Pilih Laman

Tahun berganti dengan cepat. Kok aku merasa selama 2019-2022 ini adalah tahun yang digital banget, ya? Banyak adaptasi online yang kita gunakan selama “tahun pandemi” ini. Mulai dari penerapan kerja jarak jauh, tren mengonsumsi hiburan, hingga yang nggak bisa lepas dari kebutuhan hidup sekarang: belanja online

Ya, tren belanja online memang terus meningkat. Namun, sadar nggak sih kalau kita juga tetap harus waspada nih dengan keamanan transaksi online yang kita gunakan? Maka dari itu, aku mau bahas beberapa tips transaksi online yang aman dan mudah baik untuk kamu rajanya checkout, ataupun kamu yang berprofesi sebagai seller online shop!

Tren Transaksi Online 2021

Bank Indonesia mencatat adanya proyeksi peningkatan nilai transaksi online sepanjang tahun 2021 yang mencapai Rp395 triliun, atau sebesar 48,4%. Jumlah ini meningkat dibandingkan prediksi awal yang diperkirakan hanya tumbuh sebesar 39,1%!

Dari jumlah perputaran transaksi ini udah bisa dibayangin, kan, segimana antusiasnya pola belanja masyarakat Indonesia terhadap kebutuhannya melalui media online ini?

Tapi, jangan lupa juga kalau peningkatan tren ini yang melibatkan kita sebagai user atau penggunanya, juga harus disikapi dengan bijak. Salah satunya dengan memahami bagaimana cara transaksi online aman dan mudah. Berikut beberapa tips yang aku rangkum untuk kita yang sering banget check out belanjaan!

Baca juga: 5 Pos Pengeluaran yang Wajib Dialokasikan Tiap Bulan

tips transaksi online midtrans

Tips Transaksi Online Aman dan Mudah untuk Pembeli

1. Buat password kombinasi

Siapa nih yang dulu fasih berbahasa alay s3peRti iNi? Nah, mungkin hidden talent kamu ini bisa digunakan dalam mengkreasikan password. Karena tentu password yang memiliki kombinasi nomor, angka, dan karakter spesial akan lebih sulit untuk diretas daripada dengan password yang biasa saja.

2. Mengganti password secara berkala

Password atau PIN yang kamu miliki juga harus diganti secara berkala supaya tidak mudah terdeteksi.

3. Mengaktifkan double proteksi

Transaksi online aman dan mudah juga bisa diwujudkan dengan mengaktifkan notifikasi login aplikasi atau pembayaran, tambahan permintaan akses sidik jari, maupun face recognition.

4. Pastikan keamanan perangkat

Untuk kamu yang sering sharing handphone maupun laptop/PC, penting banget untuk log out dan clear cache atau history dari perangkat elektronik kamu. Matikan juga fitur auto login-nya supaya akun kamu tidak bisa diakses sembarang orang.

5. Gunakan Payment Gateway

Melalui pihak ketiga atau payment gateway, keamanan transaksi online kamu bisa lebih terjamin karena dana akan ditahan oleh perusahaan payment gateway tersebut hingga transaksi berhasil diselesaikan. Jadi sebagai pembeli, kita bisa juga nih antisipasi dari penjual online yang nakal dan berniat menipu. Karena, dana akan dikelola oleh pihak ketiga, dan baru bisa dicairkan ke penjual setelah ada laporan kalau barang yang sudah kita terima dan sesuai dengan pesanan. Aku pribadi paling suka dengan pilihan metode pembayaran ini, sih, karena biasanya sistemnya lebih rapi dan terstruktur. 

Biasanya perusahaan payment gateway juga memiliki beragam pilihan metode pembayaran. Mulai dari beragam bank, dan pembayaran lain seperti pembayaran langsung ke merchant (minimarket), atau bahkan layanan kredit.

Baca juga: Kenapa Harga Emas Terus Naik?

Mengenal Payment Gateway 

Perkembangan bidang fintech di Indonesia kini memang berkembang pesat, salah satunya dalam bidang keuangan, yang ditandai dengan hadirnya layanan payment gateway. Pada dasarnya, payment gateway adalah sebuah layanan pembayaran yang bisa jadi jembatan transaksi antara konsumen dan pemilik usaha. Untuk yang masih asing dengan istilah ini, yuk kita bahas bersama!

Payment gateway terdiri dari dua suku kata, yakni “payment” yang memiliki arti pembayaran dan “gateway” memiliki arti gerbang. Jika keduanya digabungkan maka menjadi gerbang pembayaran, atau bisa juga kita artikan sebagai teknologi yang memungkinkan seluruh transaksi pembayaran antara konsumen dan penjual yang bisa dilakukan di berbagai tempat dengan mengandalkan internet.

