Pilih Laman

Belajar Kilat di Kursus Online Gratis Qubisa — Semenjak pandemi Covid-19 banyak banget transisi digital yang terjadi di setiap aspek kehidupan. Mulai dari cara berkomunikasi, bagaimana kita bisa menyalurkan hobi dan kegiatan, hingga di aspek pendidikan yang sekarang serba online. Padahal, kalau dulu dipikir-pikir sih kayaknya kita, masyarakat Indonesia, belum se-digital itu dalam melangsungkan aktifitas sehari-hari.

Salah satu hal yang memiliki dampak signifikan menurut saya adalah di bidang pendidikan. Dengan “tutup” nya sekolah, semua pendidik dan peserta didik dihadapkan dengan persoalan baru yaitu pendidikan online atau platform belajar online.

Saya pribadi sih tidak sedang sekolah atau punya anak di usia sekolah. Namun sebagai anak yang dibesarkan oleh orangtua yang berprofesi sebagai guru, tentu hal ini sangat berpengaruh dalam kehidupan kami.

But in the other hand, seperti blessing in disguise, di masa pandemi ini dengan semua akses yang serba terdigitalisasi, kita bisa dengan mudah mendapatkan banyak sekali akses pendidikan melalui pembelajaran atau platform belajar online, salah satunya seperti yang ditawarkan oleh Qubisa.

Kursus Online Gratis Dari Qubisa

Qubisa adalah sebuah platform belajar online atau platform e-learning yang menghubungkan peserta dengan instruktur. Ada banyak sekali tema dan materi kursus online gratis yang bisa diakses tanpa batasan kelas yang diambil di sini! Keren kan?

Hingga kini sudah ada lebih dari 120 ribu murid terdaftar dengan lebih dari 300 instruktur dan lebih dari 200 jumlah kursus, lho!

Dengan tujuan mempersipkan lulusan baru dan profesional muda yang lebih berkompeten dankompetitif menhadapi iklim Masyarakat Ekonomi Asean, Qubisa hadir sebagai road map karir yang bisa membimbing para penggunanya.

Nah, di Qubisa, ada dua tipe pengajaran yang ditawarkan, diantaranya:

  • Pengajaran Sinkronis
    Di pengajaran ini instruktur dan peserta bisa berinteraksi langung baik secara online melalui kegiatan atau kelas webinar sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.
  • Pengajaran Asinkronis
    Di pengajaran ini instruktur memberikan materi melalui rekaman video. Dalam situs Qubisa, pengajaran ini termasuk dalam kategori belajar kilat atau microlearning. Walau begitu, peserta masih bisa berinteraksi melalui kolom komentar, kok.

Seru ya, sebagai pengguna kita bisa memilih mau ikut kursus yang mana. Belum lagi tema pembelajarannya beragam banget!

Untuk saya, sebagai Ibu yang punya mobilitas tinggi (cie) saya mencoba beberapa kursus online gratis microlearning-nya Qubisa.

Kenapa Memilih Kursus Microlearning Qubisa?

  • Ada lebih dari 1700 materi microlearning yang bisa diakses, bisa belajar apapun dengan satu kali klik, sangat praktis!
  • Waktu belajarnya fleksibel, bisa kapanpun dan dimanapun melalui web atau aplikasi.
  • Pembelajaran terdiri dari beberapa video, di breakdown dari sub-topik yang dipilih.
  • Durasi cukup singkat, bukan karena materinya sedikit, tapi isinya “daging” semua, dipangkas dan to the point ke topik pembahasan.
  • It’s so simple!

Memilih Topik Kursus Microlearning di Qubisa: Banyak Sekali!

Ada banyak kategori pembelajaran di Qubisa. Mulai dari: kursus online digital marketing, personal development, career development, motivation, business, human resources, personal branding dan banyak yang lainnya!

Untuk kaum milenial, Qubisa juga punya kelas keterampilan seperti Keterampilan Sukses Milenial (KSM) yang berfokus pada keterampilan pengembangan diri yang membantu peserta sukses di berbagai bidang, dan Keterampilan Digital Milenial (KDM) yang membantu peserta menjadi ahli di bidang digital.

Setelah pergelutan batin (?), akhirnya saya memutuskan untuk ikut kelas microlearning : Generasi Sandwich, Apa dan Bagimana Solusinya? dengan pemateri Bapak Abdul Latief, seorang praktisi, akademisi, penulis, dan pembicara publik; dan kelas microlearning Melatih Berpikir Beda di Berbagai Situasi Kritis oleh Alexander Paulus, seorang Loop Certified Professional Coach

Materi Microlearning: Generasi Sandwich, Apa dan Bagaimana Solusinya?

Dalam materi dengan durasi 19 menit ini, Abdul Latief memberikan pemahaman singkat mengenai apa itu generasi sandwich. Tidak fokus terhadap pengelolaan dana atau keuangan, tapi lebih kepada bahasan tentang bagaimana generasi sandwich bisa memiliki mindset atau pola pikir lain selain menjadi sebuah beban dalam hidup.

