambut terbalut shampo, lalu bilas. Semuanya dilakukan menggunakan air dingin.

Setelah itu saya keringkan rambut menggunakan hair dryer atau diangin-anginkan saja di depan kipas (yang takut masuk angin bisa skip, wkwk).

Lalu, tidak pakai kerudung dan tidur dalam keadaan rambut basah.

2. Gunakan Toner Rambut Khusus untuk Rambut Rontok

Toner ini hukumnya wajib buat saya, supaya menjaga rambut tetap ternutrisi sehabis keramas dan menambah volume rambut ketika kering.

Ada banyak toner yang beredar di pasaran, bisa dipilih yang khusus rambut rontok dan digunakan rutin tiap sehabis keramas dalam keadaan rambut masih setengah basah, ya!

Baca Juga: Definisi Bahagia

3. Menggunakan Oil Khusus Rambut Rontok.

Nah ini jurus pamungkasnya. Belakangan ini saya lagi seneng banget pakai oil rambut. Diaplikasikannya setiap dua hari sekali sebelum tidur malam. Jadi besok paginya ketika mandi, sekalian saya bilas dan keramas.

Ada banyak hair oil diluar sana, silakan pilih yang sesuai dengan kebutuhan, ya. Semenjak 1 bulan lebih pakai hair oil, saya merasa ada banyak anak rambut yang baru tumbuh. Rambut juga enak banget rasanya setelah keramas. Nggak lepek dan lembab. Pokoknya recommended lah!

Nah, Setelah mengetahui penyebab dan tips rambut rontok di atas, langkah apa yang kira-kira bakal kamu lakukan untuk mencegah kerontokan rambut dan merawat rambut berhijab? Share di kolom komentar, yuk!

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
8 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
ria
ria
1 month ago

Mba semenjak lahiran rambut ku juga rontok banget udh coba shampo yang rudy hadi s itu ga terlalu ngaruh. Terus aku coba Hairscalp merk JAFRA diungkep pake handuk basah abis itu pake hair tonic neril lumayan membantu mengurangi rontok sama baunya juga harum bgt hairscalp nya.

roschendy
1 month ago

aku nih mba lagi dalam masa rambut rontok parah banget, pengen pake toner dll lagi dlm proses pencarian yg ccok buat busui, punya ide rekomendasi gak mba?

Tuty Saca
1 month ago

aku selalu pakai hair tonic dan vitamin rambut. Aku juga kalau di rumah selalu di gerai rambutnya biar bernafas karena seharian diluar pasti dikuncir kan berhijab

Ika
Ika
1 month ago

Kalau aku bukan rontok kak, tapi ketombe. Huhu. Udah gonta ganti merk shampoo, ketombe ini terlalu setia sama aku. Kadang hilang sebentar, eh datang lagi.

Atiq
1 month ago

Akupuuun rontok parah kalo rambut panjang dikit, jd rambut hrs potong pendek terus huhu

Firda
27 days ago

Tipsnya membantu banget. Kebetulan aku juga punya rambut yang gampanh rontok, ditambah sama kebiasaan buruk seperti menyisir rambut saat masih basah, mengikat rambut terlalu kencang, dan kurang peduli perawatan rambut jadi bikin rambut makin rontok huhuhu.

8
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x