Jadi, dalam sebuah payment gateway, ada sistem pembayaran dalam layanan e-commerce yang mengotorisasi berbagai proses pembayaran. Baik itu melalui perbankan, transfer bank, kartu kredit, maupun pembayaran secara langsung dari konsumen. Dengan kata lain, payment gateway juga bisa membantu transaksi online jadi lebih aman dan mudah!

Baca juga: Beli Mobil atau Rumah Dulu?

Kenapa Payment Gateway Menjadi Pilihan Transaksi Online Aman dan Mudah?

Lalu, pertanyaan berikutnya, kenapa sih payment gateway ini menjadi pilihan transaksi online aman dan mudah? Berikut ini aku jelaskan beberapa sistem yang menunjang berjalannya payment gateway sehingga transaksi ini menjadi salah satu alternatif sistem pembayaran yang tepercaya:

1. Address Verification System

Dalam sistem pembayaran ini terdapat sebuah sistem verifikasi tagihan otomatis pada pihak penagih sesuai data yang telah diinputkan oleh customer. Seperti nomor telepon, kartu kredit, email, atau bisa juga alamat penagihan lain yang dimasukkan.

2. Security Code

Merupakan sebuah sistem yang menjadikan transaksi ini hanya bisa diproses apabila diselesaikan melalui alamat penagihan yang telah terdaftar sebelumnya.

3. 3D Secure Password

Transaksi online aman dan mudah nggak bakalan terwujud tanpa adanya sistem keamanan berlapis. Hal ini berguna untuk memastikan jika hanya pemilik alamat penagihan saja yang bisa melakukan proses transaksi tersebut.

Baca juga: Review N’PURE Noni Probiotic Toner

Manfaat Payment Gateway bagi Pelaku Usaha Online

Kalau tadi aku sudah bahas dari sudut pandang konsumen, sekarang kita lihat juga dari sudut pandang penjual, yuk!

Kenapa? Karena transaksi online aman dan mudah juga bisa diciptakan dari keberadaan payment gateway yang memiliki dampak cukup signifikan terutama bagi para penjual online. Karena melalui sistem ini,  seluruh transaksi bisa berjalan secara efektif dan tak terbatas waktu, seperti:

1. Transaksi Online Lebih Mudah

Salah satu manfaat payment gateway adalah memudahkan sistem pembayaran berbasis online. Dimana dengan adanya teknologi tersebut, calon konsumen tidak perlu repot pergi ke bank untuk transfer atau bertemu langsung (COD) untuk membayar barang pesanannya.

2. Opsi Pembayaran Beragam

Dengan menggunakan payment gateway opsi pembayaran pun lebih beragam. Hal ini dikarenakan sistem pembayaran yang dilakukan secara online, banyak sarana pembayaran yang mendukung kegiatan tersebut sehingga membuat para konsumen bisa memilih opsi sesuai dengan keinginan mereka.

3. Transaksi Cepat Diselesaikan

Manfaat payment gateway selanjutnya menjadikan transaksi antara pemilik toko dengan konsumen lebih cepat selesai sehingga mereka tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan barang yang diinginkan. Dengan adanya sistem ini, proses transaksi pun lebih praktis karena terintegrasi dengan bank ataupun tempat transaksi barang tersebut.

4. Keamanan Terjamin

Payment gateway merupakan alternatif transaksi online aman dan mudah. Hal ini membuat calon konsumen tidak ragu lagi untuk belanja online karena keamanan transaksi itu pun sangat terjaga. Banyak e-commerce yang memberikan keamanan ganda pada aplikasi mereka sehingga transaksi konsumen ini pun tidak akan bocor ke oknum yang tidak bertanggung jawab.

5. Tak Ada Limit Transaksi

Keuntungan lain dari payment gateway ini adalah para konsumen tidak memiliki limit untuk melakukan transaksi jual beli. Bahkan, sistem pembayaran ini juga memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi massal di satu waktu, dan hal ini tentu sangat membantu aktivitas bisnis jadi lebih efisien.

Baca juga: Tips Jadi Freelancer Produktif

Layanan Payment Gateway Profesional dari Midtrans

Payment gateway midtrans

Warga Indonesia patut berbangga, nih, karena kita juga punya lho payment gateway yang membuat transaksi online aman dan mudah bernama Midtrans!

Midtrans merupakan layanan payment gateway bagian dari ekosistem pembayaran Gojek Group, yang berada dalam perusahaan finansial berbasis teknologi. 