Bagus sih menurutku karena topik seperti ini jarang dibahas dalam tema sandwich generation. Seperti dapat insight baru gitu kalau ada pemahaman lain di balik “takdir” menjadi sandwich generation.

Secara audio visual juga bangus banget, sound nya clear, nggak banyak distraksi seperti presentasi power point yang njelimet, pokoknya nyaman dan informatif banget nontonnya seperti “menonton” podcast! 😀 Cus yang merasa ada di satu preferensi generasi sandwich dan ingin insight tammbagan bisa langsung ikut microlearningnya disini.

Materi Microlearning: Melatih Berpikir Beda di Berbagai Situasi Kritis.

Diantara banyaknya webinar pengembangan diri yang ada di pasaran, saya belum pernah ikutan satu pun kecuali yang ada di Qubisa ini. Sebuah tema yang menarik sih, Melatih Berpikir Beda di Berbagai Situasi Kritis, dimana dalam situasi serba terampak di masa pandemi ini, being unique termasuk berpikir berbeda itu diperlukan sekali supaya hidup lebih nyaman jauh dari stress meskipun di situasi kritis.

Berbeda dengan kelas Generasi Sandwichnya Pak Abdul Latief, kelas ini memiliki 9 video sub-pembelajaran yang durasinya hanya sekitar 5 menitan saja. Cukup efektif dan “daging” secara isi. Seperti penjelasan tentang backward dan forward thinking, dan juga pembahasan mengenai kekuatan membangun perilaku baru.

Karena dibawakan oleh professional coach, materi yang disampaikan pun bukan sembarang dari pengalaman saja, termasuk juga teori dan dampak konkritnya dalam dunia nyata. Yang mau nonton dan menguasai marterinya juga seperti saya, bisa cus langsung ke sini yaa!

Kumpulkan Poin Sambil Belajar

Nggak hanya mendapatkan materinya saja, dengan menonton video pembelajaran di Qubisa, kita juga bisa mengumpulkan poin di Liga PoinQu sambil belajar, lho.

Poin bisa didapatkan dari aktivitas pembelajaran dan check in harian yang didapatkan melalui aplikasi maupun website. Jadi dimaksimalin ya supaya kesempatan mendapatkan hadiahnya lebih banyak!

Memang apa saja sih hadiahnya?

50 user dengan PoinQu terbanyak berhak mendapatkan hadiah dengan total Rp.10 juta rupiah (@Rp.200.000)!

Liga PoinQu ini hanya berlangsung dari tanggal 11 Mei hingga 11 Juli 2021 ya.. Makanya buruan daftar, ikut kelas, dan komen sebanyak-banyak di Qubisa!

Lomba Video Microlearning Festival Berhadiah 95 Juta!

Nah kalau dari tadi saya sudah banyak sharing mengenai keuntungan dari sudut pandang pengguna, buat kamu yang memiliki potensi atau suka membagikan banyak hal bermanfaat, bisa juga lho dikemas dalam bentuk video dan ikutan lomba video microlearning festival berhadiah 95 juta!

Apa Itu Microlearning Festival Qubisa?

Microlearning Festival adalah sebuah kompetisi membuat konten video edukasi dengan haidah jutaan rupiah. Kompetisi ini berlangsung dari tanggal 18 Mei – 27 Juni 2021.

400 video terbaik akan diberikan insentif, sementara hariah utama sebesar Rp.3.000.000 diberikan kepada 5 content creator berdasarkan ketentuan penilaian dan jumlah likes terbanyak.

Syarat dan Ketentuan Microlearning Festival Qubisa

  1. Video edukatif berdurasi maksimal 2 menit dengan judul dan deskrispsi (max deskripsi 160 karakter).
  2. Konten video tidak mengandung unsur SARA, pornografi, kekerasan, bermuatan negatif, serta tidak melanggar hak cipta pihak lain.
  3. Setiap peserta bisa upload video lebih dari 1 (maksimal 5) dengan tema seputar kategori yang ada di QuBisa.com.
  4. Mobile friendly (kualitas video HD menjadi nilai tambah).

Kesimpulan Menggunakan Qubisa

Nggak ada pengalaman negatif atau kekurangannya sih sejauh aku belajar di Qubisa. Paling harus siap extra kuota aja karena kan materinya lewat video ya. Tapi sebagai #teamwifi, ini sih bukan masalah yang berarti buat aku, hehe.

Silakan yang mau dan butuh platform e-learning atau platform belajar daring, bisa memasukan Qubisa sebagai salah satu alternatifnya J Gratis, simple, dan punya banyaak macam tema pembelajaran!

Jiwa-jiwa creator juga kayaknya wajib ya ikutan lomba dan upload video untuk Microlearning Festival Qubisa. Mayan kan hadiahnya bisa buat jajan-jajan cantik, hehe. Selamat mencoba semuanya!

Yang sudah pernah coba Qubisa yuk sharing apa materi seru yang pernah kalian ikutin di kolom komentar 🙂

Baca juga:
Sebagai seorang ibu, salah satu hal yang membuat saya deg-degan adalah membahas masalah pubertas dengan anak. Entah kenapa ya, mungkin…
69
0
Comments herex
()
x