Layanan payment gateway Midtrans ini sangat mendukung pertumbuhan berbagai lini bisnis online lewat solusi pembayaran komprehensif dan inklusif. Caranya adalah dengan menyediakan layanan pemrosesan pembayaran online untuk beragam entitas bisnis, mulai dari start-up, UMKM, hingga usaha besar.

Sistem Pembayaran Midtrans

review jujur midtrans yips transaksi online mudah dan aman

Setiap bisnis pasti memiliki tujuan dan kebutuhan yang berbeda, begitu pula dalam pilihan sistem pembayarannya. Nah, enaknya di Midtrans ini, mereka support beberapa jenis pembayaran yang akan memudahkan kamu untuk tetap fokus dalam bisnis inti, tanpa perlu pusing lagi memikirkan cara pembayaran yang aman dan nyaman bagi tiap pembeli.

Gimana nggak, sebagai payment gateway yang akan memudahkan transaksi online kamu, Midtrans punya beberapa sistem pembayaran yang bisa digunakan. Mulai dari e-money (GoPay, QRIS, ShopeePay), kartu kredit, bank transfer, over the counter (Alfamart, Indomaret, dll), direct debit, dan cicilan tanpa kartu.

Mengenal Payment Link Midtrans

payment link midtrans

Menerima pembayaran hanya melalui link sederhana? Bisa banget! Kamu tinggal bikin tautan atau link pembayaran dan bagikan kepada pembeli. Dan saat pembeli selesai membayar, kamu akan menerima notifikasi pembayarannya secara real-time.

Link pembayaran ini bisa kamu bagikan melalui media sosial, aplikasi pesan seperti WhatsApp, SMS, dan lainnya. Nanti pembeli bisa pilih sendiri, deh, sistem pembayaran yang dia inginkan melalui link tersebut.

cara bikin payment link midtrans

Melalui sistem pembayaran berbasis payment link ini, akan memudahkan bisnis kamu, baik itu untuk keperluan bisnis perseorangan maupun berbagai industri seperti supermarket, guru dan trainer, restoran, online seller, bahkan untuk menggalang donasi maupun yang lainnya.

Cara mendapatkan Payment Link-nya pun cukup mudah, kok. Kamu tinggal mendaftar website Midtrans, dan ikuti langkah berikut, ya!

cara link payment midtrans

Keamanan Payment Gateway Midtrans, Transaksi Online Makin Nyaman!

Dengan teknologi gabungan AI, machine learning, dan algoritma khusus, Midtrans memiliki sistem keamanan yang membuat peningkatan transaksi berhasil dengan lancar. Selain itu, Midtrans juga memiliki izin dan sertifikat seperti:

  • Memiliki izin dari Bank Indonesia
  • Terdaftar sebagai penyelenggara sistem elektronik di Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo)
  • Memiliki AES 256, standar enkripsi lanjutan
  • Memiliki PCI DSS, industri kartu pembayaran standar keamanan data
  • ISO / IEC 27001

Baca juga: Tips Memilih Rumah Untuk Pasangan Muda

Sistem Pembayaran Midtrans Dipercaya oleh Bisnis Terkemuka Indonesia!

Midtrans dipakai di seluruh indonesia

Dengan keamanan, teknologi, dan kemudahan yang diberikan, nggak heran sih kalau Midtrans sudah menjadi partner dari 500 ribu bisnis yang ada di Indonesia. Jumlah transaksinya pun lebih dari Rp15 miliiar tiap minggunya! Sedep banget, kan?

Avoskin, salah satu brand skincare lokal favorit aku misalnya, ternyata dalam penyelenggaraan bisnisnya juga dibantu dengan Midtrans ini, lho! Nggak heran sih, perusahaan sebesar dan seterkenal itu aja memilih Midtrans sebagai pilihan payment gateway-nya. Buat yang penasaran, kalian juga bisa lihat testimoninya di sini ya:

Jadi, sudah siap untuk berbisnis bersama Midtrans?

Setelah aku jabarin beberapa benefit dan keuntungannya, kayaknya nggak usah ragu lagi ya untuk mempercayakan transaksi jual beli pada Midtrans. Kalau kamu masih bingung seputar bisnis ataupun sistem Midtrans lainnya, bisa langsung kunjungi website-nya atau bisa juga baca-baca artikel yang tersedia di blog-nya karena berisi banyak tips yang tentunya akan membantu permasalahan kamu.

Jangan lupa juga daftar Midtrans sekarang juga, ya! Transaksi online aman dan mudah bersama Midtrans!

Baca juga:
Salah satu hal yang harus dipahami dalam pengelolaan keuangan terutama untuk yang sudah berkeluarga adalah tentang cara mengelola dana pendidikan…
16
0
Comments herex
()
x